Q & A Puasa saat hamil dan menyusui


sumber : milist sehat (www.sehatgroup.web.id)

Question : Dear dr wati, moms, dads,..dari hari senin kemaren saya lagi bayar utang puasa, biasanya tanpasahur,.. tapi karena bumi (7.5 bulan), masih asi, jadi saya paksain sahur,maksudnya sih biar supply asi-nya ga berubah, menu sahur: sandwich.Biasanya kalo ga puasa, payudara jadi kencang kalo sore2, terutama hari inisenin, tapi kok pas puasa, payudara ga kenceng sih?.. apa karena supply airdidalam tubuh kurang (Biasanya saya banyak minum air putih.). trus.. buka puasa.. biasa… minum air putih + brownies (dijalan).. sampai dirumah..mimi-in bumi dulu.. trus.. baru makan nasi lengkap.hari selasa, saya puasa lagi… dengan sahur juga (air putih, air tehmanis+ brownies + pie ayam)… nah… hari selasa ini pup bumi rada encer, biasanya paling banyak bumi pup 3 kali (subuh, siang, sore),.. nah hariselasa kemaren, bumi pup sampe 4 kali (dari jam 4.00 – 15.00), dan rada encer. Pada hari selasa itu jadwal makan bumi biasa,. ga ada yang berubah… , dari baca2 file di “sehat” kan kalo diare itu kalo pup > 6 kali,.. jadi… sop ke bumi… tetep makan (tanpa sayuran), jus apel, danstop minum jeruk dulu.. (biasanya bumi minum jeruk baby sampe 2 buah/hari, karena doyan banget), banyak minum, dan porsi susu biasa (tidakdiencerkan), apakah sop yang saya terapkan ke bumi sudah tepat?… darijam15.00 bumi udah ga pup lagi…. sore.. saya buka: bapau kacang hijau(dijalan), sampe rumah bumi mimi dulu.. dan makan nasi lengkap hari rabu.. saya puasa lagi (Insya Allah), sahur: fetucini + air teh manis + air putih. jam 4.00 pagi.. bumi pup lagi,.. awalnya biasa..tapidiakhirnya sedikit encer…saya pesen sama orang rumah untuk tetap memberikan bumi menu seperti biasa, tapi tanpa sayur, susu biasa (tidakdiencerkan), tidak minum jeruk baby, minum jus apel. saya juga minta agaralat2 makannya bumi lebih diperhatikan dan benar2 disterilnya.. (direbusdengan air mendidih atau pake alat steril). yang ingin saya tanyakan:
1. apakah dengan berpuasa, supply asi akan menurun?..apakah menu sahur saya yang kurang, sehingga asi menurun?
2. apakah peristiwa pup-nya bumi yang sering ada hubungannya dengan asi saya (karena puasa)?
3. apakah porsi bumi minum jeruk baby 2 buah/hari (tidak sekaligus: setiap kali minum hanya 1/2 buah), tidak memberikan

efek samping apa2?. biasanya selain minum jeruk baby, tidap hari bumi juga minum jus 2 kali + 1 bubur susu (home made) + 2 bubur lengkap (ganti2 beras atau kentang/macaroni/jagung).
4. apakah sop yang saat ini saya berikan ke bumi sudah tepat? (saya belum berikan pedialyte, karena bumi masih doyan makan, doyan mimi susu,dan masih aktif.
5. selama ini saya steril alat makan bumi dengan cara: air direbus sampai mendidih, lalu peralatannya direbus. apakah cara ini sudah benar?.. atau lebih baik pakai alat steril?..(saya jarang pake alat steril, karena pengasuhnya bumi lebih familiar dengan cara rebus merebus.
mohon pencerahan dari dr, moms n dads,.. maaf kalo jadi kepanjangan..
yulimamabumi

Answer 1 : YULI – PUASA VS ASI, DIARE
Puasa tentunya bisa saja berpengaruh terhadap ASI, nah terimakasih SP ygsudah memberi asupan untuk menyiasati dengan pola makan sahur dsbnya.Saya tdk melihat ada hubungan antara puasamu dengan diarenya Bumi.
Kedua, kenapa buahnya hanya jeruk? dan kenapa kedua2nya diberikan dalambentuk jus. Dianjurkan untuk lebih mengkonsumsi buah “raw” nya agar adaperolehan serat dan phytochemicalsKetiga, cara makan lainnya sudah benar (sayurannya gak dihancurkan barengkan?)Sterilisasinya juga sudah benarSudah sembuh kan Bumi?
waty

Answer 2 :dear mbak Yuli,
aku cuma mau sharing aja.
waktu bulan ramadhan tahun lalu, umur kandunganku memasuki 9bln.Alhamdulillah, aku masih bisa berpuasa hingga hari ke 17 pd saat akumelahirkan.Jadi utang puasaku 13hari (byk juga).Alhamdulillah, Reyka (10bln) sampai saat ini susunya masih full ASI tanpasusu formula.kemarin2 aku udah coba nyicil bayar dgn cara puasa senin kamis.kalo aku ambil tiap hari seperti yg mbak yuli lakukan, aku khawatir akanmengganggu produksi ASIku dan hal tsb terbukti, memang puasa sangatmempengaruhi produksi ASIku.Biasanya aku minimal sekali perah ASI dapat 100ml,tetapi disaat puasa palingcuma 60ml. Tetapi Alhamdulillah, Reyka tidak terganggu sedikitpun baik dlmhal BAB atau yg lainnya.
Sebelum aku mulai bayar utang puasa, aku sempat bertanya kpd teman2 ttgpuasa pd saat menyusui. Ada yg bilang bahwa selama mereka berpuasa tidakmempengaruhi produksi ASI, ASInya masih tetap banyak. Tetapi ada jugadiantara mereka yg bilang selama mereka berpuasa sambil menyusui, bayinyadiare. Aku gak tau apakah diarenya itu betul krn ibunya puasa atau karenasebab lain.
Tetapi, Alhamdulillah, Reyka tdk diare, hanya produksi ASIku saja ygmenurut.Oleh karena itu, aku mengambil puasa senin kamis saja, agar tidak terlalumengganggu stok ASIku. sementara untuk puasa Ramadhan thn ini aku belum tau,bagaimana caranya agar produksi ASIku tetap byk.
wah…..jadi kepanjangan dech!!!!!!!
maaf kalo tdk membantu.Lela – Mamanya Reyka

Answer 3 : makasih banyak dok buat tanggapannya,… saya jadi lebih pede dan ga merasaterlalu bersalah mikir penyebab bumi diare.. alhamdulillah dari hari kamispup-nya udah normal lagi.. (setelah dari hari senin pup-nya lebih encer dan sering)…soal jeruk,.. bumi kalo’ abis makan siang/sore.. selain dikasih air putih..demen banget kalo dikasih jeruk.. jeruknya memang cuman diperes aja…. ,..kalo snack-nya ( berupa jus buah selain jeruk) memang kadang2 masihdi-jus.. (blender dengan air sedikit), tapi kadang2 bumi juga sukadipotongin apel/pear buat finger food-nya…soal makanan.. hehehe… saya masih “bandel” nih dok,… sampe saat inimasih sering dihancurkan bareng,…. sama orang rumahnya sih udah wanti2supaya.. dihancurkannya pisah2.. cuman….nenek-nya bumi kadang2 suka maencampur aja.. jadi pengasuhnya bumi juga “ga berkutik” juga…. tapi cobadeh.. pelan2 saya kasih pengertian ke nenek-nya bumi..
makasih banyak dr wati..-yuli-mamabumi

Iklan

One thought on “Q & A Puasa saat hamil dan menyusui

  1. hallo,selamat siang,aku mau tanya tentang soal puasa putih gimana sih caranya soalnya aku belum begitu maka aku mohon petunjuk,apakah boleh seangdanya boleh maka aku haturkan banyak terimkasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s