BILA MUNCUL BENJOLAN DI TUBUH ANAK


sumber : tabloid Nakita

Tak perlu kuatir bila kelenjar getah bening si anak membesar. Malah ini
menunjukkan indikasi yang bagus asalkan membesarnya masih wajar.

Seringkali ada orang tua yang kebingungan ketika menemukan adanya benjolan
di tubuh si anak. Memang tak seberapa besar ukurannya. Mungkin cuma
sebesar kacang hijau atau kacang kedelai. Benjolan ini paling sering
dijumpai di belakang kepala, belakang telinga, selangkangan dan ketiak.
Biasanya si ibu mengetahuinya saat memandikan si kecil misalnya, benjolan
tsb. teraba.

SEBERAPA JAUH BENJOLAN TERSEBUT BISA DIANGGAP BAHAYA?

“Tak usah kuatir, tapi juga harus tetap waspada. Akan lebih bijaksana
jika diperiksakan ke dokter untuk diteliti lebih lanjut, apakah benjolan
disebabkan infeksi biasa atau keganasan,” begitu pesan dr. Endang
Windiastuti, SpA, MM (Paed.)

BENTENG PERTAHANAN TUBUH

Benjolan, kata Endang, bisa berupa tumor (jinak dan ganas), bisa pula
berupa pembesaran kelenjar getah bening. “Kelenjar ini ada banyak sekali di
tubuh kita. Antara lain di daerah leher, ketiak, dalam rongga dada dan
perut, di sepanjang tulang belakang kiri dan kanan sampai mata kaki.”
Kelenjar getah bening berfungsi sebagai penyaring bila ada infeksi lokal
yang disebabkan bakteri atau virus. “Jadi, fungsinya justru sebagai benteng
pertahanan tubuh.”

Nah, bila ada benjolan atau pembesaran di salah satu bagian tubuh anak,
entah itu di belakang kepala, telinga, ketiak, leher, bawah dagu, atau
bagian tubuh lainnya, saran Endang, pertama-tama yang dicari adalah benjolan
ini gara-gara infeksi atau bukan. “Umumnya, sih, karena infeksi. Apalagi
di negara kita infeksi masih banyak terjadi.” Membesarnya kelenjar, berarti
terjadi reaksi perlawanan tubuh terhadap kuman penyakit sebagai penyebab
infeksi.

Infeksi itu sebetulnya berada di daerah sekitar kelenjar dan bukan di
kelenjarnya. “Kalau ada infeksi di gigi, misalnya, yang membengkak adalah
daerah dagu bawahnya. Hal ini sebagai reaksi peradangan lokal.” Infeksi
yang terjadi ini pun, disebabkan oleh bakteri biasa, bakteri TBC, virus,
dll. “Setiap kali ada infeksi, kelenjar ini bisa membesar lagi. Karena
sebelum kuman masuk ke dalam tubuh, perama-tama akan ditangkap kelenjar
getah bening ini. Jadi ibaratnya seperti benteng tentara,” jelas dokter
dari RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta ini.

Bila pembesaran kelenjar terjadi di daerah leher, bisa berasal dari
infeksi di daerah sekitarnya, semisal sakit gigi atau infeksi telinga. Ada
juga yang menandakan penyakit TBC sebagai reaksi lokal di paru-paru.
“Makanya harus dilihat, pembesaran kelenjar tsb., cepat atau lambat
tumbuhnya. Kalau ternyata memang sering sakit gigi atau ada infeksi di
telinga, maka infeksinya diobati lebih dahulu. Begitu juga di ketiak.
Kadang infeksi biasa semisal ada bisul di daerah sekitarnya.”

Sedangkan pembesaran kelenjar yang ada dalam rongga dada dan perut sulit
dideteksi karena tidak bisa dilihat, kecuali lewat pemeriksaan khusus.
Alhasil, yang kerap terjadi, ketika dibawa ke dokter, sudah terjadi
keganasan. “Perut anak sudah membuncit, lalu ada gejala muntah, ada
gangguan saluran kemih dan ginjal, sehingga anak susah BAK ataupun BAB, dan
lainnya. Hal ini terjadi karena ada semacam massa yang menekan organ
lainnya.”

Pada penderita leukimia, di mana terjadi keganasan pada sel darahnya,
biasanya juga menampakkan adanya pembesaran kelenjar getah bening. Nah,
bila sudah sampai ke kelenjar getah bening, berarti penyakitnya sudah jauh
menyebar. “Selain kelenjar yang membengkak, biasanya disertai pula dengan
pucat, demam, tak nafsu makan, dsb.”

BIOPSI UNTUK YANG GANAS

Jika memang tak terjadi infeksi, kemungkinan adalah tumor. Apalagi bila
pembesaran kelenjar di daerah-daerah tsb. di atas, pertumbuhannya cepat dan
mudah membesar. “Tentunya ini sangat berbahaya. Bila sudah sebesar biji
nangka, misalnya, apalagi bila ditekan tidak sakit, maka perlu diwaspadai.”

Jalan terbaik, kata Endang, adalah dilakukan biopsi di kelenjar tsb.
Dilihat dan diambil kelenjarnya dengan ditusuk jarum. Bisa juga dengan
mengangkat jaringan kelenjar seluruhnya dengan jalan operasi dan kemudian
diperiksa jenis selnya untuk memastikan apakah sekadar infeksi atau
keganasan. “Jika tumor dan ternyata ganas, pembesaran kelenjar akan cepat
terjadi. Dalam sebulan, misalnya, sudah membesar dan tak terasa sakit saat
ditekan. Beda dengan yang disebabkan infeksi. Umumnya tak bertambah besar
dan jika daerah di sekitar benjolan ditekan, terasa sakit.”

Jika benjolan disebabkan infeksi, cukup dengan obat antibiotik maka
benjolan akan mengecil bahkan hilang sama sekali kendati umumnya
meninggalkan bekas yang sifatnya menetap, yaitu sebesar biji jagung atau
biji kacang hijau, misalnya. Antibiotik pun, jelas Endang, hanya diberikan
jika disebabkan infeksi bakteri. “Kalau karena virus, didiamkan saja juga
akan sembuh sendiri.” Untuk benjolan di rongga dada atau perut yang
berjenis keganasan (tumor), pemeriksaan dilakukan dengan CT Scan untuk
diketahui lokasinya. “Setelah itu dokter bedah akan melihat, apakah operasi
bisa dilakukan atau tidak. Bisa saja terjadi, dokter tak dapat mengangkat
jaringan secara keseluruhan karena sudah terjadi perlengketan di mana-mana.
Resikonya tinggi karena dapat terjadi perdarahan yang lebih banyak.” Jadi,
sebaiknya tetap waspadai benjolan di tubuh sang buah hati meski tak perlu
juga seperti ‘kebakaran jenggot’.

JUSTRU PERTANDA BAGUS

Menurut Endang, jika pembengkakan terjadi karena infeksi, justru pertanda
yang baik. Artinya, kelenjar getah bening tsb. berfungsi membantu
pertahanan tubuh. Jadi, tak apa-apa, tak perlu dicegah. Justru bila tidak
membengkak, infeksinya akan jadi meluas lebih jauh. Mis.: giginya ada
infeksi karena berlubang, bila kelenjar di bawah dagunya tidak membengkak,
maka kuman dari gigi tsb. akan lolos dan bisa ke mana-mana dalam tubuh.
Akibatnya bisa timbul panas badan pada si anak.

Dengan demikian, kalau ada infeksi dan kelenjar getah beningnya
membengkak, justru kita harus berterima kasih, karena bakterinya ditangkap
di situ. Ibaratnya, kelenjar ini seperti siskamling yang menangkap
‘pencuri’ sebelum si pencuri kabur lewat gang-gang kecil. Pembengkakan
kelenjar ini pun tak bisa dicegah karena merupakan suatu reaksi infeksi.

64 thoughts on “BILA MUNCUL BENJOLAN DI TUBUH ANAK

  1. Ping-balik: WASPADAI BENJOLAN PADA ANAK « Evapurba’s Weblog

  2. anak saya berusia 1 tahun lebih sekarnag dan dia juga punya benjolan dileher belakangnya…setau saya pas tumbuh gigi benjolan tersebut mulai ada, pertama kali kanan kiri cuma sekarang hanya yang kanan sebesar kelereng…apakah berbahaya?apakah benjolan tersebut bisa hilang ataukah sampai semua gigi tumbuh?

  3. baby saya usia 14 bln. di payudara kiri ada benjolan yg klo di pegang bisa bergeser. apa penyebabnya dan bahayakah benjolan itu? terima kasih.

  4. ada benjolan didalam bibir atas anak saya (umur 14bln) dah 3rumah sakit saranin bedah…..tapi saya belum siap mental…..ada yang bisa share ke saya…trims

  5. anak saya baru berumur 18hari, ada muncu benjolan di kepala bagian atas dan lunak seperti ada cairan di dalamnya, dah kayanya semakin besar?

  6. bayi saya umur 5 bulan perempuan berat badan 7.2 kg.. d imunisasi BCG baru kering setelah 4 bulan. kondisi saat ini sudah hampir 1 bulan kena flu dengan kondisi antara sembuh dan kambuh lg. 3 hari ini ada benjolan d ketiak sebelah kanan. apakh ada korelasi antara imunisasi BCG kena flu dengan timbulnya benjolan,g\bagaimana cara penanggulangannya?

  7. kalau ada benjolan di belakang telinga, sifatnya klu diraba benjolan itu terasa, tapi selihat sepintas tdk kelihatan oleh mata, apakah itu berbahaya dok?
    ( Anak saya berusia 1 tahun )
    Mohon dibalas

    Terima Kasih

  8. saya sedang bingung & sedih, ada benjolan di paha kanan anak saya yg baru berusia 3 minggu, dari dokter diberi antibiotik yang hrs diminum 1 minggu ini (s/d 30 Okt 2011), dan kalau benjolannya tidak juga hilang maka akan diambil darah dan rontgen. saya gak tau lagi hrs bagaimana, karena sampai hari ini benjolannya belum jg hilang. benjolan apa itu, dan apa tidak bahaya anak usia 3 minggu / 1 bln dirontgent ? Tolong saya.

  9. mlam dok bru2 ni ank sya kirana umur 8 buln lbh 5 hri msuk RS krna skt panas + diare akut,cek drah ank q didiagnosa punya skt anemi kurgny zat besi. nah aq bru tau ank q puny bnjolan di belakng teling y wktu di RS itu sya rba aq tekn2 ank ny gk mrasa kesktan,yg sya tnykan apakah bhya dok benjolan pda ank sya..trmksh doktr

  10. Anak saya umur 3thn.Dari bayi ada tmbuh sbesar tahi lalat.Kalau dpencet kluar cairan putih dn berbau.3bulan yg lalu membesar sperti bisul,mnurut dokter sjenis kista infeksi.Stelah dilakukan pmbedahan kecil,sminggu kemudian justru kluar daging kecil.Dokter menyarankan untuk pembedahan.Tapi sya belum brani karena sbelum operasi anak dsrankan puasa.Yang saya khawatir kn anak saya tidak bisa puasa.Dan saya juga takut stelah menjalani operasi akan ada efeknya.Tolong bantu saya

  11. Anak saya umur 2.5 th. muncul benjolan kecil di leher pertama ada satu kemudian hilang, selang beberapa waktu muncul lagi di belakan telinga dan di leher hampir sebesar kelereng, setelah di periksa dokter bukan infeksi TBC. apa benjolan tersebut berbahaya? mohon penjelasanya. Terimakasih

  12. anak sya berumur 6 bln cowok, dibelakang telinga muncul bisul n didekat bisul tsb ada benjolan kya kelenjar, tiap tumbuh bisul pst disertai benjolan…. bahaya nda ya benjolan tsb…. bisul biasanya disebabkan apa y??? krn anak saya minum susu formula n wkt umur 5 bln lbh sdh sya kasi bubur utk perkenalan….. mohon penjelasannya

  13. anak saya sekrg usia 8bln,saya menemukan benjolan di belakang telinga anak saya di kiri dan kanan wkt usianya 7bln.benjolanya bergeser saat diraba,tetapi anak sy tidak merasa sakit saat benjolan itu sy raba.apakah berbahaya dok?saya sangat khawatir,mohon penjelasanya dok,trims.

  14. Anakq umur 8bln neh,,ak bru tau kl d’kepala bagian belakang ada benjolan sebesar kacang tp bsa kegeser kl dpegangg..gag keliatan oleh mata..
    Bahaya gag sih? Tlng djawab ya

  15. anak saya umur 1 thn, 1 bln. semenjak umur 5 bln pada telinga kiri anak saya timbul luka sprti alergi atw infeksi kalau di garuk krn gatal sk berdrh. byk yg mengtkn jgn sembarang ksh ikan dan jg telur. saya prnh ksh salep kdg hilang tp luka lg. sdh 1thn ini lukanya ttp ada dan malah skrg timbul benjolan sprti kelereng diblkg telinga ktka saya raba. tlg bantuannya.. tq

  16. Anak saya ada benjolan di belakang telinga sejak bayi dulu pnah saya periksakan ke spa ktnya tidak apa2 tapi benjolan itu kok tidak hilang sampai saat ini anak saya sudah 17 bln apa yg hrs sy lakukan???????

  17. putri saya umur 11 bulan di bwah dagu sebelah kiri ada benjolan sebesar biji salak sudah sekitar 1 minggu n mulai sulit makan apakah ini berbahaya atau tidak tetapi tdak ada gejala panas atau batuk pilek. Sebaiknya apa yang harus saya lakukan ke dokter spesialis anak atau spesialis bedah?
    Mohon bantuannya. Tq

  18. Anak saya umur “13 bulan ada benjolan di belakang telinga kanan dan kiri.tp sebelah kanan lebih besar sebesar kedelei. Riwayat saya TB paru,anak saya di mantoux hasily negatif. Apakah benjolan itu bahaya dox?terimakasih.

  19. Anak perempuan saya 3.5 bln saat ini, sejak usia 25 hari, baru diketahui ada hernia jenisnya hernia inguinalis sinistra (setelah di USG, sebelumnya harus puasa ASI 3 jam.. yang bikin saya nangis karena ga kuat dengar tangisannya, hanya boleh kasih air). Sampai saat ini jadwal BABnya masih rutin dalam sehari 1-3x. Menurut Dokter bedah anak, disarankan untuk operasi pada usia minimal 3 bulan (sampai menunggu kesiapan mental ortu khususnya saya, ibunya). sampai saat ini Kami belum ke dokter lagi, tapi apakah memang tidak ada cara lain selain operasi? jika ada yang punya pengalaman anaknya sudah di operasi, mohon infonya. Terima kasih sebelumnya.

  20. assalamualaikum,,,anak saya umur 2 bulan,,di kepala di dekat ubun-ubun ada seperti bengkak cuman si bayi tidak merasakan sakit,,ukuran nya kurang lebih p:3cm l:1cm,,dan bentuk nya seperti ada cairan,,,,apakah pembengkakan itu bahaya dok? terimaksih

  21. anak saya berumur 8 bulan di payudara ada benjolan disebelah kiri deket puting. apakah benjolan itu tumor ? lalu apakah anak baru berumur segitu bisa terkena tumor. karena istri saya memiliki tumor jinak pada payudara. Mohon bantuan’y dok. terima kasih

  22. putra saya skr umur 3 th, dibelakang telinga sebelah kiri ada benjolan, sebesar biji salak, saya sudah pernah periksa , disaat umur 1 th, kata dokter tidak apa2, nnti akan hilang, ternyata sampai skr blm hilang juga. berat badannya menurun, nafsu makannya kurang,..kira2 bahaya atau tidah ya…!!! sebaiknya apa yg hrs saya lakukan….? terimakasih…

  23. dibelakang telinga saya jika ditekan terasa sakit, dan pada saat makanpun terasa sakit, ini terjadi awalnya karna flu, tiba2 dua hari kemudian muncullah benjolan tersebut, tolong sarannya dok..

  24. Baby sy baru usia 7bln d sekitar leher nya banyak benjolan sebesar biji jagung & d belakang kepalanya sebesar biji salak,saya sangt khawatir takut benjolan itu berbahaya,menurut anda tindakan apa yg hrs sy lakukan untk mengetahui benjolan tsb berbhy ataw tdk? Mhon jwbn’y,makash

  25. di payudara kanan anak saya ada benjolan sebesar kacang hijau selalu begeser bila disentuh/raba…berbahaya kah? umur anak saya 15 bulan…tlg info nya

  26. saya berusia 19 tahun, di ketiak kanan saya terdapat benjolan sebesar kacang hijau, jika disentuh akan sakit. apakah hal itu sangat berbahaya atau tidak? lalu apa yang harus saya lakukan?

  27. saya mau tanya dok anak saya usianya 4.5 th ada benjolan berantai di leher, tidurnya jadinya ngorok, napasnya pake mulut klau tidur dok. Hasil dari ronsgen paru2nya bagus.terus itu benjolan apa ya dan bahaya ga????.terimakasih

  28. Mlm dok
    Maaf ggu,
    Anak saya berusia 3th,seblum’y batuk terus berobt sana-sini tetep batuk,pas ketauan sama dok. Anak kata’y d leher ada kelenjar saya kaget,apakah kelenjar itu infeksi dari batuk yang berkepanjangan?
    Sy tunggu infony
    Trims

  29. Dok. ada benjolan di bawah kedua telinga saya…
    di raba sakit, terus suhunya cukup tinggi,,
    katanya sih itu juga penyebab demam saya…
    gejala yang saya alami mual, tidak nafsu makan, haus, mulut pahit, dan sering demam…
    apakah itu bahaya Dok. dan apa obatnya Dok. ?

  30. dok,,bru 2 hari ini di belakang telinga putri kecil ku y mash berumur 15bln ad benjolan sebesar kcang tanh…n dah hampir 2mgguan putri q ni kena pilek..sudah aq bawa ke dokter tp blm sembuh2 mhon penjelasannya..trma kasih

  31. Anak sy berumur 2 thn,dileher belakang telinga ada benjolan sebesar biji nangka kalo ditekan keras,ada infeksi jg dikepala belakang telinga semacam seperti bisul beberapa biji sy pencet keluar nanahx bermaksud supaya cepat kering tp ternyata tumbuh lagi bisulx,sy konsul ke dokter ktx kelenjar..apakah berbahaya dok benjolan itu mohon penjelasanx..terimakasih.

  32. Anak saya usia nya 15 bulan, dibelakang telinganya kiri sama dileher nya ada beberapa benjolan kecil2, apakah itu berbahaya? karena sudah beberapa bulan tidak hilang2, dan bener gak kalo kata ortu itu angin? tapi kalo sy tekan anak saya tidak kesakitan, tolong infonya ya dokter,

    Thx alot for your help :)

  33. umur saya 11 tahun. saya mempunyai benjolan kecil di leher saya sekat dagu bukannya di depan dekat telinga tpi benjolannya kecil. tpi klau menguap membesar. sya pikir ini penyakit gondok./tumor.
    dan sya mempunyai penyakit linnya yaitu
    hidung tersumbat lebih dari 1 bulan
    klau menelan seperti ada suara letupan dari telinga.
    susah buang dahak. lumayan.
    lalu tumbuh benjolan kecil dekat dagu…….
    kira2 ini penyakit ap y. karena tumbuhnya benjolannnya ini tib2….

    trimakasihhhhh. mohon dijawab…

  34. mlm dok,
    anak saya 10bln kemarin2 demam kadang tinggi kadang trun setelah di periksa ke dokter ada benjolan di leher dan di kepala belakang kepalanya,
    kta dokter kalo panasnya udah turun dan benjolannya mash ada harus diperiksa lagi,
    skarang demamnya sudh trun tapi benjolannya msh ada, apa itu bahaya dok? terimakash,
    mhon penjelasannya, trmaksh..

  35. anak asaya umur 5 tahun, di dada sebelah kiri di antara perut dan tuilang rusuk ada benjolan yang kalo dipegang terasa keras. Kita baru mendeteksi setelah anak kita sakit panas dan batuk selama 3 hari. Kira-kira gejala apa ya ?

  36. anak saya usia 4 bulan 16 hari, seminggu ini saya menemulkan benjolan di belakang telinga kiri anak saya dan dia juga suka ngencesnya banyak skali, apakah ada hubungannya benjolan dan ngences tsb dengan mau tumbuh gigi anak saya y…mohon di jawab y dok…

  37. ass.anak sy b’umur 3,9bln! da benjoln di atas telinga(sela antara telinga+kpala) sbesr bji kcng tanah.keluhn ny srng skt kpla,pnas,btuk pilk! sdh 1bln tdk kunjng smbh.pdhl sdh b’obt.6bln yg lalu sdh konsul dngn dktr,dktr mevonis otorium kista! kt dktr tdk bhya,tp bs mmbsr.llu mnjlani oprasi.stlh bbrp bln,sprt ny bnjoln kmbli lg.apakh pnykt ini bs dsmbh kn tnpa oprasi.

  38. anak sy b’umur 3,9bln.di telinga atas da benjoln(sela antara kpla+tlinga).ank sy srng mngeluh skt kpla,bdn pns.skrg btuk pilk dh 1bln tdk knjng smbh,pdhl sdh b’obt.6bln yg ll,sy konsul kdoktr n dktr mmvonis ank pnykt ank sy adlh otorium kista.kt dktr tdk b’bhy,tp jk dbyr kn bs m’bsr.ll ank sy mnjlani oprsi.bbrp bln kmudin sprti ny kmbli lg,cz srng mngluh skt kpla.dok,apakh da jln smbh untuk ank sy selain jln oprasi.tlg jwbn ny dok,bhy kh pnykt ni…

  39. anak saya usia nya 9 bulan di belakang telinga kanannya ada benjolan dan di bahagian belakang kepala kiri dan kanan ada benjolan kecil,apakah itu berbahaya? kerana sudah beberapa bulan tidak hilang2,tapi kalau saya tekan anak saya tidak kesakitan,dan macam mana saya nak hilang kan benjolan itu?
    tolong infonya ya doktor,

    Thx alot for your help

  40. Anak saya berumur 2.5 tahun ada benjolan sebesar kelereng di belakang telinga kanan dan tidak berasa kalo di tekan,awalnya satu sekarang bertambah banyak, berbahayakah dokter?

  41. Anak saya umur 3 bulan ada benjolan di belakang telinga sebelah kanan,memang anak sy skrng ini lg terkena flu singapura lukax berupa cairan dan klu sdh pecah kayak melepuh gitu tp cuma disekitar leher saja, apa itu bahaya dok?thanks

  42. anak saya berusia 20 bulan cowok.wkt habis suntik imunisasi BCG dibawah ketiaknya muncul benjolan sempat membesar sebesar kelereng. pada usia 15 bln mengecil hingga sebessar kacang tanah. kmd barusan 2bln belakangan membesar lagi hingga hampir sebesar biji nangka. menurut dokter, itu adalah pembesaran kelenjar getah bening dan harus dioperasi. apakah mmg satu2nya cara hanya melalui pembedahan? krn semggu belakangan ini membesar lagi. kalo ditekan tidak sakit. dan pertumbuhan badannya normal spt anak pada umumnya. tolong infonya dok. thanks

  43. anak saya berumur 15 bulan dan beberapa minggu lalu sempat sakit/ kena virus gondong di pipi kanan, kemudian minggu ini tiba2 saat diraba bagian pipi kiri terdapat benjolan, yang tadinya saya kira gondong juga dan setelah di bawa ke dokter spesialis anak dinyatakan bahwa anak saya kena pembengkaan kelenjar getah bening dan sudah diberi obat oleh dokter, namun pesan dokter apabila sampai dengan obat habis tidak ada perubahan maka segera dibawa ke dokter bedah..nah yang saya takutkan adalah dokter bedah karena anggapan saya pasti dioperasi dan biaya pasti juga tinggi, apakah ada cara lain selain dioperasi? kasian masih umur 15 bulan soalnya…..mohon tanggapan dan jawabanya….terima kasih

  44. anak saya umur 1th pada paha sebelah kiri terdapat benjolan yang lumayan besar dan keras, kl dipijit2 lama2 gak keras lagi dan kl dipegang anak saya kesakitan. kira2 infeksi bukan ya?dikasi obat apa?
    terima kasih

  45. adik saya sejk bayi bru lahir , terlihat benjolan kecil di belakang telinga dan sekarang berumur 7 tahun dan benjolan itu masih ada tpi tidak membesar , kadang terlihat kadang tidak , jika menengok barulah tonjolan itu terlihat , apa itu berbahaya?? , tapi adik saya tidak ada keluhan apaapa .
    mohon infonya . terimakasih.

  46. anak saya berusia 3 bulan..selepas habis suntik imunisasi berumur 2 bulan,muncul benjolan sebesar kacang tanah di bawah ketiaknya..tetapi sejak kebelakangan ini,benjolan itu semakin membesar.apabila ditekan memang tidak sakit dan pertumbuhan badannya normal sepeti bayi yang lain.ujian darah dan x ray telah juga diambil dan keputusan nya normal..anak saya juga tidak pernah mengalami demam waktu mendapatkan imunisasi..saya mengharapkan info dr dok…tqvm…

  47. beda dengan yg dijelaskan tadi, anak saya mmpunyai benjolan di jidat sebelah kanan. mulai tumbuh sejak dia usia 2bln, dan smapai sekarang anak sya sudah umur 1tahun 6bln masih ada benjolan tsb, dan ukurannya pun tidak membesar dr awal smpai skr sperti itu. saya belum sempat periksa ke dokter. dan konon kata org itu akan hilang dgn sendirinya sejalan dgn perkembangannya. bisa dijelaskan kpd sy itu termasuk pnyakit / infeksi yg dijlaskan di atas td.. ?? dan seberapa besar efeknya ke depan.
    terimakasih

  48. anak saya umur 7 bulan,berat bdn 5,5 kg dan di belakang telinganya terdapat benjolan .apa yg seharusnya saya lakukan,.apakah ini berpengaruh dengan pertumbuhan tubuh anak saya dok,krn berat badannya sampai skrg tidak ada peningkatan.trm kasih dengan respon nya

  49. Saya 31 th tapi jg mngalami hal yg sama yaitu bngkak dbwh dagu antara leher dan bwh telinga,sakiiiiit sx… Sblmnya gigi graham yg plng ujung bngkak. Sakit jk siap mkn atau mngunyah.. Apakah ini trmasuk infeksi gigi apa sebab trjadinya bgkak digraham terakhir?? Apa obatnya yaa
    Trims

  50. Sy pnya anak kmbr prematur sepasang cwek 1.8kg & cwok 1.4kg 1bln d inkubator lhr dRSCM (IGD) tp wkt usia 4bln anak yg cwek bru ktauan wkt tdr ada bnjolan d pipi kiri bwh mata dh k poli bdah blm d scan krna usia’a msh 4 bln cuma d observasi dlu. . Blm tau apa sbb’a usia 1th klihatan aneh d tlang rusuk bwh sprti bejendol gtu tp d hati blng gpp ah pas usia 15 bln bru mau priksa sy brharap gpp jjr hti sdih bgt mdh2n dlm wkt dkat ini d prksa lg

  51. mbk anak saya umur 21 bulan ada benjolan dibelakang telinga kiri ada 2 dan ditelinga kanan 1 kira berbahaya tidak mbk?

  52. Sore dok, sya mw tnya. Dilengan kanan syA da 2 benjolan yg mkin membesar&sring trasa gatal sampai skrang dUmur sya 15thn

  53. Mohon bantuan. Anak saya berumur 7 bln, ada benjolan dikedua payudaranya. Keras, bisa bergerak klo dipegang (seperti org yg akan tumbuh payudara). Apakah berbahaya?

Tinggalkan Balasan

