Seputar Operasi Caesar dan Aborsi


sumber : wrm-indonesia.org/content/view/378/62/

Operasi caesar saat melahirkan memang memerlukan penanganan serius sesudahnya. Karena yang namanya operasi di mana bagian tubuh dibuatluka dengan sengaja, tentunya perlu perawatan lebih serius. Seringkali pasien mengalami trauma, bila harus hamil dalam waktu yang tidak begitu lama, dari kelahiran pertama. Sebenarnya, saat ini operasi caesar tidak se-menakut-kan yang dibayangkan.
Simak saja pengalaman Mom D (di USA), salah seorang mommies WRM, “Saya anak pertama caesar, tapi anak kedua normal. Padahal anak pertama baru 9 bulan, sudah hamil lagi, tapi lahirnya bisa normal kok.”
Kebalikan dari kasus Mom D tersebut, menimpa seorang cleaning service kantor salah seorang mommies anggota WRM. Hampir setahun lalu melahirkan secara caesar karena posisi bayi yang melintang dan sekarang ketahuan hamil 3 bulan, tetapi disarankan dokter untuk dikuret (digugurkan) ¬ alasannya karena belum 2 tahun operasi caesarnya. Dan karena yang bersangkutan termasuk kurang beruntung karena tidak punya biaya untuk kuret maka minum beberapa jamu dan obat peluntur untuk menggugurkan Kandungannya, tetapi saat ini janin tidak gugur.
Dilema memang melihat kejadian tersebut, di mana orang kurang beruntung, yang notabene kurang pengetahuan dan kurang biaya, sehingga sulit untuk mendapatkan yang terbaik bagi kesehatannya.
Tetapi alangkah baiknya apabila janin yang sudah tumbuh 3bulan itu dipertahankan dan diteruskan kehamilannya dengan menghentikan

minum jamu atau obat peluntur yang bisa mengakibatkan kecacatan mental dan fisik, maupun gangguan kesehatan lain, apabila nantinya Tuhan mengijinkan sang bayi untuk lahir ke dunia.
Kembali ke masalah jangka waktu untuk hamil lagi setelah operasi caesar, menurut pengalaman beberapa mommies, minimal 6 bulan pasca operasi caesa, rahim sudah siap untuk menerima janin.
Hal ini didukung oleh masukkan salah seorang dokter kandungan mommies WRM yang bermukim di USA, “….sesudah 6 bulan operasi caesar udah boleh hamil lagi. Danmelahirkannya pasti diusahakan normal dulu oleh dokter, kecuali kalau ada emergency situation / bayi hilang nafas, sakit mendadak atau tidak segera lahir lebih dari 4 jam sejak pembukaan 10, dilaksanakan dioperasi caesar lagi”
Tetapi ada pula yang menyarankan bahwa yang lebih baik adalah minimimal setahun setelah operasi caesar untuk hamil kembali karena dalam jangka waktu setahun rahim dan kulit sekitar perut diharapkan sudah benar-benar siap.
Untuk melahirkan kembali secara normal, ada pendapat dokter kandungan seorang mommies, kalau sebaiknya perlu menunggu 2 tahun untuk persalinan normal paska operasi caesar.
Apabila Ibu sudah siap untuk hamil kembali pasca operasi cesar (dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama) tentunya harus mengikuti saran dan nasihat dokter kandungan masing-masing, jangan sampai terjadi seperti kasus tetangga salah seorang mommies WRM di Biak, di mana ada seorang ibu yang jahitannya ‘jebol’ karena belum 1 tahun caesar dan sudah hamil lagi.’Jebol’-nya itu waktu usia kandungan sudah 8 bulan. Akibat sering menyetir mobil sendiri dan naik motor sendiri.
Untuk menutup diskusi ini, ada masukan-masukan menarik dari nasihat DSOG salah satu mommies WRM:
– Sejauh ini (waktu itu tahun 1999) sebenarnya tidak ada kata pasti tentang kapan boleh hamil lagi setelah caesar. Biasanya para DSOG mengambil amannya setahun.
– Pelbagai hal yang dipertimbangkan antara lain kembalinya elastisitas otot perut (yang relatif beragam tergantung watak kulit dan kebiasaan hidup si pasien), bekas luka sudah merapat sempurna atau belum, benang jahit sudah terserap sempurna atau belum, terjadi pelengketan pada organ lain atau tidak.

– 6 lapis kulit dan otot yang dibuka (yang teringat baru epidermis, endodermis, otot rongga perut, kantong rahim). Semuanya ini perlu dijahit lagi. Nah, kepulihan irisan dan jahitan yang dalam itu tidak bisa dilihat. Walau waktu keterserapan benang jahit sudah bisa diperkirakan oleh produsen pembuatnya, pada setiap pasien bisa berbeda-beda tergantung penerimaan tubuh terhadap benda asing.

– Pada sebagian orang, bisa terjadi perlengketan pada organ-organ lain di dalam rongga perut karena adanya “gangguan” caesar ini. Semakin sering operasi, semakin tinggi risikonya. Maka dari itu biasanya para dokter melarang ibu yang udah tiga kali sesar untuk hamil lagi. (ci/wrm)

23 thoughts on “Seputar Operasi Caesar dan Aborsi

  1. iya,ak pny anak umur 5 bln,dan skarang udah hamil lagi 2 blan,tapi kemaren udah ak guurin ,msalahnya tkut

  2. sy pny anak dah usia 10 bulan, menurut bidan dan dokter katanya boleh hamil lagi setelah 5 tahun, baru bisa lahir normal,tapi setelah saya baca ternyata dalam jangka 1th dah boleh pny anak, tapi masalahnya sampai sekarang rasa gatal dan nyeri dibekas jahitan masih terasa, trus bagaimana?

  3. aku sorang ibu rumatangga yang mengalami operasi anak pertama saya tapi waktu aku hamil ke 2 . masuk 3 bulan aku keguguran padahal menjalani 3 tahu operasi pertama .sebelu ke guguran itu aku perna ambil air ..apa sebab nya aku bisa keguguran itu

  4. saya seorang ibu yg seminggu lalu melahirkan anak saya dengan operasi ceasar…dan anak saya meninggal seminggu yg lalu……saya ingin segera punya anak…..itu karna saya ingin sharing dan baca baca dari pengalaman ibu 2 yg ceasar..kapan bisa punya anak lagi…mengingat saya ingin sekali anak dan hamil lagi

  5. saya seorang ibu, 7bln lalu saya melahirkan bayi laki2. tp sayangnya saya blm diberi kesempatan merawatnya, 3 hri pasca operasi cesar ( dilahirkan ) anak saya meninggal. Rasa hati ingin sekali memiliki kesempatan untuk memiliki anak lagi. tp jujur masih takut……trauma sangat saya rasakan. mengingat kmrn adalah kehamilan saya yg kedua pasca keguguran februari 2009 kehamilan pertama. mohon kiranya informasi/sharing ibu2 sekalian yg pernah mengalami operasi cesar…… Kira2 KAPAN saya bisa hamil lagi,,,,,,?????????????

  6. saya juga sama bu, setelah caesar, bayi saya meninggal …. pengen lagi punya anak, tapi insya allah itu yang terbaik yang allah beri… tetap ikhtiar dan tawakal

  7. Ibu-ibu semua, saya mau bertanya..saya baru 5 bulan selepas melahirkan anak pertama saya secara ceaseran..bayi saya meninggal seminggu selepas saya melahirkannya. kini saya mahu hamil lagi dan dokter menasehati supaya saya boleh hamil 2 tahun lagi.. bagaimanapun saya khuatir kiranya saya tidak sengaja hamil kerana hingga hari ni saya sudah sebulan tidak datang mens. saya cek urine test tapi nggak ada tanda tanda bahawa saya hamil..saya makan jamu macam biasa tapi kadangkala saya menyedari ada denyutan sebelah kiri rahim saya. mohon pandangan ibu-ibu ya..bagaimana sekiranya saya hamil adakah menjejaskan bayi saya?

  8. Dear Moms, Pengalaman saya anak pertama saya lahir caesar tapi usia 1.5 bln meninggal krn “laringo malacia” kata DOSG saya waktu itu boleh klo mau langsung hamil tapi ya nanti operasi lagi klo mau normal sebaiknya tunggu sampai 2 th, tapi 1.5 th saya baru hamil lagi dan caesar lagi Alhamdulillah skr anak saya 6 bln dan sehat. jd klo emang hamil lagi setelah caesar blm 2 thn menurut saya gpp moms asal dijaga aja

  9. Dear ibu2, sy jg mengalami hal yg sama dgn ibu2, 7 bln yg lalu sy melahirkan anak pertama saya scr caesar, 5 pasca caesar anak sy dipanggil Yanh Maha Kuasa. Ingin rasanya sy hamil dan punya anak lg, setelah sy konsul ke dokter kandungan, beliau mengatakan bolehsj hamil diwaktu deket pasca caesar, tetapi beliau menyarankan min 9 bln pasca caesar waktu yang lbh baik, InsyaAllah sy akan merencanakan kehamilan di bulan ke9 ini. Smg اَللّهُ selalu mberikan yg terbaik bg sy dan ibu2, diberikan pengganti yg jauh lebih baik…
    ‎​​​آمِّينَ يَ رَ بَّلْ. عَلمِيّنْ

  10. Dear Para Ibu, sy jg mengalami hal yg sama dgn ibu2, Feb yg lalu sy melahirkan anak pertama saya scr caesar, 2 bln pasca caesar anak sy dipanggil Yang Maha Kuasa. Saya pun di minta suami stop KB karena kita percaya, cepat atau lambat nya saya hamil lagie itu adalah Hak Yang Kuasa untuk atur itu smua. Jadi Saya dan suami pun benar2 berserah diri saat ini disegerakan Hamil Alhamdulillah.. tapi kalau Tidak artinya ini bukan waktu yang tepat. Jadi saran saya tak perlu khawatir..Saat Tuhan percayakan smua pada kita pasti Dia pun sdh menyiapkan smuanya. Kalau pun anak pertama saya dipanggil Pulang, kami percaya itu bukan karena salah siapapun tapi karena Tuhan sangat2 menyayangi-nya.

  11. Dear moms, sy mau sharing ni…ank pertama sy lhr normal dan skrg sdh b’usia 6 th, ank k dua sy lhr SC skrg usia@ 1,7 th, sy ingin menambah ank lg dan ingin normal, skrg sy msh KB IUD kira2 kpn y bs bk IUD utk punya ank dan lhr normal??????

  12. Dear moms, sy jg mau sharing nih.sebulan yg lalu tepat 9bln hamil, putra kembar saya meninggal dalam kandungan. Saat itu juga dilakukan operasi caesar untuk melahirkan putra saya..Dunia seakan runtuh ketika putra kembar yg selama ini saya idamkan harus dipanggil Allah swt mengingat itu kehamilan pertama saya. Saat ini saya ingin segera hamil lagi..tp dokter menyarankan saya untuk hami lagi setahun kemudian..gimana ya moms, apakah saya harus KB dulu sembari menunggu kondisi rahim saya pulih pasca operasi caesar??

  13. Hai moms, ikutan yah,,,
    26sep kmrn aku melahirkan caesar dan prematur krn aku ngalamin pre-eklamsia, tp 6hr kemudian babyku meninggal dunia krn gagal jantung. Pengen bgt rasanya cepet hamil lg untuk ngobatn rasa kehilangan itu. Dokter kandungan aku sih cuma blng klo mau hamil lg minmal tunggu 6bln biar pulih lahir batin, tp klo krng dr 6bln aku hamil lg hrs dlm pengawasan dokter. Buat moms yg mengalami hal yg sama, kita sama2 b’juang yah,,,pasti Allah tau yg terbaik bwat kita… SEMANGAT!!!! ^_^

  14. dear moms, ikutan yah,,,,3 maret 2011 lalu saya melahirkan caesar bayi laki-laki dan waktu anak saya berusia 7 bulan, saya hamil lagi…agak takut jg..kemungkinan bisa lahir normal g…mohon penjelasannya.tks

  15. Hai mom’s… Smua crita diatas sm dgn yg aku alami.. Anak prtamaku lahir cecar..Ketika umur 10bln anaqku meninggal, dan saat ini sy sdng hamil lg 2 bln. Smoga nnti Allah snantiasa mbrikan kmudahan dan sy bs melahirkan normal

  16. Bunda,ikut berbagi ya? Aku juga baru operasa SC 20 Desember 2011 lalu karena ruptur uteri di usia kehamilan 32 minggu,dan bayiku meninggal 2 hari kemudian karena hipoksia. Kata dokter aku tidak boleh hamil dulu selama 2 tahun dan mesti KB..Bingung juga nih padahal kemarin kehamilanku yang pertama dan menunggunya selama 5 tahun, rasanya berat kalau harus bersabar 2 tahun lagi, pengennya segara hamil lagi dan lahir dengan selamat ibu dan bayinya amin… Semoga Alloh memberi kita para orang tua yang putra putrinya diminta kembali oleh Sang Pencipta dengan ganti yang lebih baik, amin ya Rabb…

  17. Saya þuπyα Ǻπαk 3. Umur πƴªª 5th, 3th 1,5th$ëмΰӑ πƴªª lahir Dǝπgαπ caesar , ϑ karenakan pinggul saya sempit, đαπ seƙαƦαπğ saya đɑҺ hamil lagi ,,, Kαrπα ƙαƭα dokter ,saya ϑ ƨυrυƗƚ meneruskan, ga boleh ϑ gugurkan , ǰϑ saya terusakan kehamilan saya, walaupun ƙαϑαπğ saya ♏ɑƨϊƗƚ trauma þαđα operasi yang terakhir ,ƭ∂pϊ saya percaya ƬυƗƚαπ þαsti kαsih yang terϐàiƙ buat saya ,,, ϐαğȋ pembaca ƨмυα Mohoπ doa πƴªª yach , mg saya đαπ bayi saya selamat đαπ sehat ƭαπþα ӑϑɑ kekurangan ƨυαƭυ apapun ,mg ϑ beri kelancaran ώɑƙƭΰ operasi ceasar kέ 4 επƭαr ,,,, amien

  18. hi moms,, ikutan yah,, aq jg melahirkan secara SC pada saat anak pertama usia 18bulan aq hamil lg,,dan akhirnya yg keduapun dilahirkan secara SC karna dokter bilang jaraknya terlalu dekat,, skrg usia anak keduaku 8bulan,, dan skrg aq sedang hamil lg usia kandungan 6 minggu,, tp dokter bilang,, it’s OK.. jd, yah aq LANJUTKAN,, wlwpun dlm hati msh takut2, karna banyak masukan2 negativ mengenai jarak secarku yg terlalu dekat,, ada masukan mom ? tq

  19. hmmmm….sy jg br 6bln yg lalu caesar..tp ne sy hamil lg..pas kmrn cek ke DR kata na kandungan sy kurang sehat…gmn ya?
    sbnr na sy jg ud susah jaga anak pertama saya..

  20. hai mom, saya seorang suami yang sedang khawatir…saat istri saya hamil lagi ketika anak pertama saya baru berusia 16 bulan, proses kelahiran anak saya yang pertama caesar…menurut beberapa artikel yang saya baca sih hamil lagi tidak apa-apa, tapi istri juga demikian khawatirnya,,,mohon do’anya juga, semoga untuk kehamilan anak kedua ini selamat dan sehat dua-duanya amiin.wassalam

  21. Anak saya ♈ά̲̣̥ñg pertama lahir normal(3.5 th), tp yang ke 2 secar baru 11 bln, sekarang saya hamil baru 4 W, tp takut bgt knapa2 kalau dokter sih pasti menyarankan untuk di teruskan toh jika terjadi apa2 bukan mereka yg merasakan,,, jika berhasil ya sukur ga ya gpp yang penting dia dpt pasien baru yang bakalan kontrol tiap bulan dan mendatangkan uang. Tp jika takut terlalu beresiko saya sih lebih baik mengakhirinya sebelum 6 W. Semoga ini yg terbaik dikarenakan posisi sy dan suami semua bekerja dan jauh dari keluarga, repot menjaga anak2 jika msh trlalu kecil. Dan yang jelas anak ke 3 tdk lagi mendapatkan cuti, gak kebayang jika harus secar lagi dengan kondisi tersebut. Mhon doanya moms atas keputusan ini

  22. Iya bun ak 10bln yng lalu melahirkan cesar dan sekarang ak hamil dah 6bln tapi ak sering merasa pedih di bagian dalam perut dan sakit/linu d bagian perut kanan knp ya bun? Ak takut?

  23. Dear moms all,,
    ikutan yach
    semua yg terjadi pada kita adalah keputusan terbaik dr Tuhan, jadi kita semua harus berbahagia menerima dn menjalaniny:)
    anak saya yg pertama usia 9 tahun lahir scra normal, kedua 3 thn jg normal, ketiga 15 bulan scra SC namun saya jg skrg sdh hamil 4 bln, semoga semuanya baik2 saja, semangat moms:D

Tinggalkan Balasan

