Laju Endap Darah


sumber : http://www.kalbe.co.id

Mungkin pada suatu hari anda pernah sekedar mengalami demam menderita penyakit typhus atau demam berdarah yang mengharuskan anda memeriksakan darah ke laboratorium, lalu pada hasilnya anda mendapati kriteria Laju Endap Darah (LED) di situ. Apakah yang dimaksud Laju Endap Darah (LED) itu? Mari kita cermati pembahasan berikut.

Laju Endap Darah (LED) atau dalam bahasa inggrisnya Erythrocyte Sedimentation Rate (ESR) merupakan salah satu pemeriksaan rutin untuk darah. Proses pemeriksaan sedimentasi (pengendapan) darah ini diukur dengan memasukkan darah kita ke dalam tabung khusus selama satu jam. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka makin tinggi Laju Endap Darah (LED)-nya.

Tinggi ringannya nilai pada Laju Endap Darah (LED) memang sangat dipengaruhi oleh keadaan tubuh kita, terutama saat terjadi radang. Namun ternyata orang yang anemia, dalam kehamilan dan para lansia pun memiliki nilai Laju Endap Darah (LED) yang tinggi. Jadi orang normal pun bisa memiliki Laju Endap Darah (LED) tinggi, dan sebaliknya bila Laju Endap Darah (LED) normalpun belum tentu tidak ada masalah. Jadi pemeriksaan Laju Endap Darah (LED) masih termasuk pemeriksaan penunjang, yang mendukung pemeriksaan fisik dan anamnesis dari sang dokter.

Namun biasanya dokter langsung akan melakukan pemeriksaan tambahan lain, bila nilai Laju Endap Darah (LED) di atas normal. Sehinggai mereka tahu apa yang mengakibatkan nilai Laju Endap Darah (LED)-nya tinggi. Selain untuk pemeriksaan rutin, Laju Endap Darah (LED) pun bisa dipergunakan untuk mengecek perkembangan dari suatu penyakit yang dirawat. Bila Laju Endap Darah (LED) makin menurun berarti perawatan berlangsung cukup baik, dalam arti lain pengobatan yang diberikan bekerja dengan baik.

Pada kasus dengan keluhan gampang lelah dan pandangan berkunang-berkunang, kemungkinan besar diagnosisnya anemia. Biasanya didukung dengan nilai Hemoglobin (Hb) yang rendah. Untuk penanganannya, anemia harus diidentifikasikan dahulu apakah Hb yang turun akibat dari Zat Besi (Fe) yang turun, atau komponen Hb yang lain yang turun? (Misalnya globin-nya/protennya).

Bila memang Fe-nya yang turun tentunya harus cukup mengkonsumsi tablet besi (Sulfusferrosus). Sekarang bentuknya tablet berbagai ragam. Ada yang disatukan dengan Effervescent, atau dengan Vitamin B, dan sebagainya. Sedangkan bila kadar proteinnya yang turun, tentunya harus konsumsi makanan atau minuman tinggi protein. Ini pun bentuknya sudah beragam, ada yang berbentuk susu, berbentuk minuman bertenaga dan yang paling banyak mungkin berbentuk makanan lauk-pauk sehari-hari.

_____________________________

PEMBAHASAN TEKNIS

Proses pengendapan darah terjadi dalam 3 tahap yaitu tahap pembentukan rouleaux, tahap pengendapan dan tahap pemadatan. Di laboratorium cara untuk memeriksa Laju Endap Darah (LED) yang sering dipakai adalah cara Wintrobe dan cara Weetergren. Pada cara Wintrobe nilai rujukan untuk wanita 0 — 20 mm/jam dan untuk pria 0 — 10 mm/jam, sedang pada cara Westergren nilai rujukan untuk wanita 0 — 15 mm/jam dan untuk pria 0 — 10 mm/jam.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Laju Endap Darah (LED) adalah faktor eritrosit, faktor plasma dan faktor teknik. Jumlah eritrosit/ul darah yang kurang dari normal, ukuran eritrosit yang lebih besar dari normal dan eritrosit yang mudah beraglutinasi akan menyebabkan Laju Endap Darah (LED) cepat. Walau pun demikian, tidak semua anemia disertai Laju Endap Darah (LED) yang cepat. Pada anemia sel sabit, akantositosis, sferositosis serta poikilositosis berat, laju endap darah tidak cepat, karena pada keadaan-keadaan ini pembentukan rouleaux sukar terjadi. Pada polisitemia dimana jumlah eritrosit/µl darah meningkat, Laju Endap Darah (LED) normal.

Pembentukan rouleaux tergantung dari komposisi protein plasma. Peningkatan kadar fibrinogen dan globulin mempermudah pembentukan roleaux sehingga Laju Endap Darah (LED) cepat sedangkan kadar albumin yang tinggi menyebabkan Laju Endap Darah (LED) lambat.

Laju Endap Darah (LED) terutama mencerminkan perubahan protein plasma yang terjadi pada infeksi akut maupun kronik, proses degenerasi dan penyakit limfoproliferatif. Peningkatan laju endap darah merupakan respons yang tidak
spesifik terhadap kerusakan jaringan dan merupakan petunjuk adanya penyakit.

Bila dilakukan secara berulang laju endap darah dapat dipakai untuk menilai perjalanan penyakit seperti tuberkulosis, demam rematik, artritis dan nefritis. Laju Endap Darah (LED) yang cepat menunjukkan suatu lesi yang aktif, peningkatan Laju Endap Darah (LED) dibandingkan sebelumnya menunjukkan proses yang meluas, sedangkan Laju Endap Darah (LED) yang menurun dibandingkan sebelumnya menunjukkan suatu perbaikan.

Selain pada keadaan patologik, Laju Endap Darah (LED) yang cepat juga dapat dijumpai pada keadaan-keadaan fisiologik seperti pada waktu haid, kehamilan setelah bulan ketiga dan pada orang tua.

Dan akhirnya yang perlu diperhatikan adalah faktor teknik yang dapat menyebabkan kesalahan dalam pemeriksaan Laju Endap Darah (LED). Selama pemeriksaan tabung atau pipet harus tegak lurus; miring dapat menimbulkan kesalahan 30%. Tabung atau pipet tidak boleh digoyang atau bergetar, karena ini akan mempercepat pengendapan. Suhu optimum selama pemeriksaan adalah 20°C, suhu yang tinggi akan mempercepat pengendapan dan sebaliknya suhu yang rendah akan memperlambat. Bila darah yang diperiksa sudah membeku sebagian hasil pemeriksaan laju endap darah akan lebih lambat karena sebagian fibrinogen sudah terpakai dalam pembekuan. Pemeriksaan laju endap darah harus dikerjakan dalam waktu 2 jam setelah pengambilan darah, karena darah yang dibiarkan terlalu lama akan berbentuk sferik sehingga sukar membentuk rouleaux dan hasil pemeriksaan laju endap darah menjadi lebih lambat

60 thoughts on “Laju Endap Darah

  1. Saya habis operasi usus buntu sekitar 2minggu yg lalu,namun sakit di peut bagian ulu hati saya masih sakit.menurut dokter yg mengoperasi saya adalah sakit maag.namun setelah diberi obat sakit maag,sakit di perut saya tidak sembuh.akhirnya saya coba periksa ke dokter penyakit dalam,lalu dilakukan tes laju endap darah dan hasilnya adalah diatas normal.menurut dokter tsb itu menandakan bahwa ada infeksi akibat dr operasi usus buntu yang lalu.apakah hasil led yg tinggi benar menunjukan adanya infeksi?
    Terima kasih

  2. penjelasan LED cukup jelas. Kalo laju endap darah dengan metode Westergen utk wanita 0-15mm/jam, hasil lab 30 mm/jam, artinya apa Dok? Bagaimana menurunkannya di bawah 15 mm/jam?
    Terima kasih sebelumya.

  3. 1. apakah LED bisa dilihat dg kasat mata? Misalnya kalau darah kita kental artinya LED kita lambat, dan sebaliknya?
    2. apa aarti darah kental dan darah encer dalam kedokteran? Mana yg bagus?
    tq. Dok, saya tunggu penjelsannya.

  4. informasinya sangat membantu.
    Tapi saya mau menanyakan, anak saya perempuan 9 tahun besok mau di operasi amandel hasil torax normal hasil lab. untuk LED 17 dari skala 0 – 15 . hasil lain normal.
    Apa pengaruhnya LED terhadap tindakan operasi.
    Terima kasih

  5. kaki saya kalau pagi sedang tidur kadang-kadang suka keram sakit rasanya dan sering kesemutan kalau lagi duduk sila dan kalau bangun dari duduk sila ga kuat diri terus saya periksa ke dokter peny. dalam dan suruh periksa ke lab hasilnya sbb :
    LED 70, Asam Urat 8.9 Trigliserida 227 kolesterol 270, hdl 47 ldl 144 usia saya 54 tahun mohon penjelasan gejala penyaki apakah itu apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan

  6. saya memeriksakan darah rutin ternyata LED melebihi normal 35-51 padahal normalnya adalah 2-20/jam.
    apa penyeb dan dampaknya?
    terimakasih

  7. sy suka penjelasanx.. Krn itu sy sxan mw b’tax. Jd putri sy,10 bln,dmam 5 hr n didiagnosa ISPA oleh dokter.. Stlh 2 hr bebas dmam,pagi td ada sdkit epistaksis,n sy lgsg cek lab drh rtin. Hslx hmpir smua normal,kecuali hematokritx yg rendah,29an% n LED 80.. Kira2 apa penyebab LEDnya meningkat? Apa ada diagnosa lain atau ada pemeriksaan lain yg hrs sy lakukan.. Mhn jawabanx.. Trima kasih sebelumx.. -SRI-

  8. LED saya diatas normal, bagaimana cara menurunkan kembali, apa nama obatnya, makanan apa yang harus aku konsumsi. Saya habis mengalami radang pada ginjal dan di opnam selama 5 hari. mohon informasinya. Thank’s

  9. Mau tanya bila LED tinggi nilainya adalah 67 pada anak bayi usia 9 bulan, apa yang menyebabkan dan bgaimana penanggulanggannya?

    Di samping itu hasil pengecekan darah lainnya adalah:

    Hematologi:
    *Batang 0 ( nilai referensi 6-12)
    *Segmen 38 ( nilai referensi 13-33)
    *Monosit 7 ( nilai referensi 0-5)

    Kira kira 2-3 minggu sebelum pengecekan anak tersebut mengalami infeksi saluran kencing, Apakah hal ini merupakan salah satu sebab LED tinggi?

    Mohon bantuan informasi, terima kasih.

  10. Beberapa waktu lalu saya cek . Trus LED saya menunjukan sesuatu yg sangat over yaitu :
    LED = 75 mm/jam
    Leukosit = 11060 ul
    Batang = 0

  11. Sdh 1 minggu ini putri kami, umur 7,5 thn, mengalami panas tinggi sampe 40,2 derajat celcius. Setelah 3 hari dari awal panas, putri kami periksakan ke lab, pemeriksaan DL, CRP, widal, NS1. Hasilnya widal & NS1 negatif. Hasil pemeriksaan darah yg nilai tidak normal adalah LED, CRP, MCV, MCHV. Putri kami ini sering sekali mengalami panas dengan atau tanpa disertai pilek/batuk. Jadi bisa mendadak panas tanpa ada gejala awal. Dan setiap kali diperiksa ke lab, hasilnya LEDnya pasti tinggi, pernah sekali lekositnya rendah. Bagaimana cara penangannya supaya LEDnya tidak gampang tinggi ? Faktor2 apa saja yg bisa menyebabkan LED tinggi (bawaan dari lahir, makanan, lingkungan, dll) ? Adakah cara yg bisa menurunkan LED yg tinggi selain antibiotik dari dokter ?
    Terima kasih.

  12. Minggu lalu saya mrlakukan medical cek up darah lengkap. Semua hasil normal kecuali LED tinggi hingga 50. Apakah penyebabnya?

  13. Sama dengan yg lain,sy jg angka lednya tinggi 38 max 15..boleh bagi info ttg bagaimana agar turun?trimakasih

  14. saya pernah melakukan uji LED dng metode westergen. Alhamdulillah LED saya normal 18 mm/jam. Oh ya untuk menurunkan jadi 15mm/jam itu merupakan standar orang luar. Karena yang mempengaruhi led ada genetik, pola makan , umur , jenis kelamin. Tp yang paling menentukan adalah pola makan. Sbg contoh orng kita kalo makan ayam semuanya di makan, mpe usus , jantung, ampela. Kalo western dia cuma di ambil dagingya doang. Dan gak kelebihan karbohidrat.
    Oh ya kalo pengen meriksa LED bs kok sendiri ternyata gampang tw kemarin abis praktek. Bisa di lakukan sendiri tinggal beli aja pipet westergen ma standard westergen, trus ma Na2EDTA 3,2 % optional spuit (jarum suntik ) , torniquet atau kain bwt ngiket lengan atas .
    Kalau gak bisa ngambil darah vena, bisa make darah tepi 3 jari tengah di tangan terus tusuk ambil dan trus mencet mpe 1,6 ml. Trus tambah 3,2 % Na2EDTA sbnyk 0,4 ml oh ya lupa di tabung reaksi tutup dngn kencang. Kocok membentuk angka 8. Trus ambil dengan tabung westergen isap sampe angka 0. Biarkan di tabung westergen selama 1 jam. Baca hasilnya dr 0 diatas kebawah.

  15. rujuk Na2EDTA salah sebagai anti koagulan untuk westergen pake NaSitrat. hematokrit baru bener.

  16. saya sudah batuk dengan sesak nafas selama sbulan lebih…riwayat sesak nafas dari nenek ada…waktu umur 7 tahunan pernah Flek…dan pernah mngalami gejala typus 3x…
    cek laborat semua normal kecuali LED meningkat sangat tinggi…+_ 44 mm/jam….rontgen juga normal…smpai sekarang masih batuk,cepat lelah,sesak nafas bahkan pernah pusing 2hari 1 malam disertai demam tinggi….
    obat2 dari dokter sebagian besar antibiotik..apa yang harus saya lakukan..?

  17. beberapa waktu lalu saya cek darah hasilnya nilai LED tinggi yaitu 58 mm/jam dan sekarang saya sedang hamil 5 bulan. apakah da pengaruh kejanin dan apa penyebab LED tinggi pada masa kehamilan ?trimakasih

  18. Pak Saya mau tanya. Saat saya mencoba periksa darah saya sendiri(karena saya kuliah di jurusan Analis), hasil yang saya dapatkan adalah :
    Pemeriksaan 1 :
    LED :49 mm/jam
    Hb : 12 g%
    Pemeriksaan 2 :
    LED : 43 mm/jam
    Hb : 11.29 g%
    Pemeriksaan 3 :
    LED : 60 mm/jam
    Hb : 12 g%
    Jadi kemungkinan apa yang terjadi dengan tubuh saya?
    Lalu bagaimana saya menurunkan LED saya?
    Ket : Pemeriksaan jedanya tdk ada 1 bln.

  19. sudah 2 minggu lebih saya mengalami batuk,pusing kepala,perut mual,lemas dan badan terasa ngilu pasca sakit radang, saya sudah periksa darah dan hasilnya LED saya tinggi 60 mm/jam dan HB saya rendah 11.6 g/dl,hasil darah lainnya normal.setelah itu cara dianjurkan untuk periksa ke dokter spesialis penyakit dalam dan saya periksa ke dokter spesialis penyakit dalam katanya tidak ada diagnosa yang serius.lalu apa yang menyebabkan LED saya tinggi dan kenapa sudah 2 minggu ini batuk,pusing/sakit kepala ,perut mual,lemas,badan ngilu tak kunjung sembuh padahal saya sudah minum obat,antibiotik dan menghabiskannya tetapi tidak ada perubahan sama sekali?dengan kondisi saya yang seperti ini sebenarnya saya sakit apa?saya harus melakukan pemeriksaan apa lagi agar kondisi saya sehat kembali,mohon bantuan dan saya tunggu jawaban dari dokter.terima kasih

  20. Suami sy 24 thn, baru dioperasi appendiks pd 8 okt, kemudian istirahat total 2 minggu lebih, setelah minggu ke 3 kembali ke kntor, dia mrasa mual dan muntah.
    Ktika kami k dokter, diagnosanya sakit lambung, stlh dikasi obat, tp tdk mempan, kemudian diuji seri DHF, LED, CRP dan bbrp parameter lain ..
    Utk ketiga parameter tsb, hasilnya diatas normal, disuruh utk melakukan pengujian ulang utk seri DHF dan LED.
    Apa pnyebab tingginya LED, DHF dan CRP?
    Knapa harus dlakukan pngujian ulang?
    Kemungkinan pnyakit yg diderita apa yah dok? Trm ksh atas penjelasannya..

  21. Anak saya leukositnya 18700 dan LEDnya 50 jam 1 dan 95 jam 2, Apakah anak saya terkena penyakit serius ?
    Suhu tubuhnya nggak konstan naik turun apakah ada infeksi yang serius?
    Terus penanganannya bagaimana agar kondisinya normal.
    Mohon penjelasannya. Trims.

  22. mau nanya apakah ada hubungannya antara pemeriksaan LAJU ENDAP DARAH dengan pemeriksaan pada pasien yang penyakit asma..????,,kalau ada apa..???..karena ini untuk pembuatan karya tulis ilmiah,,

  23. saya telah melakukan cek up darah normal, dan hasilnya semuanya termasuk normal cm LED nya saja sampai 75 mm/jam. saya mw nanya, klo spt itu penyakit nya apa ? dan penyebabnya apa? soalnya selama beberapa hari kaki saya terasa sakit dan kaku sampai tidak bisa berjalan. mohon di jelaskan!
    terima kasih.

  24. Ping-balik: aneka animasi « Zahros's Blog

  25. “Pada cara Wintrobe nilai rujukan untuk wanita 0 — 20 mm/jam dan untuk pria 0 — 10 mm/jam, sedang pada cara Westergren nilai rujukan untuk wanita 0 — 15 mm/jam dan untuk pria 0 — 10 mm/jam.”

    mengapa dikatakan demikian..??tlg dunk jlsin..,thks..,

  26. kenapa pada penderita TBC LEDnya meningkat??? dikarenakan oleh apa??
    jelasin dunk.,., makasih thanks

  27. apakah LED tinggi dapat berujung pada kematian?bgaimana pencegahan LED dgn baik?apakah harus ke dokter atau bisa diturunkan dgn mengkonsumsi obat herbal?trims..

  28. pgi dok…kemarin saya habis MCU ternya hasilnya menunjukan LED saya 54 mm, dan leukositnya 12.800 gram, tapi hemoglobin saya 11,4.
    itu gimana ya dok..???
    saya sudah berobat ke dokter dan mengkonsumsi obat herbal…
    apakah peningkatan LED berkaitan juga dengan leukositnya.
    Thanks

  29. pagi saya prgi ke klinik, kata dokternya kamu harus periksa darah kamu ke lab. karena gejalanya mendekati gejala DBD
    siang td saya priksa darah saya, hasilnya LED nya 25 dan net.segmen 80%, yang lainnya normal
    kata dokter klinik kamu tidak apa – apa , cuma demam biasa.
    memang benar dok. . . ???
    mohon jawabannya, terima kasih

  30. pagi saya prgi ke klinik, kata dokternya kamu harus periksa darah kamu ke lab. karena gejalanya mendekati gejala DBD
    siang td saya priksa darah saya, hasilnya LED nya 25 dan net.segmen 80%, yang lainnya normal
    kata dokter klinik kamu tidak apa – apa , cuma demam biasa.
    memang benar dok. . . ???
    mohon jawabannya, terima kasih

  31. dokter…led saya 30/jam..hemoglobin saya 14.6…leukosit saya 7.1..jmlh eritrosit 4>64..hematokrit42..apakah sy sehat dokter..sy hbs medical chek up..trima kasih

  32. saya usia 53 thn 7 bln baru pemeriksaan daang lengkap dan hasilnya : LED: 72, HBA1c : 7,9 Cholesterol total 142, LDL Direk 82 HDL: 26 Trigliserida 152 Urea N : 49, Ureum 4,24, Chlorida : 111 dan masih banyka lagi memang saya sudah 20 tahun kena penyakit diabetes dan sampai sekarang masih terus makan obat sesuai saran dioter yang saya ingin tahu adakah obat untuk menurunkan LED atau langkah2 apa yang saya lakukan untuk lebih sehat lagi

  33. hasil lab suami saya menunjukkan led 55 dan salmonelk typhi H positif 1/60. apakah ini trmsk gejala thypus? 2 mg stlh pemeriksaan dia msh mengeluh lemas, pusing. ternyata tekanan darah 70/40. stlh istirahat lg 3 hr, kondisi tidak berubah. dilakukan lab lg, hslnya led 35 tekanan darah 80/50 dan hsl rontgen normal. msh keleyengan dan tidak bs fokus. apakah ini dikarenakan thypus yg blm tuntas pulihnya? disarankan minum yang banyak. apaka ada saran lain untuk dapat mempercepat pemulihan kondisi ini? terima kasih sebelumnya dok.

  34. Baca comment2 diatas sy malah jd bertanya2, knapa hasil lab ibu2 bapak2 atau anak2 nya ga di konsulkan lg ke dokter yg merujuk u/ tes lab, atau ke dokter sp.penyakit dalam?
    Pastilah mereka lebih paham, mengenai pembacaan hasil lab, diagnosis penyakit, jg terapi yg perlu dilakukan..

    Krn yg sy baca, yg punya blog ini bkn dokter ko buibu/bapak2..

    Maaf jk kurang berkenan

  35. Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,asam urat,kolesterol,stroke,hiv,kista,miom,keputihan,asma,ambeyen,maag,kanker,kanker otak,kanker payudara,diabetes,hiper/hipo tensi,leukimia,thalasemia,lupus,paru paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 dan 02195252748 Kunjungi page kami di FB:pengobatan tradisional untuk segala penyakit,tolong kasih like ya,terima kasih.

  36. wajarlah klu timbul pertanyaan yang banyak seperti yang di atas sebelumnya….karena dokter yang merujuk itu cuma bilang “oh LED km tinggi..minum obat ini habiskan …datang 2 minggu lg ya”pastinya dengan nada yang kurang bersahabat …so gmana kita maw tanya ini itu…..

    mudah-mudahan dengan adanya posting ini dapat meringankan beban or keluh kesah si penderita….

    sita

  37. Mau tanya bu, beberapa hari ini,anak saya sakit panas yang tidak stabil, sy bw ke dokter tetapi panasnya tetap msh blm stabil, bahkan kemarin sempat mengalami mimisan, saya khawatir akan demam berdarah sehingga sy berinisiatif melakukan tes darah, hasilnya adalah trombosit 292.000 LED 49 S PARATYPHI CO positive I/320, apa maksudnya ya? Mhn penjelasan. Trims bu

  38. selamat pagi dok,,,

    saya habis priksa darah di LAB ternyata hasinya LED nya sampai 60, hasil itu menunjukan apa ya dok,, dan cara menurunkanya bagaimana yang sebaiknya?

  39. pengalaman pribadi, kalau led kita tinggi, coba cek ‘ict tb’ darah di laboratorium.. tbc sering jadi biangnya. good luck

  40. anak saya 2 tahun hasil LED nya 44 mm/jam demam 3 hari tidak batuk pilek, tidak tifus dan DBD. Nilai CRP 44 mg/L dan LED 41 mm/jam. pemeriksaan apalagi yang harus saya lakukan untuk mengetahui infeksi apa anak saya…??? mohon bantuannya. trimakasih

  41. dok kmrn sy d tes drh dan hsl y
    hb10,lekost11.5
    dan led y 70.sy srng anemia dan prnh typus sblm y apa yg trjd dg tbh sy?

  42. minggu lalu saya lakukan medical check up.. semua nilainya normal hanya nilai batang 0 (nilai normal 2-5). kira2 penyebabnya apa ya dok trus cara meningkatkan nilai batang tersebut bagaimana??… thanks

  43. Malam dok..

    Kemarin mama saya melakujan cek darah tapi ada yang kami kurang paham mengenai LED.. Karena LED mama saya diatas rata-rata. Mohon bantuannya?

    Umur mama: 51 tahun
    Sudah menopos

    Led jam I: 27mm/jam
    Led jam II: 58mm/jam

Tinggalkan Balasan

