Trauma Kepala Bayi Baru Lahir


Bayi pertama saya lahir dengan berat badan 2,8 kg dan panjang 48 cm. Ia lahir tanpa operasi, tetapi proses persalinannya panjang. Menurut dokter, keadaan kesehatannya cukup baik, tetapi bentuk kepala bayi saya tampak mengkhawatirkan. Kepalanya tampak benjol sebelah seperti bengkak, yang kata suster akibat proses persalinan.

Kemungkinan apa yang bisa terjadi pada anak saya? Berbahayakah keadaannya tersebut? Bisakah kepala anak saya bisa normal kembali? Jika memang bisa sembuh, berapa lama proses kesembuhannya? Apa yang harus saya lakukan untuk membantu kesembuhannya?

Ny. Mathilda, Surabaya

Proses persalinan yang panjang dan sulit, sering menyebabkan pengumpulan cairan di bawah kulit kepala bayi, sehingga kepala bayi terlihat bengkak/edema. Dalam istilah kedokteran dinamakan Caput Succedaneum . Pada umumnya, caput ini menghilang dalam kurun waktu 1 hari.

Benjolan lain yang sering terlihat di kepala bayi dan tidak menghilang dalam waktu 2-3 hari, dinamakan cefal hematom . Benjolan ini diakibatkan oleh adanya pengumpulan darah di bawah tulang kepala ( tulang parietal). Benjolan ini terlokalisir, dapat tunggal atau lebih dari satu (multiple ). Tergantung luasnya benjolan. Benjolan ini kadang-kadang baru menghilang sampai berbulan-bulan.

Untuk benjolan semacam ini, tidak ada terapi khusus, biarkan saja menghilang secara alamiah. Pada umumnya, benjolan ini tidak menimbulkan gejala sisa pada otak dan dampak pada perkembangan anak.

dr. Rinawati Rohsiswatmo. Sp.A
IDAI Jaya
Staf Divisi Neonatologi IKA, RSCM-FKUI

10 thoughts on “Trauma Kepala Bayi Baru Lahir

  1. saya pun br 23 hari melahirkan bayi perempuan..
    terdapat benjolan di kepala sebelah kanan. saya memang risau.
    harap jawapan doktor ini dapat melegakan sedikit perasaan gusar saya.

  2. ank sy jg terdapat benjolan di kepalanya, smpai skg umur nya 7 bulan benjolan itu tetap ada, saya sangat khawatir semoga benjolan itu akan hilang, mohon doa nya dr semua…

  3. berdasarkan pengalaman saya yang baru aja saya hadapi, kelahiran anak saya memang sedikit terhambat karena berat bayi yang lebih dari 4 Kg yakni 4,2 kg secara spontan( lahir normal). namun setelah lahir ada benjolan dikepala sebelah kiri yang lumayan luas seperti berisi air. menurut pendapat bidan yang menolong kelahiraan anak saya itu dianggap hal yang biasa, artinya nantinya juga akan mengeras dan hilang dalam waktu 1-2 bln kedepan. namun setelah umur 14 hari benjolannya seperti tidak ada perubahan. Yang kempes hanya dibagian pinggir saja namun cairan seperti terkumpul ditengah-tengah dan kelihatan malah semakin menonjol. Kemudian saya langsung ke dokter SPA katanya benjolan itu diakibatkan oleh pembuluh darah yang pecah akibat proses persalinan yang sedikit terhambat, dan harus segera dikeluarkan(di vacum/disedot). dan tanpa ragu lagi saya persilahkan dokter untuk melakukan penyedotan. Hasilnya memang sangat mengagetkan yaitu berupa darah yang sudah mulai menghitam sebanyak kurang lebih 50 cc.bayangkan jika tidak segera dikeluarkan, atau dibiarkan mengeras, kasihan kan anak kita.setelah dirawat selama 3 hari di rumah sakit, alhamndulillah benjolannya sudah hilang.

  4. anak saya skrg sudah 10bln.waktu lahir memang agak lama.dan setelah itu terlihat ada sperti bentuk benjolan tp agak memanjang di sebelah samping kanan dan kiri depan kepala.smpai sekarang blm hilang juga.apakah tdk apa2??saya takut kalo di kemudian hari bisa menimbulkan gejala yg lain.sudah saya tanyakan ke dsa nya katanya lama2 akan hilan dgn sendirinya.apa beanr sperti itu..??perlu diketahui lingkar kepala anak saya 46,5 pas dia usia 9bln.normal ga ya?mksih sebelumnya..

  5. keponakan saya baru lahir dan sekarang sudah berusia 2 minggu nampak benjolan dikepalanya yang kalo dipegang seperti ada cairan…. benjolan itu nampaknya membesar karena pas lahir tidak sebesar sekarang, sudah dicek pada dokter sepertinya tidak ada tempurung kepala dibagian benjolannya… malam ini juga mau dibawa ke rumahsakit lagi untuk di scan kepalanya…. apabila ada yang memiliki pengalaman yang sama mohon bantuannya untuk menceritakan dan menjawab kegelisahan keluarga kami saat ini melalui email saya vera_gaara26@yahoo.co.id mohon doanya untuk keponakan saya tercinta….terimakasih

  6. anak saya 21 bulan, ada benjolan di kepala sebelah kiri seperti ada cairan, benjolannya tiba-tiba ada dan agak besar padahal satu hari sebelumnya tidak ada, saya tanya pada anak saya katanya tidak sakit, keadaannya seperti biasa aktif, makan ya lahap. seperti tidak terjadi apa-apa ya sehat. cuman kepalanya saja yang benjol.

  7. anak saya usia 7 bulan,,,dan baru saya sadari terlihat seperti benjolan d leher tepat nya diibalakang kuping,,,,setelah saya raba,,,benjoln itu seperti nya dari dalam tubuh anak saya,,,apakah itu berbahaya

  8. Anak sy bru brumur 2 bulan. . .wktu lahir trdpat bnjolan lumayan besar pas d’bakang kpalanya,kta bidan yg menangani prsalinan sy,itu pengaruh kelamaan di pintu vagina,kepalax akn kmbali ke bentuk n0rmal,..tp knp sampai sekarang kepala bayi sy tetap memanjang…apkah ad efek negativnya dan bgaimana cara pengobatannya?

Berikan Balasan

