Q & A Kehamilan Pasca Caesar


Kehamilan pasca Caesar

sumber : milist sehat

Question : sekalian nih saya mau curhat……saya anggota baru,,,,,,,,,,,, maaf selama ini tidak pernah memperkenalkandiri……..
Saya sedang mengandung anak ke dua, usia kehamilan 2.5 bulan.anak pertama saya terlahir cesar……dan setelah anak pertama berumur 3,5bulan kehamilan saya kedua di mulai….
pada saat operasi cesar, saya dilakukan saya mengalami shock karena sayamengeluarkan banyak darah hingga saya di tranfusi 3 botol. menyebabnyaadalah ada varises (mudah2an benar penulisannya) di perut saya sebesar ibujari sebanyak 5 varises dan kondisinya pecah semua…..
saya sadar bahwa jarak aman kehamilan adalah 2 tahun, tp saya tidak sampaihati kalau harus menggugurkan anak saya meskipun pada saat saya mengetahuikehamilan saya, janin masih berumur 1 minggu.
meskipun dokter saya mengatakan saya relative aman, saya sedikit ragu…..dengan medical record yg saya miliki, apa ya kira2 kondisi terjelek yg sayaakan alami dan kira2 apa saja yg hrs saya hindari agar kehamilan saya tidakterlalu berbahaya…mengingat kondisi jahitan saya belum totally sembuh….

terima kasih sudah mau membantu saya……d-nee

Answer 1 : Mom..
Kalo saya ngga salah, ada dua pendapat dokter deh mengenai kehamilan lagisetelah caesar, yang pertama : aman melahirkan kembali setelah 2 tahun danyang kedua (yang terbaru) dalam jangka waktu 6 bulan.. (cmiiw dokter dan sps). Insya Allah, mom.. nanti pas waktu melahirkannya udah lewat 6 bulandooong 🙂 jangan panik ya.. kasian baby nya.. soale aku aja udah di ijininhamil lagi nih.. sama dsog ku yang kedua, sama yang pertama masih nganutyang 2 tahun.. hehehehe
Reyna Miranda

Answer 2 : Aku juga termasuk yg lahir dengan caesar, tapi ini memang atas permintaanku sendiri karena sudah 12 jam pembukaan masih tetap 1, pada awalnya dsog ku tetap bertahan bahwa masih bisa dengan normal dan masih membujuk aku untuk tetap normal. Tapi aku justru tetap bersikeras untuk caesar , kenapa ? karena aku nunggu anak dalam kandungan ku ini selama 6 tahun dan aku tidak mau terjadi apa – apa dengan anakku, alhamdulillah keputusanku ternyata tidak salah karena ternyata anakku di dalam sudah terlibat tali pusat 2 kali lingkaran di lehernya, waktu USG terakhir tidak terlihat, bisa kebayangkan gimana kalau aku paksain lahir dengan cara Normal ( bisa kecekek deh anakku…wah serem yach …),Pada hakekatnya yang namanya jadi seorang ibu itu memang harus siap berkorban dan menanggung sakit kok demi sang anak.Jadi bagi yg sudah caesar enggak ada yg perlu di sesalin deh…yg penting saat ini toh sudah selamat dua – duanya , dimata Tuhan sama kok perjuangan melahirkan dengan normal / caesar.Lagi pula tidak ada bedanya kok kasih sayang yang kita tuangkan ke anak yg kita lahirkan dengan normal maupun yang di lahirkan dengan Caesar.
Maaf ya kalau ada yg tidak berkenan.
Salam,Selvi

Answer 3 : Mbak Yeni,
Sekedar mau sharing…Kedua anak saya kebetulan dilahirkan secara Cesar dengan jarak kelahiran 13bulan dan menurut dokter kandungan saya hal tsb tidak apa2. (jahitan diperut ditempat yg sama).Karena anak pertama cesar dan jaraknya dekat; maka anak kedua dianjurkancesar tapi dokter kandungan saya juga menawarkan kalau memang saya mau cobasecara normal boleh saja. Saat itu saya memilih melalui cesar saja karenaberdasarkan pengalaman cesar pertama, saya benar2 merasa ‘cocok’ dan samasekali tidak ada masalah atau sakit sedikitpun mulai dari saat operasihingga saat ini. hehehe… tapi kadang2 menyesal juga krn jadinya nggakbisa merasakan ‘perjuangan’ melahirkan secara normal.
salam,gina

Answer 4 : setuju dgn bu Selvi. melahirkan adalah perjuangan luar biasa bagi seorang ibu, untuk bisa menghadirkan bayi ke dunia. saya yakin rasanya pasti sangat sangat suaaakkkiiiittttt, baik itu secara normal atau cesar. istri saya melahirkan cesar, dan saya melihat sendiri bagaimana pengorbanannya pasca operasi, harus berjuang mengatasi rasa sakit yang hebat akibat luka operasi, disamping juga harus menyusui bayi kami. bravo untuk semua ibu yang sangat berani melahirkan bayi…apapun jalannya yang diijinkan oleh Tuhan. kami kaum laki² ….melihatnya saja sudah ngeri…-:)salamTony – papa nya Syallom

Answer 5 : gpp kok kalau caesar krn alasan medis dan demi keselamatan ibu dan bayi, masalahnya tolak ukurnya itu yg kita mesti pelajari.
tapi soal dilema banyak loh bahkan temenku sendiri dan dalam hal kerjaan dan pendidikan well educated kok, ketika aku recommended one of dsog pertanyaannya gini1. dia suka melahirkan normal ga ya? 2. trus mau ga ya kalau kita minta caesar?
trus dia jawab sendiri, aku ga mau ah klo dokter kolot gitu
trus akhirnya dia tanya kesana sini dan memilih dsog dgn track record caesar banyak
nah lo? klo kaya gini mo bilang apa?
regard
ade

Answer 6 : Mbak dini..
Tuh mom ada mbak Witri.. terus terang, dsog ku yang pertama bilang 2 tahun,makanya beliau nyaranin pake iud. ternyata kan aku ndak cocok pake iud,ketemu deh sama dsog ke dua yang di referensi oleh dr kita tercinta.. pastanya sama beliau alat kb.. beliau bilang ndak usah dulu.. trus aku bilang,kalo jadi lagi gimana, dok.. beliau malah balik tanya “lho.. emangnyakenapa? anaknya baru satu kan?”.. kan harus dua tahun dok.. “lho.. ngga papakok.. udah ok”.. akhirnya malah disuruh cepet2.. heheheh.. gitu :p (cmiiwlagi ya dokter dan sp’s)
Reyna Miranda

Answer 7 : wah.. serem juga ceritanya..
mau share juga ah…saya bearrti termasuk yg “tidak beruntung” krn kelahiran anak pertama kmrncaesar.
ceritanya, saya ada riwayat keguguran krn ACA tinggi (darah teralalu cepatmembeku)akhirnya pada kehamilan ke dua (didapati kondisi ACA msh tinggi) saya harusterapi suntikan setiap hari selama kehamilans ampai waktunya melahirkan.(fuih)
krn terapy tersebut dsog saya menyataka saya HARUS caesar…untuk menghindari pendarahan,dll… (alsannya panjang deh pokokknya)
dilain sisi, pas ngobrol2 sama bbrp pasiennya dsog lain ada semacampenilaian kalo katanya dsog saya “dikit2 casar dikit2 caesar)..saya bukannya tidak berusaha mencari jalan lain..dalam hati juga pengen bgt normal (katanya ini dia waktunya menjadi seorangwanita…cieeee….)tp saya sadar kondisi saya yg “tidak biasa”, dan alasan dsog demikeselamatan bayi dan ibu..jadi saya terima “perintah” untuk caesar…(bahkan sejak awal kehamilan)bodo amat deh penilaian orang lain.. (hehehe)
kalo pas ke daerah, ketemu saudara, atau teman. pas berbagi cerita ttgkehamilan… ada adja celetukan “ah, dokter sekarang…dikit2 caesar, dikitcaesar… ” menidng sama bidan adja, gak macem2… dulu gak ada tuhgitu2an…saya suka mbatin dalam hati…: “gak tau sih lo ceritanya gimana…!!”gitu deh… heheheh
bukannya mbelain dokter yg nyuruh caesar ya…tp saya yakin, para dokter juga sudah mepertimbangkan keselamatan pasiennya(mudah2an ya).. tentunya kaloa da alsan2nya khan…
nanti kehamilan selanjutnya.. tentu saja saya berharap bgt bisa normal.
vina

Answer 8 : saya juga termasuk lahir cesar, pada kehamilan dan hasil pemeriksaan selamaini tdk ada keluhan dan posisi bayi normal (kt 3 dsog-ku krn saya hdp di 2kota he..he). kasusnya karena usia 8,5 bulan ketuban dah bocor merembes,dsog saya tetep tuch mengusahakan vaginal birth dengan diinjeksi, karenaemank belum ada pembukaan sama sekali. Tapi setelah waktu yg ditentukan(kalo ga salah 9 jam, lupa ) ternyata gak ada pembukaan samaa sekaliakhirnya cesar. Harapan saya anaknya saya bisa selamat. Sejak tahu ketubanbocor sebelum waktunya, saya dah siapin mental akan operasi…, akhirnyadiruang persiapan operasi cengar-cengir dan ma ibu saya pdhal perlengkapanbayi belum beli, sedangkan suami dan mertua saya yang cemaaas sekali(he…he… kok curhat)Dan ternyata setelah dicesar baru ketahuan kalu bentuk rahim saya seperti”MENTIMUN” tidak seperti pd umumnya, makanya pas diinjeksi ga mau turun/gaada pembukaan, jd kelahiran berikutnya scr medis dengan bentuk rahim spt itucesar lagi(cmiiw, dok), tapi itu rahasia Allah-kan.. tambahan lagi Naufalkelilit tali puser banyak….jd menurutku langkah yg diambil dsog-kutepat….
Maaf kalo tdk membantu
widi

10 thoughts on “Q & A Kehamilan Pasca Caesar

  1. kasih masukan doong utk yg baru ini, aku rada2 nyesel krn kelahiran anak ke 3 ku caesar,hanya karena hb ku 8.5,darah ku 90,dan pembukaan nya agak lambat,bayi ngga turun2,pdahal mulesnya udah 24 jam.memang harus caesar ya???tapi yg skrg jadi masalahnya adalah, brp lama kita bisa sembuh total? dan ngga takut2 lg beraktifitas seperti biasanya?brp bulan setelah oprasi kita bisa senam/aerobik, dll? aku orangya ngga betah kalo harus lama2 diem.terimakasih utk yang mau berbagi info sama aku. salam fatimah

  2. buat mba fatimah..secepatnya mobilisasi lebih bagus.selama 6bulan pasca op,olahraga yg ringan aja sprti joging,renang.saya sudah 3kali caesar selama ini 1bulan stlh oprasi sdh beraktvtas speti biasa.hanya ga angkat2 beban selain bayi saya.stlah 6buln barulah kt bs olahraga aerobik dll,karena sdh kuat jahitannya.begitu..:)

  3. Alhamdulillah 2 minggu pasca op.ceasar dah bisa kok beraktifitas. Tp jgn yg angkat berat2. Tp makin sering beraktifitas makin lentur kok kulit perutnya. Jd malah cpt sembuh.

  4. Mba< mau tanya, itu periksanya di dokter n RS mana y…cos skr aku lg mengalami hal yg sama..anak pertama saya lahir caesar 5 bulan yang lalu, skr saya sedang mengandung anak kedua berumur 2 minggu..berita2 yang saya buka isinya jaitannya jebol waktu hamil anak kedua yg jaraknya tdk jauh dr anak pertama…mohon infonya..trims

  5. shared juga..anak pertama saya saecar sekarang usia 11 bulan, nahh..saya belum sempet ikut KB, krna pilihan sya pengen pake IUd,tapi masih ada perasaan takut utk pasang, nah sya skrg udah telat 4 hari..tp sya gak berani tespec..ada rasa takut benar2 positif..gmn ya?sya takut..khawati trallu dekat jaraknya..jhiks..

  6. Iya mohon jwbn nya juga dgn pertanyaan yg sm dgn mba dita,kehamilan pertama saya caesar dan bayi saya meninggal krn prematur dan plasenta tdk memberi asupan mknan dgn baik jd terdapat gelembung didlm lambungnya. Oleh sebab itu sy sgt ingin skali hamil lagi, apakah aman utk hamil lg jarak dr kelahiran pertama bru 3 bln,trimakasih

  7. anak pertamaku divonis hydrocephalus. tadinya mau dilahirkan secara normal tp sudah diinduksi g lahir juga. akhirnya suamiku memaksa dokter untuk caesar karena suamiku khawatir dengan kondisiku saat itu.tapi putri cantikku meninggal pada usia 3 bulan. aku sangat merasa kehilangan dan menginginkan hamil lagi.aman g y?karena kadang kalo kecapean bekas operasinya sering ada rasa sakit

  8. Mom Reyna Miranda spog nya siapa ya?praktek dimana? Duh..saya lagi khawatir ni,soalnya dalam waktu 2 thn saya sudah 2x melahirkan caesar.dan sekarang saya uda hamil 5 minggu ketika anak kedua saya berumur 9 bulan.aman ga ya mom? Share dong mom yg pernah ngalamin hal yg sama atau pernah dengar kejadian yg sama..thx ya mom:)

  9. Mlm mbk,
    saya mw tnyk ne mbk?
    kenapa ya mbak aku blm hamil ge, padahal skrang ank pertama saya suda br,umur 2 ,7bulan, anak pertama saya lahis melalui operasi sesar.
    tlong kasi tau solusinya dunk mbk.

    sekian dan trima kasi

  10. Mlm mbk,
    saya mw tnyk ne mbk?
    kenapa ya mbak aku blm hamil ge, padahal skrang ank pertama saya suda br,umur 2 ,7bulan, anak pertama saya lahir melalui operasi sesar.
    tlong kasi tau solusinya dunk mbk.

    sekian dan trima kasi

Tinggalkan Balasan

