Langsing setelah melahirkan tidak sulit kok !


sumber : http://www.sehatgroup.web.id

Khawatir menjadi gemuk setelah melahirkan agaknya ketakutan yang ’wajar’ pada ibu muda yang tengah merencanakan untuk hamil.
Pasalnya, sudah banyak ’contoh’ bahwa perempuan yang baru melahirkan akan mengalami kenaikan berat badan relatif besar daripada berat sebelum hamil.

Sebenarnya tak perlu khawatir berlebihan menyikapi hal ini.Ada beberapa penelitian yang mengungkap, bahwa aktivitas menyusui bayi bisa membantu ibu menurunkan berat badan secara berkala selama 12 bulan setelah melahirkan. Dalam proses tersebut, sejumlah hormon akan dilepaskan, dan hormon tersebut akan membantu uterus (rahim) untuk mengembalikan tubuh ke bentuk dan ukuran semula seperti sebelum masa kehamilan. Di masa kehamilan, tubuh akan mengalami kenaikan berat badan rata-rata 22 – 30 kg.

Jika Anda mengalami hal ini, dianjurkan untuk mengurangi berat badan 1 kg/minggu pascamelahirkan. Tapi, jika kenaikan berat badan melebihi 22 – 30 kg, maka Anda diperbolehkan mengurangi berat badan hingga lebih dari 2 kg/minggu. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan agar penurunan berat badan ini tidak mengganggu kualitas dan kuantitas ASI.
Walau menyusui merupakan cara alami untuk menurunkan berat badan, sebaiknya jangan hanya mengandalkan cara ini. Lakukan program penurunan berat badan yang mendukung, seperti; mencermati konsumsi makanan dan berolahraga sesuai kemampuan tubuh.
Jadi apa yang mesti Anda perhatikan jika saat ini Anda baru melahirkan dan ingin melakukan penurunan berat badan?
(conectique.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s