Apa penyebab krisis ekonomi Amerika Serikat


1. Penumpukan hutang nasional hingga mencapai 8.98 trilyun dollar AS sedangkan PDB hanya 13 trilyun dollar AS

2. Terdapat progam pengurangan pajak korporasi sebesar 1.35 trilyun dollar. (mengurangi pendapatan negara)

3. Pembengkakan biaya Perang Irak dan Afganistan (hasilnya Irak tidak aman dan Osama Bin Laden tidak tertangkap juga) setelah membiayai perang Korea dan Vietnam.

4. CFTC (Commodity Futures Trading Commision) sebuah lembaga pengawas keuangan tidak mengawasi ICE (Inter Continental Exchange) sebuah badan yang melakukan aktifitas perdagangan berjangka.Dimana ECE juga turut berperan mengdongkrak harga minyak hingga lebih dari USD 100/barel

5. Subprime Mortgage: Kerugian surat berharga property sehingga membangkrutkan Merryl Lynch, Goldman Sachs, Northern Rock,UBS, Mitsubishi UFJ.

6. Keputusan suku bunga murah dapat mendorong spekulasi.

Source Kompas 27 Jan 08

About these ads

43 thoughts on “Apa penyebab krisis ekonomi Amerika Serikat

  1. jika amrik mengalami krisis ekonomi indonesia mendapat keuntungan?????????????????????????????????????????
    sebutkan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. nanti akan ada phk besar-besaran di AS, dan akan ada gelombang TKAS (tenaga kerja asal AS) ke indonesia, kerjanya nyangkul di sawah

  3. hahaha ..
    amerika ngalamin krisis ??
    yaa itu mungkin memang sudah nasib kali yaa ..
    ya sabar aja deh !!
    smoga krisisnya cepat selesai ,
    karena apa yang dialami amerika tersebut banyak banget dampaknya untuk negara lain .
    terima kasih*

  4. kita sebaiknya cermati terus perkembangan penurunan rupiah. sambil waspada spy penurunan rupiah tdk membuat kita terpuruk dlm krisis ekonomi spt th 98.

  5. w stuju kalo ada pernyataan bahwa presiden AS sbagai penyebab krisis ekonomi global. ya ini nih hasil dari perang-perang yang dia gencarkan.terlalu banyak dana yang dikeluarkan buat membiayai perang.emang penting y?????bukankah damai itu indah?

  6. negara yan super power ajj , bz ngalamin krisis …

    gmn iia , keadaan dsnah ??

    dmpak bwd Indonesia aph tuch ?

    dy bkal ngejajah qta ga iia ??

  7. bukan nya itu yang sedang kita semua tunggu-tunggu?? tapi jelas kita juga terkena dampaknya, so mendingan kita mesti berusaha menghemat apapun itu.. awas krisis??

  8. Makanya kita jangan jadikan Amerika sebagai panutan kita karena mereka menggunakan kapitalisme dan sekulersme sebagai pujaan mereka..! saatnya kita mandiri dan menerapkan syariah secara kaffah

  9. Syariah, Liberalis, apa Sosialis semuanya berguna jika dijalankan dengan kesetiakawanan pada negara dan bangsa, semuanya tergantung HATI para pemimpin dan pelaku. menerapkan syariah jika toh pejabatnya yang ngaku ngaku begitu religius juga KORUP kayak pejabat kebanyakan Indon??? sama aja boooo

  10. hem.. Amerika mengalami krisis, Indonesia sengsara.. knapa?? karena amrik megang 20% ekonomi, dimana ekonomi dunia ini saling berhubungan bagaikan rantai… kalo amrik, sebagai rantai utama dunia hancur apalagi negara lain?? makin hancur pula.. apalagi indonesia??? indonesia aj udah terancam krisis pangan tahun 2009 nanti, walaupun ga tw bner atw ga.. tp amit2 kalo amrik mengalami great depression seperti tahun 1929 wkt itu… dampaknya ke indonesia bisa sangatlah besar sekali… O,o

  11. Amerika krisis! waduuuuuuuuuuh! kasian yaaaaaaaaa! biar pernah ngrasain jadi negara susah, ayo dukung produk dalam negeri!

  12. Krisis di Amerika Akan Berdampak di Indonesia ..
    Sebaiknya mulai sekarang kita konsisten dalam hal :
    – membeli produk domestik
    – tidak silau oleh produkluar, mall , dll
    – minimalisir makan junk food
    – jaga lingkungan sekalian (jangan buang sampah sembarang)

    Perlu gerakan membangun konsistensi
    salam

    Akmal B.Y

  13. Krisis d Amerika apakah merupakan sebagian siksaan yang di timpakan oleh Alloh swt pada suatu bangsa karena para pemimpinnya yang tidak punya rasa kasih sayang thd sesama???
    Mungkin qunut Nazilah yang di baca oleh orang2 muslim sedunia d kabulkan oleh Alloh swt karena tentara Amerika mengagresi bangsa Iraq yang tidak punya dosa…………………

  14. semoga krisis di usa makin parah dan negara 2 lain yg gak arogan muncul dg program ut. mengatasi krisis global ini ( i hate usa ;)

  15. semoga setelah obama jadi presiden krisis ini akan berlalu dan tidak manambah penderitaan rakyat okeyyyyyyy thanks

  16. AMRIK KRISIS,APALAGI KITA.TAPI PRASAAN PARA CEWEK DI SLURUH DUNIA GA NGALAMI KRISIS TUH.BUKTINYA MOLL TETAP AJA RAME DI IDOLAKAN.YA GAK PAK….HEHEHE

  17. sialnya ikut dalam ekonomi global, saat mereka (negara maju) rasakan madunya, kita hanya dapat remahnya.
    saat mereka di landa krisis, sudah pasti kita yang mendapat dampak paling menyedihkan…..!
    mau apa lagi, dari dulu kita cuma pelengkap mereka…..!

  18. emank udah pantes bgt tuch kalo amrik dikasih krisis global
    coz amrik tu udah banyak nyusahin negara lain
    kejam,gak berperasaan, sukanya hina negara lain
    pokokny aQ BERSYUKUR BGT AMRIK KRISIS GLOBAL<<<
    INI AZAB DARI TUHAN

  19. eh gw mau nanya nih,

    amerika kok bisa megang perkonomian di seluruh dunia ???
    knp eropa bisa kalah perekonomiannya sama amerika, padahal inggris kan juga negara maju ???
    faktor apa saja yg bisa menyebabkan amerika bisa memegang perkonomian dunia??

    secara logika kita ga bisa lepas dari amerika, mengingat amerika adalah negara terbesar ekspor negara indonesia. klo tanpa bantuan amerika, apa indonesia bisa maju???
    mengingat indonesia menganut sistem ekonomi pasar,

    mohon pendapatnya yah……

  20. klo gitu berarti parah bgt ya? coba kita lepas dari AS Indonesia kaya loh apa lg sekarang di bali Para petani kebun sukses seminggu rata2 uang besih 4 juta lo mana da yg dpt gji segt?tapi susahnya kta2 besar ya?

    tapi klo mesi2/ pralatan yang canggih datang dri As jg menrutku saling pengaruh…

    Pusing jg yae…??

    Siapa pakar yg paling tau?? tolong jga yae? klo lepas apa pengaruhnya kerugian berat?

  21. gimana tu amrerika. lunasi utang kok dikit-dikit. ati-ati nanti ada raja ekonomi yang lain yaitu china. gimana tuh dulu ngejek cina. sekarang koq dejzex china

  22. Saya mo tanya point ke 5. Kerugian dari macetnya kredit properti.
    Kenapa perusahaan otomotif yang lebih banyak membeli subprime mortgage?? Apa untungnya dari subprime mortgage??

  23. ibarat film Predator VS Allien, whoever win we loose ….

    negara lain berperang eeee ….. kita yang gak ikut2 dari dulu yang ikut menderita ….
    opo tumon, AS krisis kok dolar AS tetap naik kursnya ke rupiah ……

  24. memang awalnya tidak percaya kalau Amerika mengalami krisis ekonomi. Tapi tak bisa di pungkiri, memang itu yang kita mau. tapi tanpa sadar hal itu juga akan berdampak pada kita sebagai negara berkembang. jika amerika krisis, apalagi negara kita sendiri…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s