Hati-Hati Dengan Produk Makanan Bayi


sumber : http://www.erabaru.net/featured-news/48-hot-update/4046-hati-hati-dengan-produk-makanan-bayi

Hanya masakan rumah yang benar-benar dapat memberikan nutrisi bagi anak Anda di awal kehidupannya. (LAURIE SANDERS/THE EPOCH TIMES)

Studi baru yang diselenggarakan oleh the Children’s Food Campaign telah mengupas beberapa fakta yang mengerikan mengenai bahan-bahan yang dimasukkan dalam makanan bayi [1].

Survei terhadap lebih dari 100 produk makanan bayi, yang dipajang di supermarket utama Inggris selama musim semi 2009, menyingkap betapa tidak sehatnya makanan-makanan ini. Sayangnya, dengan iklan dan promosi yang gencar, para produsen ini dapat menggerakkan pikiran para orang tua yang berusaha memberikan yang terbaik bagi anak-anak mereka.

Saya yakin minimnya pengetahuan cenderung mendorong pengambilan keputusan yang kurang benar, dan karena semua produk tersebut merupakan merek ternama dan terpercaya, mereka diizinkan untuk menyertakan segala macam unsur yang tidak baik ke dalam produk makanan mereka tanpa peraturan yang sesuai. Secara mengejutkan, Cow & Gate tidak dapat memberikan daftar periset dan ringkasan informasi nutrisi yang diminta terhadap semua produk makanan bayi dan balita yang dipasarkan.

Bagaimanapun, masalahnya lebih besar dari yang diperkirakan. Banyak orang tua yang melakukan penelitian untuk mendapatkan yang terbaik bagi anak-anak mereka dan tetap menggunakan makanan bayi organik kemasan. Ini pastinya merupakan salah satu promosi pemasaran paling menyesatkan. Pada pemeriksaan yang lebih mendalam, produk makanan bayi organik ini tidak akan semenarik seperti yang diharapkan para orang tua.

Masalah utama dengan semua makanan bayi kemasan ini adalah mereka melalui proses pemanasan tinggi. Ini memungkinkan produk dipajang di rak supermarket dalam jangka waktu yang lama dan menuai laba maksimum.

Dengan pemanasan tinggi, makanan yang disterilisasi sama dengan makanan yang tanpa nutrisi. Tidak ada manfaat nutrisi dari makanan yang dimasak, diproses, dan kemudian diiklankan sebagai `telah disterilisasi – sekali pun awalnya merupakan bahan dasar organik. Ini merupakan sampah makanan organik yang mengerikan.

Ada nasihat yang mengatakan bahwa memasak sayuran terlalu lama akan menghabiskan kandungan nutrisi dan ini persis seperti yang sedang dilakukan pada bahan-bahan dalam makanan bayi kemasan.

Melihat situs Hipp Organic, sebuah produsen ternama makanan bayi organik Inggris, saya menemukan beberapa ungkapan yang menegaskan praktek pemanasan ini. “Makanan kemasan kami disterilkan dalam kemasan tertutup hampa udara selama proses pengemasan” dan “Anda tidak akan dapat mencapai temperatur setinggi tahap pengawetan seperti yang kami lakukan di bawah tekanan tinggi ini.”

Hampir sama, ketika saya berbicara dengan “tim teknik” di Plum Organics, saya mendapat informasi bila makanan mereka yang diiklankan `telah disterilisasi’ melalui tahap pemanasan produk akhir selama tiga menit. Itu sama saja dengan membasmi kandungan materi baik!

Makanan steril nampaknya tidak begitu mengundang selera, juga tidak tampak alami. Sebagai orangtua, saya ingin buah hati saya mendapatkan nutrisi terbaik di saat saya bisa mengontrol apa saja yang dia konsumsi. Sudah pasti makanan yang kita temui di jajaran rak toko selama berbulan-bulan, tidak mungkin bernutrisi.

Pasar makanan bayi organik ditenggelamkan oleh janji-janji “awal yang baik” bagi bayi Anda, tetapi apa yang sedang Anda berikan pada buah hati Anda? Apakah Anda memberikan semangkuk makanan bayi organik atau sebaliknya? Saya tidak akan! Saya tidak pernah membeli atau mencobanya, tetapi melihat teman memberikan makan tersebut pada bayi mereka, saya tidak dapat membayangkan makanan itu sedikit pun–dan melihat ekspresi pada wajah bayi-bayi mereka, nampaknya mereka juga tidak ingin!

Pentingnya sayur-sayuran dan buah-buahan segar begitu ditekankan pada kita di mana pun kita berada, dengan bersemangat kita mencari toko buah dan supermarket yang menjual produk yang `baru saja’ dipetik. Bahkan dengan alasan menghemat sedikit waktu, kita memberi anak-anak kita bubur `hasil pemanasan’ atas dasar “tidak apa-apa karena ini makanan organik”?

Masalahnya adalah, dengan kemasan pemasaran dan pengemasan yang memikat, produk makanan bayi ini meyakinkan para orang tua bahwa mereka sedang memberikan makanan terbaik pada anak-anak mereka, tetapi saya khawatir justru mereka benar-benar dikelabui.

Satu-satunya cara agar mengetahui dengan pasti apa saja yang sedang dikonsumsi bayi Anda adalah dengan menyiapkan sendiri makanan mereka. Tidak perlu terlalu rumit, dan saat ini banyak buku yang berisi pelajaran bagaimana cara melakukannya, jadi saya tidak terlalu membahas hal ini.

Jika Anda telanjur memberikan makanan olahan pada bayi Anda, tidak pernah ada kata terlambat untuk mengambil keputusan positif. Saran saya: Pilihlah cara Anda sendiri. Pastikan kesehatan jangka panjang anak Anda di tangan Anda sendiri dan putuskan apakah Anda percaya dengan segala promosi dan iklan yang disampaikan atau Anda memilih untuk melakukan penyelidikan sendiri.

Apapun yang Anda putuskan, seharusnya menjadi keputusan yang tepat bagi Anda dan keluarga Anda, dan keputusan itu berada di tangan Anda. (Laurie Sanders/The Epoch Times/feb)

Referensi:

1. Survei Children’s Food Campaign pada Mei 2009. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs: http://www.sustainweb.org

Laurie Sanders spesialis menulis tentang pengasuhan anak dan metode pengasuhan “alternatif”. Dia memperkenalkan metode pengasuhan anak secara kreatif, menemukan gaya yang sesuai dengan anak.

About these ads

Satu gagasan untuk “Hati-Hati Dengan Produk Makanan Bayi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s