Warna pipis bayi


sumber : sehatgroup.web.id

18/02/2005
Q : Selamat pagi Ibu Purnamawati yth,Saya ingin menanyakan warna pipis bayi saya (4bl) belakangan kok warnanya ke-orange2-an ya bu? apakah ini normal? saya kuatir jika ada yang sakit dibagian dalam perutnya.
Terimakasih
Ulin
A : Dear UlinThanks ya atas emailnya.Bayimu minum ASI atau formula? Bayimu minum vitamin atau obat tertentu?Kadang formula yg disuplemen dengan vitamin memang bisa megubah warna urin, demikian juga sediaan vitamin. Saran saya, coba kamu periksa urin rutinnya dan lihat ada kelainan tidak?
Kedua… seandainya bayimu makan vitamin, gak usah aja deh, kan sudah dicukupi dari ASI, formula dan tabungan saat ia masih dalam kandunganOk kabari lagi ya.
wati

20 thoughts on “Warna pipis bayi

  1. Aslm,ibu purna slmt mlm,bu sy mau tanya tentang pipis bayi sy yg warnanya orange spt prtnyaan yg disampaikan ibu ulin,tetapi selain orange ada spt serbuk2 putihnya,sy takut dg kshtn putra sy bu,bayi sy umurnya 7bln&udah2 hr ini ia sulit BAB apakah ada hubunganya dg pipisnya bu,oia,putra sy mnm asi,tp krn kmrn sy puasa jadi sy sambung dg s.formula.ibu mohon bantuanya.trimaksih sbelumnya.wslm.

  2. Ass.bu purna.. Sama dng ibu dian anak saya laki2 umur 7 bulan pipisnya terkadang warna oranye dan berserbuk seperti kristal! Apakah itu berbahaya bu pur?

  3. bayi saya 3 bulan juga mengalami pipis berwarna oranye.hal ini awalnya karena dia kena pilek dan jarang mau minum,akhirnya pipisnya jadi sedikit trus warnanya seperti sari wortel.apa ini karena kurang minum bu?terimakasih,ditunggu jawabannya

  4. ss.bu purna.. Sama dng ibu dian anak saya laki2 umur 4 bulan pipisnya terkadang warna oranye dan berserbuk seperti kristal! Apakah itu berbahaya bu pur?

  5. aslmkm Bu. bayi saya 3 bulan terkadang air kencingnya ada noda merah yang menempel di pampersnya. padahal kalau kencing biasa aja, ga nangis. tetapi itu jarang. bayi saya hanya minum asi dan formula. tidak minum vit apapun.

  6. Ass.Bu..anak saya,5bln juga mengalami hal sama.sering terlihat ada noda orange/merah pd pemepersnya,dan kdg2 terlihat seperti ada lendir campur sama urine..saya jg tdk sdg meminum obat/vitamin apapun.sdh tes urin,gak ada mslh pd urinenya.knp ya bu?mksh

  7. anaku fathir jg gitu,,di pampernya kadang ada noda darah..tp ga sering bu..anaku kenapa ya..kata dsa nya kudu test urine..tp sampe skrg dapetin sampel urinnya susah bgt bu…

  8. anakku juga seperti itu, kalau pake pampers ada warna orange dipampersnya dan pada saat melihat itu aku coba buka kepala burungnya dan ada serbuk kristal..itu kenapa ya..saya blum coba konsultasi atau cek urine dgn dsa..oiya bayi saya berumur 4.5bulan.mohon informasinya donk itu kenapa ya?
    Anak saya minum ASI dan sufor, saya pun kadang2 mengkonsumsi vitamin CDR (maaf meneybut merk).
    Terima kasih atas jawabannya sebelumnya

  9. Bu anak ku jg sama kl kencing di pampers nya brwarna merah tadi sy baru ke klinik,ga dikash obat hnya di suruh ronsen aku jd kawatir kalau2 anak sy terkena pnykit yg berat. Bu,mohon pnjelasannya trima kasih.

  10. bu… anak saya juga mengalami hal yang sama..sudah hampir tiga minggu ini kadang pipisnya ada bercak orange yang berserat, tapi tidak setiap pipis keluar warna ini. anak saya saat ini hampir 7 bulan. sudah di sunat dan sudah 2 kali ter urine lengkap dan urine kulture…. katanya jumlah bakteri kurang dari 100.000 koloni, sehinga kata dokter dianggap tidak berbahaya.. namun sampai saat ini pipisnya masih berwarna orange…. mohon informasinya… sebenarnya ada apa dengann anak saya… karena saya khawatir tentang kesehatan danperkembangan anak saya.. makasih

  11. saya ingin menanyakan warna pipis bayi saya (4bl) belakangan kok warnanya ke-orange2-an ya bu? apakah ini normal? saya kuatir jika ada yang sakit dibagian dalam perutnya.
    Terimakasih

  12. @all yang tanya, maaf secara saya bukan dokter yang berkompeten untuk menjawab. jadi saya hanya share artikel ini. sekali lagi maaf ya…

  13. sama bu anak ku FAhrein juga kadang warnanya orange kadang kaya ad darah aku suka kaget itu kenapa ya,plsss share

  14. Asskum,
    bayi sya umur 5bulan, kencingnya berwarna kuning tpi saya heran kadang kalo pipis di pampers ada bercak wrna oranye dn ada serbuknya tpi sedikit. mulai tadi malam jarang minum susu formula nutrilon soya, tdi malam jm 11malam-3malam 1x minum sufor, dn pipisnya dari jm 10malam-3subuh hanya 1x, jadi sehari kencingnya 4-6x. normalkah anak sya?dn ada kelainan apa tidak?
    lubang saluraan kencingnya juga besar., sekrang berat badan bayi sya 7kg. dan bayi saya aktif tidak ada tanda2 lemas/tdk ada tanda2 kekurangan cairan.

  15. Anak sy jg ada masalah spt anak ibu Dee dee kadang ada serbuk/kristal warna orange..tolong informasinya.terimakasih..

  16. Dear ibu Purnamawati & ibu2 sekalian,
    Sy bkn tenaga medis, jd sharing berikut hanyalah dr pengalaman pribadi & keterangan DSA kami. Berdasarkan yg telah dialami oleh 2 anak sy, ada bbrp mcm endapan pd pipis bayi yg biasanya berupa serbuk/ kristal. Pd bayi yg full ASI, jk wrna endapannya oren/ pink disertai wrna urin yg pekat cb diperhatikan pola mkn & minum busui, & pola minum si bayi. Apakah cukup/ minimal sesuai standar kecukupan cairan? Jk disertai gejala2 dehidrasi misalnya bibir bayi kering, dsb., langkah pertama yg bs dilakukan adalah menambah konsumsi cairan busui dan meningkatkan asupan ASI pd bayi. Jika mmg krn dehidrasi, mk stlh 2-3hr asupan ASI ditambah, mk endapan scr bertahap akan berkurang & hilang
    Endapan pd urin selain sbg pertanda dehidrasi bayi, bisa jg sbg pertanda kandungan kalsium yg dikonsumsi busui trllu banyak. Disamping itu ibu2 sekalian jgn ragu utk menyimpan diapers bekas bayi utk ditunjukkan pd DSA demi memperoleh informasi yg lebih akurat. Kemungkinan lain dari adanya endapan pada pipis bayi adalah adanya phimosis. Silahkan hubungi DSA masing-masing utk mendapatkan informasi yg lbh lgkp.

  17. Dear ibu Purnamawati & ibu2 sekalian,
    Sy bkn tenaga medis, jd sharing berikut hanyalah dr pengalaman pribadi & keterangan DSA kami. Berdasarkan yg telah dialami oleh 2 anak sy, ada bbrp mcm endapan pd pipis bayi yg biasanya berupa serbuk/ kristal. Pd bayi yg full ASI, jk wrna endapannya oren/ pink disertai wrna urin yg pekat cb diperhatikan pola mkn & minum busui, & pola minum si bayi. Apakah cukup/ minimal sesuai standar kecukupan cairan? Jk disertai gejala2 dehidrasi misalnya bibir bayi kering, dsb., langkah pertama yg bs dilakukan adalah menambah konsumsi cairan busui dan meningkatkan asupan ASI pd bayi. Jika mmg krn dehidrasi, mk stlh 2-3hr asupan ASI ditambah, mk endapan scr bertahap akan berkurang & hilang
    Endapan pd urin selain sbg pertanda dehidrasi bayi, bisa jg sbg pertanda kandungan kalsium yg dikonsumsi busui trllu banyak. Disamping itu ibu2 sekalian jgn ragu utk menyimpan diapers bekas bayi utk ditunjukkan pd DSA demi memperoleh informasi yg lebih akurat. Kemungkinan lain dari adanya endapan pada pipis bayi adalah adanya phimosis. Silahkan hubungi DSA masing-masing utk mendapatkan informasi yg lbh lgkp.
    Best Regards,

  18. buibuuuu…yang punya pengalaman dengan anak yang pipisnya ada seperti serbuk orange, itu penyebabnya kenapa yaaa… ? dan penanganannya bagaimana? mohon bantuan buibuu sekalian yaaaaa… thanks

Tinggalkan Balasan

