BILA SI KECIL SERING TERBENTUR


sumber : NAKITA
Wajar, memang. Tapi, jangan anggap sepele, Bu! Soalnya, bisa berakibat fatal buat masa depan anak.
Kejedug, begitu orang Jawa menyebutnya, memang sering dialami anak-anak. Entah itu terjadi ketika mereka sedang main, lari-lari lalu saling bertabrakan, atau ketika si kecil terjatuh. Terbentur atau kejedug pada kepala bisa juga terjadi karena pukulan dan benturan. Istilah medisnya adalah trauma kepala (jika mengenai bagian kepala).
Efek samping akibat terjadinya trauma kepala, jelas Dr. Dwi P. Widodo, Sp.A(K), MMed, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, sub bagian Neurologi Anak, sering dikhawatirkan para orang tua. Tapi sebetulnya, pada kasus macam apa orang tua perlu dan boleh was-was?
GEGAR OTAK
Bila dilihat dari jenis cederanya, trauma kepala dibagi menjadi tiga golongan. Yaitu trauma kepala ringan, sedang, dan berat. “Dianggap ringan bila keadaan anak secara keseluruhan baik. Dalam arti, tidak ada luka, muntah dan kejang.”
Saat terbentur, anak memang akan menangis. “Bisa juga timbul luka atau benjolan. Tapi selama kesadarannya bagus, tidak ada tanda-tanda penyakit atau gejala syaraf, seperti matanya miring, muntah, dan kejang, maka itu dapat dianggap benturan ringan saja,” jelas Dwi.
Kendati ringan, orang tua tetap harus memantau perubahan si anak. Karena mungkin saja gejala yang dimunculkan datangnya lambat. Misalnya masa krisis baru timbul dalam waktu 24-48 jam. Contohnya pada kasus retak kepala. Mungkin pada awalnya tidak ada benjolan dan kondisi anak pun baik-baik saja. Tapi dua hari kemudian anak kejang-kejang. “Nah, itulah yang disebut efek yang lambat timbulnya. Biasanya ringan dan merupakan gangguan karena benturan atau goncangan saja serta akibat perbedaan tekanan.” Karena itu anak yang terjatuh, kendati ringan, perlu diobservasi setiap dua jam.
Sedangkan trauma kepala kategori sedang biasanya disebut gegar otak. “Gegar otak terjadi bila ada benturan disertai kehilangan atau penurunan kesadaran untuk beberapa waktu, disertai lupa mengenai kejadian tersebut,” jelas Dwi. Karena kesadarannya sempat turun, anak tak bisa menceritakan kejadian tersebut. Keadaan seperti ini timbul karena adanya gangguan fungsi sel syaraf otak, tapi tanpa disertai kerusakan sel syarafnya.
Kadang, ungkap Dwi lebih lanjut, gegar otak terjadi dengan luka terbuka dan luka tertutup. Jadi, jangan cepat mengartikan bila tidak luka maka tidak ada perdarahan di otak. Mungkin saja perdarahan yang terjadi pada gegar otak itu tidak diketahui atau tertutup. Perdarahan baru bisa dilihat melalui foto rongent atau CT Scan. Menurut Dwi, kita tak perlu cemas jika perdarahan terjadi di bawah kulit kepala. “Tapi jika perdarahan terjadi di dalam otak atau selaput otak, perlu tindakan operasi.”
Sementara itu, pada kasus trauma kepala berat, umumnya anak tidak sadar dalam waktu yang lama. “Kira-kira 5-10 menit. Kemudian ditemui ada luka atau memar, kejang-kejang, dan muntah-muntah,” ujar Dwi. Pada trauma berat, perdarahan yang terjadi bukan hanya di kulit saja, tapi sudah sampai ke dalam otak atau di tulang tengkoraknya. Dianggap berat bila kemudian muncul kejang atau bahkan kelumpuhan.
Jadi, bagaimana menentukan berat-ringannya trauma kepala? Indikatornya antara lain dari kesadarannya, ada lumpuh atau tidak, ada gangguan bola mata atau tidak, dan lain-lain. Kalau matanya miring sebelah berarti ada sesuatu di kepalanya. “Yang dicurigai adalah terjadinya perdarahan, sebab di dalam otak terdapat serabut syaraf mata. Kelainan pada mata bisa terjadi karena tekanan dari darah dan bukan kerusakan dari syaraf matanya. Bila perdarahannya dihilangkan maka bisa diperbaiki atau normal.”
PERUBAHAN TINGKAH LAKU
Bila yang terjadi trauma ringan, mungkin tidak akan terjadi gangguan pada kecerdasan maupun sistem sarafnya. Misalnya, anak tak mengalami gangguan saat belajar, tingkah lakunya normal saja, dan seterusnya. Adakalanya muncul gangguan sesaat, namun setelah itu pulih kembali.
Yang jelas, setelah mengalami trauma, akan timbul sindrom pasca trauma. Bentuk yang paling sering muncul adalah keluhan sakit kepala, dalam waktu 1-2 minggu. “Biasanya berulang dan menghilang dengan sendirinya.” Selain itu, ada juga gangguan tingkah laku seperti anak jadi agresif, maunya tidur saja, gangguan memori, dan sebagainya. Semua ini merupakan komplikasi.
Pada kasus gegar otak ringan pun, prognosisnya bisa bagus. Sedangkan gegar otak berat, yang patut diwaspadai adalah terjadinya perdarahan atau terdapat tulang kepala yang patah. Misalnya saja, bagian dari tulang yang patah itu menusuk otak. Perdarahan dapat terjadi di selaput otak atau di dalam otak. Operasi biasanya menjadi satu pilihan dan bergantung pada seberapa berat kerusakan otak.
Gejala sisa dari trauma sedang dan berat biasanya berupa gangguan perkembangan, seperti motorik kasar (duduk, berdiri, berjalan), motorik halus (pegang benda kecil-kecil), perkembangan kecerdasan, bicara dan bahasa, perkembangan sosial dan emosi. “Derajat gangguan perkembangan ditentukan oleh sejauh mana dan di bagian mana kerusakan terjadi,” jelas Dwi.
Perlu pula diketahui salah satu komplikasi trauma kepala cenderung menimbulkan komplikasi epilepsi/ayan. Umumnya komplikasi itu timbul bila benturan terjadi di daerah temporal atau samping dekat telinga.
RETAK ATAU PATAH
Perlu diketahui, pada bagian kepala belakang terdapat daerah otak kecil untuk keseimbangan, daerah mata dan daerah yang disebut batang otak. Semua daerah ini mempunyai fungsi-fungsi vital. Ada fungsi pernafasan, fungsi kesadaran, dan fungsi jantung atau kardiovaskuler. Jadi, jelaslah benturan itu bisa menimbulkan akibat banyak hal, tergantung pada bagian sisi mana benturan terjadi.
Biasanya yang paling ditakutkan bila terjadi fraktur (retak atau patah) tulang tengkorak di daerah belakang kepala. Soalnya, seperti kata Dwi, bagian dari tulang yang patah itu bisa melukai susunan syaraf pusat. Jika hal ini terjadi dan termasuk kategori berat, maka biasanya timbul perdarahan dari hidung atau keluar cairan dari telinga.
Bila hal itu terjadi, terutama jika timbul fraktur di daerah leher atau kepala, korban harus segera dilarikan ke rumah sakit agar mendapat penanganan khusus. “Orang tua dalam hal ini juga tak bisa berbuat banyak, kok. Seandainya dilakukan tindakan sendiri, malah bisa memperberat keadaan korban,” kata Dwi.
Sedangkan pada bayi atau anak kecil, yang kerap dijumpai adalah fraktur diastatik. “Di bagian kepala bayi terdapat ubun-ubun besar, ubun-ubun kecil, dan bagian depan. Nah, di antara ubun-ubun tersebut dengan otak terdapat tulang-tulang. Pemisah antar tulang tengkorak (sutura) itu masih terbuka.”
Pada saat bayi, pembatas tersebut belum menyatu dan bisa terpisah. “Nah, bila tulang mudanya ini terkena benturan, bisa lepas atau bergeser. Kalau ini terjadi, tidak perlu tindakan apa-apa. Lebih baik didiamkan saja, karena nanti akan menyatu lagi mengingat anak masih dalam perkembangan. Biasanya ubun-ubun besar menutup paling telat umur 18-24 bulan.”
Tapi, apa pun yang terjadi, yang paling bijaksana adalah membawa si kecil ke dokter agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Sebelum terlambat, Bu, Pak!

About these ads

41 thoughts on “BILA SI KECIL SERING TERBENTUR

  1. Saya mau tanya,
    Kalo pernah terjadi benturan yang bisa dikategorikan trauma sedang akibat kecelakaan, terus ketika setahun kemudian si penderita baru mengalami traumatik seperti badan panas dan tiba-tiba terasa dingin, sakit kepala yang hebat, itu nantinya akan berkelanjutan atau hanya sekali itu saja?

    Terus gimana cara buat ngatasin trauma seperti itu..??

    Mohon bantuannya..

    Thanks Before

  2. salam,
    saya mau konsultasi dok, anak saya sering terjatuh dan kepala bagian belakang terbentur dan menangis sebentar setelah terjatuh, tetapi setelah saya amati tidak ada luka. saya khawatir sekali dok setelah kejadian tersebut nanti akan menggangu pertumbuhannya. Apa saran dokter? dan terima kasih.

  3. Salam dok,

    Anak saya, Andrew (16 bln) juga sering terjatuh dan terbentur kepalanya baik bagian depan maupun belakang. Biasanya dia menangis sebentar dan muncul benjol. Setelah saya olesi zambuk biasanya besoknya benjolnya hilang.

    Masalahnya hari ini waktu sedang makan dia lari dan kemudian terpeleset di lantai dan kepala belakangnya terbentur keras. Dia menangis lumayan lama lalu muntah beberapa kali. Saya tidak yakin apakah muntahnya disebabkan benturan di kepalanya atau karena tersedak. Selanjutnya saya beri minum air gula dan tak lama kemudian dia tenang kembali dan bermain seperti biasa. Menurut dokter apakah ada kemungkinan dia mengalami gegar otak? Mohon sarannya…

    terima kasih dan hormat saya,

    Yulie

  4. Anak saya umur 15 bulan, sering terjatuh dan terbentur kepalanya, tapi tidak sampai mengalami pendarahan ataupun muntah2. Sampai sekarang belum bisa bicara (bicara masih pakai bahasa bayi), Apakah ada pengaruhnya sering terbentur kepala dengan perkembangan kecerdasan dan bicaranya?
    terimakasih.

  5. permasalahan sy sama dg ibu2 di atas, tolong jawab dok agar kami tahu apa yg harus kami perbuat selanjutnya, trimakasih

  6. Anak saya berumur 19bln, dia seringkali terbentur pada kepala bagian belakang,mungkin sebanyak 7kali, akibat terpeleset,awalnya hanya menangis,sempat muntah sekali,waktu umur 5bulan juga pernah jatuh dari atas tempat tidur,tapi untuk saat ini memang tidak ada gejala kerusakan otak,tapi saya belum pernah memeriksakannya ke dokter,meskipun begitu saya tetap khawatir dengan keadaannya,khususnya ditahun mendatang, karena ada anak teman saya berusia 8 tahun meninggal dunia,karena terdapat cairan di otak akibat sering terbentur pada saat usianya dibawah 3tahun,menurut dokter apa saya harus memeriksakan anak saya,atau mungkin ada solusi lain?terimakasih

  7. Anak saya laki-laki usianya 15 bulan dan aktif bgt. Sejak 2 bulan lalu sudah bisa berjalan. Saya senang bgt lihat dia sudah bisa jalan sendiri. Tapi yang jadi masalah, dia sering jatuh dan kepala bagian belakang terbentur. Setelah jatuh, dia nangis sebentar. Saya amati tidak ada luka atau benjolan, muntah dan kejang pun syukurlah tidak. Tapi sampai saat ini, saya belum periksakan ke dokter. Apakah ini akan ada pengaruhnya terhadap perkembangan kecerdasan dan mental anak saya ke depannya??? Mohon informasinya. Terimakasih.

  8. anak saya dulu sering kali jatuh terbentur ketika umur 8-1,5 tahun.menjelang umur 2 tahun sudah bisa berjalan sering juga jatuh terbentur karna terpeleset.kalo bahasa jawanya”nggledhak”sampai saat ini blm pernah saya konsultasikan ke dokter.karna menurt saya dia tidak kenapa2.tapi akhir2 ini saya sering kepikiran bagaimana ya efek masa depanya besok,apa yg sebaiknya saya lakukun ya?

  9. anak saya dulu sering kali jatuh terbentur ketika umur 8-1,5 tahun.menjelang umur 2 tahun sudah bisa berjalan sering juga jatuh terbentur karna terpeleset.kalo bahasa jawanya”nggledhak”sampai saat ini blm pernah saya konsultasikan ke dokter.karna menurt saya dia tidak kenapa2.tapi akhir2 ini saya sering kepikiran bagaimana ya efek masa depanya besok,apa yg sebaiknya saya lakukun ya?tolong ya dokter bantu kami

  10. assalamualaikum
    dok anak saya berusia 17th tapi belakangan ini ia sering terjatuh dan kepalanya terbentur bend berat ia nangis tapi cuma sebentar dan setelah beberapa menit saya lihat kepalanya benjol. apa yang harus saya lakukan dok??? tolong di jawab dok
    terima kasih

  11. anak saya dulu sering kali jatuh terbentur ketika umur 8-1,5 tahun.menjelang umur 2 tahun sudah bisa berjalan sering juga jatuh terbentur karna terpeleset.tebenturnya kadang kepala bagian depan di jidat, kadang sampai benjolannya besar, akhir-akhir ini sering kepala bagian belakang yang jena, memang sampai muncul benjolan, atau memar, penanganannya kami beri beras kencur yang dicampur dengan minyak kayu putih, memang beberapa jam kemudian benjolannya hilang, anak masih dalam keadaan baik, ceria. tapi tetap kami khawatir, sampai saat ini blm pernah saya konsultasikan ke dokter.karna menurt saya dia tidak kenapa2.tapi akhir2 ini saya sering kepikiran bagaimana ya efek masa depanya besok,apa yg sebaiknya saya lakukun ya?tolong ya dokter bantu kami

  12. anak saya berumur 16 bulan dok,dia aktif sekali jadi sering jatuh,kadang-kadang jatuh kedepan dan kebelakang.saya sering takut karna habis jatuh anak saya nangisnya keras,tapi ga lama,setelah itu aktif lagi.apakah sering jatuh berpengaruh dengan kecerdasan otaknya nanti dikemudian hari dok?

  13. Anak saya dengan tdk sengaja mengakibatkan temannya (Mutiara) terbentur pelipisnya dengan teman lain (Benjol/memar). Ortunya menuntut saya membayar biaya pengobatan sbb:
    1. 2 lembar kwitansi dari klinik mata,RS.PERSAHABATAN 112Rb. tertanggal 18/03/11.
    2. 1 Lembar kwitansi dari Unit RADIODIAGHNOSTIK, RS yg sama 139Rb.
    Untuk pelayanan Schedell AP/Lat. Tertanggal 28/03/11

    Pertanyaan saya, Apakah memang perlu pemeriksaan seperti itu, padahal pd hari kejadian, sudah diperiksa di Puskesmas dan membeli obat di Apotik Guardian. Dan keadaan mutiara, tetap bisa mengikuti kegiatan sekolah seperti biasa.

    Saya hanya merasa Di peras oleh Orang tua mutiara.. Terima kasih…

  14. Siang Dok, beberapa hari lalu keponakan saya yang berumur 13 bulan terjatuh dari tempat tidurnya dan terbentur kepalanya. Saya tidak tahu apa kepala belakang atau depan yang terbentur, tapi saya mendengar benturan waktu dia saya tinggalkan untuk ke toilet. Saya langsung keluar dan menemukan dia sudah tergeletak dan seperti terkejut dan menangis. Menurut dokter apa yang harus dilakukan untuk mengecek kepalanya selain dengan CT Scan? Terima kasih

  15. siang dok, anak saya usia 9 bln td pagi ketika saya posisikan duduk ternyata dia membanting kepalanya kebelakang sehingga kepala bag. belakangx terbentur lantai, lantainya sih kayu. saat jatuh dia seperti terkejut n diam sejenak tp tdk menangis. semenjak dia aktif dia sering berguling2 di lantai n kepala bAG. belakangnya sering terbentur. yang ingin saya tanyakan sejauh mana qta mengetahui berbahaya ato tdknya akibat benturan tadi n tidakan apa yg hrs saya lakukan? apakah perlu saya bw kedokter?

  16. anak saya umur 13 bulan, lagi aktif2nya belajar jalan alias rambatan trus sering jatuh terbantur kepalanya klo dia mengantuk or gledak istilah jawanya. Trus nagis bentar. Alhamdulillah dia tidak mutah, aapakah perlu di rongsen dok? Apakah umur 13 bulan masih belum bisa menjaga keseimbangan tubuh dok?

  17. Assalamualaikum dok,
    saya, ibu dari satu putri berusia 15 bulan. anak saya cukup sering terjatuh dan mengalami benturan di bagian kepalanya, baik bag depan maupun bag belakang, karena sangat aktifnya maka di rumah saya sengaja membentang ambal/karpet tebal untuk menghindari benturan langsung ke lantai. Tapi setiap kali anak saya jatuh, terdengar suara benturan yg cukup keras. Biasanya benturan itu meninggalkan bekas spt benjolan warna biru, dan saya obati dgn mengunyah biji pala dan mengoleskannya di bag yg terbentur Setelah terbentur, anak saya menangis sebentar dan setelah itu lanjut bermain lagi. Apakah akan ada efek dok, nantinya ketika anak saya besar dengan seringnya dia terjatuh di usia skrg ini? Mohon penjelasannya dok. Terimakasih.

  18. assalamualaikkum
    dokter anak teman saya umurnya 2 bln kemarin terjatuh dari kursi tingginya kurang lebih 30cm pd malam harinya dia tidak rewel dan kesok harinya bagian kepalanya ada yang benjol tepatnya diatas jidat sebelah kiri terus pada sorenya agak kempis dan masih seperti biasanya ga nunjukin rasa sakit dan g rewel yang mau saya tanyakan apa efek dari jatuhnya itu berbahayakah dok.terima kasih

  19. Siang dok….
    Anak saya (umur 10 thn) jatuh dari pohon kira2 tinggi 2,5 M, kepalanya terbentur ke akar pohon tersebut dan pingsan dan setiba di RS dia muntah darah, 6 hari di ICU, 14 hari di rawat inap dan sekarang dirawat di rumah saja. Dari hasil CT-scan (telah dilakukan 3 kali) dokter menyatakan ada pendarahan di otak dlm skala kecil dan tdk perlu dioperasi. Skrg kondisinya gelisah, terasa sakit dikepala, duduk dan berdiri tdk bisa, ttp ada beberapa kemajuan kesehatannya seperti sdh bs makan, menirukan kata-kata. Yang ingin saya tanyakan apakah anak saya tersebut bisa disembuhkan seperti sedia kala, apa gejala yang akan dirasakan anak saya di kemudian hari ???
    .Usaha apa yang harus kami lakukan……???
    Terimakasih bila dokter sudi menjawab….

  20. Selamat siang..
    Anak saya sekarang berumur 2 tahun 3 bulan. sewaktu kecil dia sering terjatuh dan kepala bagian belakang membentur keramik. Perkembangannya sampai sekarang dia belum bisa bicara beberapa kata. Anak saya bisa mengucap papa, mama dengan jelas. tapi yang laen belum dok..
    sewaktu terjatuh anak saya menangis sebentar, setelah di gendong diam dok,,
    Mohon sarannya dokter…
    terima kasih….

  21. saya ibu dari putri berusia 3,8 th…apa benar dokter klo anak yg sering terbentur kepalanya berpengaruh terhadap emosi n psikologis anak tsb,saya prnh dpt informasi bahwa anak yg sering terbentur kepalanya jd sering emosi,klo marah2 dia cenderung suka pukul2 orang,klo kesel suka bentur2in kepalanya,apa bnr begitu,dok…

  22. sayah seorang ayah yg selalu sibuk bekerja setiap hari nya dan sayah tidak bisa mengontrol kegiatan anak sayah setiap hari, tetapi ibu nya pernah bilang ke sayah kalau anak sayah sering terbentur kepalanya dan sayah mulai mencemaskan hal ini
    anak sayah sekarang usiah 12 bulan, yang ingin sayah tanyakan adala apakah benturan yg sering terjadi padah anak sayah bisah menggaguh kecerdasan nya dan polah gerak padah organ tubuh nya.? bilah benar obat apakah yg harus sayah berikan kepada anak sayah..? trimakasi.

  23. anak saya sering jatuh dari tempat tidur, setelah umur 1th dia terbentur dan jatuh kurang tau pastinya tak lama kemudian dari mulut dan hidung keluar darah. Apakah berdampak gegar otak pada anak saya?stlh kejadian itu anak saya sering muntah sampai sekarang. Apa yang harus saya lakukan dokter?sedang anak saya pernah dibawa ke dokter katanya ga apa-apa cuma dikasih obat muntah aja tapi sampai saat ini kami sebagai ortunya masih kuatir.

  24. selamat siang dok,..

    dok saya mau konsultasi, anak saya sering jatuh kepleset dan seringnya kena kepala, dan baru tadi pagi anak saya jatuh dikamar mandi apakah itu akan mengganggu syaraf otaknya atau gangguan yang lainnya.

    terima kasih atas balasannnya dok…..

  25. Slamat siang dok,sya mau tanya. Anak saya laki2 umur 16 thn dan aktif skali,dy sdh bs jalan. Dy lmyan sering trjatuh dan kpala bagian blakang sering trbentur tp tdk ada gejala muntah dan kpalanya jg tdk ada bkas luka ataupun bnjolan,.dlu wktu umur 8bln prnh jth dr t4 tdur 2x dan yg trakhir trbentur tembok. Apakah prlu untuk dilakukan pemeriksaan ct.scan? Terima kasih

  26. anak saya usianya 14 bulan,terbentur kepala bagian atas agak kebelakang,terjadi pendarahan luar sehingga perlu dijahit sampai 5 jahitan.apakah berbahaya.. perlu CT SCAN gak…saya takut kalau dibelakang hari kenapa2…

  27. siang dok, td malam ketika sedang lari anak saya terpleset lantai basah, jatuh dan kepala bagian belakang terbentur lantai. anak saya sih langsung nangis kejer. tidak ada reaksi muntah, dsb. tp sy masih khawatir sampai skr. karena suara benturannya keras sekali. takut terjadi apa-apa. perlukah saya ke dokter dan melakukan ct scan? trima kasih

  28. saya mau tanya dok adik saya baru saya jatuh terus setelah jatuh dia muntah2 tapi ga sampai pisang sih dok,tingkah nya juga masih aktif.apa itu juga bisa di katakan dia kena gegar otak ya dok?

  29. Dok,anak saya 10 bln,tadi mlm dia jatuh dari tempat tidur dg posisi terlentang kepala bagian belakang terbentur kelantai semen,2 jam setelah jatuh dia muntah 1x dan badannya agak hangat,saat saya menyusui mulutnya terasa hangat. Tp saya tdk yakin apakah muntahnya diakibatkan benturan tsb,mgkn masuk angin,tidak ªϑa̲̅ luka atau benjolan dibagian belakang kepala yg terbentur. Saya khawatir dok,apa yg harus saya lakukan.

  30. saya mau tanya..kemarin anak jatuh trus keningnya kena pingiran meja.sempet bingung banget karna anak saya nangis sampai mulutnya biru dan ada benjolan biru.saya takut dia pingsan karna lagi nangis langsung diem trus tidur.pas saya goyang2in langsung nangis lagi.dan benjolannya saya kompres dengan es batu.sekarang sdh mendingan..kira2 ada efek sampingnya gak besok2? saya takut kalau ada apa2 besok2..mohon sarannya segera y…terima kasih

  31. anak saya berumur 2thn sudah bisa berjalan dgn lncr tetapi kr nih anak terlalu aktif kepalanya sering kebentur baik depan mau maupun belakang, tp alhmdlh setiap jth tfk ada terjadi sesuatu yg mengkhawatirkan hanya saja saya sebagai ibu menghawatirkan kecerdasannya nanti, apakah sering kebentur sejak kecil mempengaruhi kecerdasan anak saya dok, mohon jawaban nya. terimakasih.

  32. saya ingin tanya, Anak saya sempat jatuh kir2 4 kali kena kepala bagian belakang. dan saya sering mendengar dari orang2 sekitar katanya kalau kena kepala bagian belakang bisa berbahaya, bisa kejang atau bahkan cacat, karna tidak langsung, bisa juga dalam jangka waktu panjang. saya merasa takut sekali mendengarnya lalu apa yang harus saya lakukan? dan apakah benar ya hal itu bisa terjadi walaupun dalam jangka waktu yg lama?

  33. mana jawabannya ya????? soalnya anak saya juga baru saja mengalami terjatuh dan mengenai kepala bagian belakangnya. beberapa lama kemudian dia muntah dan mengeluh klo kepalanya sakit. kira2 bahaya gak ya?

  34. Anak sya prnah jatuh kepeleset dan kna kpala blakang. Nangisnya keras beda dr biasanya. Truz dia muntah 1x. Saya bingung apa muntahnya karna nangis atw cedera otak. Stelah aq gendong smbil elus2 rambutnya,dia bobox. Sya takut apa anak sya gegarotak? Ciciri bayi gegarotak apa j? Dampaknya stelah dewasa apa? Trimakash.

  35. Mlm dok, sy khwtir skali ank sy tgl 22 nov 2013 jatuh dan kpala bgian belakangnya benjol. Trnyt 4 hr kmudian ank sy mngalami kejang. Sy lngsung melarikannya k UGD rmh skit. Tp sy lupa blg k dkterny klo ank sy dkepalany ad benjolan.

    Prtanyaan sy,apa harus ank sy di ct-scan ?? karena Ank sy smpai saat ini dkpalany msh ada sdikit benjolan.
    Terima ksih sblmnya dok !
    Mohon dijawab

  36. siang dokter,anak sy 9bln sering bgt kebentur lantai,,nh yg trkhir kena kepala kanan kulit kepalany smp merah,,alhmdlh tdk muntah,,bgmana pertolongan pertama ktka kpala kebentur dok,,dan ap tanda2 bahaya jk kepala anak terbentur,mohon balasanny

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s