Menu Makan Balita


sumber : http://lovingmom.blogspot.com/

SUP IKAN TAHU SUTRA

Bahan :
1/2 lembar fillet ikan kakap/gurame/marlen/salmon
tahu sutra 2 potong
satu ujung ruas jahe – cincang
1 lembar daun salam
sedikit air jeruk nipis
1/2 siung bawang putih – cincang
1 cangkir air

Cara Membuat :
1. Cuci bersih ikan, lumuri dengan air jeruk nipis dan jahe, diamkan sesaat kira-kira 10 menit kemudian potong-potong kecil (or blender for younger babies).
2. Masak dengan 1 cangkir air dan bawang putih cincang dan daun salam, setelah matang masukkan tahu sutra yang sudah dipotong kecil, didihkan sekali lagi – angkat. Sajikan hangat.

SUP JAGUNG

Bahan:
1 bh jagung manis, serut
1 btr telur ayam kampung, kocok
150 ml kaldu
garam secukupnya (bila perlu), parutan keju secukupnya

Cara Membuat :
1. Masak kaldu sampai mendidih lalu masukkan serutan jagung manis, masak sampai matang.
2. Kemudian masukkan garam dan kocokan telur sambil diaduk sama garpu.
3. Masukkan parutan keju.

MASHED POTATOES (A)

1. Kentang (secukupnya) dikukus sampe empuk.Kupas kentang dan haluskan.
2. Haluskannya bisa pake apa aja ngga perlu alat specific. (Saya biasanya malah pake ulekan kayu yang bersih)
3. Setelah teksturnya halus tambahkan susu formula yang dilarutkan dengan air ( 1 takar), sedikit unsalted butter dan sedikit cottage cheese (kalo suka).
4. Campurkan ke dalam daging sapi cincang/ayam / ikan salmon yang udah direbus sampai empuk plus sayurannya (brokoli, wortel, kangkung dan green peas)setelah tercampur semua aduk rata dan sajikan dengan parutan keju cheddar.(Bisa juga kita saring lagi untuk mendapatkan tekstur yang lebih lembut bisa disaring lagi dengan saringan kawat atau diblender.
5. Untuk takaran, saya tidak mempunyai takaran yang pasti,pada prinsipnya saya selalu buat untuk sekali saji aja.

BISKUIT WORTEL

Bahan:
200 gr mentega
250 gr apel, haluskan
250 gr susu bubuk formula lanjutan
4 btr telur
250 gr wortel, parut
450 gr tepung terigu

Cara Membuat:
1. Kocok mentega dengan mikser hingga memutih. Tambahkan apel, telur, dan wortel. Aduk hingga rata.
2. Campurkan tepung terigu dan susu bubuk formula lanjutan, aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran tepung terigu tadi sedikit demi sedikit ke dalam kocokan mentega, aduk rata.
4. Ambil sesendok demi sesendok dan pipihkan. Tata di loyang datar yang telah dioles margarin.
5. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dulu, selama 20 menit atau hingga kuning kecokelatan.
Untuk 750 gram

Chicken Cream Soup

Bahan:
Ayam kampung cincang
Bawang Bombay – cincang halus
Susu cair
Liquid whip cream
Tepung terigu
Susis – potong kecil2
Wortel – potong kecil2, kukus
Buncis – potong kecil2, kukus
Lada, garam, pala

Cara :
Tumis bawang Bombay sampai harum.
Masukkan ayam cincang dan susis, masak sampai matang.
Masukkan terigu, aduk cepat.
Tambahkan susu cair.
Masukkan liquid whip cream, aduk rata.
Masukkan wortel & buncis kukus
Bumbui dengan lada, garam, pala.
Bisa dimakan dengan roti panggang atau dijadikan isi pastel tutup.

Macaroni Schotel

Bahan :
Macaroni – rebus sampai empuk
Telur – kocok lepas
Susu cair
Ayam kampung cincang
Bawang bombay – cincang halus
Keju lembaran – potong kecil

Cara :
Campur macaroni rebus dengan mentega, taruh di pinggan tahan panas.
Campur telor kocok dengan ayam cincang, tambahkan susu, bawang bombay cincang, lada, garam. Tuang ke macaroni, aduk rata.
Tambahkan keju. Panggang hingga matang.

Mixed Mashed potato

Bahan :
Kentang tes – cuci bersih
Wortel – kupas, potong2
Bayam – daunnya saja
Daging cincang
Mentega
Susu putih bubuk
Keju parut
Lada, garam, pala

Cara :
Rebus daging cincang, kentang, wortel dan bayam dalam satu wadah sampai empuk. Tiriskan sisa airnya.
Panas-panas beri mentega dan keju.
Aduk sambil dihaluskan dengan sendok.
Tambahkan susu bubuk, lada, garam, pala.
Sajikan.

Udang gulung

Bahan :
Udang cincang
Wortel – potong korek api
Buncis – potong 5 cm
Telur – kocok lepas, tambah air sedikit, buat dadar tipis
Bawang putih – haluskan
Lada, garam

Cara :
Campur udang cincang dengan bawang putih halus.
Bumbui lada & garam.
Oleskan adonan udang di atas telur dadar.
Beri potongan wortel & buncis.
Gulung dan ikat supaya tidak lepas.
Kukus hingga matang.
Potong-potong.
Bisa langsung dimakan atau digoreng dahulu.

Semur tahu & telur

Bahan :
Bawang merah – iris halus
Kaki ayam kampung – rebus jadi kaldu
Tahu jepang – potong bulat
Telur – rebus hingga matang, kupas, belah dua
Kecap manis
Lada, garam, pala

Cara :
Tumis bawang putih halus sampai wangi tapi jangan gosong, tambahkan kaldu, didihkan.
Bumbui kecap manis, lada, garam, pala
Masukkan potongan tahu jepang dan telur
Masak sampai matang

Tahu Kecap

Bahan
Tahu jepang – potong bulat
Bawang merah – iris halus
Bawang putih – iris halus
Kecap manis
Lada, garam

Cara :
Tumis bawang merah dan putih sampai harum
Masukkan potongan tahu jepang. Aduk jangan sampai hancur.
Tambahkan kecap manis, lada garam

FISH KATSU (IKAN GR. ALA HOKA-HOKA BENTO)

Bahan:
Ikan Kakap merah/Putih
Tepung terigu secukupnya
Susu cair secukupnya
Telur 1
Jeruk lemon
Garam
Merica
Tepung roti

Cara Membuat:
Lumuri ikan dengan perasan air jeruk lemon/nipis, garam dan merica secukupnya, diamkan 15 menit.
Kemudian lumuri ikan dgn tepung terigu secukupnya.sisihkan
Kocok telur dengan susu.
Ikan yg telah dilumuri tepung dicelupkan ke kocokan telur, kemudian gulingkan ke tepung roti.
Masukkan ke lemari es 15 menit, kemudian bisa digoreng dengan minyak panas.

Bisa dimakan dgn menggunakan mayonnaise.

UDANG GORENG MENTEGA

Bahan:
Udang 6 potong atau lebih
Bawang Putih 1 siung diiris halus
Kecap Inggris 3 sendok makan
Kecap manis (kecap bango lebih ok) 2 sdm
Minyak sayur
Air 100 ml (kira2)

Cara Membuat:
Goreng udang terlebih dahulu, sisihkan.
Kemudian tumis bawang Putih dgn sedikit minyak, masukkan kecap inggris dan kecapa manis, kemudian tambahkan air, kemudian masukkan udang, diaduk-aduk bentar,angkat.

Semur bola ati ayam

Bahan
Ayam kampung cincang
Ati ayam kampung – cincang halus
Bawang putih – haluskan
Maizena
Kecap manis
Lada, garam, pala

Cara :
Campur ayam kampung, ati ayam dan sedikit maizena.
Bumbui lada & garam.
Bentuk bola-bola dengan 2 buah sendok.
Tumis bawang putih halus sampai harum, tambahkan air.
Masukkan bola-bola ati ayam ke dalam tumisan bawang putih tersebut.
Bumbui dengan kecap manis, lada, garam, pala.
Masak sampai matang.

Nasi hainan ati ayam

Bahan :
Beras – cuci bersih
Kaki ayam kampung – rebus jadi kaldu
Ati ayam kampung – potong2, rebus bersama kaki ayam
Jahe – haluskan
Bawang putih – haluskan
Minyak wijen
Angciu
Lada, garam
Daun bawang kecil – iris halus

Cara :
Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan beras. Aduk rata. Bumbui lada, garam, minyak wijen, sedikit angciu.
Tambahkan kaldu ayam kampung.
Masak hingga kaldu habis.
Kukus hingga matang.
Taburi daun bawang sebelum disajikan

Sosis ikan

Bahan :
Fillet ikan kakap – haluskan
Wortel – kupas, buang tengahnya, potong korek api
Buncis
Santan
Bawang putih – haluskan
Lada, garam
Telur – kocok, buat dadar tipis

Cara :
Campur fillet kakap halus dengan bawang putih halus dan santan. Bumbui dengan lada & garam.
Oleskan adonan ikan pada telur dadar.
Susun wortel dan buncis di tengah telus dan gulung menjadi sosis.
Kukus hingga matang.

Nasi Daging Tumis

Bahan:
Nasi:2 sdm margarin2 siung bawang putih, cincang halus5 butir bawang merah, cincang halus1 batang daun bawang, iris halus500 g nasi putih yang pulen2 sdm kecap manis1 sdm kecap asin1 sdm saus tiram1 sdt merica bubuk
Daging Tumis:2 sdm minyak sayur2 sdm bawang Bombay cincang200 g daging sapi cincang1 sdm saus BBQ1 sdm kecap manis1/2 sdt merica bubuk1 sdt garam

Cara membuat:
Nasi: Tumis bawang putih, bawang merah dan daun bawang hingga layu.•
Tambahkan nasi dan bumbu. Aduk-aduk hingga tercmapur rata dan agak kering. Angkat. Dinginkan.•
Daging Tumis: Tumis bawang Bombay hingga layu.•
Tambahkan daging cincang dan bumbu. Aduk-aduk hingga kering. Angkat.•
Taruh nasi dalam wadah. Taburkan Daging Tumis di atasnya.•

Orak arik buncis / kubis

Bahan ;
buncis/kubis, telur ayam, bakso

Bumbu : merica, bawang putih,

Caranya :
• Buncis/kubis diiris lembut sekali.bakso diiris kasar
• Tumis semua bumbu, masukkan bakso dulu + sedikit air setelah matang baru
sayurnya .
Kalau sudang matang beri kocokan telur, aduk-aduk sampai rata.Sesudah matang
taburi
dengan bawang goreng.

BUBUR KENTANG

Bahan:
100 gr kentang, kupas potong kecil50 gr ikan kakap, potong dadu50 gr brokoli, cacah halusKaldu Ayam Sayuran:500 gr tulang ayam50 gr daun seledri1 buah wortel, potong dadu1/4 butir bawang bombai, potong daduselembar daun salam800 cc air

Cara membuat:
1. Kaldu ayam sayuran: campur semua Bahan dan rebus hingga air tinggalseparuh. Angkat dan saring.
2. Rebus kentang, ikan, dan brokoli dengan kaldu ayam hingga lunak, angkat.Masukkan dalam blender dan haluskan.
3.Tuang dalam wadah saji dan berikan selagi hangat-hangat kuku.

Untuk 2 porsi

Jeli Buah Sayuran

Bahan:
50 gr apel, kupas, potong dadu50 gr pear, kupas, potong dadu1 buah tomat merah, seduh dalam air, haluskan, saring, ambil airnya50 gr wortel, kupas, potong dadu1 buah jeruk manis, peras, ambil airnya4 sdm susu formula I, seduh dalam 500 cc air hangat3 sdt tepung jeli tawar, siap pakai

Cara membuat:
1. Campur semua Bahan kecuali jeli dan masukkan ke dalam blender. Haluskan
2. Campur dengan tepung jeli, jerang hingga mendidih. Tuang ke dalamcetakan. Dinginkan. Sajikan jeli buah sayuran saat dingin.
Untuk 4 porsi

Bubur Pisang Apel

Bahan:
100 gr kentang, kupas potong kecil50 gr ikan kakap, potong dadu50 gr brokoli, cacah halusKaldu Ayam Sayuran:500 gr tulang ayam50 gr daun seledri1 buah wortel, potong dadu1/4 butir bawang bombai, potong daduselembar daun salam800 cc air

Cara membuat:
1. Kaldu ayam sayuran: campur semua Bahan dan rebus hingga air tinggalseparuh. Angkat dan saring.
2. Rebus kentang, ikan, dan brokoli dengan kaldu ayam hingga lunak, angkat.Masukkan dalam blender dan haluskan.
3.Tuang dalam wadah saji dan berikan selagi hangat-hangat kuku.Untuk 2 porsi

TIM IKAN ISI WORTEL

Bahan:
50 gr fillet ikan kakap, haluskan50 gr wortel, parut kasar100 gr labu kuning, parut kasar100 gr kentang, parut kasar1 butir telur 25 gr keju parut50 cc kaldu sayuran (secukupnya)

Cara membuat:
1. Campur semua Bahan, kecuali keju, lalu aduk hingga rata.
2. Bagi dua dan taruh dalam mangkuk tahan panas yang telah diolesi margarin,taburi keju, dan tutup dengan kertas aluminium.
3. Taruh di wadah tahan panas yang lebih besar dan isi dengan sedikit air. Panggang di oven hingga matang.
Cacatan:Tim ini dapat juga dimasak dengan cara: taruh campuran Bahan di panci kecil,kemudian masak di atas panci yang lebih besar yang berisi air.
Untuk: 2 porsi

MUFFIN SAYURAN

Bahan:
300 gr tepung terigu100 gr gula palem40 gr wortel, parut kasar40 gr brokoli, cincang halus6 sdm susu formula 2, seduh dalam 250 cc air jeruk manis125 gr mentega, cairkan1 telur ayam, kocok lepas

Cara membuat:
1. Olesi cetakan muffin dengan margarin.
2. Campur tepung terigu, gula palem, wortel, dan brokoli. Aduk rata.
3. Tuangkan susu jeruk manis sambil terus diaduk, kemudian mentega dan telurayam, aduk hingga semua Bahan tercampur rata.
4. Tuang ke dalam cetakan muffin, panggang hingga matang.
Untuk: 6 porsi

TIM TEMPE BROKOLI

Bahan:
50 gr fillet ikan kakap, haluskan50 gr wortel, parut kasar100 gr labu kuning, parut kasar100 gr kentang, parut kasar1 butir telur 25 gr keju parut50 cc kaldu sayuran (secukupnya)

Cara membuat:
1. Campur semua Bahan, kecuali keju, lalu aduk hingga rata.
2. Bagi dua dan taruh dalam mangkuk tahan panas yang telah diolesi margarin,taburi keju, dan tutup dengan kertas aluminium.
3. Taruh di wadah tahan panas yang lebih besar dan isi dengan sedikit air.Panggang di oven hingga matang.
Cacatan:Tim ini dapat juga dimasak dengan cara: taruh campuran Bahan di panci kecil,kemudian masak di atas panci yang lebih besar yang berisi air.
Untuk: 2 porsi

About these ads

15 gagasan untuk “Menu Makan Balita

  1. Terima kasih ya resep2nya. Suka kehabisan ide nih buat anakku umur 1,5 thn. Dia lagi seneng2nya nyoba makanan baru. Seneng deh dapet resep ngolah ikan…trima kasih!! :)

  2. Terima kasih atas menu resep makanan, sangat bermanfaat bagi saya untuk memberikan pilihan makanan untuk anak2 saya

  3. wah, banyak banget resepnya saya senang, karna bisa di buat di rumah untuk si kecil yang berumur 2 tahun, makasih bayak ya

  4. alhamdulilah dapat tambahan info…coz suka bingung neh..khabisan ide kalo mo masak apalagi kl lg gak mau makan…. makasih yaaaaaaaaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s