Q & A Susu UHT


sumber : http://www.sehatgroup.web.id / milist sehat

Question :Mums, Dads & dr. Wati,
Beberapa waktu yang lalu ada perbincangan tentang susu UHT, maaf kalau ini pengulangan. Saya kemaren liat-liat UHT di swalayan dan kok susah ya cari susu full cream UHT yang kemasan kecil yang engga pake macem2, mis: penstabil susu,flavouring.Kemasan kecil maksudnya 200-250ml. Kalau kemasan 1l kan banyak yang susu UHT full cream murni.Saya ingin mencari kemasan kecil karena anak saya (20bln) sementara ini hanya sedikit mau minum susu – selain ASI, itu pun harus dibuat fruit milkshake, smoothie, dll. Jadi, kalau membeli kemasan 1000ml bisa 4-5 hari baru habis. Whereas, ada pengalaman teman saya anaknya pernah diare/muntah2 dan diduga karena adanya bakteri yang masuk melalui susu UHT yang sudah terlalu lama dibuka. DSA teman saya merekomendasi susu UHT untuk anaknya setelah dibuka harus diberikan pada anaknya dalam waktu 24jam.Saya sebenarnya mau beli susu ULTRA yang kemasan biru (maaf lho menyebut merek), ada ukuran 200ml. Tapi ternyata saya bolak balik kemasannya, engga ada tulisan UHT. Itu susu sapi segar. Mohon masukannya…Many thanks,Esther

Answer 1 :Esther…kalo aku biasanya beli yg merk Ultra Milk kotak warna biru itu. Dan itu sistem yg dipake UHT kok dan lagi dia dikemas supaya tetep awet biarpun tidah dimasukkan ke lemari es asal ditutup rapat. Aku udah buktiin kok. Wktuitu nyoba beli yg 1 ltr, abis 2 hari dan ngga tak masukin kulkas. Rasanya tidak berubah. Tapi pas kejadian 2 hari blm abis akhirnya tak masukin kulkas bisa sampe 4 hari. Rakhel sih paling suka yg Frisian Flag di botol kecil2 gitu 200ml. Indomilk dia ngga suka. Hope it helps,Santi Mama Rakhel

Answer 2 : Buat Santi:Thank you untuk info susu UHT kemasan kecil.Saya sendiri cukup hati2 dengan susu, mungkin karena kebiasaan Ibu saya yang orang bule.. Apa2 dibuka, kalau belum habis masuk kulkas.. Apalagi susu.. Jadi saya engga mungkin biarin susu di luar kulkas 2 hari…. terngiang ngiang kata ibuku.. hehehe…Kalo susu Frisian Flag bukannya udah ada tambahan2nya yaa…? Maksudnya bukan susu UHT full cream aja.Buat Vida:Santi,

Answer 3 : Maaf aku lupa mau bilang ini..Di susu Ultra Milk kemasan biru engga ada tulisan UHT lho.. cuma susu sapi segar..Kalau yang kotak putih, low fat, ada tulisan UHTnya..Oleh karena itu saya pengen tau sebenernya itu UHT bukan yaa…? Bingung soalnya…Thanks anyway..Esther

Answer 4 : Dear SP’s dan Dr. WatiDi Milis Sehat ini sering disebutkan bahwa jika anak ber-usia >1 th, lebih baik dikasih susu UHT. Yang bagus (yang biasa dibeli para SP’s) biasanya merk apa? Apakah yang dimaksud Susu yang dikotak kertas warna putih itu?Thanks atas keterangannya.Atti_Bunda Fafa

Answer 5 : Mba Atti, patokannya jangan kotak putih, karena susu UHT atau pasteurisasi kemasannya ada yg kotak putih biasanya ditulis UHT atau pasteur…sebenarnya isinya sama aja, tapi kalau UHT diproses dengan suhu yg lebih panas sehingga tahan lebih lama…kalau pasteur hanya tahan sekitar 4-5 hari aja dan disupermarket biasanya ditaro bersama dengan

makanan/minuman dingin susu UHT banyak macamnya ada yg dijual dlm. kotak2 kecil berflavour, tapi sebaiknya yg plain aja mba, menghindari gulanya itu loh…pasha dulu juga awalnya minum susu uht flavour tapi sedikit2 dicampur dgn. yg. plain…dan akhirnya skrg. full plain…satu lagi, dulu ada SP yg kasih tahu kadang susu UHT itu ngga 100% segar, artinya ada campuran susu bubuknya…tapi ada juga yg. 100% segar dan ini ditulis dibungkusannya…saya biasanya beli susu uht P**A…selamat mencari yah mba atti…Regards,Gendi Jatikusumah (father of pasha & sasi)

Answer 6 : M’Atti, kotak kardus biru ato putih, kalo merk sih banyak. Anak saya, Sarah 1.2 th juga minum UHT, merk juga ganti2, kebetulan juga sekarang Sarah ngga pa-pa gonta ganti merk susu. restu pratiwi

Answer 7 : Susu UHT itu bukannya kayak susu Ultra yah? (ups maap menyebutkan nama merk) Kalau susu sapi segar jg UHT kan? Itu loh yg pagi2 suka dibawa sama tukang susu keliling pake botol. Atti Primaranti

Answer 8 : Ibu Atti,kebetulan jagoan saya, dzaky, baru 1 tahun lewat 8 hari, dan udah seminggu ini dzaky mengonsumsi UHT. merknya mulai Pura Master (import) sampai merk lokal Ultra, semuanya dilalap abis….he….he….he….lumayan bisa hemat50-70% (bisa untuk bayar asuransi pendidikannya).salam sehat,yusli ayahnya dzaky

Answer 9 : Moms & Dadssekalian nanya yach, untuk pemberian susu UHTnya gimana ? soalnya anakku minumnya masih pake dot, dan biasanya susu hangat. Apakah susu UHTnya bisa dihangatkan dulu?. untuk yang kemasan anak-anak khok waktu saya cari yang plain nggak dapet ya..adanya yang manis baik rasa vanila, coklat ataou strawbery.mohon sharingnya yach….terima kasihTuty

Answer 10 : Mba susu UHT ada yang plain, Ultra ada. Saya jarang kasih yang coklat, ato stroberry. Sekali-sekali aja. Susu UHT jangan dihangatkan, langsung dikasih aja. Biasanya anak doyan kok. SP’s sering bilang merk pura. Dicoba cari mbadi gelael , care4 banyak kok .Ato aku biasanya kasih yang pausteriser merknya kadang diamond ato indomilk.tapi ini mesti disimpan di dalam kulkas.Selama ini aku ganti-ganti aja, ultra, diamond, bearbrand. sekarang lagi agak sering beli dancow, soalnya ada buku ceritanya , dan farhan seneng banget dibaca buku-buku cerita dari dancow ini.Thank you and regards,Ella

Answer 11 : Kalo saya, susu UHT-nya saya pindahin dari kotak kedot. Sehabis dibuka harus masuk kulkas spy nggak basi,kalo mau dipindahin ke dot, aku hangat-in dulu (hangat suam aja,jangan sampe mendidih lho). Yg plain dimana2 ada koq (even di warung2), contohnya merk U***a or i******khope it helps,Restu

Answer 12 : Mbak Di, Trims ya infonya, tapi bukannya sebelum minum susu sapi keliling itu memang harus dimasak dulu, apa kalau yg dimasak sendiri sampai mendidih belum bisa dinamakan susu UHT? Mohon nih dijelasin lagi.Salam,Jo

Answer 13 : Mbak, susu UHT itu adalah susu segar yg disterilkan dengan cara memanaskan pada suhu tinggi dalam waktu singkat dan kondisi steril baik ruangan maupun kemasan susu sehingga susu bisa awet meski tidak pakai pengawet. Kalau susu’segar’ yg dijual tukang susu keliling pakai botol saya kurang tahu apakah susu yg dijual disterilkan dengan cara UHT (Ultra High Temperature) atau hanya dengan cara pasteurisasi. Biasanya susu UHT dijual dalam kemasan kotak tetra pak atau sejenisnya. Susu kalau dipanaskan juga jangan sampai mendidih, cukup sampai 60-70 0C untuk menghindari rusaknya protein dalam susu (tandanya saat merebus susu perhatikan tepi panci, kalau susu di bagian sisi panci sudah berbusa berarti susu susah siap disajikan).rina rinso

Answer 14 : Dear moms and dads, membaca diskusi moms and dads tentang UHT membuat saya tertarik untuk mengenalkan susu UHT ke anak saya.kebetulan alif berumur 17 bulan dan selama ini saya menggunakan susu formula.nah, lucunya ketika pertama kali saya berikan kok….alif nga suka ya…hanya berapa tegukan terus dot nya dia lepas deh…mungkin karena nga semanis susu formula ya? plz sharenya dong, gmn sih tipsnya supaya alif ku suka susu UHT….TQ,Indra Koes

Answer 15 : Pengalamn saya wkt mengannti susu anak2 saya, setiap ganti susu saya selalu campur susu lama dengan susu baru, dengan komposisi 75% – 25% hari kedua 50%-50% dst. Lama kelamaan mrk jadi terbiasa.Sekian saja, semoga berhasilRestu

Answer 16 : Pak indra ,Coba tips yg selalu manjur di aku. Karena pada dasarnya balita itu adalah peniru. Coba deh bapak ato ibunya ikut minum sambil bilang, wah enak sekali susu ini, cobain deh pasti ade suka . Nah coba beberapa kali . Insya Allah si kecil suka.Kali pertama harus sama-sama minum dan sampai habis.Dicoba ya pak …Thank you and regards,Ella

Answer 17 : To indra , sama kaya pashaku dulu juga masih minum formula walau sudah diatas 1 tahun…dan susu formula pasti lebih manis drpd yg. plain karena sudah ada gulanya (sukrosa).waktu pertamakali pasha (2th 9bln) coba susu uht ngga langsung kasih yg. plain…awalnya pasha minum susu uht dalam kemasan kecil, ada yg. botol ataupun kotak dan ini banyak macam rasanya…ada yg. strawberry, coklat bahkan ada yg rasa melon…wah seneng banget deh melihat dia antusias minum susu berbagai rasa…karena pada dasarnya pasha tuh susaaah banget minum susunya, ngga spt. sepupunya yg suka rebutan minum susu, sampai iri melihatnya he3…lalu dari milis ini, dr. wati maupun sp yg. lain menganjurkan yg plain aja…kan yang flavour itu gulanya tinggi, takut merusak gigi…kemudian ada sp yg share supaya sedikit demi sedikit susunya dicampur dgn yg plain…awalnya 80%-20% plain, karena pasha minumnya tetap lancar, terus kita tambah lagi komposisi susu plainnya…akhirnya skrg. pasha sudah mau minum 100% plain…walaupun terkadang dia suka minta lagi tuh yg flavour kalau lagi belanja kesupermarket…oh iya…pasha minum susunya dengan cara disendokin, krn. kalau pake botol pasti lama dan ngga banyak yg diminum…sambil minum susu sambil diajak main atau membaca….selamat mencoba yah…semoga berjalan lancarRegards,Gendi Jatikusumah (father of pasha & sasi)

Answer 18 : Dear Sps,Mumpung sedang hangat membahas ttg susu UHT, saya ingin tanya minimal bayi umur berapa boleh dikasih susu UHT ini? dan apakah bisa juga untuk kombinasi dengan ASI? Oh ya saat ini anak saya masih 5 bulan setengah dan masih ASI eksklusif kok.TerimakasihEdi S. Kurniawan

Answer 19 : Dear Pak Edi,Susu UHT mulai dapat diberikan untuk anak usia >1th.Kalo masih <1th gak dianjurkan.Krn mostly sistem pencernaan nya belum bisa mengolah susu sapi dg sempurna.Krn anak bapak masih 5 bulan ya belum bisa. Btw ASI eksklusif kan berarti ASI saja tanpa tambahan apapun spt bubur, susu formula, dsb, bahkan air.Enjoy your time aja pak. Mog amembantu.Lulu

Answer 20 : Dear SPs,Karena masih banyak yang tanya2 ttg UHT, kebetulan saya pernah dapat email japri langsung dari Key Account Manager untuk Ultrajaya. Karena waktu itu saya juga masih awam soal UHT ini, terutama mengenai :1) Beda kemasan & tanggal kedaluwarsa.2) Cara menghangatkan susu UHT.Dari penjelasan beliau, saya semakin yakin untuk memberikan UHT (merk apa saja) ke putri saya.Semoga bermanfaat.Regards,Rina D

Answer 21 : Dear mbak RinaPerkenalkan nama saya Ronny, saya adalah Key Account Manager untuk Ultrajaya. Saya mendapatkan email address mbak dari coleague saya Syawaliah Dini, saya rasa Dini adalah member dari Mailing list “Sehat”.Karea ada beberapa pertanyaan yang langsung berhubungan dengan produk dari customer saya dan juga karena kami bergerak di industri pengemasan aseptik, perlu rasanya saya memberi beberapa penjelasan, yang saya harap bisa berguna untuk referensi mbak Rina selanjutnya.Untuk menjawab pertanyaan pertama mbak Rina : Kemasan yang harus disimpan dalam refrigerator dan shelf life nya pendek disebut “pasteurized product”, di Indonesia baru ada untuk susu. Sedangkan untuk kemasan lainnya yang shelf life nya sampai setahun disebut “UHT product” (UHT = Ultra High Temperature).Istilah yang saya sebutkan diatas adalah untuk istilah baku kami proses sterilisasi produk. Perbedaan mendasar dari Pasteurisasi dan UHT adalah dari tingkat penyuci hamaan dari produk yang dikemas, untuk pasteurisasi kami hanya memanaskan produk itu sampai suhu 72 ~ 75 derajat Celcius selama 15 ~ 20 detik sedangkan untuk UHT, produk kami panaskan sampai suhu 135 ~ 150 derajat celcius hanya selama beberapa detik () ini juga turut menentukan pola pembelian konsumen, jika karakteristik mereka sangat mobile dan mengharuskan mereka minum susu tiap hari, sangat sulit jika membawa kemasan 1 liter kemana2, jadi lebih baik membawa kemasan kecil2 yang 200 ml atau 250 ml, untuk anak2 karena ukuran lambung mereka kecil, mungkin 125 ml lebih cocok untuk 1 kali konsumsi.Jika mbak ingin minum produk susu itu dalam kondisi “hangat” kami sarankan untuk tidak merebusnya secara langsung karena itu akan merusak kandungan gizi dari susu dalam kemasan tersebut, apalagi jika memanaskannya sampai mendidih, karena tujuan dari pemanasan sebenarnya adalah untuk sterilisasi produk tersebut. Jika hanya untuk selera saja (suka minuman hangat) merendam susu (terlebih dulu dituang dalam gelas) dalam air panas akan lebih baik.Demikian penjelasan kami, terima kasih sebelumnya untuk perhatian mbak akan produk-produk UHT yang kami produksi, jika ada hal-hal yang kurang jelas jangan sungkan untuk menghubungi kami kembali.Thank you & Best Regards,PT. Tetra Pak IndonesiaRonny Hendrawan

Answer 22 : Mums, Dads & dr. Wati,Beberapa waktu yang lalu ada perbincangan tentang susu UHT, maaf kalau ini pengulangan.Saya kemaren liat-liat UHT di swalayan dan kok susah ya cari susu full cream UHT yang kemasan kecil yang engga pake macem2, mis: penstabil susu, flavouring.Kemasan kecil maksudnya 200-250ml. Kalau kemasan 1l kan banyak yang susu UHT full cream murni.Saya ingin mencari kemasan kecil karena anak saya (20bln) sementara ini hanya sedikit mau minum susu – selain ASI, itu pun harus dibuat fruit milkshake, smoothie, dll. Jadi, kalau membeli kemasan 1000ml bisa 4-5 hari baru habis. Whereas, ada pengalaman teman saya anaknya pernah diare/muntah2 dan diduga karena adanya bakteri yang masuk melalui susu UHT yang sudah terlalu lama dibuka. DSA teman saya merekomendasi susu UHT untuk anaknya setelah dibuka harus diberikan pada anaknya dalam waktu 24jam.Saya sebenarnya mau beli susu ULTRA yang kemasan biru (maaf lho menyebut merek), ada ukuran 200ml. Tapi ternyata saya bolak balik kemasannya, engga ada tulisan UHT. Itu susu sapi segar. Mohon masukannya…Many thanks,Esther

Answer 23 : Dear Esther, Saya biasa belanja susu UHT di Ranch Market Pondok Indah (karena dekat rumah). So far, menurut saya, koleksi susu UHT nya lebih lengkap dibanding beberapa swalayan atau hypermarket yang ada di JakSel. Disitu, pilihan susu UHT kemasan kecil yang rasanya plain lebih banyak karena mereka jual produk import.Untuk anak saya, yang minum susunya 2 kali sehari @250 ml, saya selalu beli yang 1 ltr, dan habis dalam 2 hari. Untuk saya sendiri, saya sering beli UHT low fat 1 ltr, dan Alhamdulillah, aman-aman aja tuh diminum 5-6 hari setelah dibuka…atau mungkin perut saya aja kali yang udah kebal… :-) Karena penasaran abis baca emailnya Esther, saya coba browse, dan dapet info dari beberapa situs soal ketahanan UHT setelah kemasannya dibuka. Tapi, ini kan info umum, kalau untuk toddlers saya juga musti cari info lebih jauh lagi. Di http://hgic.clemson.edu/factsheets/HGIC3510.htm disebutkan: Maintaining the Safety of Milk: …Bacteria in milk will grow minimally below 45 ºF. However, temperatures well below 40 ºF (5 ºC) are necessary to protect the milk’s quality. It is critical that these temperatures be maintained through ware-housing, distribution, delivery and storage….Properly refrigerated, milk can withstand about two weeks storage. UHT Milk: …Once the package of UHT milk is opened, it is treated like fresh fluid milk and used within several days (up to 5 days).Dari http://www.showcook.co.za/milk.htm :Fresh dairy products should be kept in the refrigerator at 5 degrees C (40 degrees F) or less. Pasteurised milk has a relatively short life (7 – 10 days) and should be used immediately, or stored in the refrigerator. Sterilized milk will keep unopened for several months, but once opened the milk must be kept refrigerated and used within 4 – 5 days. UHT milks have a longer shelf life, but once opened, the same requirements as pasteurised apply.Soal kemasan yang tidak ada tulisan UHT atau pasteurisasi nya, saya juga bingung itu jenis susu yang mana, jadi biasanya nggak saya beli karena ragu.Semoga membantu, Vida

Answer 24 : DearIni adalah Pengalaman Pribadi, dan untuk kebaikan anak. Sekitar 3 Bulan yang lalu, saya pernah ke Mini Market(gak perlu sebut namanya),bareng istri dan anak, kebetulan si anak(bella&indi), suka susu Coklat.Akhirnya setelah belanja yang lain, saya pun menyempatkan mengambil 4 susu (kalo gak salah merk Indomilk),dalam kemasan Botol Plastic 200mm.Masa Expire/Kadaluarsa tertulis sekitar April 05.Setelah sampai rumah, sianak pengen minum susu tsb, dan akhirnya saya buka, dan sebelum saya kasih si anak, biasanya saya rasain dulu apakah susu ini masih baik diminum atau sudah tidak baik, ternyata susu tersebut, salah satunya(kebetulan yang saya rasakan),ternyata “Asam”.Tapi yang 3 tidak asam.Nah di sini kita sebagai Orang tua harus hati hati,kalau mau memberikan makanan/minuman dalam kemasan, walaupun masa berlakunya masih lama.Dan juga yang lebih hati hati lagi, anak2 kita yang usia sekolah, terutama SD, untuk membeli makanan/minuman di sekitar sekolah.Mungkin juga buat yang tidak sempat monitor anak(orang tuanya pekerja),harus selalu memberikan arahan kepada “Baby Sitternya”.Mungkin juga istri di rumah harus selalu memperhatikan terutama makanan/minuman yang dikemas(Plastic/box dll).Mohon sharing buat SP lainnya yang punya pengalaman!!!Terima kasihAyahnya Bela & Indi

Answer 25 : Makasih, pakUdah mengingatkan… Selama ini saya memberikan susu UHT ke bryan 23 bl.Dengan adanya masukan dari bapak, setidaknya membuat saya harus lebih berhati-hati.salam,lenny, mama bryan

Answer 26 : To. Bp. RamliSaya juga mengalami hal yang sama seperti Bapak , yaitu waktu itu putra saya ilham (2 tahun) minta susu Coklat (Indomilk , tapi yang dus) dan saya belikan, sewaktu akan minum, seperti biasa kakaknya suka minta (mencoba) dan dia bilang pada saya, bu, susu-nya kok asam. Kemudian saya cicipi dan ternyata memang asam, padahal tanggal kadaluarsanya masih lama sekitar September 2005. Untungnya putra saya belum mencoba karena belum mengerti mana susu yang baik dan tidak. Dan kakak-nya (putri 6 tahun sudah lebih mengerti).Makanya sejak saat itu bila putra dan putri saya minta susu kemasan selalu saya atau ayah-nya yang mencoba terlebih dahulu.SalamIbu Salma dan Ilham

Answer 27 : Juga hati2 untuk para parents… karena juice kotak juga bisa asam walau tanggal kadaluarsanya masih lama.Saya pernah membeli 3 kotak orange juice yang ternyata kesemuanya asam dan berbusa.kemungkinan penyimpanan di supermarketnya yang tidak benar sehingga bisa mengakibatkan makanan kemasan basi.Sanya

Answer 28 : Dear SP yg lagi bingung dg UHT :)semoga artikel ini bisa menjawab ya.—————————-UHT = Ultra High Temperature = Ultra Heat Temperature = Ultra Heat Treatment.http://www.dairyconsultant.co.uk/pages/UHT_Process.htmUltra Heat Treatment basicsIntroductionWhile pasteurization conditions effectively eliminate potential pathogenic microorganisms, it is not sufficient to inactivate the thermoresistant spores in milk. The term sterilization refers to the complete elimination of all microorganisms. The food industry uses the more realistic term “commercial sterilization”; a product is not necessarily free of allmicroorganisms, but those that survive the sterilization process are unlikely to grow during storage and cause product spoilage.In canning we need to ensure the “cold spot” has reached the desired temperature for the desired time. With most canned products, there is a low rate of heat penetration to the thermal centre. This leads to overprocessing of some portions, and damage to nutritional and sensory characteristics, especially near the walls of the container. This implieslong processing times at lower temperatures.Milk can be made commercially sterile by subjecting it to temperatures inexcess of 100° C, and packaging it in air-tight containers. The milk may be packaged either before or after sterilization. The basis of UHT, or ultra-high temperature, is the sterilization of food before packaging, then filling into pre-sterilized containers in a sterile atmosphere. Milk that is processed in this way using temperatures exceeding 135° C, permitsa decrease in the necessary holding time (to 2-5 s) enabling a continuous flow operation.Some examples of food products processed with UHT are:• liquid products – milk, juices, cream, yoghurt, wine, salad dressings• foods with discrete particles – baby foods; tomato products; fruits and vegetables juices; soups• larger particles – stewsAdvantages of UHTHigh quality:The reduction in process time due to higher temperature (UHTST) and the minimal come-up and cool-down time leads to a higher quality product.Long shelf life:Greater than 6 months, without refrigeration, can be expected.Packaging size:Processing conditions are independent of container size, thus allowing for the filling of large containers for food-service or sale to food manufacturers (aseptic fruit purees in stainless steel totes).Cheaper packaging:Both cost of package and storage and transportation costs; laminated packaging allows for use of extensive graphicsDifficulties with UHTSterilityComplexity of equipment and plant are needed to maintain sterile atmosphere between processing and packaging (packaging materials,pipework, tanks, pumps); higher skilled operators; sterility must be maintained through aseptic packagingParticle Size:With larger particulates there is a danger of overcooking of surfaces and need to transport material – both limits particle sizeEquipmentThere is a lack of equipment for particulate sterilization, due especially to settling of solids and thus overprocessingKeeping Quality:Heat stable lipases or proteases can lead to flavour deterioration, age gelation of the milk over time – nothing lasts forever! There is also a more pronounced cooked flavour to UHT milk.UHT MethodsThere are two principal methods of UHT treatment:1. Direct Heating2. Indirect HeatingDirect heating systemsThe product is heated by direct contact with steam of potable or culinary quality. The main advantage of direct heating is that the product is held at the elevated temperature for a shorter period of time. For a heat-sensitive product such as milk, this means less damage.Indirect vs Direct HeatingThere are two methods of direct heating;1. injection2. infusionInjection – High pressure steam is injected into pre-heated liquid by a steam injector leading to a rapid rise in temperature. After holding, the product is flash-cooled in a vacuum to remove water equivalent to amount of condensed steam used. This method allows fast heating and cooling, and volatile removal, but is only suitable for some products. It is energy intensive and because the product comes in contact with hot equipment,there is potential for flavour damage.Infusion – Food in a free falling film is pumped into a chamber of high pressure steam. The time of the fall matches the desired holding time. The product, therefore, falls onto a cooled surface, followed by flash cooling in vacuum chamber. This method has several advantages:• instantaneous heating and rapid cooling• no localized overheating or burn-on• suitable for low and higher viscosity productsIndirect heating systemsThe heating medium and product are not in direct contact, but separated by equipment contact surfaces. Several types of heat exchangers are applicable:• plate• tubular• scraped surface• double-conePlate Heat ExchangersSimilar to that used in HTST but operating pressures are limited by gaskets. Liquid velocities are low which could lead to uneven heating and burn-on. This method is economical in floor space, easily inspected, and allows for potential regeneration.Tubular Heat ExchangersThere are several types:• shell and tube• shell and coil• double tube• triple tubeAll of these tubular heat exchangers have fewer seals involved than with plates. This allows for higher pressures, thus higher flow rates and higher temperatures. The heating is more uniformScraped Surface Heat ExchangersThe product flows through a jacketed tube, which contains the heating medium, and is scraped from the sides with a rotating knife. This method is suitable for viscous products and particulates (< 1 cm) such as fruit sauces, and can be adjusted for different products by changing configuration of rotor. There is a problem with larger particulates; thelong process time for particulates would mean long holding sections which are impractical. This may lead to damaged solids and overprocessingDouble-Cone Heat Exchangerseg APV Jupiter: Suitable for large particulates because it involves separation of solids/liquids and combines indirect heating in double cone (batch) with direct heating of liquid portion (maybe also scraped surface if too viscous). The solid pieces are fed into a double-cone, rotated slowly on horizontal axis with steam injection and heated surfaces. Thereis no burn-on because they are the same temperature. The liquid is directly heated with steam separately, then added after pre-cooling. The double cone acts as a blender and coats solids. The product is then discharged to an aseptic filler by overpressure with sterile air. Used for soups, stews, carrots, and vegetables.Packaging for Aseptic ProcessingThe most important point to remember is that it must be sterile! All handling of product post-process must be within the sterile environment.There are 5 basic types of aseptic packaging lines:1. Fill and seal: preformed containers made of thermoformed plastic, glass or metal are sterilized, filled in aseptic environment, and sealed2. Form, fill and seal: roll of material is sterilized, formed in sterile environment, filled, sealed e.g. tetrapak3. Erect, fill and seal: using knocked-down blanks, erected, sterilized,filled, sealed. e.g. gable-top cartons, cambri-bloc4. Thermoform, fill, sealed roll stock sterilized, thermoformed, filled,sealed aseptically. e.g. creamers, plastic soup cans5. Blow mould, fill, seal:There are several different package forms that are used in aseptic UHT processing• cans• paperboard/plastic/foil/plastic laminates• flexible pouches• thermoformed plastic containers• flow molded containers• bag-in-box• bulk toteslulu

About these ads

18 thoughts on “Q & A Susu UHT

  1. kalo anak itu ada sedikit alergi susu (tapi saya masih belum yakin itu) Sekarang ini di sangat suka susu uht (dgn salah satu merknya) Sekali minum kotak kecil langsung habis, tapi saya batasi kira-kira sehari 2 kotak kecil (karena khawatir). saat ini dia berumur 1,5 tahun. Kira-kira ada yang tahu ciri2 apakah dia juga alergi susu uht? apakah jika alergi susu bayi merk A mesti juga alergi terhadap susu2 sapi. Thx

  2. TFS yah…
    saya juga pake susu UHT untuk anak saya. selama ini emang baru pake ultra si…kadang2 saya selang-seling ama susu sehat juga, kan tetep produk ultra juga.
    oiya, saya biasa beli ultra dr salesnya langsung, karena harganya lumayan ngefek kalo dibanding beli di luar. apalagi bisa delivery ke rumah, jadi gak repot kudu keluar beli susu..he..he..he..
    misal berminat infonya sales ultra jaya n price listnya, bisa kontak saya di ellaene@yahoo.com , just FYI yah..^_^

  3. Artikelnya bgs bgt..sy jd sgt kbantu..slama ni sy bingung mo kasi susu apa buat anak sy,abrar,13bln,krn tkt sakazakii n melamin yg lg marak,tp krn dah bc artikelna dr awal mpe akhir,sy jd yakin tuk ngasi anak sy susu uht,makasi semua!god bless u all..

  4. thx ya artikelnya..bisa buat para ibu muda lbh tanggap sama kebutuhan gizi bwt anak..ga cm nyari yg harganya mahal, tp lbh milih kandungan yg bs diserap tubuh anak. :) semoga ga bnyk ibu2 yg patokan nyari susu babynya dgn harga.. ayo jd bunda yg cerdas dan ga korban iklan :p

  5. Thank banget infonya. & nice artikel.
    asalnya saya (20 bln) sangat was2 kalo anak minta susu dalam kemasan karena takut sakit perut or apalah karena tidak cocok, ternyata perkiraan saya salah.
    cuma harus cari susu UHT yang baik aja. tks

  6. Anakku tidak suka susu yang plain.Dia suka rasa coklat. Ada yang saranin yang plain dicampur dengan rasa kesukaan anak kita. dengan porsi yang lama-lama coklat dikurangi. Bisa tidak akalu dicampur madu? Ada efek burukkah madu umtuk anak dibawah umur 1 tahun?

  7. Anakku tidak suka susu yang plain.Dia suka rasa coklat. Ada yang saranin yang plain dicampur dengan rasa kesukaan anak kita. dengan porsi yang lama-lama coklat dikurangi. Bisa tidak akalu dicampur madu? Ada efek burukkah madu umtuk anak dibawah umur 1 tahun?

    hik.. maksudnya “kalau” bukan “akalu” :)

  8. Mb,putra sy Azzam sudah sy beri uht ultra plain dr usia 1thn.caranya sy beli dus an isi 24@200ml.klo Azzam mau mimik sy tuang ke botolnya.diupayakan habis dalam max 4jam.klo ga abis,ya mama nya yg hrs ngabisin hehehe..

  9. anak saya baru usia 15 bulan, dan baru mau dibari susu uht, sebelumnya anak saya murni ASI tanpa campuran susu lain, pertama kali saya coba uht, anak saya langsung menolak, tapi saya cari susu uht merk lain, sedikit mau, tapi ga banyak, akhirnya saya campur dengan asi kadarnya 70%-30%, mohon di share apakah cara pemberian uht campur asi boleh, dan tidak berdampak apa – apa. terima kasih.

  10. lumayan dapet info ttg susu UHT, sbnrnya udah lama denger soal UHT tapi krn msh bingung dgn merk nya akhirnya ampe skrg anak saya Abby (18 bln) masih saya kasi sufor, semoga dgn artikel dan forum ini bisa membulatkan tekad sy dan suami utk memberikan yg terbaik buat anak saya., sekedar sharing ajah..kalo sy dr dulu seneng bgd dgn UHT, sy sllu nyetok UHT di kulkas, pernah sekali sy pgn coba merk diamond pasteurisasi, pas kemasannya sy buka bau asamnya lsg nyengat trus pas sy coba tuang ke gelas susunya gag cair lg tp udah mengental..gag tau knpa pdhl exp date nya masih 4 hari gitu..mgkn qta lebih hati2 ajah kali ya:)

  11. Reza skrng 23bLn sejak umur 14bLn saya berikan susu uht fullcream (umur 12-13bln saya berikan dancow nutrigold 1+ tapi bikin120 mLpun ngga pernah diminum habis) dan stelah sya ganti Ultra langsung doyan sbLm nya selalu beLi yg 1L 2hari habis tapi suatu hari ngga abis dan hari ke 3 sudah asam jadi saya beLi kotak 250mL maksudnya u/ menghindari susu basi krn kalo disimpan di kulkas malam hari minta susu dipanasin kan kelamaan, tapi dia malah suka banget krn minum pake sedotan langsung di kotaknya ngga pake gelas lagi(dari umur setaun ngga suka botoL) jadi sehari semalam bisa habis 4-6 kotak, kira2 kebanyakan ngga ya…

  12. ini share aja yah,,,saya bukan dokter,tp saya dulu prnah mnjadi nutrition advisor di frisian flag selama 5th,jd saya sedikit tau informasi mengenai gizi atw ttg susu…

    ideal’y minum susu itu 2-3 kali sehari/250ml
    kualitas susu yg paling bagus tentu saja ASI…tapi ketika bayi sudah tdk ASI eksklusif,pilihan susu yg tepat adalah UHT…

    dimana UHT adalah susu sapi segar yg byk mngandung nilai gizi(menyerupai ASI)…protein,vit,mineral yg komplit,dan kualitas susu tetap terjaga,karena proses’y hanya melalui Ultra Hight Temperature(2,5 dtk).sedangkan susu bubuk itu melalui proses pengeringan,sehingga nilai gizi yg terkandung dlm susu sudah rusak.
    sehingga vit,mineral,protein,fos g0s dan kalsium dan nutrisi lainnya hanyalah tambahan, yg kemungkinan susah diserap oleh tubuh.

    Tips pengkonsumsian UHT agar terhindar dari bakteri, Setelah dibuka untuk suhu diluar lemari es maksimal 3 jam…sedangkan didalam lemari es bertahan 2hari.

    Bunda tentunya tau pasti bahwa susu hanyalah pelengkap mknan pokok…sehingga makanan pokoklah yg nilai gizi’y harus ttp diperhatikan,,,,dari mulai karbohidrat,protein(kebutuhan makro), vit dan mineral(keb mikro)…dan air

    Berikanlah anak kita kebutuhan pangan dg nilai gizi yg seimbang dan proforsional sesuai kebutuhan gizi (kategori usia,krn beda usia,beda pula kebutuhan gizinya)…

    smoga informasi yg sedikit ini banyak manfaat’y buat bunda,,,
    dan saya menampung kritik dan saran dari bunda…

  13. ass mba klo ibu hamil boleh gak konsumsi susu ultra milk putih apa it ada dampakx,skrg q hamil 4 bulan tp it cm selang seling aj,susu hamil ttp q knsumsi jg nih,

  14. Apakah berpengaruh jika susu UHT langsung disajikan dalam kondisi dingin karena anak saya suka bangun tengah malam untuk minta susu jadi tidak mungkin jika saya hangatkan terlebih dahulu.. Dan apakah berdampak/efek kepada buah hati apabila slalu disajikan dalam keadaan dingin dan adakah solusi lainnya?? Trims, herman..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s