Tips Menyimpan Bahan Makanan

sumber :

http://www.dechacare.com/Tips-Menyimpan-Bahan-Makanan-I669.html

Karena teknik penyimpanan yang tidak tepat, diperkirakan setiap keluarga membuang lebih dari 50 kilogram makanan setiap bulan dan menghabiskan sekitar Rp 400 ribu untuk bahan makanan yang akhirnya membusuk dan harus dibuang.

Bahan makanan seperti sayuran, buah, susu, hingga bumbu-bumbu memang termasuk dalam barang yang tak bisa bertahan lama dan mudah busuk. Karena itu, sistem penyimpanan yang tepat mutlak dilakukan agar bahan makanan tersebut tak terbuang percuma.

Simak tips penyimpanan berikut ini:

1. Telur
Simpan telur dalam wadah telur seperti yang dijual di pasar kemudian simpan dalam rak di kulkas. Dengan cara ini telur bisa bertahan hingga 4 minggu dari tanggal pembelian.

2. Daging
Simpan daging dalam wadah khusus yang tertutup di kulkas agar bisa digunakan hingga 3-4 hari. Bila baru akan diolah dalam waktu cukup lama bekukan daging dalam freezer.

3. Keju keras
Bungkus keju dalam plastik atau foil yang kedap udara agar keju bisa dipakai 2-4 bulan sejak tanggal pembelian.

4. Susu dan yoghurt
Simpan yoghurt dalam kulkas untuk menjaga agar bakteri baik tetap hidup hingga mencapai saluran pencernaan dan bisa dikonsumsi hingga 2 minggu paska pembelian. Sementara itu, sebaiknya jangan simpan susu di pintu kulkas karena temperatur udara di sini cenderung lebih hangat. Hal ini akan memperpendek umur susu.

5. Sayuran
Pastikan sayuran dalam keadaan kering saat disimpan. Air yang tersisa di bagian batang atau daun bisa mempercepat kebusukan. Anda juga bisa membungkus sayuran dengan kertas kering.

6. Buah-buahan
Sebaiknya simpan buah-buahan dalam wadah plastik yang memiliki ventilasi. Pisahkan buah yang sudah busuk dengan yang kondisinya baik. Khusus untuk apel yang sudah dikupas, Anda bisa memercikkan sedikit air lemon untuk mencegah warna coklat. Hindari menyimpan apel dekat sayuran karena apel memproduksi ethylene, senyawa kimia yang bisa membuat sayur cepat busuk.

Resep Praktis Selama Tidak Ada Asisten

sumber : http://beingmom.org/2009/09/resep-praktis-selama-tidak-ada-asisten/

Udang Goreng Mentega

Bahan:

250 gr udang jerbung ukuran sedang, sudah dikupas & dibelah punggungnya

½ bawang bombay ukuran sedang, iris memanjang

1 sdm margarin

2 sdm minyak goreng

2 sdm kecap manis

1 sdm saus tomat

Lada

Garam

Cara membuat :

1. Kucuri udang dengan air jeruk nipis, diamkan 10 menit, bilas dgn air
2. Bumbui dengan lada & garam. Diamkan 15 menit.
3. Panaskan wajan, masukkan minyak goreng & margarin
4. Masukkan bawang bombay, tumis hingga layu,
5. Tambahkan udang, aduk hingga berubah warna
6. Bumbui dengan kecap manis & tomat
7. Angkat dan hidangkan

Tips :

* Sebelum libur, kupas & bersihkan udang. Simpan di freezer dalam plastik sekali pakai. 1-2 jam sebelum memasak, keluarkan plastik udang supaya es nya mencair.
* Udang bisa diganti dengan cumi-cumi yang diiris berbentuk cincin.
* Bisa juga diganti dengan sayap ayam. Goreng sayap ayam terpisah terlebih dahulu hingga matang, kurangi minyak goreng bekas menggoreng ayam, tambahkan margarin baru tumis dengan bawang bombay.

Semur Telur

Bahan :

4 butir telur ayam

6 siung bawang merah, iris tipis

3 sdm kecap manis

1 sdm minyak goreng

1 sdm margarin

750 ml air

Lada

Garam

Cara membuat :

1. Rebus telur hingga matang, dinginkan, kupas
2. Panaskan minyak & margarin, tumis bawang merah iris hingga harum.
3. Tambahkan air, kecilkan api
4. Masukkan kecap manis dan telur, lada & garam, didihkan
5. Angkat dan hidangkan

Tips :

* Cetak telur rebus menggunakan egg mold berbagai bentuk supaya lebih menarik bagi anak-anak

SUP BAKMOY

Bahan :

150 gr ayam kampung cincang

100 gr udang cincang

1 buah tahu putih – goreng sebentar kmd potong kecil2

1 ikat daun bawang kecil & seledri – potong kecil2

3 siung bawang putih – geprek

750 ml kaldu ayam

2 sdm kecap manis

1 sdm saus tiram

Lada

garam

Cara :

1. Tumis bawang putih sampai harum.
2. Masukkan ayam dan udang cincang, masak sampai berubah warna.
3. Masukkan tahu goreng, aduk rata.
4. Tuangi kaldu, masak hingga mendidih.
5. Tambahkan kecap manis, saus tiram & lada, garam.
6. Taburi dengan daun bawang seledri.
7. Hidangkan.

Tips :

* Sebagai pelangkap, tambahkan krupuk udang dan telur puyuh rebus yang dicetak dengan egg mold
* Buat kaldu ayam sebelum libur. Dinginkan dan simpan kaldu dalam kemasan sekali pakai.

Mozarella STICK

Bahan :

250 gr keju mozarella potongan

1 butir telur – kocok lepas

2 sdm terigu

8 sdm tepung bread crumbs warna kuning

Lada

Garam

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Iris keju mozarella memanjang berbentuk korek api tebal, kira-kira ½ x ½ cm. Sisihkan
2. Campur terigu, bread crumbs, lada & garam, aduk rata.
3. Celup 1 potong keju ke dalam telur kemudian gulingkan ke dalam campuran terigu & bread crumbs.
4. Lakukan hingga potongan keju habis.
5. Ulangi proses di atas hingga 2 kali sehingga keju benar-benar terbalut dalam bread crumbs.
6. Simpan dalam wadah tertutup di freezer minimal 2 jam.
7. Goreng potongan keju dengan minyak hingga terendam sebentar saja hingga berwarna kuning keemasan.
8. Angkat dan tiriskan
9. Hidangkan dengan saus tomat atau mayones

Tips :

* Usahakan untuk mengenakan sarung tangan plastik atau gunakan garpu sehingga keju tidak tersentuh oleh tangan
* Jangan simpan keju mozarella yang sudah dibaluri tepung di dalam freezer terlalu lama, maksimum 2 hari.

Salad Bayam

Bahan :

1 kantong bayam hijau organik

Air untuk merebus

2 sdm kecap asin / kecap ikan

1 sdt minyak wijen

Biji wijen untuk taburan

Cara membuat

1. Petik daun bayam dan cuci hingga bersih
2. Didihkan air secukupnya supaya bayam bisa terendam
3. Rebus bayam hingga lunak, tiriskan.
4. Tempatkan bayam rebus dalam wadah
5. Bumbui dengan kecap asin dan minyak wijen, aduk rata
6. Taburi dengan biji wijen

Tips :

* Pilih bayam organik yang berdaun lebar karena lebih empuk

Telur KUKUS

Bahan :

3 butir telur – kocok lepas

100 gr ayam cincang

100 ml air

100 gr soun – rendam dengan air panas hingga empuk

Lada, garam

Cara membuat :

1. Campur telur kocok, ayam cincang dan soun hingga rata. Tambahkan air. Bumbui lada garam.
2. Tuang ke dalam pinggan tahan panas
3. Kukus hingga matang, kurleb 20 menit
4. Angkat dan hidangkan

Tips :

* Ayam cincang bisa diganti dengan daging sapi cincang. Pilih daging sapi dengan sedikit lemak.

BisKuit pizza

Bahan :

2 lembar smoked beef, potok kotak-kotak kecil

¼ butir bawang bombay, cincang

2 sdm margarin/ mentega

Lada

Garam

1 bungkus biskuit cream crackers

Margarin/ mentega untuk olesan

Keju mozarella

Cara membuat :

1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga layu.
2. Tambahkan smoked beef, aduk rata
3. Bumbui dengan lada & garam
4. Angkat, sisihkan.
5. Oles satu sisi biskuit dengan margarin
6. Taruh 1 sdm tumisan smoked beef diatasnya
7. Tutup dengan keju mozarella
8. Panggang sebentar hingga keju meleleh
9. Hidangkan dengan saus tomat

Tips :

* Tumisan smoked beef bisa disiapkan sebelum libur. Simpan dalam wadah tertutup dalam kulkas/ freezer
* Smoked beef bisa diganti dengan sosis yang dipotong kecil-kecil
* Keju mozarella bisa diganti dengan keju kraft quick melt
* Tumisan smoked beef bisa diganti dengan saus daging untuk spaghetti
* Biskuit bisa diganti dengan roti tawar

Baru! Tomat Ungu Penghalau Kanker

sumber : BBC, KOmpas
Senin, 27 Oktober 2008 | 12:35 WIB

PARA ahli di Inggris saat ini tengah mengembangkan sejenis tomat berwarna ungu yang diklaim memiliki faedah menghambat pertumbuhan sel kanker.  Tomat jenis baru hasil penyilangan gen ini diyakini para ahli mengandung banyak pigmen antioksidan disebut anthocyanin yang berperan penting menghalau tumor dan kanker.

Seperti dilaporkan jurnal, Nature Biotechnology, tim ilmuwan dari John Innes Centre, Norwich, berhasil menciptakan jenis tomat varian baru hasil kombinasi dengan gen-gen dari bunga snapdragon atau Antirrhinum majus.

Bunga snapdragon memang dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang kaya anthocyanin, zat yang juga ditemukan pada berbagai jenis berry berwarna gelap  seperti blackberry, cranberry dan chokeberry.

Dalam riset terbarunya, tomat hasil rekayasa genetika ini telah diujicoba pada tikus di laboratorium.  Hasilnya, kelompok tikus pengidap kanker yang diberikan tomat ungu mampu bertahan hidup lebih lama secara signifikan dibandingkan kelompok tikus dengan diet standar, baik yang diberi atau tanpa diberi tomat biasa.

“Efeknya ternyata lebih besar dari yang kami harapkan ,” ungkap pimpinan riset  Cathie Martin, yang juga ahli biologi tumbuhan.

Martin menambahkan, meski buah-buahan seperti blackberry atau blackcurrant berkhasiat mencegah timbulnya kanker, sakit jantung atau gangguan syaraf, tetapi belum banyak orang yang mengonsumsinya.

Dengan fakta itu, para ahli mencoba menciptakan buah tomat yang mengandung banyak anthocyanin dengan bantuan gen-gen bunga snapdragon.  Pada prosesnya, kata para ahli tomat yang biasanya berwarna merah berubah menjadi  ungu.

Para ahli juga menyatakan, uji coba buah tomat ini terhadap manusia masih belum dapat dilakukan dalam waktu dekat. Yang menjadi sasaran selanjutnya adalah meneliti bagaimana kandungan antioksidan dalam tomat ungu benar-benar dapat mempengaruhi perkembangan sel-sel tumor demi meningkatkan kualitas kesehatan.

AC
Sumber: BBC
© 2008 Kompas

Mengolah Sisa Roti Tawar

sumber : tabloid NOVA

  • Agar tak gampang berjamur, keluarkan roti dari bungkusnya untuk dianginkan-anginkan sebentar sampai roti sedikit mengeras. Lantas, masukkan dalam wadah tertutup. Jamur mudah tumbuh karena roti dalam keadaan lembab.
  • Agar awet roti bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas agar awet sebelum dipanggang.
  • Untuk variasi, ambil satu lembar roti tawar, tekan-tekan dengan tangan agar pipih dan padat. Siapkan bahan isi sesuai selera. Bisa sosis, pisang, atau coklat keju. Gulung roti dengan bahan isi di dalam, rekatkan pinggirnya dengan putih telur. Goreng sebentar sampai berwarna kecoklatan. Tiriskan.
  • Tanggal kadaluarsa mulai mendekat sementara roti masih menumpuk? Panggang saja sampai kering, lalu tumbuk hingga halus. Anda bisa menggunakannya sebagai ganti tepung roti.

kiriman: Iin Setiyoningrum
© Tabloid Nova

Penne Saus Tomat

sumber : detikcom

Category: Pasta
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: untuk 2 orang

Description:
Kalau tak banyak punya waktu buat menyiapkan makan malam, sajian pasta merupakan pilihan yang praktis. Kali ini penne diberi saus ayam, terung, cabai plus tomat. Rasa pedas sedikit asam dan manis memberi sentuhan rasa spesial pasta ini.

Ingredients:
Bahan:

* 150 g penne atau pasta jenis lainnya
* 2 sdm minyak sayur/minyak olive
* 1 siung bawang putih, cincang halus
* 10 g bawang Bombay, cincang
* 75 g daging ayam, potong-potong
* 150 g terung ungu, iris melintang 1 cm
* 2 buah tomat merah, kupas, parut
* 1 buah cabai merah, iris halus
* 1/2 sdt oregano kering
* 1 lembar daun basil
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1 sdt gula pasir
* 1 sdt garam
Baca lebih lanjut

Pisang Goreng Krispi

sumber : detik.com

Description:
Saat akhir pekan saat untuk memanjakan si kecil. Camilan ringan ini gampang dibuat dan dijamin anak-anak menyukainya. Pisang berbalut adonan tepung yang renyah rasanya garing gurih. Dicocol dengan mayones rasanya pun jadi makin asyik!

Ingredients:
Bahan:

* 5 buah pisang kepok atau tanduk yang masak pohon
* minyak goreng
Baca lebih lanjut

Spagetty Tumis Daging

Category:

Pasta

Servings:

untuk 2 orang

Description:
Sajian spaghetti lengkap ini bisa jadi menu makan malam yang praktis. Tanpa pembantu pun dijamin Anda bisa memasaknya sendiri. Paduan daging dengan bumbu bawang dan cabai memberi sentuhan rasa oriental yang menggigit. Apalagi saat disantap hangat dengan taburan keju.

Ingredients:
Bahan:

  • 125 g spaghetti
  • 1 sdm mentega
  • 1 siung bawang putih, memarkan, cincang
  • 20 g bawang Bombay, iris kasar
  • 100 g daging has sapi, iris tipis
  • 1/2 sdt cabai giling
  • 1 sdm kacang tanah giling halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air

Taburan:

  • 1 batang seledri, potong-potong
  • 1 sdm keju Parmesan parut

Baca lebih lanjut

Orak Arik Telur Sayuran

Category: Breakfast & Brunch
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: untuk 6 orang

Description:
Kalau persediaan sayuran dan bahan lain di kulkas belum lengkap, coba saja sajikan yang praktis dan padat gizi ini. Telur yang gampang diolah, bisa ditumis bersama bokchoy dan jamur yang segar. Bumbu bawang putih bakal membuat tumisan ini makin sedap rasanya!

Ingredients:
Bahan:

* 2 butir telur ayam
* 3 sdm minyak sayur
* 2 siung bawang putih, cincang
* 50 g daging ayam, iris tipis lebar
* 100 g bokchoy, potong-potong 3 cm
* 75 g jamur shimeji, bersihkan
* 1 sdm saus tiram
* 1 sdm kecap asin
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1 sdt garam
Baca lebih lanjut

Martabak Mini

Category: Appetizers & Snacks
Style: Soulfood
Special Consideration: Kids
Servings: 10-20 bj

Description:
Sudah lama banget mo bikin martabak ini, tapi gak jadi-jadi terus
Susah emang kalo udah terserang penyakit malas..

Bahan-bahannya sih udah disiapin semua di kulkas, tinggal dijadiin
Akhirnya kemaren untuk makanan buka diniatin deh bikin… dan taraaaaaa
Martabak Mini Isi Daging & Spagheti

Ingredients:
10-20 kulit lumpia kualitas bagus beli jadi

100 gr daging giling yg udah ditumis dulu
100 gr keju cheddar parut
100 gr spagheti yg udah direbus dulu, cacah-cacah
3 btr telur utuh
5 batang daun bawang iris-iris
gula garam secukupnya
merica jika suka

1 btr putih telur untuk merekatkan
5 sdm minyak goreng

Directions:
1. Campur daging giling tumis, spagheti cacahan, keju cheddar parut, telur, irisan daun bawang, merica, gula-garam, aduk rata
2. Ambil selembar atau kulitnya tipis bisa ditumpuk jd 2 lembar kulit lumpia, letakkan di piring, isi pd bagian tengah dg isian (no 1 di atas)
3. lipat bagian atasnya ke dalam, lipat lagi kiri kanannya ke dalam, kemudian bagian bawah sebelah dalam olesi dg putih telur, kemudian lipat.
4. panaskan minyak goreng di wajan teflon datar, goreng martabak yg sudah dilipat tsb dg api kecil/sedang sampe berwarna kecoklatan
5. Hidangkan martabak mini dg cabe rawit ato sambel botol

Selamat Mencoba!!

Note:
* menggoreng martabak ini tdk boleh dg minyak banyak, minyaknya sedikit aja, asal bawahnya kena minyak, kalo minyaknya kebanyakan, bisa buyar/pecah kulit martabaknya
*cara menumis daging giling : tumis bawang merah & putih, masukkan daging giling, tambahkan merica bubuk, gula, & garam secukupnya.

Pasta Home Made Giling Sendiri

Category: Pasta
Style: Italian
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 4

Description:
Di lemari es ada sisa saos bolognaise, pengen bikin lasagna tapi ga punya kulit lasagna. Jadilah eksperimen coba bikin kulit lasagna sendiri. Ternyata gampang juga, dan rasanya (kayaknya) lebih enak dari pasta / kulit lasagna kering yg beli di toko. Katanya sih pasta kering yg beli di toko itu ga pake telor, sementara yg home-made ini pake. Waktu pembikinan kira2 90 menit, termasuk waktu utk ngediemin adonan selama 45 menit – 1 jam. Nguleninnya, itung2 olahraga sore. resepnya ditulis di sini supaya kagak lupa aja, hasil kombinasi resep2 browsing dari internet dan youtube.

Ingredients:
200 gram / 2 cangkir terigu
2 telor (pokonya rumusnya 1 telor tiap 100 gram / 1 cangkir terigu)
1/2 sdt garam
minyak zaitun secukupnya
air secukupnya

Directions:
A. Bikin adonan: 15-20 menit.

1. taro terigu + garam di meja, bikin bolongan ditengahnya, pecahin telor ke bolongan itu.

2. aduk telor di bolongan pake garpu, pelan ngadukin terigunya. terus aduk pake garpu sampe ga bisa diaduk lagi, trus aduk pake tangan sampe rata.

3. tambahin air dingin sedikit2 secukupnya (sambil membasahi tangan) sampe adonan tercampur rata tapi ga lembek atau lengket. adonannya harus cukup tercampur tanpa kebanyakan air.

4. setelah tercampur rata ulenin adonan pake tangan selama 15 menit. lakukan sambil dengerin ipod atau nonton tv.. itung2 olahraga ngulenin adonan pasta.

B. Diemin adonan 45 menit – 1 jam

5. bentuk adonan jadi bola, bungkus dengan plastic wrap, diemin 45 menit – 1 jam. Atau bisa juga adonan dipotong dulu 4 biji, dibikin bola2 kecil, bungkus plastik terpisah2, diemin 45 menit – 1 jam.

C. Giling adonan 15-20 menit

6. Utk kulit lasagna kalo kagak punya mesin bikin pasta, ambil bola kecil (1/4 adonan) taro di meja yg udah dipercikin terigu. ratakan pake tangan terus percikin terigu, giling pake rolling pin memanjang setipis mungkin, sekitar 2-3 milimeter. mungkin kagak bisa sekali giling, bisa juga trik-nya si adonan setelah di giling sekedarnya terus didiemin dulu, ganti ke adonan yg no. 2, giling sekedarnya, sampe selesai balik lagi ke adonan 1, giling lagi semaksimal mungkin, kalo belum tipis diemin lagi, ganti ke adonan berikutnya, sampe selesai balik lagi ke adonan satu, begitu ampe tipisnya sesuai keinginan. sambil giling percikin meja dan adonan secukupnya sekedar supaya kagak lengket.

7. sesudah tipis mo dipotong jadi kulit lasagna selebar kira2 10 cm juga boleh. kalo gue males, itu adonan langsung rebus aja utuh2 krn gedenya pas dengan lebar loyang

8. kalo mo bikin spaghetti atau fetuccini caranya si adonan yg udah tipis dipercikin terigu terus digulung, terus dipotong2 pake piso tajam dengan ketipisan sesuai selera.

D. Rebus pasta 15 menit

9. Siapin air mendidih yg dipakein banyak garam. Cemplungin pasta sambil aduk2 supaya kagak lengket. masaknya jangan lama2 kayak kalo pake pasta kering. kalo pasta kering 7-10 menit rebus, kalo ini sekitar 3-5 menit doang. tiriskan di saringan dan bilas pake air ledeng dingin supaya proses pemasakannya berenti dan kagak lengket panas. dipake utk apa aja sesuai kebutuhan.

Note: si kulit lasagna home made ini kebetulan bentuknya kagak beraturan, dan lebarnya dibikin sama atau lebih lebar dikit dengan lebar loyang. jadi abis direbus, ditiriskan, langsung ditebar di dalem loyang yg udah dioles minyak zaitun. Nah karena bentuknya gak teratur, kulitnya ada yg keluar2 loyang gitu. Kalo gue sih, gapapa, krn enak banget kulit yg nongol ini kalo di oven jadi kenyal2 sedap gitu deh. biar tambah sedep kulit yg nongol dipercikin keju. Dilapisnya sederhana aja: kulit – saos bolognese – keju parmesan – keju mozarella, ulang lagi, sampe empat lapis karena ada empat kulit. lapis teratas adalah keju2 itu. trus panggang di oven 45 menit di 180 derajat sampe kulit berlebih yg nongol itu kranchi…

sumber : http://chaerani.multiply.com/recipes/item/25

Cap Cay Goreng

Description:
hari ini aku lagi demen ke pasar, akhirnya terpikir mau bikin capcay. Lagi kangen sama sayur-sayuran campur aduk.. Bikin lidah enak makannya.

Pasti semua udah pada bisa bikin sayur capcay lah yaw. Secara ini sayur kan udah universal banget. Isinya sih tergantung selera. Tadi di pasar lagi nggak ada capri, makanya capri tersingkirkan deh. Jadinya cuma sawi putih, sawi ijo, kembangkol, jagung muda, bakso ikan, dan dicampur sedikit udang.. hm… lezat.. yang jelas sehat banget…

Ingredients:
jagung 1 batang
sawi hijau 1 ikat
sawi putih 5 helai
bakso ikan 2 biji, iris tipis2
jagung muda 5 batang
tepung maizena satu sendok teh dihaluskan dengan sedikit air dingin
merica secukupnya
garam secukupnya
gula pasir satu sendok teh
bawang putih 4 biji, dikepret

Directions:
bersihkan semua sayur dan rajang kecil2 sesuai selera, sisihkan
siapkan wajan dan minyak sedikit, panaskan
masukkan bawang putih , oseng-oseng hingga harum
masukkan udang dan bakso, oseng-oseng
sambil masukkan air panas kurleb 80ml dan wortel.
oseng-oseng dan aduk serta tutup wajan agar matang.
masukkan garam secukupnya dan gula satu sendok teh.
aduk kembali..
setelah wortel lunak, masukkan seluruh sayur..
tutup wajan hingga masak..
lalu masukkan cairan maizena dan tutup hingga masak..

sajikan..