Q&A Batuk Pilek 4


Demam batuk pilek

14/04/2005
Q : Halo dok,Mau tanya nih. anak saya saat ini umurnya 15 bulan. akhir akhir ini terutama setelah lewat 1 tahun sering sakit-sakitan dan sakitnya itu lagi itu lagi deman batuk pilek mencret muntah sepertinya sudah 1 paket tiap sakit pasti itu, mulanya panas tinggi terutama malam bisa sampai 39 derajat lalu mencret frekuensi sampai lebih dari 6x biasanya berlendir kemudian batuk pilek semuanya bersamaan. dan sejak umur satu tahun sebulan sekali pasti sakit.
Saya biasa membawa ke DSA yang berlainan karena belum menemukan yang cocok. Kira-kira apa penyebab sakit anak saya ya bu?
Sebagai informasi keadaan rumah saya memang agak kurang sehat karena kurang ventilasi selain itu disiang hari rumah saya inggalkan/tertutup jadi agak pengap di malam hari. Di siang hari anak saya dititip di neneknya karena kami berdua bekerja. Kondisi rumah neneknya saya rasa cukup sehat.
Oh ya saya antar jemput anak saya dengan motor pagi dan sore jam 7.30 pagi dan jam 17.30 jarak tidak terlalu jauh hanya sekitar 7 menit dengan motor apakah itu juga berpengaruh. Tolong di bantu bu saya kasihan melihat kondisi anak saya yang sakit-sakitan sehingga badannya kurus sekali (TB/BB 81/8,9 Kg)selain itu sebelum sakit sakitan dia sudah agak lancar berjalan sekarang kembali tertatih-tatih bahkan kadang-kadang tidak mau berjalan sendiri kalo tidak ditatih dan kemampuan bicaranya baru sampai mama papa saja itupun tidak merujuk ke word hanya bubbling saja karena jika maksudnya memanggil saya paling teriak euh euh saja apakah itu masih normal bu. Mohon sarannya Terimakasih
Rani

A : Seorang anak yang sering sakit-sakitan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Secara sederhana terjadinya penyakit dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu Host-Agent-Environment.
Host adalah keadaan tubuh kita, tubuh kita telah dikarunia Tuhan sistem imunitas yang merupakan pertahanan tubuh untuk dapat menangkal penyakit. Agar sistem imunitas dapat berfungsi maksimal, asupan zat gizi harus baik, termasuk pemberian ASI ekslklusif selama 6 bulan. Karena anak yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan lebih jarang sakit dibandingkan yang mendapat susu formula karena mendapat antibodi (sel penangkal kuman) dari sang ibu.
Agent adalah penyebab penyakit, salah satunya adalah kuman yang menyebabkan infeksi. Agar tidak dapat menimbulkan penyakit, jangan ciptakan suasana yang kondusif dimana kuman dapat berkembang biak. Misalnya keadaan rumah harus cukup sinar matahari dan sirkulasi udara baik. Jika keadaan rumah lembab dan pengap justru menciptakan suasana yang kondusif untuk berkembang biaknya kuman. Sedangkan environment adalah lingkungan tempat kita hidup.
Lingkungan yang sehat tentunya akan membuat tubuh kita sehat dan agent penyebab penyakit tidak dapat berkembang biak. Selain itu jika disekitar anak ada yang sedang sakit, terutama batuk-pilek dan diare (penyakit yang paling sering diderita pada anak-anak), tentu si anak akan dengan mudah tertular.
Untuk mengurangi kemungkinan tertular, jangan dekatkan anak pada orang yang sedang sakit dan sering-seringlah mencuci tangan, tangan yang merawat anak kita maupun tangan anak kita, karena sebagian besar penularan penyakit infeksi melalui kontak langsung.
Nah sekarang perihal pertumbuhan anakmu. Memang berat badan dan tinggi badannya … kalau diplot dikurva pertumbuhan di buku kesehatannya, terletak sedikit bawah persentil 50. Tapi masih normal kok. Terus perhatikan asupan gizi si anak. Sayur, buah, cemilan sehat (yogurt,buah, sayuran kukus, keju) akan banyak membantu anakmu. Perkembangan anak (salah satunya berjalan dan berbicara) sangat dipengaruhi stimulasi dari lingkungan. Untuk itu pastikan bahwa anakmu sering mendapat stimulasi agar mau berjalan dan berbicara. Misalnya dengan mengucapkan berbagai kata berulang-ulang, merangsangnya untuk berjalan dengan menggunakan mainan kesukaannya, dan lain sebagainya.
Demikian, semoga informasinya bermanfaat. Peluk dan cium saya untuk anakmu, semoga dia sehat selalu dan segera berbicara dan berjalan dengan lancar.
Salam.wati

Batuk alergi

07/06/2005
Q : Dok,Sudah hampir 2 bulan ini saya bingung dengan kondisi anak saya(laki2,usia 14 bl,bb 12 kg).Sudah 2 bl ini sering batuk-batuk lebih sering pertamanya hanya seperti batuk flu saja tapi lama-lama batuk pada pagi hari dan lendirnya banyak sekali, baru lega biasanya kalo lendir sudah dimuntahkan dan sudah diberi dokter puyer+silomat dan sudah sembuh tapi kemudian kambuh lagi dan dari hasil tes darahnya ternyata IgE-nya tinggi sekali 246,pernah dicoba diberi prednison dan meptin kemudian membaik dan kambuh hanya kadang(dokter mengatakan gejala asma pdhl.dalam keluarga kami kedua-duanyanya tidak pernah ada yg asma).Sekarang oleh dsa diberi resep:Ventolyn syrup.Mukinol drops.Puyer anti alergi- intifen 1/8- Kapedoxin 75 J- Ozen (Oren?) 1,5 j- Kalk 100 mgPuyer batuk:- Abbotic 50 mg- Theophyl 35 mg- CTM 0,5 mg- Prednison 3,5 mg
Tapi rasanya anak saya belum juga membaik(obat sejak 4 hari lalu)Sebelumnya juga pernah diberikan ryzen. Apa anak saya susunya harus diganti dengan soya?fy pada usia 10 bl pernah diare berat karena infeksi pencernaan dan intoleran susu sapi sekarang susu masih 1:1 antara bebelac FL dan Enfapro.
Terimakasih mohon rujukan juga klinik alergi yg terbaik-terimakasih
Citra

A : Saran saya…Pertama … minum hangat banyak … agar lendirnya encer sehingga batuknya tidak Kedua … beri balsam penghangat dada anakmu ketika akan tidur dan di tengah malamKetiga … jangan pasang AC atau kalaupun kamu pasang AC jangan terlalu dingin .. dan sediakan ember air panas di kamar anakmu agar udaranya tidak keringKeempat … kalau batuknya hebat sampai mengganggu tidur dan anakmu muntah-muntah … baru pikirkan pemberian obat. Sekalian saya juga ya obat-obatan anakmuObat anti alergi (Intifen dan Ozen) ..coba deh kamu browse obat ini. Obat anti alergi tidak ada bukti statistik mampu menuntaskan alergi … seperti tadi saya kemukakan … untuk memutuskan reaksi alergi … yang terpenting adalah hindari pencetusnya … Kalau saya sih … anak saya tidak akan saya berikan obat-obatannya.tsbAntibiotika (Abbotic) … buat apa? Kebanyakan batuk pada anak tidak membutuhkan antibiotika. Pemberian antibiotika sejak usia dini terbukti justru meningkatkan risiko alergi dan asma.Obat pengencer dahak (mucinol) … secara statistik tidak terbukti efektif. {Pengencer dahak yang paling efektif ya air/minum banyak.Steroid (prednison) … kalau anakmu memang asma harus memperoleh steroid tetapi bukan prednison yang efek sampingnya lebih banyak melainkan prednisolon tetapi menurut saya anakmu belum asma jadi belum perlu steroidAntihistamin (CTM) … justru selain membuat kantuk … CTM menyebabkan lendir menjadi kental.Ventolin dan theophyllin … keduanya bronkodilator … membuka diameter saluran napas karena pada asma kan terjadi penyempitan jalan napas.Kapedoxin … saya tidak tahu untuk apa diberi obat iniSusu …. kalaupun dulunya anakmu alergi terhadap protein susu sapi … hal ini tidak berlangsung lama. Kepada orang tua, saya selalu menyatakan … di atas usia 1 tahun berikan susu UHT saja … karena di atas usia 1 tahun susu sekedar sumber kalsium (yang bisa diperoleh dari makanan lainnya). Tidak usah bebelac FL … kalaupun anak diare … tidak perlu susu bebas laktosa (lihat panduan WHO) … anak butuh laktosa untuk perkembangan otaknya. Kalau saya jadi kamu saya stop susunya dan memberikan UHT tetapi yang plain … tanpa rasa (bukan yg coklat atau strawberry) Nah … kalau boleh saya usul … hentikan saja semua obat2an tsb … kalaupun akan memberikan cukup ventolin sajaTahukah kamu bahwasanya dalam dunia kedokteran tidak ada yang namanya obat batuk … yang penting cari penyebabnya Nah … Selama tidak sesak, tidak biru … kamu tidak usah takut yaKalau hanya batuk sesekali … ignore saja … toh justru membantu melonggarkan jalan napasnyaSabar ya … butuh waktu memang tetapi jangan “bom” anakmu dengan obat-obatan sebanyak itu wati

Pilek dan Batuk

Question : Anak saya berumur 6 bulan sudah >1 minggu pilek. Saya beri dia obat dari dokter, obat pilek dan obat lendir :Neo-Triaminic 0.2ml & mucopect 5tetes, 3 kali sehari.Namun masih belum sembuh benar hingga sekarang, masih agak meler, dan batuk-batuk.Apakah pemakaian obat selama ini tidak berbahaya?Saya juga lihat di petunjuknya, bahwa obat neo triaminic , tidak dianjurkan utk anak <2thn, dan dosisnya 0.4cc.
Terima kasih atas petunjuknya.
Villy

Answer : Dear Villy,
Thanks atas email dan pertanyaanmu … wah anakmu pasti lagi lucu-;ucunya dan ke pintarannya dah makin tambah ya. Sudah tersenyum .. sudah berinteraksi dengan lingkungan … sudah tegak lehernya … sudah tengkurap kan ya
Gejala yang dialami si kecil merupakan gejala pada selesma yang memang sering dialami anak. Penyebabnya adalah virus. Pada infeksi virus ini terjadi proses peradangan pada selaput lendir saluran napas. Gejalanya antara lain hidung meler, bumpet, mata merah dan berair. Gejala lainnya batuk, bersin, suara agak serak, nyeri dan sakit pada tulang, sendi, dan otot, serta demam.
Virus ini mudah menular dari satu orang ke orang lainnya melalui batuk atau bersin. Virus juga dapat menular melalui kontak langsung, dihantarkan melalui virus yang menempel di tangan anak yang sakit saat ia bersin/batuk ke tangan anak sehat, atau dapat pula melalui pemakaian akai suatu barang secara bersama (saputangan, handuk, sendok). Jadi bila dirumah ada individu yang menderita selesma, akan mudah menular pada yang lain.
Selesma akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Lama gejalanyatergantung daya tahan tubuh. Selesma umumnya tidak berbahaya namun dapat menyebabkan kesulitan bernapas pada bayi yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan kesulitan saat menyusui.
Neo Triaminic berisi pseudoefedrin yang indikasinya untuk menekangejala-gejala diatas. Di MIMS disebutkan penggunaannya untuk 2 tahun keatas dengan dosis 1 tetes (0,8 ml). Efek sampingnya mengantuk, sakit kepala. Jadi memang tidak disebutkan penggunaan untuk usia dibawah 2 tahun. Di lain sisi … penelitian pada orang dewasa membuktikan bahwa pemberian pseudoephedrin atau ephedrin tidak banyak manfaatnya kecuali pemberian pertama yang membantu menghilangkan atau meringankan gejala pada 3 – 10 jam pertama … pemberian berulang gak ada manfaatnya. Nah untuk bayi … gak ada guideline yang menyebutkan bahwa bayi selesma perlu obat ini.
Sedangkan Mucopect berisi ambroxol yang fungsinya mengencerkan dahak.Dosis untuk anak < 1 tahun adalah 0,5 ml. Efek sampingnya reaksi alergi dan gangguan saluran pencernaan ringan. Lagi-lagi .. kajian ilmiah tidak menunjukka efektivitas obat-obat seperti ini … dan sebetulnya pengencer dahak yang paling ampuh ya banyak minum (ASI ASI ADSI, karena anakmu sudah 6 bulan bisa tambah air buah, air kaldu/sop dll)

Yang perlu Villy ingat bahwa selesma akan sembuh sendiri. Lama gejalanya bergantung dari daya tahan tubuh anak. Sehingga bila gejalanya tidak terlalu mengganggu/parah tidak perlu diberikan obat-obatan yang cuma berfungsi menekan gejala bukan mengobati sumber penyakitnya. Tidak perlu pula diberikan antibiotik yang tidak memiliki fungsi memusnahkan virus penyebab selesma. Beberapa penelitian bahkan membuktikan dengan atau tanpa obat, waktu penyembuhannya akan sama.
Nah, jika si kecil mengalami selesma yang dapat Villy lakukan adalah :
· Beri anak minum lebih banyak dari biasanya untuk mengencerkan lendir yang dihasilkan sehingga mengurangi sumbatan yang mungkin dapatmenimbulkan kesulitan bernapas
· Buat anak merasa lebih nyaman. Jangan beri obat penurun panas jika demam tidak terlalu tinggi, beri saja kompres hangat. Bila suhu>38,5°C dapat diberikan asetaminofen yang tujuannya membuat anak sedikit nyaman dan menurunkan panas 1-2°C (bukan menormalkan suhu)
· Bila ingus sangat kental, berikan air garam steril (NaCl 0,9%) sebagai tetes hidung 2 tetes di setiap lubang hidung 15-20 menit sebelum makan atau menyusu, atau menyedot ingus dengan alat pengisap
· Membuat kamar agak lembap (dengan alat humidifier atau menaruh seember air panas di kamar)
Pencegahan penularan:
· Cuci tangan untuk mencegah penularan melalui kontak
· Menjauhkan bayi dari individu yang menderita sakit
· Tidak mempergunakan peralatan makan dan minum, serbet, atau handuk orang lain
· Menutup mulut dan hidung dengan tisu, setelah itu segera buang tisu dan cuci tangan
Semoga membantu. Peluk cium untuk si kecil serta salam hangat untukkeluarga.
Wati

Batuk

Question : Mengapa anak saya kalau tidur malam suka batuk dan kadang diakhiri dengan muntah? Usia anak saya 14 bulan 29 hari.
Frieda

Answer : Halo Frida..,
Terimak kasih atas email dan pertanyaanmu teta[pi sayangnya ….informasi yang kamu berikan kurang lengkap. Misalnya, kamu tidak menyertakan keadaan yang lainnya misal batuk sudah berlangsung sejak kapan, ada demam atau sakit sebelumnya atau tidak, terjadi pada saat apa, ada pencetus atau tidak. Bila muntah apa semua isi makananya keluar atau tidak. Tapi tidak apa-apa akan saya coba jawab semampu saya. Batuk itu adalah suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir benda asing (termasuk kuman-kuman atau virus) dan lendir yang ada di saluran napas. Jadi batuk itu bukan suatu penyakit, melainkan suatu gejala.Biasanya batuk jarang berdiri sendiri, umumnya disertai dengan beberapagejala yang lain seperti demam, sesak, mengi (bengek), dan lain-lainnya tergantung jenis penyakit yang mendasarinya.
Berdasarkan waktu munculnya batuk dapat dibagi menjadi akut dan kronik.Batuk akut bila terjadi kurang dari 8 minggu dan kronik apabila lebih dari 8 minggu. Penyebab batuk akut antara lain bronkitis akut, rinitis viral (infeksi virus yang menyebabkan pilek), rhinitis alergi, (pilek atau maaf hidung meler karena alergi) dan batuk rejan (pertusis). Pada bronkitis akut biasanya anak akan sering batuk. Beberapa hari pertama akan terjadi batuk kering yaitu batuk yang tanpa disertai sekret (dahak), selanjutnya batuk menjadi produktif (batuk berdahak). Batuk tersebut semakin memburuk terutama malam hari. Bila semakin banyak dahak yang dihasilkan anak akan mengalami kesusahan untuk membuang dahak tersebut, terkadang anak akan tersedak dahaknya sendiri ataupun muntah untuk mengeluarkan dahak yang berlebihan. Selain batuk anak juga mengalami kesulitan bernapas, sesak, dan kadang mengeluarkan suara mengi(bengek), terutama setelah serangan batuk tersebut. Selain batuk terdapat juga demam dan hidung meler dengan hingus kental. Keadaan anak biasanya lemah, tidak bersemangat, dan gampang menangis, serta napsu makan berkurang.
Pada rinitis viral biasanya anak tidak mengalami demam dan hidung meler dengan hingus encer, keadaan anak umumnya baik.
Pada rinitis alergi juga tidak terjadi demam, hidung meler dengan ingusencer, keadaan anak baik, timbul bila pada keadaan-keadaan tertentu misalnya udara dingin, pagi hari, kontak dengan debu rumah, dan anak mempunyai bakat alergi sebelumnya.
Pada batuk rejan biasanya batuk yang terjadi sangat hebat, anak menjadisulit tidur dan mata memerah akibat tekanan yang besar saat anak batuk membuat pembuluh darah di mata pecah.
Penyebab batuk lama alias batuk kronis antara lain yang tersering adalah infeksi saluran napas atas yang berulang, adanya sumber infeksi yang belum teratasi misalnya ada infeksi pada telinga tengah (otitis media), hiperaktivitas bronkus (secara sederhana bisa dibilang sebagai reaksi “alergi” di saluran napas) setelah infeksi biasanya setelah infeksi virus, asma, atau adanya benda asing pada saluran napas atau refluks alias apa yang sudah masuk ke lambung kembali naik ke kerongkongan.
Adanya infeksi pada telinga tengah yang belum teratasi juga dapatmerangsang batuk. Biasanya gejala diawali dengan anak demam, rewel, dan keluar cairan dari telinga, kemudian demam turun dan anak tenang kembali.
Batuk juga bisa disebabkan karena hiperaktivitas bronkus (cabangtenggorokan) akibat peradangan yang disebabkan oleh virus, oleh karena itu sebelumnya anak akan mengalami sakit terlebih dahulu dengan gejala demam, batuk, dan rewel. Pada asma batuk biasanya terjadi pada keadaan tertentu. Biasanya anak juga memiliki bakat (keturunan) asma dari ayah atau ibunya, pada anak dengan asma biasanya juga terdapat penyakit alergi lainnya dalam keluarga. Penyakit alergi itu berupa eksim yaitu ruam-ruam merah yang terdpat di pipi atau di lipatan lengan dan kaki, rinitis alergi yaitu bersin-bersin atau hingus meler pagi hari atau saat udara dingin, atau setelah kontak dengan debu, atau konjungtivitis alergi yaitu mata merah saat udara dingin, atau setelah kontak dengan debu. Asma pada anak gejala awalnya adalah berupa batuk-batuk yang terjadi bila udara dingin, terkena debu, malam hari, atau bila kecapaian. Batuk-batuk kadang disertai dengan dahak yang bila sulit dikeluarkan akan membuat anak menjadi muntah. Batuk tidak disertai demam dan akan menghilang sendiri. Selanjutnya semakin lama batuk dapat disertai sesak dan timbul mengi (bengek) yang dapat memburuk sehingga memerlukan pengobatan tetapi dapat pulang hilang dengan sendirinya.
Nah … kemba;li ke permasalahan anakmu…. saya sulit menjawab denganpasti tetapi apabila anakmu tak demam, makan main seperti biasa, kemungkinan besar batuknya karena alergi. Nah … kalau alergi dan belum sampai asma .. sebetulnya “obat”nya adalah .. cari pencetus alerginya … tata lingkungan … jangan terlalu banyak buku atau mainan berbulu di kamar anakmu, banyak minum hangat. Kalau batuk semakin hebat sampai anak muntah2 dan tidurnya terganggu … coba konsultasi dengan ahli paru anak
Salam buat si kecil.
wati

sumber : web sehat

About these ads

19 gagasan untuk “Q&A Batuk Pilek 4

  1. anak saya 3 tahun 10 bulan, 17 kg sudah 2 minggu batuk, kadang ada meler, mata merah, kadang demam sampai 38,9. Batuknya keras dan kambuh kalau malam sehingga muntah mengeluarkan lendir hijau. Sudah berobat dikasih lasmalin (kalau sesak) 3/4 sdk, promedex !/2 sdk 3 x, cefat forte 1 sdk 2 x. Promedexnya udah botol ke 2. Cefat fortenya juga udah diulang dan sudah habis kemarin. Apa yang sedang terjadi ya dokter dengan batuk anak saya ? Perlukah ronsen, atau obatnya diteruskan saja.
    Trims ya dokter

  2. anak saya berumur 1th lebih 2 mgg, sudah 1 mgg batuk demam dan pilek sebelumnya tidak pernah selama ini kalo sakit. kemarin saya bawa kedokter katanya radang tenggorokan penyebabnya apa ya? selama ini demamnya sudah reda tinggal batuknya saya sich kasih obat bunga belimbing dan gula batu takut kalo dikasih obat macem2……cm selama batuk ini nafsu makannya turun jadi berat bdannya jg ikut turun gmn dong?mhn solusinya ya

  3. @dewi, solusinya sabar dan sabar. batuk pilek itu self limiting desease = penyakit yg sembuh sendiri. asal ktia sabar. yang menyembuhkan hanya waktu. kalo sakit nafsu makan turun dan BB turun itu wajar banget nanti sehabis sakit anak itu akan balas dendam makannya banyak dan BB kembali ke posisi semua. so don’t worrry… coba cari di web ini tata laksana batuk pilek ada ga ya?

  4. anak saya berumur 1 tahun 3 bulan ,sudah 3 hari ini panasnya ngak turun-turun,batuk.pileknya ngak mau berenti kalau malam dia muntah-muntah saya sudah kasik dia obat penurun panas parasetamol kok ngak turun panasnya apa solusinya pak dokter?

  5. @dewi, saya bukan pak or bu dokter hehe. tp coba saya bantu. kalo panas itu hitung pake jam jangan hari. hitung saat dia panas. jika panas sudah lebih dr 72 jam segera cek urin dan darah. urin untuk menyingkirkan kemungkinan kena ISK dan darah untuk mengetahui apakah ada kemungkinan kena DBD atau typus. tp kalo dah ketauan panasnya dari batuk pilek ga usah khawatir nanti pasti sembuh sendiri. baca tata laksana demam dan batuk pilek di kategori tata laksana penyakit

  6. Anak saya 1 th 3 bln brt 9,4 kg batuk sudah 4 hari.ke dsa dinebu kr
    Dahak amat banyak.skr dahaknya tetap banyak dan susah tidur krn agak
    Susah napas alias sesak.knp dahaknya banyak sekali dan boleh gk pake ramuan alami
    Semisal air jahe,kencur,bawang putih,jeruk nipis,dll.mohon solusinya

  7. bayi pertama sy Alka (4.5 bln/8 kg),flu, kasian banget sulit tidur. mo sy sedot pke alat, tp kt2nya g aman. lbh aman pke breathy or semacamnya untk ditetesin aja.gmn ya dokter??sya jd agak tkt ma obat2an flu 4 baby, krn trs terang sya sndr ynng sinusitis (dtmbh suami alergi dingn) bnyk ngerasain krng efectnya mhn ptnjknny. mklum baru prtm. aplg dia agk gemuk, jd srng gerah, n qt srng nyalain AC 26 C.tp kt grandmanya, jgn pke AC.mksh bnyk dokter. makasiiiiiiiiih deh

  8. “selamat pagi dokter nama sy DODDY ATMAJA..,sy mau sedikit konsultasi dengan dokter begini dok,anak sy mengalami panas dgn disertai flu + batuk dan mengeluarkan air mata yg berlebihan (maaf belek yg besar2 saat bangun susah tuk di buka),dan yg sy tanyakan ke dokter penyakit apakah anak sy tsb..?apakah panas tubuh anak sy tsb yg bs menyebabkan anak sy mengeluarkan air mata yg berlebihan..?mohon tlg petunjuk nya dok..terima kasih DODDY & KEL

  9. “Selamat siang dok,anak saya berumur 5 tahun, sudah hampir 2 bulan ini dia mengalami batuk dan kalau malam tidurnya seperti hidung mampet, sudah kedokter ada 4 kali, dan yg terakhir disuruh ronsen, dgn hasil ada penebalan ringan dihidung, dan disuruh terapi pemanasan di hidung sebanyak 5 kali,selama terapi udah agak baikan. tapi sepertinya dahaknya masih ada, dan sekang selang 4hari anak saya sepertinya sakit pilek, saya jadi kawatir, apakah saya harus kedokter lagi, sedangkan klu pagi ingusnya keluar kuning dan kental disertai batuk, mohon petunjuknya dok….makasih.

  10. Anak saya berumur 1,5 tahun,sudah hampir 4 hari panasnya ga turun”serta batuk berdahak,apalagi kalau malam hari batuknya terus menerus kasihan ke anak sayanya dok, tidurnya jadi ke ganggu.trus makannya juga jadi sedikit.Kira”penyakit apa yang di derita anak saya,apakah cman demam biasa atau panas karna mau tumbuh gigi ?

    tolong di balas ke ysrzall@yahoo.co.id
    terima kasih sebelumnya Dok.

  11. Anak saya berusia 9 Tahun,seringkali dia panas tinggi diseratai batuk kering,setelah dikasih obat, oabat yang dia minum di muntahkan kembali dan tidak masuk.
    kondisi badannya kecil beratnya hanya sekitar 15 kg. Nafsu makannya kurang.
    biasanya pada malam hari telapak kakinya dingin tanpa keringat.
    Kira2 apa penyakit anak saya,apakah flek paru2,ISPA ataw hanya demam biasa???????

    tolong balas ke dephnee_cute@yahoo.com
    terimakasih sebelum dan sesudahnya.

  12. Dok saya mau tanya nih…..anak saya sudah 4 hari demam flu dan batuk..sudah dikasih obat panas panadol anak tapi turun panasnya hanya 2/3 jam saja nanti panas lagi..sudah dikasih obat batuk sama anti biotik juga tpi masih blm ada perubahan..kl lagi batuk sampai nggak tega melihatnya…usia anak saya 1 tahun.mohon bantuannya dok.terimakasih

  13. hai doc: anak saya udah batuk mulai umur 1 bulan lebih, batuk hingga mau biru mukanya..kahaknya banyak…umur 2 bulan di tahan di hospital kerana batuk…9 hari kat hospital kata doc ada jangkitan virus… selepas 1 bulan keluar hospital, kena sejuk amat bab bercuti…datang kembali batuknya masa tu umurnya 6 bulan… kini umur uda 9 bulan batuk belum hilang…selesma sentiasa ada… pelbagai doc n ubat udah tp masih macam tue…tolong lah bagi cadangan…

  14. assalamualaikum. seseoarang yang baik hati(kl emg bukan dokter) anak sy brumur 4tahun dgn berat badan 14 kg ,anaknya mngil.tp alahmdulllah aktif n tumbuh normal.tapi udah 5 hari ini tiap malam wktu tidur pasti muntah2 dgn batuk ringan.saya kwatir karna smua makanan di kluarin lagi.. tapi kl siang hari anaknya sehat n bermain sperti biasa.itu kanapa ya?apakah perlu d bawa ke dokter spesialis?terus terang sy takut dgn obat seabrek yg di kasih dokter,biasanya antibiotik n puyer.sedangkan anak saya susah mnm obat. tolong jawabannya trimakasih sebelumnya

  15. Saya ratna
    Anak saya usia 4th menunjukan gejala pilek tetapi dia tdk mengeluarkan ingus dan tdk batuk,hanya pada pernapasannya terganggu krn adanya lendir yg susah dikeluarkan,sehingga pd malam hari sulit tidur krn pernafasannya kurang lancar seperti ada yg tersumbat sy sudah uap dia dengan bisolvon dan nacl , dan sy kasih mucopect sebenarnya obat apakah yg cocok buat anakku, utk masalah susu sy pakai childschool reguler, rencana sy akan ganti dg anmum 4,krn susu mkn berpengaruh thd gejala batuk pilek ini.

    Trims

  16. mlm dok.. anak saya berusia 1thn 3 bln,, saat ini dia sedang mengalami pilek yang menyebabkan susah bernafas dan agak rewel, sebelumnya kalau dia pilek saya kasi alco dengan dosis 1ml, karna sekarang alco lagi ga ada, disaranin apoteker kasi triaminic drop, trus saya lupa dosis yang harus di kasi, saya kasi 1ml. apa ga berbahaya ya klau kelebihan dosis?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s