Q & A Vaksin varisella


sumber : http://www.sehatgroup.web.id

Question : Dear dr Wati & SP,Anak saya Nathan (2 th 10 bl) belum mendapat vaksin varisella. Apakah terlambat utk. memberikannya sekarang. Bahaya apa yg timbul bila vaksin tsb.tdk diberikan.Mohon pencerahannya.
Rgds
Indah

Answer 1 : Mbak Indah,DSA saya pernah menjelaskan bahwa IDAI menganjurkan vaksin cacar ini pada usia 10 tahun (sesuai tabel vaksin IDAI). Tapi, di Amerika, vaksin ini dianjurkan di usia 12 bulan ke atas (bisa lihat http://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/mm5301-Immunizationa1.htm#tab ) Menurut DSA saya, vaksin cacar akan menekan virus supaya tidak bereaksi, tapi bukan berarti virus cacar itu hilang, dia hanya sembunyi. Kalau dia keluar, biasanya bukan lagi berupa cacar tetapi herpes (cmiiw, ya dok…). Kalau vaksin diberikan saat usia anak >12 bulan, kemungkinan anak terkena cacar memang kecil, tetapi dia berpotensi terkena herpes di usia muda, karena itu IDAI menyarankan untuk diberikan pada usia 10 tahun. Mungkin bisa didiskusikan dengan DSA nya, Mbak. Berikut saya re-post tanggapan dr. Wati mengenai vaksin cacar beberapa minggu lalu:
Vaksinasi Tifus2 & Varicella
Saya coba jawab
2. cacar air. Sampai saat ini sih cacar air hampir tidak pernah menimbulkan komplikasi serius tetapi CDC di USA melaporkan beberapa kasus ensefalitis akibat cacar air – tapi dikit banget kok. Kalau negara maju, kesepakatannya mulai usia 1 tahun dapat diberikan imunisasi cacar air tetapi kalau satgas imunisasi idai, usia 10 tahun. Nah terserah kalian. Tapi kalau mau imunisasi sekarang harus diingat bahwa suatu saat mesti di booster cuma gak tahu kapan, penelitian length of protectionnya belum selesai. Bukan apa2 kalau mereka kenanya saat remaja, justru lebih berat.
luluk

Answer 2 : Dokter Wati and Smart Parents,Saya ibu dari Naomi 2, 5 bulan. Ingin tau tentang imunisasi varisela. Dokter anak saya menyarankan imunisasi ini. Apakah varisela ini memang harus diberikan? Apa saja keuntungan dan kerugiannya bila diberikan. Umur berapakah pada umumnya varisela diberikan atau dijadualkan?Oh ya, kalau hepatitis A itu adakah batasan umur pemberiannya?
Terima kasih.
Ossy

Answer 3 : dear mba ossy,..saya bantu jawab yaa… ini saya copy paste-kan mengenai imunisasi varicella yang diambil dari http://www.medicastore.com.sesuai dengan rekomendasi idai, imunisasi varicella diberikan pada usia 10tahun, tapi kalo standar internasional bisa diberikan pada umur > 12 bulan dan suatu saat harus di-booster ulang (cmiiw)..terus.. kalo imunisasi hepatitis A, (sesuai dengan rekomendasi idai) bisa diberikan pada > 24 bulan, diberikan 2 kali dengan interval 6-12 bulan (cmiiw)..
===========================Imunisasi Varisella
Imunisasi varisella memberikan perlindungan terhadap cacar air.Cacar air ditandai dengan ruam kulit yang membentuk lepuhan, kemudian secara perlahan mengering dan membentuk keropeng yang akan mengelupas.Setiap anak yang berumur 12-18 bulan dan belum pernah menderita cacar air dianjurkan untuk menjalani imunisasi varisella.Anak-anak yang mendapatkan suntikan varisella sebelum berumur 13 tahun hanya memerlukan 1 dosis vaksin.Kepada anak-anak yang berumur 13 tahun atau lebih, yang belum pernah mendapatkan vaksinasi varisella dan belum pernah menderita cacar air,sebaiknya diberikan 2 dosis vaksin dengan selang waktu 4-8 minggu.Cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster dan sangat menular.Biasanya infeksi bersifat ringan dan tidak berakibat fatal; tetapi pada sejumlah kasus terjadi penyakit yang sangat serius sehingga penderitanya harus dirawat di rumah sakit dan beberapa diantaranya meninggal.Cacar air pada orang dewasa cenderung menimbulkan komplikasi yang lebih serius.Vaksin ini 90-100% efektif mencegah terjadinya cacar air. Terdapat sejumlah kecil orang yang menderita cacar air meskipun telah mendapatkan suntikan varisella; tetapi kasusnya biasanya ringan, hanya menimbulkan beberapa lepuhan (kasus yang komplit biasanya menimbulkan 250-500 lepuhan yang terasa gatal) dan masa pemulihannya biasanya lebih cepat.Vaksin varisella memberikan kekebalan jangka panjang, diperkirakan selama 10-20 tahun, mungkin juga seumur hidup.Efek samping dari vaksin varisella biasanya ringan, yaitu berupa:
– demam
– nyeri dan pembengkakan di tempat penyuntikan
– ruam cacar air yang terlokalisir di tempat penyuntikan.
Efek samping yang lebih berat adalah:
– kejang demam, yang bisa terjadi dalam waktu 1-6 minggu setelah penyuntikan
– pneumonia
– reaksi alergi sejati (anafilaksis), yang bisa menyebabkan gangguan pernafasan, kaligata, bersin, denyut jantung yang cepat, pusing dan perubahan perilaku. Hal ini bisa terjadi dalam waktu beberapa menit sampaibeberapa jam setelah suntikan dilakukan dan sangat jarang terjadi.
– ensefalitis
– penurunan koordinasi otot.
Imunisasi varisella sebaiknya tidak diberikan kepada:
– Wanita hamil atau wanita menyusui
– Anak-anak atau orang dewasa yang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau yang memiliki riwayat keluarga dengan kelainan imunosupresif bawaan
– Anak-anak atau orang dewasa yang alergi terhadap antibiotik neomisin atau gelatin karena vaksin mengandung sejumlah kecil kedua bahan tersebut
– Anak-anak atau orang dewasa yang menderita penyakit serius, kanker atau gangguan sistem kekebalan tubuh (misalnya AIDS)
– Anak-anak atau orang dewasa yang sedang mengkonsumsi kortikosteroid
– Setiap orang yang baru saja menjalani transfusi darah atau komponen darah lainnya
– Anak-anak atau orang dewasa yang 3-6 bulan yang lalu menerima suntikan immunoglobulin.maaf kalo ga berkenan.
-yuli-
mamabumi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s