Anak ASI Juga Bisa Sakit Lho


Ditulis oleh : lutvita

Saya teringat artikel yang ditulis oleh mba Luluk Lely Soraya. Saya termasuk penggemar beratnya. Karena dari tulisan-tulisan dan terjemahan2 mba Luluk mataku jadi terbuka tentang ASI. Bahwa memberikan ASI itu penuh perjuangan. Mengapa?? Mungkin kalo orang jaman dulu, anak yang baru lahir digendong kemana2 kayak kanguru gendong anaknya. Kalo mau nyusu tinggal susui. Sekarang si ibu sibuk bekerja, punya bisnis dan kesibukan seabrek. Terus gimana si anak??? Tetep kembali ke kodratnya ibu ya hamil dan menyusui ya jadi walaupun si ibu wanita karier, artis, business woman tetep susui bayinya.

Kembali ke judulnya nih.. udah kita berjuang memberikan ASI tapi kok anak kita tetep sakit2an ya?? Banyak hal itu ditanyakan para ibu. Tapi kalo kata mba luluk anak kita bukan superman atau gatot kaca jadi ya bisa sakit dong. Jadi ubah pola pikirnya. Dikasih ASI aja masih bisa sakit atau sakit2an apalagi ga dikasih ASI. Jadi ASI itu perlindungan pertama bayi dari berbagai macam penyakit. Tapi bukan berarti dengan ASI bayi jadi ga pernah sakit. Sakit itu bagian tumbuh kembang anak kok. Daya tahan tubuh berlatih melawan kuman penyakit. Ibaratnya. Pasukan perang kalo ga pernah disuruh perang kan ga sejago pasukan perang yang perang terus. Yang penting jika anak sakit ikuti tata laksana penyakit

Ikuti guideline-nya kapan harus ke dokter. Jadi tambah lagi ilmu RUM-nya (Rational Use of Medicine).
Terus yang saya rasakan sendiri, setelah memberikan ASI selama 23 bulan. Memang anak ASI bisa sakit. Tapi dia cepat sembuhnya. Tapi ga semua anak sama ya… jadi teman sebayanya (ASI + sufor dan banyakan sufor) sakit batuk pilek 2 bulan ga sembuh2. Anak saya sakit pilek seminggu sembuh dan 2 bulan lagi sakit lagi. Jadi temennya itu ga sembuh2 anak saya sakit dan sebentar sembuh dan kena lagi batuk pilek. Ini dikarena virus itu kan ada dimana-mana. Jadi bisa aja dia udah sembuh tapi sakit lagi karena orang2 disekitarnya ada yang kena flu lagi…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s