Ibu Hamil dan Perjalanan Jauh


Sumber : cyberjob.cbn.net.id
Mother And Baby

Ibu hamil boleh melakukan perjalanan jauh, termasuk lebih dari 5 jam, asalkan memperhatikan beberpa faktor baik sebelum maupun selama mudik. Ini penting demi kenyamanan ibu dan keselamatan janin, baik saat di perjalanan maupun ketika sampai di tujuan. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan, antara lain usia kehamilan, keadaan kesehatan kehamilan, kesehatan umum ibu, dan kenyamanan di perjalanan. Berikut hasil wawancara dengan Dr. Alfiben Sp. Og dari RD Hermina Depok.

Di beberapa negara ada kebijakan medis yang melarang ibu usia kehamilan lebih 32 minggu melakukan perjalanan jauh. Alasannya, pada usia kandungan tersebut, jantung dan organ tubuh ibu bekerja lebih berat dari biasanya. Saat itu kebutuhan janin akan oksigen dan pasokan makanan dari ibu menjadi lebih banyak. Akibatnya, volume plasma darah meningkat 30-35%. Artinya, tubuh ibu hamil lebih cepat merasa lelah dan daya tahan tubuhnya berkurang. Misal, jika berdiri terlalu lama, ibu akan pingsan. Akan sangat beresiko jika ibu melakukan perjalanan jauh hingga merasa kelelahan.

Bagi ibu hamil yang usia kandungannya di bawah 32 minggu, mudik masih dibolehkan. Namun sebelumnya, periksakan dulu kondisi kesehatan umum dan kesehatan kehamilan. Jika kehamilan tidak bermasalah dan kesehatan ibu secara umum cukup baik, ibu boleh mudik. Namun bila kehamilannya bermasalah, ada baiknya ibu menunda perjalanan jauh.

Pada dasarnya kehamilan ada dua macam. Sebagian besar kehamilan adalah kehamilan normal. Sebagian kecil, sekitar 10%, kehamilan tidak normal atau bermasalah. Maksudnya, sejak awal kehamilan, ibu memiliki masalah kesehatan fisik dan psikis. Bagi ibu yang kehamilannya tidak normal inilah perjalanan jauh yang melelahkan bisa menimbulkan risiko perdarahan atau malah keguguran.

Berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan ibu hamil, sebelum dan selama melakukan perjalanan jauh:
1. Periksakan kesehatan secara umum pada dokter kandungan atau bidan yang biasa memantau kandungan ibu. Mintalah semacam surat keterangan rujukan. Ini penting untuk memberikan gambaran kepada dokter atau bidan di kampung halaman jika terjadi sesuatu terhadap kehamilan.
2. Pastikan di kampung halaman ada tempat bagi ibu hamil untuk memeriksakan kesehatan. Tanyakan hal ini pada famili yang tinggal di sana. Ini untuk memastikan ibu cepat mendapatkan pertolongan jika terjadi sesuatu.

3. Pastikan kondisi fisik ibu dalam keadaan fit, sehingga kuat di perjalanan. Jika perlu, minum vitamin yang dianjurkan dokter agar tubuh lebih kuat.
4. Persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan di perjalanan. Misal. kendaraan yang nyaman, membeli tiket sejak awal tidak perlu antre, dan menghindari terjebak macet yang terlalu lama.
5. Pola makan selama di perjalanan harus dijaga. Tetaplah makan teratur, dan mengkonsumsi susu dan vitamin. Pilih camilan berupa buah dan hidangan sarat gizi, misal, roti isi, lontong daging, atau pastel sayuran, ketimbang snack asin berupa keripik dan minuman bersoda.
6. Demi kenyaman ibu hamil di perjalanan, pilihan alat transportasi sangat menentukan. Kenyamanan memang sarat mutlak, agar kehamilan ibu tidak terganggu. Syarat kenyamanan kendaraan umum, misal, tersedia kursi untuk duduk, tersedia ruang untuk menselonjorkan kaki, ventilasi udara cukup baik, ibu hamil tidak bercampur dengan penumpang lain yang merokok, dan tersedia toilet ibu hamil biasanya sering buang air. Jika mungkin, carilah transportasi umum yang menyediakan tenaga medis, untuk menaggulangi kondisi darurat.
7. Utamakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat, untuk menagtisipasi sebab produksi keringat yang lebih banyak selama hamil. Jangan gunakan pakaian atau celana celana ketat.
8. Perbanyak istirahat di jalan. Menikmati pemandangan boleh saja, tapi jangan sampai membuat kelelahan. Misal, terlalu banyak terjaga, berdiri, atau berjalan-jalan. Kelelahan akan membahayakan kesehatan ibu dan janin.
9. Jangan terlalu lelah saat bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Ingatlah perjalanan Anda kembali ke rumah akan sangat membutuhkan tenaga.
10. Usai melakukan perjalanan jauh, upayakan untuk memeriksakan kembali kandungan, paling tidak 2-3 hari setelah tiba di rumah. Tenaga medis akan memberitahukan apa yang harus dilakukan ibu sekembali mudik, misalnya beristirahat atau memberikan vitamin tambahan. (Rahmi Hastari)

About these ads

10 gagasan untuk “Ibu Hamil dan Perjalanan Jauh

  1. Pak dokter, istri saya habis melakukan perjalanan jarak jauh kurang lebih 12 jam dng usia kandungan 8 bulan.
    Kok si janin tdk gerak2 ya…cuma sekali saja dok. Apa yg terjadi dok? Dan Apa yg harus kita lakukan dok?

  2. Ass dokter saya mau tanya neh…saya lagi bingung cz lebaran ini saya berencana mudik ke tempat mertua di pekan baru,saya tinggal dipalembang…tapi yang saya khawatirkan saya sekarang lagi hamil memasuki 8 bulan..pas lebaran nanti udah jalan 9 bulan..sy khawatir apakah saya masih harus mudik dengan kondisi hamil besar seperti ini…karena yang saya takutkan kata orang kalo kehamilan sudah memasuki 8 bulan lewat keadaan si janin kembali rentan…jadi saya harus giman dokter…disatu sisi saya kepengen sekali ke tempat mertua saya coz saya belum pernah ke sana disisi lain saya takut dgn kondisi kehamilan saya…tolong kasih masukan ya,,,trimakasih…

  3. dok………amankah jika saya melakukan perjalanan setiap minggu. karena saya sedang kuliah dipekanbaru. jarak pekanbaru dengan daerah saya 4 jam perjalanan darat. saya brngkat setiap hari jum at dan pulang pada hari minggu. begitu setiap minggu. usia kehamilan saya sekarang 8 minggu. bagaimana sebaiknya yang saya lakukan??

  4. Assalamu’alaikum wr.wb
    Pagi dok, usia kandungan saya 8minggu. saya dan suami berencana mudik ke kampung halaman jarak yg ditempuh skitar 5-6Jam. apakah tidak apa_apa? trimakash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s