Penularan Hepatitis B Lebih Cepat dari HIV/AIDS


sumber : http://www.sinarharapan.co.id/berita/0409/27/nas06.html

JAKARTA — Penyakit Hepatitis B adalah masalah kesehatan global. Ada 2 miliar
orang di dunia yang diperkirakan terinfeksi Virus Hepatitis B (VHB). Menurut
data WHO, saat ini sudah lebih dari 400 juta manusia di seluruh dunia
menderita Hepatitis B kronis yang berisiko berkembang menjadi sirosis dan
kanker hati.
Sekurangnya ada 1 juta orang meninggal setiap tahun akibat penyakit ini.
Data ini menempatkan Hepatitis B sebagai penyebab kematian nomor sembilan di
dunia. Sebanyak 75% dari pembawa virus hepatitis B berada di Asia Pasific.
“Hepaptitis B adalah penyakit infeksi pada hati (hepar/liver) yang
berpotensi fatal yang disebabkan oleh virus Hepatitis B (VHB) dan merupakan
salah satu penyakit yang sering ditemui dan menular. Penularannya sangat
cepat. VHB 100 kali lebih cepat dari HIV/AIDS,” jelas Ketua Divisi
Hepatologi FKUI-RSCM Ali Sulaiman dalam “Seminar Waspada Hepatitis B dalam
Rangka Menuju Indonesia Bebas Hepatitis B” di Jakarta, Sabtu (25/9).
Ia menjelaskan penyakit hepatitis terdiri dari hepatitis akut, yaitu
hepatitis dengan jangka pendek, biasanya kurang dari 6 bulan dan mampu
direspons dengan baik oleh sistem kekebalan tubuh. Hepatitis kronik adalah
Hepatitis B jangka panjang yang tidak dapat diatasi oleh sistem kekebalan
tubuh.
Di Asia Pasific, kebanyakan orang terinfeksi virus Hepatitis B pada saat
lahir atau pada saat masa kanak-kanak. Sebanyak sembilan dari sepuluh orang
yang terinfeksi tersebut akan bertahan sampai dewasa.
Di tempat lainnya, virus Hepatitis B biasanya menginfeksi orang dewasa
melalui kontak seksual atau melalui darah yang telah terinfeksi. Penularan
virus Hepatitis B adalah lewat transfusi atau tranplantasi, pasangan seksual
berganti-ganti, pekerja kesehatan, tahanan dan penghuni asrama, pengguna
jarum suntik narkoba, atau bayi dari ibu yang membawa virus hepatitis B.

Kelelahan
Kebanyakan pasien Hepatitis B kronis tidak memiliki gejala khusus tapi
sebagai patokan, tanda-tanda terinfeksi virus Hepatitis B (VHB) jangka
pendek (Hepatitis B Akut) adalah kelelahan dan sindroma “flu like”, nafsu
makan turun, panas, pusing, mual, muntah, sakit perut, diare, kulit dan
mata, kuku dan seluruh tubuh berwarna kuning, kencing berwarna cokelat tua,
tinja berwarna pucat. Sedangkan terinfeksi hepatitis B jangka panjang
(Hepatitis B Kronis) adalah sama dengan yang akut disertai sakit otot dan
persendian, dan lemas. Tahapannya adalah fibrosis, yaitu penumpukan serta
akumulasi dari jaringan hati yang rusak.
Pada tahap sirosis, yaitu kerusakan lanjut dari jaringan hati yang ditandai
dengan permukaan hati yang berbenjol-benjol dan terbentuk jaringan ikat.
Pada akhirnya tahap kanker hati. Jangka waktu perjalanan penyakit adalah
dari 30-50 tahun.
“Pada tahap sirosis, aliran darah terbendung, sehingga kembali kesaluran
darah pencernaan atau ke rongga perut yang mengakibatkan pembuluh pecah,
muntah darah dan tinja hitam sehingga dapat mematikan,” jelas Ali Sulaiman
dalam konferensi pers seusai seminar.
Menurutnya, di Indonesia terutama daerah Indonesia timur adalah daerah yang
paling tinggi penyebaran penyakit Hepatitis B. Ia menyebut daerah Kupang
(25,61%), Mataram (20,61%), Palu (12,24) dan Manado. “Hal ini disebabkan
fasilitas kesehatan yang kurang di daerah Indonesia timur. Ada 5-10 orang
dari 100 orang Indonesia mengidap Hepatitis B,” jelas Penasehat Perhimpunan
Peneliti HAtri Indonesia (PPHI) ini.
Indonesia menempati urutan ketiga yaitu 12 juta setelah Cina (120 juta),
India (48 juta) dalam jumlah penderita Hepatitis B terbesar di Asia Pasifik.
Seperti gunung es, data ini adalah hanya 30% dari pengidap keseluruhan.

Pencegahan
Penularan Hepatitis B sangat mudah yaitu melalui cairan tubuh seseorang yang
terinfeksi seperti air mani, ludah dan cairan tubuh lainnya. Mereka yang
beresiko adalah bayi yang baru lahir, hubungan seksual tidak aman,
penggunaan pisau, jarum suntik, tindik, tato, sikat gigi, juga minum dari
gelas yang sama seccara bergantian.
Virus Hepatitis B dapat bertahan hingga beberapa minggu di luar tubuh
manusia. Pencegahannya adalah dengan menjalani hidup sehat dan menghindari
penularan serta melakukan vaksinasi/imunisasi secara lengkap yaitu 3 kali
suntik dalam rentang waktu berbeda.
Pengobatan Hepatitis B menggunakan interveron (perinjeksi) dan lamivudine
(oral). Saat ini digunakan Adefovir Dipivoxil (Hepsera) sebagai anti virus
oral baru yang menekan replikasi virus pada saat mengalami mutasi. Seperti
halnya Lamivudine (3TC-HBV), Hepsera memberikan manfaat pada perbaikan
jaringan hati.
“Tindakan terbaik adalah deteksi segera, vaksinasi segera dan obati segera.
Minum temulawak bukanlah mematikan virus, tapi hanya melemahkannya.” jelas
Prof Dr. Ali Sulaiman Sp.
Pengobatan dengan jalan mematikan VHB sangat tergantung pada waktu yang
tepat. Anti virus harus diberikan pada saat pengidap sedang kambuh. Pada
saat virus sedang aktif itulah antivirus diberikan secara terus menerus.
“Jangan terlambat atau jangan terlalu cepat. Jika tidak sedang kambuh, maka
obat tidak akan efektif dan justru akan menyebabkan virus bersembunyi.
Temulawak akan menyebabkan virus bersembunyi,” jelas Prof Dr. Ali Sulaiman
Sp. *
(SH/ web warouw)

76 thoughts on “Penularan Hepatitis B Lebih Cepat dari HIV/AIDS

  1. assalamu alaikum,,,, slain mlalui drah dan urine cairan tbh apa lagi yg beresiko u/ pnularan hep. B???????
    slain i2 brapa % resiko penularanx……

  2. apa kecripatan ludah sipenderita bisa tertular?soalnya teman kerja ada yang kena dan kalo meludah sembarangan.saya jadi takut.terima-kasih infonya.( tolong infonya kirim ke “harissiswanto@yahoo.co.id”)

  3. kalo dulu pernah menderita,sekarang apa bisa sembuh total?kalo yang menderita itu suami kita gmna solusi nya?

  4. dok..saya istri dari orang yang baru saja divonis terkena hepatitis B. apa saya juga terkena virus tersebut Dok..? bgmn cara saya untuk mencegah agar tdk menular pada diri saya..?

  5. Dok,paCar sy positif trkena Hepatitis B,kami jg sdh bRciuman,ap sy sudh pSt ikt trkena jg?? LaLu bGaimana agar sy virus trSebuT tdak menyeBar dan mNjdi kRoNis???

  6. Dok,mantan pacar saya positif terkena hepatitis B,kami juga sudah berciuman bibir…..apakah saya bisa terjangkit virus tersebut?????
    mohon di balas ke email saya..sebelumnya terima kasih

  7. Selamat pagi Dok, pacar saya positif Liver dan hepatitis B, apakah saya bisa tertular? kami sudah pernah berciuman dan minum di gelas yang sama. dan apakah bila telah menikah tidak akan mempunyai keturunan? mohon di balas ke email saya..sebelumnya terima kasih

  8. Dok,sya pnderita hepatitis b 3 thun lalu.sudah diimunisasi jg.sya pny pcr dan sudah pnh brciuman dg pcr sya.apakah pcr sya akan tertular penyakit sya?apakah berbhaya?apakah bila saya pny ank nanti,ank saya akan tertular pnyakit sya?trima kasi bwt jwbnnya.

  9. dok, pcrku kena hepatitis…. kita prnah ciuman& minum di gelas yang sama. apakah saya jg terjangkit virus hepatitis dok?? mohon dibalas ke email saya… trima kasih dok

  10. SUARA MERDEKA
    Minggu, 06 Mei 2007 SEMARANG
    Line
    Penularan Hepatitis Dominan melalui Darah

    SEMARANG – Pendapat bahwa penularan penyakit Hepatitis B bisa melalui air liur maupun bekas perangkat dan minum adalah salah. Justru faktor utama penularan penyakit yang menyerang pada fungsi hati itu, lebih melalui darah.
    ”Kalau melalui hubungan seks dengan penderita, kecil kemungkinan tertular atau sekitar 0,5%,” kata Dr dokter Rino Alvani Gani SpPD KGEH dari RSUP Cipto Mangunkusumo Jakarta dalam Seminar Fakta Baru tentang Virus Hepatitis B di Indonesia (HBV Facts Indonesia Snapshot), di Thamrin Square yang diselenggarakan Klinik CITO, Sabtu (5/5).

  11. SUARA MERDEKA
    Minggu, 06 Mei 2007 SEMARANG

    Penularan Hepatitis Dominan melalui Darah

    SEMARANG – Pendapat bahwa penularan penyakit Hepatitis B bisa melalui air liur maupun bekas perangkat dan minum adalah salah. Justru faktor utama penularan penyakit yang menyerang pada fungsi hati itu, lebih melalui darah.

    ”Kalau melalui hubungan seks dengan penderita, kecil kemungkinan tertular atau sekitar 0,5%,” kata Dr dokter Rino Alvani Gani SpPD KGEH dari RSUP Cipto Mangunkusumo Jakarta dalam Seminar Fakta Baru tentang Virus Hepatitis B di Indonesia (HBV Facts Indonesia Snapshot), di Thamrin Square yang diselenggarakan Klinik CITO, Sabtu (5/5).

    Pembicara lainnya dokter Osman Sianipar DMM MSc SpPK (K) dari RSUP dr Sardjito Yogyakarta.

    Seminar diadakan dalam launching penghargaan internasional sertifikat ISO 9001:2000 dari lembaga sertifikasi TUV NORD Indonesia.

    Menurut Rino, virus Hepatitis B sekarang ini bermutan sangat cepat. Penularan virus itu terbagi bisa karena tertular dari ibu saat dalam kandungan atau setelah persalinan.

    Namun, ada pula karena transfusi darah, tindik telinga, tusuk jarum, penggunaan pisau cukur, dan sikat gigi secara bersama-sama.

    Bentuk virus ini lebih serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Hepatitis merupakan sebuah proses peradangan pada jaringan hati. Orang lebih mengenal hepatitis dengan istilah lever atau sakit kuning.

    ”Pengertian lever sebenarnya organ hati, bukan penyakit hati. Nama itu berasal dari Belanda. Kalau sakit kuning dapat menimbulkan kerancuan, karena tidak semua sakit kuning adalah penyakit radang hati, tetapi dapat juga karena ada peradangan pada kantung empedu,” jelas Rino.

    Sementara Osman mengatakan, penyakit ini bisa dicegah melalui pemberian vaksin. Bagi pasangan yang akan menikah, pemberian sebuah kekebalan tubuh itu untuk menghambat penularan virus.

    ”Jadi, wajib hukumnya pemberian vaksin bagi pasangan suami-istri. Apalagi, bila salah satunya penderita Hepatitis B. Jadi, tidak perlu takut,” kata dia.

    Direktur Klinik CITO dokter Dyah Anggraeni MKes SpPK mengatakan, pihaknya pada 2007 ini akan mulai merambah DKI, Jabar, dan Jatim. Dengan mendapatkan ISO 9001:2000, maka pelayanan kepada masyarakat akan terus ditingkatkan. ”Sertifikat ini kali pertama yang kami terima. Segala pelayanan dari penerimaan tamu sampai pemeriksaan laboratorium yang akurat dan presisi, akan kami tingkatkan,” kata dia usai menerima sertifikasi. (H37-37)

  12. Boleh saya tahu apakah cairan tubuh itu termasuk keringat?
    bagaimana jika bermain basket bersama orang yang positif terjangkit hepatitis B?
    Otomatis akan selalu bersentuhan keringat yang mengalir deras.
    Apakah bisa menyebabkan tertular?
    Mohon jawabannya ya… terima kasih banyak.

  13. apakah berciuman dgn penderita hepatitis b, org tsb akan tertular ? sy pernah dengar keringat juga bisa menularkan ke org dekat dgnnya, apakah ini benar ? Trma ksh sebelumx

  14. apakah berciuman dgn penderita hepatitis b, org tsb akan tertular ? sy pernah dengar keringat juga bisa menularkan ke org yg dekat dgnnya, apakah ini benar ? Trma ksh sebelumx

  15. dok,,,saya penderita hepatitis b dok,,,saya sering ciuman dengan pacar saya sampe kamu menelan ludah masing,,apakah dengan seperti itu pacar saya bisa tertular?mohon di balas dok?

  16. penularan Hepapitis itu kan dapat melalui cairan tubuh, nah apakah dengan bergantian handuk pada orang yang mengidap penyakit hepatitis maupun sebagai carier dapat terjadi penularan virus hepatitis itu sendiri kepada orang yang tidak mengidap penyakit tersebut?

    dan apakah ada faktor pemicu terjadinya VHB tersebut? misalnya dengan riwayat pasien atau keluarga tersebut?
    jawab ya. terima kasih

  17. apakah berciuman dan minum segelas dengan hepatitis a bisa menular dok?
    mohon dibls keemail saya, terimakasih

  18. dok… saya mau nanya..saya punya teman satu kosan positif hepatitis B..apa betul bisa menular lewat keringat, saliva,urine n tinja ..saya takut dok..

  19. dok pcr saya baru terinfeksi hepatitis b… kami sering berciuman bibir apa bisa menular? Saya sangat takut dok.tolong jwb di email saya thankz.

  20. Kandungan artikel yang berlebihan menakut-nakuti seperti ini sangat merugikan penderita hep B.
    Sodara saya sampai dipaksa cerai oleh keluarga suaminya karena takut menulari anak2nya.
    Disuruh cari informasi di internet mungkin malah yang dapat tulisan kayak gini sampai mereka parno berlebihan dan tetap memaksa untuk bercerai.
    Saya penderita Hep B dengan HBSAg HBEAg positif, suami saya sudah vaksin sebelum menikah, anak saya divaksin setelah lahir, saya menyusui ASI sampai 18 bulan. Alhamdulillah setelah di cek saat umur 1 tahun antiHBSAg anak saya positif, anti HBSAg suami saya juga positif artinya mereka kebal terhadap penularan Hep B.
    Yang terpenting adalah tes kesehatan pranikah, sehingga bisa mengantisipasi segala resikonya. Bukan hanya untuk penyakit Hep B, tapi juga penyakit lainnya.

  21. saya mau tanya dok….suami saya HBs Ag positif S/CO 3.180, apakah saya dan anak2 saya bisa tertular???karena setahu saya VHB bisa menular…solusi yang terbaik apa ya dok..mohon infonya….

  22. pasrah aj sama gusti Allah.. aq selalu berdoa biar terhindar dari segala penyakit walau tiap hari saya selalu bertemu org sakit. disamping niat kerja ad niat menolong. :)

  23. Dok,,sy mw tny,sy ptgs laborat di RS,,kmren sy ambil drh org yg HbsAgnya positif,sy ngambil gag pke handskun,truz slse ngambil gag tau gmn,q gag konsen pa gmn drhe bcecer gt,kna tngan2 jg,dok.tngan gag da luka yg terliat mata,tp klo kna alkohol ada bbrp bag.yg perih.klo sdh gt gmn hya,dok…
    tolong solusinya y,dok..
    brp % kmungkinan tertular?
    truz klo stlh itu sy vaksin gt,gmn,dok..
    sy bngung,dok..
    sy tkut..
    tlng solusinya y,dok…
    makasih sblmnya,,

  24. dok apakah dngn berciuman bibir dan seksual dapat tertular ??
    trz apa yg saya lakukan biar saya tidak tertular,,
    minum obat atau gmn??
    mhn infonya dok,,

  25. dok saya sebanarnya tidak tau soal penyakit yang saya derita hanya saja saya disuruh untuk tidak terlalu mikir ini semua kalau saya mau sembuh.apa saja makanan yang tidak boleh dimakan???saya tunggu ya dok trimakasih

  26. gw prnh minum dr botol air minumnya pnderita hepatitis B

    kira2 bkal ketularan ga y?
    kan sbnrnya dr airliur ga ktular kan.

    cm msh bnyk pndapat yg simpang siur ttg ini.

  27. Jika di umur 66 thn, setelah melakukan cek darah dibilang sdh kena gejala hepB. Mohon bagi info apa saja yg bisa dikonsumsi dan pantangannya supaya ayah saya cepat sembuh, agar virus tidak berkembang.Krn ini masih gejala, mudah-mudahan cepat bisa dituntaskan gejala virus ini.
    Apa yg hrs dilakukan agar keluarga disekeliling apalagi ada bayi agar tidak tertular.
    Mohon dibantu info ke email ini.
    Terima kasih sebelumnya

  28. Dok,,pcar sya postif hepatitis,,n kmi prnah brciuman n prnah mnun d’gelas yg sma,,apakah sya jg trtular??? n ap yg hrus sya lkukan…

  29. dok, adik saya berumur 29thn, pria,divonis hep ikterik akut. dia berjerawat dan suka gatal tangan dan mengorek2 jerawat hingga berdarah. pakah itu bs jd jalan dtgnya virus hep B dok??pengobatan ktnya dgn suntikan yg harganya lumayan 2,5jt/suntikan selama 50-60 kali suntikan. apa benar dok//mhn infonya.

  30. Dok< saya penderita Hepatitis B dengan :
    HBs Ag = positip 23.04
    Anti HBs = negatp 0.0
    Hbe Ag = negatip indeks 0.37
    Anti HBe = positip indeks 0.019
    HBV DNA kuantitatif = 1,63 x 10^3 IU / ML

    Pertanyaan saya dok,

    1. apakah tingkat hepatitis saya sudah cukup berbahaya ?
    2. bagaimana saya menjaga kesehatan agar virus saya tidak bereaksi
    3. adakah cara untuk mematikan virus secara total
    4. berbahayakah bila berciuman dengan pasangan ?
    5. apabila saya mengandung adakah hal hal yang harus saya perhatikan agar bayi saya tidak tertular, selain harus memberi vaksin begitu bayi lahir
    6. amankah pemberian asi
    7. apabila pasangan dan bayi sudah divaksin, apakah perlu kontrol secara regular untuk mengetahui tingkat kekebalan tubuh ?

    terimakasih atas bantuan dan sarannya.

    Tuhan memberkati

    Diana

  31. dok mau tangan apakah hepatitis b bisa tertular melalui keringat,,dengan cara berjabat tangan?terimakasih

  32. dok saya tinggal serumah dengan adik suami saya ,bisa dikatan dia adik ipar saya dan dia positif terkena sakit hepatitis b,terkadang dia jg menggendong anak saya yg berumur 7 bulan apakah itu sangat bahaya,,?saya jg sering bilangin suami saya soal rasa was2 dan takut saya tp suami saya bilang tdk apa2 ,kadang kami sampai berantem,trimakasih dok mohon penjelasanya di email kan ke alamat mail saya

  33. setahu saya masih ada beberapa dari jenis hepatitis, klo g salah hepatitis ada sampai 6 tipe atau jenis. mulai dari hepatitis A, hepatitis B, C sampai F. Trgantung dari jenis virusnya. Utk mengetahui kita mengidap hepatitis bisa dilakukan cek darah, pertanda klo kita mengidap hapatitis B, yaitu HbsAg kita positif. Org yg terinfeksi hepatitis bisa sembuh total bisa juga tidak. Dlm artian virus ada di dalam tubuh tapi gejala tdk tampak sama sekali (pengidap sehat). Pencegahan terpenting adalah dgn menjaga kebugaran, hindari faktor resiko dgn sewajarnya dan manusiawi, dan tdk kalah penting adalh berdo’a, krn semua penyakit itu tergantung juga sama yg di atas(Tuhan).

  34. dokter, saya mau tanya.
    kalo kita berbicara dgn orang yang mengidap hep B. lalu kita mencium aroma yg keluar dr mulut nya, kita bisa tertular tidak?

    mohon jawabannya,
    trimKsih, Tuhan memberkati.

  35. dok, ada keluarga saya yg terkena hepatitis, beliau terkena hepatitis C .. Apakah kami semua akan tertular? karena sebelum nya kami tidak mengetahui bahwa beliau terkena penyakit tersebut .. tolong di balas ya. terimakasih

  36. dok mau tny, jka da ssorg yg tlh mnglmi oprasi batu empedu,,apkh mngkin orng trsbut jg mnglami g3uan hati??dan jika org trsbut positif hepatitis B apkh bsa mnjdi kanker hati??
    bgmna pngobatannya?
    mhn jwbnnya.trmakasih

  37. Dok..saya merawat bayi yg terlahir dari ibu yg positif hepatitis B,,saya tidak sengaja mencium pipinya namun tidak ada bekas liurnya,,apa itu bisa terjangkit juga?

  38. alhmdlh brmanfaat skali..trimksh.namun ada yg ingn dtnykn..kbtulan kami tgal dtmpt yg lumayn bnyk pndrita hepatitis,,jd kami sgt2 khawatir pd sikecil umur 2th yg lg senang2ny main keluar tetangga,apakah kl hny digendong,dicium pi2ny,berbicara berhadap2an,bahkan dksh mknan dr mereka dg salah satu anggotany pngidap hptitis,apakah si kecil bs tertular?sgt menghrp blsany,trimakasih bny.

  39. Aslm…
    Dokter kakak saya 2hr yang lalu mengidap hepatitis a
    dokter saya ingin bertanya?apakah kakak saya bisa sembuh dok?skrng kk saya sedang di rawat di rs.
    Apakah nanti istri atau anak kakak saya bisa tertular hepatitis dokter
    trmksh….

  40. dok saya mau tanya.jadi saya meminum botol yg sama punya teman saya yg terkena hepatitis,saya tdak tahu dia hepatitis jenis apa.apakah saya bisa tertular dok?

  41. dok, saya mau tanya teman saya kemungkinan terinveksi virus (VHB) dan saya terkena kerinat nya gimana dok apakah keringat bisa menularkan penyakit (VHB)…’TOLONG DI BALAS SEGERA DOK’.

  42. Dok, pacar saya difonis kena hepatitis c carrier, apakan hepatitis c carrier itu bisa menularkan ke orang lain melalui pelukan, jabat tangan, bersin, batuk, berbagi alat makan dan minum, ciuman dan keringat? apa yang harus kami hindari agar supaya penyakit dia tidak menular ke saya? Mohon informasinya karena beberapa informasi yang saya baca di internet bermacam2 dan sangat membingungkan. Terima kasih

  43. assalamualaikum, Dok rekan sekantor saya menderita hep B dan sekarang sudah divonis sirosis, pencegahan apa saja yang harus sy lakukan agar terhindar dr virus ini? mungkinkah tertular apabila kami menggunakan fasilitas kantor bersama seperti telepon, komputer, dan sofa/tempat tidur? perlukah kami di imunisasi hep B? terimakasih Dok

  44. assalamualaikum.Dok, saya perawat sedang melakukan perawatan luka (home care) kebetulan pasien yang saya rawat hbsag.nya positif,saya baru tahu setelah 1minggu saya merawat lukanya.

  45. penyakit hepatitis mungkin menakutkan tapi mungkin jika kita mempunyai pasangan atau sekitar keluarga kita mengidap penyakit itu sebaiknya kita tidak menghindar , toh penularannya melalui darah

  46. Dok,
    HbsAG saya positif (11.92), Anti HBs < 5, Anti HCV Negative.
    Fungsi hati bagus sesuai hasil USG Abdomen.

    Apakah saya bisa bekerja secara normal sebagai Business Process Analyst?

    Thanks

Tinggalkan Balasan

