Polifarmasi


source : http://www.sehatgroup.web.id/

Polifarmasi dikategorikan sebagai penggunaan obat yang berlebihan atau interaksi yang timbul dari konsumsi obat yang berlebihan, atau bahkan kedua hal tersebut. Polifarmasi bisa dicegah jika konsumen membekali dirinya dengan informasi yang memadai tentang obat-obatan. Berikut beberapa kiat sederhana untuk menghindari polifarmasi:

-Selalu baca label obat. Dalam label obat tersebut bisa diketahui kemungkinan terjadinya interaksi obat.
-Menebus resep obat dokter hanya dari satu apotek.
-Cari informasi tentang obat yang dikonsumsi dan apa kegunaannya.
-Buat daftar semua obat yang dikonsumsi, termasuk pil dan dosis penggunaannya, produk herbal, vitamin, pengobatan homeopatik, suplemen, dan obat bebas (OTC). Perbarui setiap kali selesai melakukan kunjungan ke dokter.
-Bawa catatan medis setiap kali berkunjung ke dokter.
-Jika anda berobat ke lebih dari satu orang dokter, pastikan masing-masing dokter mengetahui apa yang diresepkan dokter lainnya.
-Minta apoteker menjelaskan interaksi antar obat untuk mengidentifikasi reaksi yang mungkin timbul, terlebih lagi jika anda mengkonsumsi lima atau lebih jenis obat.
-Hindari produk-produk kombinasi seperti obat selesma. Minta apoteker untuk membantu anda memilih obat yang tepat untuk gejala-gejala penyakit yang anda alami, bukan untuk setiap gejala yang mungkin.
-Jangan pernah mengkonsumsi obat tanpa bertanya lebih dahulu kepada apoteker tentang efek samping obat dan interaksinya dengan obat lain.
-Kenali obat yang anda konsumsi. Pelajari obat-obat tersebut dari dokter atau apoteker, belajar menggunakan Physicians Desk Reference (buku referensi obat), tersedia di perpustakaan lokal. Buku-buku tentang peresepan obat juga banyak tersedia di toko buku. Jangan mudah percaya informasi dari internet, karena kebanyakan informasi yang tersedia secara online tidak memiliki sumber yang layak dipercaya.

Hal yang terpenting adalah menyadari bahwa kesehatan anda adalah tanggung jawab anda, maka pelajarilah segala sesuatu yang terkait dengan pengobatan yang anda jalani.

Artikel asli:

http://www.hap.org/info/formulary/polypharmacy_tips.php

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s