Hernia pada anak perempuan


Hernia pada anak perempuan

sumber : milist sehat (sehatgroup.web.id)
03/12/2004
Q : Dokter Purnamawati,Anak saya perempuan usia 19bln menderita hernia sejak usia 3bln, tapi menurut DSAnya masih belum perlu dioperasi karena masih bisa normal kembali.
Akan tetapi sampai sekarang tidak ada perubahan sama sekali (benjolan dibibir vagina ), BABnya juga masih keras, 3 sampai 4 hari sekali, kadang karena kasihan, saya kasih microlax. Oleh DSAnya kami diberi obat pencernaan, tapi dari second opinion DSA yg lain, obat pencernaan bila diberikan terus menerus itu kurang baik.Mohon saran dari Bu dokter, Terimakasih,Stephanie

A : Dear StephanieThanks buat emailnya, maaf saya baru bisa menaggapi sekarang karena komputer saya rusak dan saya sendiri sakit – flu berat dan tewashehehe Saya pikir, sebaiknya kamu konsultasi ke ahli bedah anak misnya Dr Sastiono di hermina, atau Dr Darmawan di Setia Mitra atau di RSPI, maaf ya menyebut nama. Menurut saya… sebaiknya dioperasi dan operasinya operasi kecil kok hanya menyayat kulit dan menjahit lubang herniamya/ditutup lubangnya sehingga si usus tidak bisa keluar masukKalau operasi ditunggu sampai hernianya tidak bisa masuk lagi nah operasinya bisa jadi operasi besar karena usus yg terjepit di lubang hernia tsb mungkin membusuk dan harus dipotong. Saya setuju DSA kedua, sama sekali tdk ada gunanya memberikan ensim pencernaan. Ahhh stop aja ya
wati

23 gagasan untuk “Hernia pada anak perempuan

  1. Anak saya dulu jg hernia pada usia 1bln.Memang sejak usia 5hari mertua saya memanggil dukun bayi buat mijit anak saya kalo orang jawa bilang didadah. Katanya bayi ga dipijat tu ga umum. Saya sih ga setuju dgn pendapat itu. Setelah diperiksa di dokter bedah anak, ternyata anak saya ga boleh dipijat lg. Perut bayi masih lemah,kmgknan pijat jadi salah satu penyebab hernia. Untung anak saya ususnya belum terjepit,dgn pengobatan selama dua minggu hernianya sdh smbh.Skrng ank perempuan saya berumur 8bln.

  2. Anak saya perempuan usia 4,5 th sekitar sebulan yang lalu di bibir kemaluan terdapat benjolan. tapi anehnya benjolan itu kadang kadang ilang kadang muncul lagi, trus aku perhatikan aktivitasnya kalau dia banyak aktivitas maka benjolan itu muncul tp sebaliknya klo dia ga begitu aktif benjolan itu ilang kaya nga ada papa-apanya. Apa itu bener hernia? apa penyebab hernia pada balita perempuan, apa bisa sembuh dengan sendirinya, klo ngga apa obatnya atau harus operasi? Terima kasih. Mugi Rahayu.

  3. anak saya perempuan umur 4.5 thn.dibagian atas sbelah kanan memeknya ada benjolan tp kadang timbul dan kadang gk ada…kata dokter itu hernia.pertanyaan saya; apakah hernia itu bisa membahayakan bagi anak saya…? tolong dijawab secepatnya.trims…

  4. sama pak, anak saya juga hernia, usianya sekarang 5 tahun, memang sih menurut dokter katanya harus dioperasi, masalahnya dia itu gak apa-apa, berat badannya malah semakin bertambah kalo dia lagi doyan makan, tapi kalo lagi kumat flu dan batuknya, keliatan banget tuh benjolan di pangkal pahanya. saya jadi kasihan….anak cewekku terkena hernia. kan biasanya yang sering terkena penyakit hernia itu kan cowok.

  5. putri saya sekarang berumur 2 1/2 thn. pada umur 2 bln dia terkena hernia. tapi saat ini saya lihat benjolan disebelah kiri di kelaminnya sdh tdk ada lagi. apakah itu berarti penyakit hernianya sudah sembuh atau harus dioperasi ? apakah tidak ada dampaknya terhadap reproduksinya kelak? bagaimana cara saya berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakitnya dan usia berapakah dia bisa dioperasi? tolong bantu saya ya karena saya takut dampaknya akan terasa sampai dia dewasa kelak. terima kasih

  6. @bu mugi
    Iya bu, kejadian yg seperti anak ibu alami persis spt anak saya…
    Saya sdh konsul ke dokter bedah, dan diagnosanya adalah anak saya hernia…
    Berencana minggu depan akan di operasi. Mdh2an operasinya lancar tdk ada kendala apapun
    Amin.

  7. anak saya perempuan berusia 2 bulan.sejak usia setengah bulan dia terkena hernia.adakah obat lain selain operasi?

  8. anak saya perempuan usia sekarang 2 bulan,sejak usia 15 hari ada hernia.apakah ada obatnya tanpa harus operasi?

  9. hernia terkadang nampak terkadang tidak. Tapi perhatikan aja dan pantau trus apa bertambah besar atau tidak. Biasanya kalo anak capek banyak aktifitas hernia nya akan turun stelah istirahat hilang kembali. Jadi saya rasa gak perlu di operasi. Karna pas hernia tidak keluar, lobang cincin nya kan akan trtutup dan seiring waktu akan hilang. Tapi ada sbagian org bilang kalo anak cowo stelah di sunat rasul hernia akan hilang. Semoga membantu saudara2 dan tidak cemas lagi. Kaln ada waktu singgah ya di blog ku.

  10. anak saya juga sama kasunya umur 5 th. diagnosa hernia sama dokter, benjolan kadang timbul kadang tidak. muncul lebih kurang 6 bulan yg lalu. tidak sakit. apakah perlu dilakukan operasi. apa mungkin bisa hilang benjolannya? minta saran dari semua?

  11. anak saya berumur 42bln ada benjolan di bibir vagina bagian kiri,apa ini di namakan hernia?
    apa harus di operasi?
    apakah berbahaya jika terus di biarkan tanpa operasi?
    mohon di bantu

  12. Anax prmpuan sya umur nya 7 bln lbh, kta dokter dia t’kna pnyakit hernia n hruz d oprasi.
    Tlng y pax ad jln lain gax selain oprasi n klu d oprasi ad efex smping wat dia gax tux k dpn nya….?!
    Misal nya ganggu’n pd saluran reproduksi nya or setelah oprasi pnykit nya timbul lg.

  13. Anak ku laki-laki bernama Muhammad Darwis Jamal Rizardi, Pada hari ini Sabtu 28 Mei 2011 genap 1 tahun umur anak ku, hari kamis kemaren tanggal 26 mei jam 15. 00 anak ku harus masuk rumah sakit, karena anakku berpenyakit hernia, aku tahu anakku berpenyakit hernia pada 4 bulan yang lalu, pengobatan yang aku lekukan dengan cara diurut pada dukun, tukang urut, katanya setiap setelah tiga hari harus datang buat di urut, sekalu urut 50 000. uang sebanyak itu termasuk besar menurut kemampuan ekonomi kami, tambah lagi sidukunnya sengaja memaksa kami membawa anak kami untuk di urut buat nambah income bagi dia. setelah 6 kali atau 7 kali sikecit diurut bukannya menunjukkan perbaikan tapi malah bertambah besar ususnya keluar tambah lagi lokasi yang du urut dukun merah, setelh beberapa saat menghitam bekas urutan sehingga anakku meringis kesakitan saat mandi atau saat kami memesang celananya jika daerah tersebut tersentuh. ada teman menyarankan supaya konsultasi dulu dengan doketer, anak, dokter kaget sekali malah dokter menyarankan supaya segera mungkin di operasi, awalnya mendengar operasi saya sangat kaget dan tekut sekalia mengingat imej operasi selalu biaya yang mahal jutaan begitu, dokter sangat mengerti sekali kekhawatiran kami, dokter tetap menyuruhkan kami untuk segera di operasi, dengan menambah kalimat, “kalau tidak segera di operasi, untuk apa ditunda-tunda solusinya hanya satu yaitu operasi, kalau tidak segera di operasi apakah bapak dan ibu sanggup mengeluarkan air mata darah”
    saya tambah kaget yang terbayang bagi aku waktu itu, wah, hingga sampai ini aku bertemu dengan anakku, aku telah membayangkan anakaku akan meninggal dunia”. kata dokter, “jika sempat kejepit usus anak bapak dan ibu ususnya akan terjepit susuah untuk masuk ke dalam sehingga ususnya mungkin akan di potong jika cepat di tolong jika tidak kunjung di tolong mungkin nyawa naka baak ibu taruhannya” saat itu aku paksakan diriku untuk segera operasi. Setelah dioperasi ya memamang biayanya memang besar 5 500 000

  14. Dok… mau nanya nih.. Anak saya perempuan usia 3 tahun.. dia hernia .. gmn cara mengobatinya .. makasih ..

  15. sya mu tanya tentang hernia neh.. anak sya skarang usianya 4 bulan.dia mengalami hernia waktu usia 40hari.. sudah d bawa kdokter tapi blum ada perubhan.. selain operasi ada jalan lain ga?trus klo d operasi apa akan timbul lagi dan untuk selanjutnya reproduksi dia nanti gmn ? berbahaya or tidak??

  16. putri pertama kami berumur satu stenga bln.di bi2r vagina seblah kiri ada benkak.DSA bilang hernia.tpi benkaky itu ada terus saya jd binggu apa sich penyebab hernia pada anak perempuan?

  17. bapak ibu semua nya…saya perempuan umur 21 tahun..sekitar 2 tahun yang lalu saya oprasi hernia..sejak kecil saya hernia,sejak lahir..waktu di priksa ke dokter, dokter bilang itu nanti hilang sendiri…namun hingga saya dewasa itu tidak hilang…kemudian saya dibawa kr dokter…dokter bilang memang oprasi adalah jalan satu2nya sembuh..
    hanya kekawatiran saya sekarang adalah..apakah itu mempengaruhi organ reproduksi?
    karna saya tidak tahu pasti..apakah ada yang tahu info mengenai hal ini?
    terimakasih

  18. anak saya juga sama kena hernia usianya sekarang 8th,sejak usia 4th di periksa ke dokter umum benjolan yg ada di bibir peginanya katanya gak pa2,tp pas usisnya 7th di periksa lg sama dokter bedah ternyata itu hernia dan harus di oprasi,apakah selain oprasi itu bisa di sembuhkan?ada yg menyarankan katanya minum rebusan daun sirsak,apa itu betul?

  19. putri saya berusia 4 tahun…. saya belum tau anak saya terkena sakit apa, tapi ketika dia menangis di bagian bawah tepatnya dibagian atas kelaminnya timbul seperti benjolan, apakah itu termasuk hernia…. dan apakah ada obat2 hebal atau memang harus dioperasi. tolong di beri solusinya.

Tinggalkan Balasan

