Tren nama bayi masa kini meningkat


sumber : http://www.motherandbaby.co.id/index.php?mod=vcontent&tokenid=8d7d8ee069cb0cbbf816bbb65d56947e

para orang tua saat ini, terutama para ibu yang baru memiliki seorang bayi, baik yang pertama kali maupun yang ke beberapa kali, memiliki kecenderungan memilih nama bayinya sesuai dengan kejadian (tren) yang sedang terjadi di lingkungan sekitarnya. Temuan tersebut dianalisis oleh para peneliti New York University dabn Indiana University. Nama-nama baru dari trend tersebut tak hanya populer di kalangan para ibu baru, namun juga menunjukkan peningkatan, dibandingkan dengan penggunaan nama-nama yang biasa diberikan oleh para orang tua sebelumnya atau perihal turunan dari orang tua atau kakek-neneknya.

“Hasil analisis kami yakni memberikan dukungan bahwa pemilihan nama-nama pada bayi baru lahir oleh para orang tuanya sangat dipengaruhi oleh tren lingkungan sosial, seperti tren yang terjadi di pasar saham, momentum ekonomi lainnya, bahkan tren kejadian politik,” ujar salah satu anggota peneliti. Salah satu contoh besar yang konkret adalah pasca-pemilihan Presiden Amerika Serikat terbaru, Barrack Husein Obama. Berdasarkan penelitian ini, terdapat lebih dari 100.000 bayi di dunia yang lahir setelah momen pemilihan tersebut, diberi nama, sebagian atau bahkan seluruh nama dari Obama, oleh orang tuanya.

Tren ini tampaknya merupakan fenomena baru yang sedang mem’booming’ dibandingkan saat akhir abad 19 dan awal abad 20-an. Bahkan sebuah ramalan di Amerika Serikat mengungkapkan “Nama-nama lama sudah dianggap kuno dan mengalami penurunan pilihan. Sementara nama-nama yang dipengaruhi kejadian sekarang, jumlah pemilihnya sangat meningkat tajam”. Dan menurut para peneliti ini, tren ini akan terus meningkat dengan tajam hingga tiga dekade mendatang, karena para orang tua tak ingin berpusing-pusing untuk menemukan dan memilihkan nama yang bagus untuk bayi mereka. Jika sudah seperti ini, apakah para orang tua sekarang sudah tidak memikirkan makna pada sebuah nama? Yang padahal, makna tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung, merujuk pada karakter anak tersebut setelah besar kelak.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s