Susu China Gemparkan Dunia


Hong Kong(Espos)
Skandalsusu formula Chinatelah berembus ke sejumlah negara Asia, Selasa (23/9), yang mengakibatkan negara bersangkutan mengeluarkan larangan berbagai produk susu dari Negeri Tirai Bambu itu.
Laranganyang dikeluarkan bahkan juga termasuk untuk permen dan barang dagangan lainnya. Kondisi ini membuat para orangtua panik dan cemas sehingga mereka menyerbu sejumlah rumah sakit terdekat untuk memeriksakan kesehatan anak-anak mereka.
Dari Jepang menuju Thailandtercatat persebaran berbagai jenis kue, es krim dan roti daging yang kemungkinan besar telah terkontaminasi (dibuat melalui campuran bahan-red) dengan produk susu tercemar melamin yang mengakibatkan empat bayi di Chinameninggal dunia karena gagal ginjal.
Sementara 53.000 bayi lainnya jatuh sakit dan sebagian besar terkena penyakit batu ginjal. Ketakutan munculnya gangguan kesehatan tersebut juga meluas hingga ke sekolah-sekolah dan dampaknya toko-toko memutuskan menarik berbagai produk sebagai langkah antisipasi.
Sejumlah perusahaan makanan berskala internasional seperti Kraft Foods Inc., ikut terkena dampak oleh rumor yang belum jelas tentang penarikan sejumlah produk makanan kecil termasuk di dalamnya kue Oreo dan M&Ms.
”Saya masih mencemaskan kondisi anak saya,” kata Mary Yu, seorang ibu asal Hong Kongyang membawa anaknya berusia tiga tahun untuk menjalani tes kesehatan di salah satu rumah sakit, kemarin. Puluhan orangtua lainnya juga melakukan hal yang sama. ”Saya memeriksakan kondisi paru-paru untuk memastikannya aman.”
Tes medis
Sementara itu, beberapa negara lain termasuk Singapura, Taiwan, Brunei, Hong Kong, Vietnam dan Philipina, menyusul melakukan hal yang sama dan segera mengeluarkan larangan terhadap semua makanan berbahan susu asal China. Lebih khusus lagi larangan tersebut mulai dari susu fermentasi untuk bahan susu stroberi, biskuit dan permen.
Pemerintah Bangladesh bahkan telah memerintahkan petugas berwenang melakukan tes medis terhadap susu bubuk impor dari sejumlah negara yang selama ini dikenal punya regulasi super ketat terhadap produk makanan seperti Australia, Selandia Baru dan Denmark.
”Saya sangat cemas setelah mendapat laporan tentang susu tercemar tersebut,” kata Sultana Rahman, seorang ibu di Bangladeshyang punya bayi berumur depalan bulan, di mana pemerintah saat itu telah melarang tiga merk susu bubuk bayi dari China. ”Saya akan memilih memberikan anak saya ASI daripada susu bubuk.”
Kemarin, Pemerintah Malaysiatelah memperluas larangan mereka terhadap produk China, termasuk di dalamnya adalah permen, cokelat dan makanan lain yang mengandung susu.

Produk Chinayang dilarang
beredar di Singapura dan Malaysia
1. Permen merk White Rabbit Creamy
2. Susu rasa stroberi Dutch Lady
3. Yili Choice Dairy Fruit Bar Yoghurt Flavoured Ice Confection.
4. Snickers bars
5. M&Ms
6. Nabisco Chicken In A Biskit
7. Dove chocolate bars
8. Mentos yogurt balls
9. Oreo wafer sticks
10. Want Want Take One Baby Bites

Negara-negara yang melarang
produk susu China
Australia
Bangladesh
Bhutan
Brunei
Burundi
Kanada
Hong Kong
Uni Eropa
Indonesia
India
Jepang
Malaysia
Myanmar
Selandia Baru
Filipina
Singapura
KoreaSelatan
Taiwan
Thailand
Vietnam
– who/AP/Rtr

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s