Mual di pagi hari dan Tanda-tanda Awal & Gejala Kehamilan


Sumber : http://www.sehatgroup.web.id

Morning sickness atau rasa mual pada pagi hari adalah salah satu pertanda dan gejala awal kehamilan yang paling sering terjadi, meskipun demikian anda mungkin salah seorang yang beruntung yang tidak pernah merasakan gejala-gejala awal kehamilan ini. Meskipun disebut “mual di pagi hari”, rasa mual dan muntah dapat terjadi kapan saja selama anda dalam masa kehamilan, dan 75% ibu hamil mengalaminya.
Berapa lama hal ini Berlangsung
Kehamilan yang dialami ibu hamil yang satu dengan yang lain bisa sangat berbeda – dari tipe gejala awal kehamilan, jangka waktu gejala tersebut terjadi – sampai pada pengalaman mengalami mual pada pagi hari.
Sebagian besar ibu hamil yang mengalami gejala mual di pagi hari ini merasakannya pada awal trimester pertama kehamilan. Mual ini biasanya paling parah terjadi pada periode ini, dan kebanyakan menghilang atau berkurang pada saat mendekati trimester kedua.
Keluhan yang paling sering dikemukakan mengenai morning sickness ini bukanlah soal muntahnya, tapi lebih pada rasa mualnya. Memang betul bahwa morning sickness bisa berujung pada muntah-muntah hebat, tapi banyak ibu hamil yang lebih mengeluhkan rasa mual yang dialaminya. Meskipun hamil dan mengandung janin sendiri adalah sesuatu yang membahagiakan, tapi mengalami morning sickness bukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Bila anda mengalami mual dan muntah yang parah, anda harus menghubungi dokter yang merawat anda agar dapat membantu anda menanggulangi masalah ini .
Bila anda termasuk salah seorang yang kurang beruntung karena mengalami gejala mual di pagi hari, cobalah tidak menjadi stres, karena hal ini dapat memperparah gejalanya. Ketahuilah bahwa banyak ibu hamil yang juga mengalami gejala morning sickness, dan ketahui juga bahwa rasa mual ini tidak berbahaya pada kehamilan anda, dan merupakan langkah yang diperlukan dalam proses kehamilan. Mual di pagi hari adalah salah satu gejala awal kehamilan yang paling sering terjadi.
Tips untuk Menghadapi Gejala Mual

Morning sickness dapat sedikit ditanggulangi dengan salah satu tip di bawah ini. Meskipun tidak ada obat untuk menyembuhkan rasa mual, tips ini bisa menjadi cara untuk mengurangi efek mual yang anda hadapi pada masa awal kehamilan anda.
1. Coba untuk makan dalam porsi lebih kecil tapi lebih sering, sehingga perut anda tidak pernah kosong.
2. Mengemut permen rasa jeruk bisa membantu mengurasi rasa mual yang disebabkan akumulasi saliva di dalam mulut anda – sehingga membantu mengurangi morning sickness.
3. Ada beberapa ibu hamil yang bisa mengurangi rasa mual dengan mengkonsumsi jahe dalam teh, dalam bentuk tablet atau dalam kue kecil.
4. Coba untuk makan makanan yang ringan, mudah dicerna seperti roti, kraker, kentang atau makanan lunak lainnya, karena ini bisa mengurangi rasa mual anda.
5. Letakkan makanan di dekat tempat tidur anda, karena bangkit dari tempat tidur bisa membuat anda mengalami mual dan muntah.
6. Ganti pasta gigi anda bila anda merasa rasa mual bertambah parah saat anda menyikat gigi anda
7. Hindari rasa stres karena tidak bisa makan makanan dengan menu seimbang, karena ini bisa menyebabkan anda lebih beresiko mengalami mual dan muntah.
Ditulis oleh: Brian Gardner

http://www.pregnancyetc.com/maternity_clothes.htm

About these ads

7 thoughts on “Mual di pagi hari dan Tanda-tanda Awal & Gejala Kehamilan

  1. saya mau tanya,mual pada pagi hari setelah makan pagi,apakah tanda kehamilan????
    saya belum pernah berhubungan intim!!!!!
    please d bls!!!!

  2. akhir2 ni q sering mual2 di pgi hari..kebetulan haid juga dah telat 1bln 2mggu.kra2 hamil ga ya…?coz siklus haidq ga teratrur.trus apkah tespack selalu akurat?jika hasilnya negatif knapa ya…

  3. akhir ini saya mengalami kayak tanda2 mau haid tapi udah berpa minggu saya tdak2 haid,payudara sakit,pingganpun sakit suka kumat,sy tes kata nya saya hamil,tapi saya pergi ke tukang urut kok saya tidak hamil,menurut anda saya hamil nggak ya

  4. saya selesai mens tanggal 2april dan ml tgl 11 april dan14 april siklus haid normal 28 hari lhat dri siklus atran aku mens tgl 30april tpi sampe tgl 28 mei telat dan sempat mengalami pening,mual,keram diperut disebelah kiri dan merasa penuh tpi di tespek negatif truz tpi tanggal 29 mei aku mens tpi sedikit2 tak seperti mens biasanya mw tanya apakah aku hamil? tolong jwb makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s