Q & A ASI Bening


ASI Bening

Sumber : milis sehat

29/10/2004
Q : Saya mempunyai seorang putra yang saat ini sudah berusia 6 bulan dengan BB 7kg. Setelah saya bekerja ASI diberikan hanya pada malam hari dan siang hari diganti susu formula.
Yang ingin saya tanyakan adalah :Semenjak pertama kali ASI saya keluar warnanya putih bening dan menurut yang saya dengar kalau putih bening kualitasnya tidak sebagus apabila berwarna putih pekat dan bayi akan cepat merasa lapar, betul apa tidak Dokter?Pada usia 5 bulan BB bayi saya hanya 7kg dan belum bisa membalikkan badannya apabila dia menelungkup.Apa itu normal Dokter? Terima Kasih
Ayu Astiti

A : Dear AyuThanks buat emailnyaSaya coba tanggapi yaPertama, perihal ASI. Suatu pola pikir yg salah bahwa ASI encer itu tidak baik. ASI memang tidak pekat dan lebih encer ketimbang formula. terus berikan ASI eksklusif pada bayimu sampai ia berusia 6 bulan ya. PD aja deh, kan hanya 1 dari 1000 ibu yg ASInya tidak mencukupi. Selain itu, konsep ASI kan demand and supply. Jasi, semakin sering bayimu kamu susukan, semakin sering payudaramu dikosongkan, maka semakin tinfggi pula produksinya. Kedua, setiap bayi merupakan individu yang unik, tidak bisa dibandingkan persis satu sama lain meski memang ada patokan kasar pencapaian tahapan perkembangan bayi sesuai usia.
Nah, tengkurap kan bisa sampai 6 bulan,. dilan pihak, tidak sedikit bayi yang enggan tengkurap dan lebih menyukai posisi tegak alias didudukkan dengan bersandar pada mama/papanya. Kamu perhatikan ya, apakah kalau bayimu tidur telentang dan kamu tarik kedua lengannya, kepalanya masih lunglai dan jatuh ke belakang atau sudah ikut menarik ke depan.
Perhatikan juga, bila ia kamu dudukkan di pangkuanmu, bersandar di dadamu, apakah kepalanya lunglai dan jatuh?Kalau tidak – kemungkinan besar bayimu normal2 saja Ok good luck
wati

About these ads

Satu gagasan untuk “Q & A ASI Bening

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s