ANEMIA: GEJALA DAN PENCEGAHANNYA


Sumber : http://youthmessengers.blog.friendster.com

Dalam kondisi normal, butir-butir darah merah mengandung hemoglobin, yaitu sel darah merah yang bertugas membawa oksigen serta nutrisi ke otak dan ke berbagai jaringan dan organ tubuh.
Saat seseorang menderita anemia, maka jumlah sel darah merah secara keseluruhan atau jumlah hemoglobin dalam darah merah berkurang. Kondisi ini berdampak pada penurunan kemampuan sel darah merah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh kurang mendapat pasokan oksigen, yang menyebabkan tubuh lemas dan cepat lelah.
Penyebab
••Penyebab utama seseorang mengalami anemia, adalah kekurangan zat besi. Kondisi ini tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan melalui beberapa tahapan. Mula-mula, simpanan zat besi dalam tubuh menurun, hingga mengurangi produksi hemoglobin dan sel darah merah secara perlahan.
••Pada anak-anak, anemia terjadi akibat infeksi cacing tambang, malaria, atau pun disentri yang menyebabkan kekurangan darah yang parah.
Selain kekurangan zat besi, masih ada 2 jenis lagi anemia yang sering terjadi pada anak-anak:
1. Aplastic anemia terjadi bila sel yang memproduksi butir darah merah (pada sumsum tulang belakang) tidak berfungsi baik. Hal ini dapat terjadi karena infeksi virus, radiasi, kemoterapi, atau sebagai dampak dari penggunaan obat tertentu.
2. Haemolytic anemia, yang terjadi ketika sel darah merah hancur secara dini, lebih cepat dari kemampuan tubuh untuk memperbaruinya. Penyebab haemolytic anemia ini bermacam-macam, bisa bawaan seperti thalasemia sickle cell anemia. Pada kasus lain, seperti misalnya reaksi atas infeksi atau obat-obatan tertentu, sel darah merah dirusak oleh antibodi tubuh.
Gejala Anemia
• Keletihan, mudah lelah bila berolahraga, sulit konsentrasi, atau mudah lupa.
• Warna kulit dan bagian putih kornea mata tampak kekuning-kuningan, dan nyeri tulang.
Pencegahan
Anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan asupan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Zat besi dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi daging (terutama daging merah) seperti sapi. Zat besi juga dapat ditemukan pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan kangkung, buncis, kacang polong, serta kacang-kacangan.
Perlu kita perhatikan bahwa zat besi yang terdapat pada daging lebih mudah diserap tubuh daripada zat besi pada sayuran atau pada makanan olahan seperti sereal yang diperkuat dengan zat besi.

36 thoughts on “ANEMIA: GEJALA DAN PENCEGAHANNYA

  1. Gjla yg ad d saya sich mdah lelah klo olhrga..
    dah tu klo mis jngkok bt ambil brg(trkdang jg wkt du2k or tdur),wlpn cm bntr,wkt brdri,lgxng oyong keq mw tumbang n kpala rxany brkunang2..

    Apa tu jg trmxuk gjala anemia y??
    Soalny ortu saya jg da blg ada kmngkinan saya kna anemia..???

  2. aduhh sama tuh dg gejala yg skrg aq alami,pusing,migrain,leher tegang n klo mata trbuka sakit bgt, tp kmrn aq ke dokter periksa n kata dia aq kena teknan darting,tdk lama stlh pemeriksaan itu ehh kambuh lg n ke dokter yg lain lg tp hasilx beda katax aq anemia,sbnrnya sih dr pemaparan diatas banyakn gejalax sama dg yg aq alami skrg,tp gmn dong dg kata dokter yg prtama katax aq darting,tp skrg ini aq lg haid??masa iya lg haid malah darting??yg bener yg mana nih

  3. wayh!!!!!!zuerRrR n3 gue bergejala penyakit anemia…gimanan n3 prend n apa sih yg hRz gu3 lAkuin,,,,,,,,,,,,banTu doA dong GU3 tAkt N3

  4. salah satu solusi alternatif paling baik untuk mengobati anemia dan penyakit berat lainnya bisa dengan mengkonsumsi propolis, zat penyembuh yang dihasilkan oleh lebah. Propolis mengobati secara holistik, mengobati sekaligus sumber masalah penyakit. info selanjutnya bisa di baca di obatpropolis.com

    semoga bermanfaat
    Rahmah

  5. npa ce anemia tu dpt menyebabkan kmatian??????
    dan knapa org yg mnderita sperti tu hrs khlangan nyawanya???????

  6. kawan ternyata sy jg mengalami anemia,kita coba berikhtiar aj mudah2_an bisa sembuh.sepenuh nya kita serahkan kembali pada pencipta kita!….

  7. ya allah , aku kena anemiaa . huft .
    alhamdulillah aku masih bisa bertahan sampai detik ini . tapi aku sudah merasa lelah , aku ingin istirahat saja . aku sudah menyerah , anemia ini qu derita sejak aku kecil ;'(
    aku tau semua pasti ada hikmahnya untukku & hidup.qu . Terimakasih ya allah :’)

  8. Dh 1minggu ne aq sering pusing n merasa melayang gt,aq cb ke dokter,ktny aq kena darah rendah,aq di beri suntikan neurobion n vitamin,ampe obatny habis,kepalaku masih ttp pusing n merasa melayang..apa penyakit anemia susah di sembuhkan y ?

  9. SAYA SERING BANGET KELELAHAN,PUSING,SERING LUPA.SETIAP SAYA MENNGUBAH POSISI TUBUH DARI JONGKOK TRUS BERDIRIATAU MO BANGUN TIDUR SAYA TAU ITU GEJALA DARAH RENDAH ,TAPI ITU BERLANGSUNNG SKITAR 2 TAHUN APA ITU GEJALA ANEMIA?

  10. blakangan sering pusing n badan hangat wlaupun dtmpat ber-ac,tangan juga berkeringat,mudah lupa,mudah capek saat olahraga,kalo abz duduk trus bdiri kdang” pandangan brubah gelap..it gjala anemia bkn?thx

  11. Saya juga sering mengalami pusing2, sebagian besar gejala anemia saya alami. Jadi saya mengikuti anjuran yaitu memakan sayuran hijau, hati, kacang2an, dan daging sapi. Tetapi saya juga punya asam urat, yg mana hrs mengurangi konsumsi sayuran hijau, jadinya memakan wortel, labu, ketimun. Terus terang anemia ini sgt mengganggu konsentrasi. Saya hobbi jogging, tetapi baru aja 1km jogging udah capek. Pdhl sblmnya lbh jauh lg. Sudah menambah vitamin penambah darah juga. Sebaiknya mengkonsumsi apa? Soalnya saya juga kuatir gemuk. Any advise dr wanita Indonesia yah.. Thank you.

  12. waaa , , ,
    Q sering pusing trus mudah banget capek pdhal Q dulu nggak kaya gitu , ,
    Q orangnya nggak mudah capek dan kuat , ,
    tapi skrg bru jalan bntar ajah langsung capek banget , ,
    bahkan naik sepeda ontel bentar ajah langsung tepar , ,
    udah gitu Q dari dulu nggak pernah normal HB nya , ,
    selalu dibawah rata2 , ,
    gimana nee , , , , ,
    takuuuttt , , , :'( T.T

Berikan Balasan

