Bayi Baru Lahir Pulang Dari Rumah Sakit


Ketika satu keluarga dengan satu anak mendapatkan anggota keluarga baru. Awalnya pasti akan sangat senang sekali. Si kakak akan menyambutnya dengan sukacita. Tapi oo… kemudian dia melihat semua anggota keluarga memperhatikan si jabang bayi. Tak ada lagi yang menyapa si kakak. Yang ada si kakak ga bole ini-in bayi ga bole itu-in bayi… Ibu dan Ayah harus cepat mengambil tindakan jika hal ini terjadi.

Si Ibu yang berperan penting. Setelah selesai menyusui bayi dan menidurkannya cepat hampiri si kakak. Aja bermain, komunikasi dan berikan pelukan serta ciuman. Atau bisa juga berikan mainan baru untuk mengalihkan kecemburuan si kakak terhadap adik barunya. Biarkan saja si kakak mengerti sendiri akan kehadiran si adik. Jadi tidak perlu sering ditanya-tanya “sayang ga sama adiknya?” “senang ga punya adik baru?” biarkan mengalir saja.

Ketika si kakak berada di sisi bayi sebaiknya kita tidak perlu berbicara banyak tentang si adek bayi. Jadi si kakak tidak merasa hanya adik saja yang diomong-in. kita sebagai orangtua pun tidak perlu berlebihan menyayangi si bayi seperti terlalu banyak mencium, memuji dsb. Nanti kalo si kakak bobo baru kita maksimalkan sayang-sayang-an sama si adek.

Belum lagi semua saudara-saudara yang dateng, oom tante kakek nenek pasti mencari si adek bayi. Si kakak yang berdiri di depan pintu menyambut pasti langsung dilewatin aja bahkan mungkin malah di Tanya “mana ade bayinya?”. Belum lagi kado yang banyak dibawa para tamu. Dan si kakak tidak mendapat 1 kado pun. Membuat si kakak akan makin sedih. Mungkin kita bisa sediakan kado-kado-an yang berisi barang2 yang tidak terlalu mahal untuk si kakak untuk menyeimbangkan dengan kado si adik yang banyak.

Kemudian saat-saat menyusui. Sekarang lagi gencarnya asi exclusive 6 bulan, IMD. Pasti dong semua ibu ga ada yang mau kasih susu botol atau susu formula. Pengennya menyusui terus. Dan dihisap langsung oleh si bayi karena hisapan si bayi yang membuat asi lancar keluar. Kalo kita ga ‘ngeh’ si kakak akan merasa cemburu apalagi adiknya ada di dada ibunya terus. Bayi baru lahir biasanya sering bangun dan nyusu. Mungkin jika si ayah tidak ada, si ibu bisa menyusui sambil menemani main. Misa sambil gendong bayi terus duduk bersama kakak bermain. Atau si ayah lebih giat lagi menawari berbagai macam permainan pada si kakak saat si ibu menyusui bayinya.

Oleh : lutvita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s