Q & A Suntikan BCG


sumber : http://www.sehatgroup.web.id

14/12/2004
Q : Dear Dr. Wati,
Dok, saya mau tanya, apa benar kalo anak mau dibawa ke Indonesia harus disuntik BCG dulu? Saya sekarang tinggal di sydney. Kalo menurut buku kesehatan disini sih ngak ada jadwal untuk BCG sampe 1 tahun. Pertanyaan kedua, menurut dokter, hal apa saja yang perlu saya perhatikan sewaktu membawa anak saya ke indonesia?
Sekedar informasi anak saya perempuan umur 11.5 bulan BB 10.4kg TB 77cm (BBL 3.66kg TBL 54cm) Masih seimbang tidak dok beratnya? soalnya sering saya pantau beratnya tiap minggu, kadang naik tapi kadang bisa turun sampe 200gr. Anaknya sih keliatannya oke saja, aktif sekali, sudah bisa berjalan walau masih seperti orang mabuk hehehe.
Terima kasih sebelumnya, semoga suratnya dibalas sebelum saya berangkat ke indonesia.
Cheers,Ivonne.

A : Dear IvonneThanks ya buat emailnya … wah apa kabar Sydney … musim semi yaa… pasti bunga2 bermekaran … semoga Jakarta dan kota besar lainnya bisa punya taman seperti di sana heheheOk saya coba tanggapi ya 1. BCG. Indonesia memang endemis TBC oleh karena itu perlu imunisasi BCG … namun demikian,. kalau sudah di atas usia 3 bulan… harus tes Mantouc terlebh dahulu untuk memastikan si bayi belum terpapar 2. Tidak ada vaksin yg efektivitasnya 100%… bahkan BCG ini efektivitas nya tidak tinggi … oleh karena itu saya selalu menyarankan pada para orang tua untuk melakukan skrining ronsen dada sebelum menerima staf baru yang akan berdekatan dengan anak misalnya pengasuh dan supir. 3. Anakmu normal kok tumbuh kembang nya… hati2 jangan kegemukan ya… seluruh dunia sangat prihatin lho dengan kegemukan pada anak Ok have a nice coming home,
wati

Tinggalkan Balasan

