Tiga Manfaat Lain Inisiasi Dini


sumber : http://www.parentsguide.co.id/dsp_content.php?kat=4&emonth=11&eyear=2007&pg=hns

Memulai kegiatan menyusui dalam satu jam pertama pascalahir tak hanya memberi bayi kesempatan belajar mengisap payudara sejak dini. Temuan terbaru menyebutkan setidaknya tiga manfaat lainnya. Apa saja? .

Arti ‘inisiasi dini’ lebih kurang adalah ‘permulaan yang awal sekali’. Dalam konteks menyusui, ‘inisiasi dini’ adalah ‘permulaan kegiatan menyusui dalam satu jam pertama setelah bayi lahir’.

Di samping harus dilakukan pada jam pertama pascabayi lahir, inisiasi dini menyusui mencakup beberapa syarat lain, misalnya: tubuh bayi dikeringkan sekedarnya dan telanjang, ibu telentang dengan dada-perut tanpa penutup, bayi ditengkurapkan di perut ibu dengan kepala mengarah ke payudara, bayi dibiarkan merayap untuk menemukan puting dan mengisapnya untuk pertama kali.

Inisiasi dini besar manfaatnya terhadap keberhasilan menyusui. Penelitian Karen Edmond dkk menunjukkan, inisiasi menyusui dalam jam pertama pascalahir menurunkan 22% risiko kematian bayi-bayi usia 0-28 hari. Sebaliknya, penundaan inisiasi meningkatan risiko kematian. Bahkan inisiasi menyusui yang terlambat (setelah hari pertama) meningkatkan risiko kematian 2,4 kali.

Lancarkan Pengeluaran Plasenta
Inisiasi dini tak hanya memberi bayi kesempatan untuk belajar menemukan dan mengisap payudara ibunya sejak awal sekali. “Waktu bayi berusaha bergerak ke arah payudara, kakinya menendang-nendang perut ibu. Ini membantu memperlancar pengeluaran plasenta dari dalam rahim,” ujar Ketua Umum Sentra Laktasi Indonesia (SELASI), Jakarta, dr. Utami Roesli, SpA., MBA, IBCLC, CIMI dalam buka puasa bersama di sekretariat SELASI, Tebet, Jakarta Selatan.

Imunisasi Dini
Yang tak kalah menakjubkan, di menit-menit ketika bayi yang merayap di perut dan dada ibunya mulai mengecap-ngecapkan bibir, ia akan menyecap dan menjilati permukaan kulit ibunya, sebelum akhirnya berhasil mengisap puting dan areola. Menurut dr. Utami, hal ini (menyecap dan menjilati permukaan kulit ibu sebelum mulai mengisap puting) adalah cara alami bayi mengumpulkan bakteri-bakteri baik yang ia perlukan untuk membangun sistem kekebalan tubuhnya. “Ini seperti imunisasi. Berapa lama bayi melakukannya, tergantung seberapa banyak bakteri yang diperlukan.”

Memelihara Kemampuan Survival
Terakhir, inisiasi dini membantu spesies manusia menjaga kemampuan survival (bertahan hidup) alaminya. Jika kita tidak memberi kesempatan pada bayi-bayi baru lahir untuk melakukan inisiasi dini menyusui, maka kita sebenarnya tengah menghilangkan kemampuan survival alami pada satu generasi spesies manusia. “Anak macan atau anak kucing baru lahir akan mati kalau tidak dibiarkan memulai menyusu sejak lahir,” dr. Utami mengambarkan.

Mengacu temuan Karen Edmond dkk, 78 persen bayi manusia memang mampu bertahan hidup tanpa inisiasi dini menyusui. Tapi bayi-bayi itu tak pernah mendapat kesempatan menguji kemampuan survival untuk menemukan sendiri sumber kehidupan mereka: air susu ibu. PG

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s