Q & A Pasca imunisasi BCG


SUMBER : http://www.sehatgroup.web.id

Question : Dear Dr. wati & SP’s
mohon bantuannya ….Anak saya ( 4 1/2 bulan ) pasca imunisasi BCG di lengannya timbul benjolan besar seperti bisul dan bernanah, karena saya takut ada apa apa saya pergi ke DSA nya, oleh dokter tersebut saya diberi obat INH berupa puyer dan diminta seminggu kemudian untuk balik lagi untuk dilihat lagi apakah membaik atau makin memburuk benjolan tersebut . saat itu dokter belum bisa memastikan apakah itu karena memang reaksi dari imunisasi BCg tersebut , BCGintis atau karena infeksi sekunder. . 2 hari setelah minum obat INH tersebut benjolan makin mengempes dan tidak bernanah lagi. tadi malam saya kedokter lagi untuk cek kembali benjolan tersebut dan sekalian imunisasi DPT/polio , Sampai disana dokter malah menyarankan saya untuk melakukan tes darah rutin ( Hb , Ht, Le,Erl,HJ,LED ) untuk memastikan apakaha anak saya positif terkena TB atau tidak ( mudah2 an tidak .. ) dan pemeriksaan radiologi thorax photo PA untuk memastikan apakah ada kelainan pada paru paru anak saya.karena menurut dokter dia jadi takut apakah benjolan nya itu membaik karena memang alami sudah seharusnya membaik atau karena pengaruh obat INH tersebut ?dokter juga bilang tidak ada pembengkakan kelenjar getah bening , dokter jadi malah khawatir anak saya positif terkena TB ( dikeluarga kami tidak ada yang pernah TBC ) .Saat ini BB anak saya 6,2 kg PB 62 cm dan setiap bulan selalu naik BB nya , saya diliat di growth chart itu masih normal , badannya tidak panas dan tingkahnya masih lincah seperti biasa.Saya mohon masukan dari Dr dan Sp apakan perlu saya melakukan tes darah dan photo tersebut ?saya kasian sekali dgn anak saya kalo sampe harus tes darah , saya benar2 bingung.
mohon bantuannya yang Dr dan Spterima kasih sebelumnya

salamTati

Answer 1 : Mbak Tati,Bukannya kalau habis imunisasi BCG memang bekasnya akan mengalami seperti bisul , dulu juga irdin begitu…tapi memang didiemin aja nanti juga sembuh dan hilang sendiri ( meninggalkan bekas sedikit ), coba cari second opini deh..kalau sudah menyangkut diagnose yg cukup berat begini.
Mba di nakita senin ini , kalau tidak salah halaman 3 & 4 mengupas masalah TBC pada anak – anak ,
Maaf yah bila tidak banyak membantu.

Salam,Shi

Answer 2 : mbak tati, pengalaman saya dulu juga gitu kok mbak. Habis vaksin BCG di bekas suntikannya akan benjol, memerah kemudian

bernanah.tapi kemudian akan kering dan meninggalkan bekas seperti carut. Coba dech mbak tati lihat di lengan sendiri ada khan bekas vaksn BCG kita dulu. Waktu itu aku nggak kasih apa2, biarin aja, dan baik sendiri.INH bukannya ibat buat TBC mbak ???
heni

Answer 3 : INH bukannya obat buat TBC mbak ???oo gitu ya mba…maaf ya abis aku dikasih tau dokterku seperti itu jadi itu obat apa ya mba ?
Tati

Answer 4 : Setahu saya tiap anak beda2 hasil bekas BCG-nya. Ada yang biasa dan ada yang menimbulkan bekas. Saya dan Ibu menimbulkan bekas yang lebar banget sampai kayak Tato gitu… turunan kali ya..dan saya or ibu tidak ada indikasi TBC tuh, dan kita pada over weigh semua :p. Anak saya kemarin juga ada nanah tapi ama bidannya dibilang jangan diapa2kan ya… dilihat dulu biasanya luka sembuh dalam 2-5 hari, ya udah tak biarkan aja dan memang sembuh sendiri dan memang ada bekas tapi tidak sebesar punya saya.
Mungkin mbak panic ya sampai dibawah ke dsa terus ama dsa dikasih INHlagi…dari milis ini sih katanya itu obat TBC. So jadi ndak ketahuan ya sembuhnya karena INH atau sembuh sendiri.
Dari berat anak mbak normal kok bahkan anak saya tidak sebesar itu waktu usianya sama dengan anak mbak. Gini aja dilihat medical recodnya, apa anak mbak sering batuk berdahak lama, demam lama dsb (cmiw) or mbak baca aja banyak kok tulisan dr. wati tentang TBC di Child wati. Dan sayangnya hamper semua dsa yang dikeluhkan BB anak berkurang menyarankan tes mantoax or tes TB. Memang sih anak gemuk itu kebanggaan karena lucu dsb, tapi kalau semua anak Indonesia gemuk terus yang kurus anak siapa dong ???? (ini melenceng ya dari topic sebelumnya). Tapi disalah satu tulisan dr. wati katanya anak yang udah BCG kalau tes mantoax pasti positif ya (cmiw). Jadi menurut saya ndak usah bu..buang2 uang aja mending disimpan untuk biaya pendidikan anak, kalau masih kawatir tes urin rutin dan kultur aja (heheee yang ini ngeplot dari tulisan dr wati, mesti biasanya kalau ada yg disarankan tes mantoax or TB dr. wati menyarankan gitu) :p
Regards,Yuliana.

Answer 5 : Allow mbak tati….Saya sependapat dengan sharing SP yang lain. Pembengkakan pada daerahtempat suntikan yang berisi cairan memang merupakan reaksi dariimunisasi BCG dan akan sembuh secara spontan kok. Hal ini disebut dengan BCGitis. Reaksi yang ditimbulkan berbeda satu sama lain. Ada yang benjolan besar, ada juga yang benjolannya kecil bahkan tidak teraba.
Mengenai kemungkinan TBC, gejala2 TBC seperti nafsu makan jauhberkurang, penurunan berat badan, demam yang berkepanjangan, dsb tidakterlihat pada anak mbak.
Pemberian INH juga gak rasional yah…. :(INH diberikan kalau memang anaknya sudah positif terkena TBC dan harusdikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang cukup panjang (cmiiwya…). Bukan untuk menebak-nebak kayak gitu… kalo pake INH membaikatau memburuk-kah benjolannya. Gimana sih ini dokter… buat anak kokcoba-coba…. 😦 Dokter wati lagi ngurut-ngurut dada kali ya… hehee….
Jadi kesimpulannya… mengempisnya benjolan bekas suntikan BCG bukankarena INH-nya kok mbak. Alamiah mengempis sendiri. So, no need to worry ya. Btw, imunisasi BCG-nya kok baru sekarang mbak? Bukankah sebaiknya ketika bayi berusia 1-2 bulan? Sayang banget lho mbak kok bisa terlambat sekali ya…. 😦
Oh iya dokter wati yang baik… mau tanya sedikit ya dok. Berkaitan dengan keterlambatan imunisasi BCG, kalau tidak salah disalah satu BR dokter wati pernah mengatakan bahwa prosedur imunisasi BCG setelah usia bayi > 3 bulan harus melalui tes mantoux dulu ya…?Penjelasannya gimana ya dok?
Best Regards,
Imelda Scorvia

Answer 6 : Mba imelda…..
imunisasi BCG nya sudah waktu umur 2 bulan , reaksi timbul benjolannya baru pas dia umur 4 bulan jadi reaksinya 2 bulan setelah imunisasi , itu normal apa tidak ya mba ?? ( maaf jadi malah nanya lagi ehhehehehhe………. )
Tati

Answer 7 : Oh begitu ‘toh… duh kirain saya imunisasinya baru sekarang. Syukur deh kalau begitu. Hehe… maaf ya mbak…. ^_~
Mbak… setahu saya, vaksin BCG baru akan efektif memberikankekebalannya setelah 2-3 bulan penyuntikan (cmiiw ya dok…).Pembengkakan bekas suntikan/BCGtis sendiri merupakan pertanda bahwarespon imunitasnya baik (cmiiw lagi ya…). Jadi… sepertinya masih normal deh kalau reaksi BCGitis-nya baru 2 bulan setelah imunisasi. Mohon koreksinya ya dokterku yang baik… 🙂
Best Regards,
Imelda Scorvia

Answer 8 : Dear2 minggu lalu di BR 42? saya mengupas soal bekas BCG ..jangan kasih INH tanoa INH pun akan sembuh sendiri bahkan masih bisa on and off … karena memang begitu lah pasca BCG
Daya juga gak akan periksa lab dan ronsen ahhhhhh
wati

Answer 9 : Terima kasih untuk Dr. wati dan SP’s atas masukan dan share pengalamannya , saya jadi semakin yakin kalo tes lab dan ronsen itu ga perlu .dan tidak bingung lagi .
Bravo Milis sehat …….
salam,
Tati

Iklan

8 thoughts on “Q & A Pasca imunisasi BCG

  1. Aiya anak kami berusia 1.5 bulan, 10hari yang lalu di imunisasi BCG, ngga ada tanda kulit melendung atau benjolan bernanah, padahal salah satu ciri imunisasi tersebut berhasil adalah tanda2 tersebut. Gimana kira-kira berhasil ngga ya imunisasinya?

    thank’s

    Laila

  2. Dok, kpnakan saya waktu umur 1bln dsuntik bcg d bidan, tetapi ktanxa trlalu dalam sehngga gagal virusnya kt nya msuk k paru2, kmren dsuntk ulang lg bcg, tetapi sekarang umur 11bln kok berat bdanya tidak bertambah, nafsu makan kurang dan ada bnjolan di ketiaknya. . .apakah itu bcgitis? Bgaimana penanggulangannya dok? Terimakash

  3. Question : Dear Dr. wati & SP’s
    mohon bantuannya …Anak saya umurnys sdh 30 bulan dan sudah pernah di imunisasi bcg,tapi kok tidak meninggalkan bekas ya? Apakah itu arti nya imunisasi bcg anak saya tidak berhasil? Apakah harus di ulang? Kapan harus saya ulang ya? apakah anak harus dilakukan test mantouk dulu untuk memastikan dia tidak terkena TBC baru bisa di imunisasi bcg?.Apakah ada bekas imunisasi bcg yang tidak meninggalkan bekas?
    Saya mohon masukan dari Dr dan Sp apakan yang harus saya lakukan? saya bingung sekali dgn anak saya kalo sampe harus tes darah , saya benar2 bingung.
    mohon bantuannya yang Dr dan Spterima kasih sebelumnya

    salam Marisa

  4. Dear mba tati, anak saya juga nih baru muncul bengkaknya. Yg jadi pertanyaan, tuh DSA keterlaluan bgt yahh, ɑ̷̸̤̮̈̐‎p̜̍α̮̈̊̽̌ dia ga tau klo abis imunisasi bcg bakal timbul bengkak…bidan di puskesmas aja pada tau… Keterlaluan klo menurutku DSA asal asalan aja suruh tes ini itu dsb, apalagi sama anak bayi…hadeehh

  5. Anak saya imunisasi BCG umur 2 bln,setelah 3 bln lamanya bekas suntikan blm kering dan muncul benjolan di ketiak sebesar kelereng kt dokte sp anak bcgitis dan diberi obat INh utk 3 bln,bahaya ga ya?

  6. ini q jg lagi bingung. anak q ni dah umur 4bln tp masih ada benjolan di tangan nya bekas suntik bcg itu. kemarin smpt kluarin nanah q tambah bingung n takut. kebanyakan orang dilingkungan q bill tu gpp emg gt. tp stlh priksa di bidan yg nyuntik bcg tu malah dikasih obat antibiotik n klo belom kempes jg katae mau di kluarin tu nanah nya. q kok jd kshn m anak q. hm gimana ya solusi nya nih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s