Mual Di Awal Kehamilan


Awal kehamilan Mual di pagi hari kelelahan dan gejala lain yang biasa terjadi

sumber : http://www.sehatgroup.web.id
1/22/2007
Masa awal kehamilan biasanya menyebabkan rasa tidak nyaman. Contohnya, timbulnya rasa mual dan kelelahan yang sangat, biasanya adalah gejala yang sangat umum terjadi. Gejala lain, seperti mimisan dan infeksi kandung kemih, sangat jarang terjadi.
Segera setelah anda hamil, tubuh anda mulai mengadakan beberapa perubahan besar yang membuatnya dapat menerima kehadiran janin anda selama 37 minggu yang penuh dengan pertumbuhan dan perubahan. Kelenjar-kelenjar pada sistem endokrin dan plasenta anda meningkatkan produksi hormonnya. Volume darah anda bertambah dan rahim anda membesar.
Pada bulan keempat kehamilan, anda akan merasa jauh lebih baik, biasanya karena tubuh anda telah beradaptasi dengan perubahan besar yang terjadi. Sampai saat ini tiba, anda boleh merasa tenang, karena gejala-gejala yang anda rasakan pada trimester pertama biasanya berarti anda menjalani kehamilan yang normal yang akan berakhir dengan baik pula. Mual pada pagi hari dan gejala lain yang anda rasakan pada saat ini biasanya akan dapat anda hadapi dengan baik. Berikut adalah urutan dari gejala-gejala yang paling sering dialami pada masa trimester pertama kehamilan.
Mual pada pagi hari
Seberapa sering hal ini terjadi?
Sekitar 70 persen ibu hamil mengalami mual-mual, terkadang diikuti dengan muntah, pada awal kehamilannya. Mual dan muntah ini paling sering terjadi di pagi hari, tapi bisa juga terjadi kapan saja. Walaupun anda tidak merasa mual, anda bisa saja tiba-tiba tidak menyukai suatu makanan tertentu, seperti kopi dan daging sapi, yang biasanya disebabkan karena baunya yang tajam. Selama anda bisa terus makan makanan yang bergizi dan mendapatkan semua nutrisi yang anda butuhkan, hal ini bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan.
Apa penyebabnya?
Tidak jelas apa yang yang menyebabkan terjadinya hal ini, akan tetapi hormon-hormon kehamilan yang membuat perut menjadi rileks dicurigai sebagai penyebabnya.
Berapa lama hal ini berlangsung?
Hal ini biasanya mulai berkurang pada usia kehamilan 13 atau 14 minggu, tapi ada ada juga yang terus menerus merasakan mual dan muntah sampai trimester kedua..
Bagaimana cara mengatasinya?
• Makan makanan kecil seperti biskuit sebelum bangun di pagi hari.
• Makan beberapa kali dalam porsi kecil sehingga perut anda tidak dalam keadaan kososng.
• Hindari semua yang dapat menyebabkan rasa mual.
• Banyak minum, terutama bila anda habis muntah. Anda dapat mencoba untuk minum es serut, jus buah atau es batu bila minum air menyebabkan anda merasa mual.
• Coba gunakan motion sickness band, yang mungkin dapat meredakan rasa mual dengan menekan titik accupressure di bagian dalam pergelangan tangan anda.
• Mengemut permen.
• Coba untuk memanfaatkan jahe, yang telah terbukti efekti dalam mengurangi rasa mual. Ada beberapa cara untuk mengkonsumsi jenis rempah-rempah ini termasuk menggunakan soda campur jahe, atau the, gingersnap atau jahe dalam bentuk kapsul.
Konstipasi (susah buang air besar)
Seberapa sering hal ini terjadi?
Konstipasi terjadi pada hampir setiap wanita yang sedang mengalami kehamilan.
Apa penyebabnya?
Adanya peningkatan hormon progesteron, yang memperlambat proses pencernaan, adalah salah satu penyebabnya. Ditambah lagi usus anda menyerap lebih banyak air, yang membuat kondisi feces cenderung lebih keras dan lebih sulit keluar.
Berapa lama hal ini akan berlangsung?
Tidak ada jangka waktu yang pasti, kesulitan untuk BAB ini bisa terjadi kapan saja selama masa kehamilan, tapi biasanya yang paling parah adalah pada saat minggu ke 13 sampai ke 14 masa kehamilan.
Bagaimana cara mengatasinya?
• Cobalah untuk makan dengan jadwal yang teratur.
• Minum air sebanyak-banyaknya – paling tidak delapan sampai sepuluh gelas sehari.
• Berolahraga setiap hari.
• Makan sayuran dan buah-buahan berserat tinggi, dan biji-bijian seperti gandum dan oatmeal.
Pusing- pusing atau pingsan
Seberapa sering hal ini terjadi?
Meskipun jumlah yang tepat tidak diketahui, mungkin dari setiap 20 orang, satu orang akan mengalami paling tidak sedikit pening selama kehamilannya. Tidak seperti yang sering digambarkan dalam film-film, jarang sekali ibu hamil yang mengalami pingsan..
Apakah penyebabnya?
Kehamilan menyebabkan terjadinya pembesaran yang dramatis pada pembuluh darah pada tubuh anda. Meskipun demikian, pada semester pertama kehamilan anda, volume darah yang anda miliki mungkin belum cukup banyak untuk memenuhinya. Hasilnya adalah tekanan darah yang menurun. Dua kondisi yang sering terjadi pada saat kehamilan – gula darah yang rendah (hypoglycemia) dan jumlah sel darah merah yang rendah (anemia) – juga dapat menyebabkan terjadinya rasa pusing. Dua hal terakhir ini mungkin memerlukan perhatian medis.
Berapa lama hal ini berlangsung?
Rasa pening atau pusing dapat terjadi kapan saja selama masa kehamilan, tapi sering kali terlihat pada awal trimester kedua, saat pembuluh darah anda telah membesar karena pengaruh hormon-hormon kehamilan tapi volume darah anda belum cukup banyak untuk memenuhinya.
Bagaimana cara menghadapinya?
• Bangun perlahan dari posisi duduk atau tidur.
• Jalan perlahan dan sering berhenti untuk istirahat.
• Hindari berdiri untuk waktu yang terlalu lama.
• Sebaiknya berbaring dengan posisi miring, bukan dengan posisi telentang. Gunakan bantal untuk mengganjal bagian bawah perut untuk membuat posisi ini lebih nyaman.
• Jaga jangan sampai kepanasan. Sauna dan berendam air panas dapat meningkatkan resiko terjadinya pingsan. Mandi dengan pancuran dan berendam dengan air dingin, gunakan AC bila diperlukan, hindari ruangan yang penuh dan terlalu hangat.
• Teruskan aktivitas fisik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Aktivitas yang baik termasuk jalan-jalan, aerobik dalam air dan yoga selama masa kehamilan.
• Banyak minum cairan, terutama pada siang hari.
• Makan makanan yang tinggi zat besinya, seperti kacang buncis, daging merah, sayuran berdaun hijau dan buah yang dikeringkan untuk membantu tubuh anda mendapatkan zat besi yang dibutuhkantubuh untuk membuat sel-sel darah merah.
Rasa lelah yang luar biasa
Seberapa sering hal ini terjadi?
Hampir semua ibu hamil melaporkan terjadinya peningkatan rasa lelah dan kebutuhan untuk tidur pada trimester pertama.
Apa penyebabnya?
Untuk membawa oksigen dan nutrisi ke janin, tubuh anda memproduksi lebih banyak sel darah dan jantung anda bekerja lebih keras dan lebih cepat. Terjadinya perubahan ini pada masa awal kehamilan menyebabkan trejadinya peningkatan kebutuhan dalam sistem sirkulasi tubuh anda. Pada saat ini, anda juga memproduksi lebih banyak progesterone, yang cenderung membuat anda mengantuk. Hal ini mungkin yang memicu terjadinya rasa lelah yang luar biasa pada masa awal kehamilan.
Berapa lama hal ini berlangsung?
Rasa lelah biasanya berkurang pada masa trimester kedua, tapi mungkin bisa kembali lagi pada trimester ketiga kehamilan, saat membawa beban tambahan seberat janin anda mungkin terasa melelahkan.
Bagaimana cara menghadapinya?
• Istirahat. Usahakan untuk bisa tidur pada siang hari atau setelah kerja. Bila anda perlu tidur pada pukul 7 malam agar dapat merasa segar, lakukan saja. Ini adalah gejala yang tidak ada obatnya selain tidur.
• Hindari untuk tanggung jawab yang terlalu besar. Kurangi kegiatan yang bersifat sukarela dan kegiatan sosial lainnya bila hal ini membuat anda kelelahan.
• Minta bantuan bila anda membutuhkannya. Sedapat mungkin, minta pasangan atau anak-anak anda untuk membantu.
• Olahraga teratur. Olahraga ringan, seperti jalan kaki selama 30 menit sehari, bisa membantu anda menjadi lebih sehat dan segar.
• Makan makanan yang berprotein dan berzat besi tinggi. Kekurangan zat-zat nutrisi ini bisa meningkatkan rasa lelah anda. Makanan yang mengandung zat besi dan berprotein tinggi termasuk daging merah, makanan laut, unggas dan telur. Sumber-sumber lain yang mengandung zat besi adalah whole-grain dan sereal yang mengandung zat besi, roti dan pasta.
• Hindari stimulan. Hindari kafein, yang dalam jumlah banyak bisa membahayakan. Produk yang dijual untuk menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi tidak aman untuk kehamilan.
Panas di ulu hati
Seberapa sering hal ini terjadi?
Lebih dari separuh ibu hamil merasakan panas di ulu hati, suatu sensasi yang tidak menyenangkan yang disebabkan oleh naiknya aliran asam dari usus ke esophagus, saluran yang mengalirkan makanan dari mulut ke perut anda.
Apa penyebabnya?
Konstipasi, banyaknya gas dan panas di ulu hati, semuanya adalah efek dari lambannya proses pencernaan, yang disebabkan oleh hormon kehamilan. Saat kehamilan berlanjut, faktor kedua – membesarnya rahim, yang dapat mendorong usus anda keluar dari posisi normal – bisa menjadi penyebab terjadinya rasa panas di ulu hati.
Berapa lama hal ini berlangsung?
Rasa panas di ulu hati dapat terjadi setiap saat selama kehamilan, tapi biasanya paling terasa pada trimester ketiga.
Bagaimana cara menghadapinya?
• Makan beberapa kali dalam porsi yang lebih kecil untuk menggantikan dua atau tiga kali makan dalam porsi besar. Makan secara perlahan-lahan, meskipun makanan anda hanya memiliki porsi yang kecil.
• Hindari pemicu terjadinya panas pada ulu hati, seperti gorengan, alkohol, coklat, permen mint, bawang merah dan bawang putih.
• Banyak minum, terutama air putih.
• Hindari minum baik, baik yang biasa maupun yang decaff karena akan memperparah rasa panas pada ulu hati.
• Jangan tidur dua atau tiga jam setelah makan malam. Bila rasa sakit itu datang saat anda dalam keadaan tiduran, naikkan kepala anda empat sampai enam inci lebih tinggi.

Perubahaan suasana hati
Berapa sering hal ini terjadi?
Meskipun frekuensi terjadinya perubahan suasana hati ini tidak diketahui, beberapa ibu hamil pada masa trimester pertama dan kemudian terjadi lagi pada beberapa minggu sebelum kelahiran, diketahui mengalami fluktuasi emosi dari rasa senang dan bahagia yang amat sangat menjadi rasa kesal dan depresi.
Apa penyebabnya?

Rasa tidak nyaman yang terus menerus, perubahan hormon dan ras cemas yang bisa dimengerti mengenai masa depan mempunyai andil dalam terjadinya perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Anda mungkin bisa merasa lebih baik bila anda mengingatkan diri anda bahwa emosi yang kuat adalah hal yang normal dan sehat. Dengan mengenali bahwa emosi anda sedang labil dapat membantu anda dan orang-orang di sekitar anda untuk menghadapinya.
Berapa lama hal ini berlangsung?
Perubahan suasana hati bisa terjadi kapan saja selama masa kehamilan. Bila anda biasa mengalami sindrom sebelum haid (PMS), anda bisa mengalami perubahan suasana hati yang lebih ekstrim lagi saat anda dalam masa kehamilan.
Bagaimana cara menanganinya?
• Makan makanan ditambah makanan kecil yang mengandung berbagai variasi buah-buahan dan sayuran segar dan whole grain secara teratur.
• Banyak istirahat (tidur).
• Minta dukungan keluarga dan kawan-kawan, tapi bila anda merasa sangat berat, hubungi dokter anda.
• Gunakan teknik relaksasi seperti meditasi, imajinasi mental yang terpandu dan relaksasi otot yang progresif.
Gangguan pada rongga hidung: Mengorok, hidung tersumbat dan mimisan
Berapa sering hal ini terjadi?
Seperempat ibu hamil mengorok, dibandingkan dengan 4 persen perempuan pada usia yang sama tapi tidak sedang hamil. Hidung tersumbat dan mimisan juga relatif sering terjadi.
Apa penyebabnya?
Saat lebih banyak darah mengalir ke membran-membran mucus di tubuh anda, saluran di hidung dan saluran udara anda membengkak, yang dapat menyebabkan terhambatnya aliran udara dan menyebabkan mengorok, hidung tersumbat dan mimisan. Meskipun mengorok biasanya hanya sedikit merepotkan, hal ini bisa dihubungkan dengan kondisi yang serius seperti tekanan darah tinggi (hypertension) atau gangguan tidur yang menyebabkan anda berhenti bernapas dalam jangka waktu pendek (sleep apnea). Perempuan yang mengorok selama masa kehamilannya mempunyai resiko terjadinya kehamilan dengan tekanan darah tinggi (pre-eklampsia) yang lebih tinggi.
Berapa lama hal ini berlangsung?
Masalah pernapasan dapat terjadi kapan saja sepanjang masa kehamilan.
Dapatkah anda mencegah ngorok?
• Tidur dengan posisi miring lebih baik daripada tidur dengan posisi telentang. Tidur dengan posisi telentang menyebabkan lidah anda tertarik ke belakang tenggorokan dan menutup aliran udara.
• Gunakan nasal strip untuk membuka saluran napas anda.
• Hindari menambah berat lebih banyak dari yang direkomendasikan oleh dokter anda.

Infeksi vagina dan keluarnya cairan pada vagina
Berapa sering hal ini terjadi?
Peningkatan cairan vagina teramat sangat sering terjadi pada kehamilan sebagai hasil dari meningkatnya pergantian dinding vagina anda.
Apa penyebabnya?
Menebalnya dinding vagina yang disebabkan oleh hromon menyebabnya timbulnya cairan encer, bening dan tidak berbau yang disebut leukorrhea. Cairan ini tidak berbahaya dan tidak perlu diobati. Ada caira lain yang disebabkan oleh bakteri atau infeksi. Bakteri vaginosis, contohnya, menyebabkan terjadinya cairan yang berbau tidak enak, berwarna kelabu kehijauan. Tanda dan gejala adanya infeksi meliputi adanya cairan vagina berwarna putih, kental yang menyebabkan gatal, panas dan kemerahan disekitar vulva dan vagina, dan menyebabkan susah buang air kecil. Bakteri dan infeksi ini tidak menimbulkan bahaya langsung pada janin anda, dan keduanya bisa diobati selama kehamilan. Infeksiini sering terjadi karena efek hormon kehamilan pada kondisi vagina. Bakteri vaginosis lebih jarang terjadi pada ibu hamil dibandingkan pada perempuan lain yang aktif secara seksual.
Berapa lama hal ini terjadi?
Cairan vagina berwarna keputihan lebih sering terjadi sepanjang kehamilan. Bila anda mengalami gejala gaji, bau, panas atau ketidaknyamanan lain pada vagina anda, itu mungkin berarti adanya infeksi dan harus dievaluasi dan diobati oleh dokter anda
Cairan pembersih vagina tidak akan membantu pada peningkatan cairan vagina yang normal dan justru bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada rahim anda yang dapat mengakibatkan terjadinya kelahiran prematur. Jangan pernah menggunakan cairan pembersih vagina selama masa kehamilan.
Masalah-masalah lain
Sakit kepala sering terjadi pada masa-masa awal kehamilan tapi jarang yang serius. Bila anda sering menderita sakit kepala, tanyakan pada dokter anda mengenai penggunaan acetaminophen saat rasa sakitnya mulai terasa. Rasa sakit pada punggung biasanya terjadi pada usia kehamilan yang lebih tua tapi dapat terjadi juga terjadi pada trimester pertama, terutama bila anda sudah pernah hamil sebelumnya.
Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada masa kehamilan dan harus diobati bila terjadi. Sering buang air kecil sangat umum terjadi pada masa kehanilan karena rahim yang membesar menambah tekanan pada kandung kemih anda. Rasa sakit pada saat buang air kecil bisa jadi merupakan gejala infeksi saluran kemih dan harus segera dievaluasi oleh dokter anda.
Selain itu anda juga harus segera menghubungi dokter anda bila anda mengalami hal-hal sebagai berikut:
• Timbul flek dari vagina
• Adanya pendarahan dari vagina yang diikuti oleh ras sakit, demam atau kedinginan
• Ada gumpalan yang keluar
• Sakit kepala yang parah dan berkepanjangan, terutama bila disertai dengan pusing, pingsan, mual atau muntah, atau adanya gangguan visual
• Sakit pinggang yang parah atau ringan
• Sakit pinggang yang tidak segera hilang dalam waktu empat jam
• Nyeri yang diikuti dengan demam atau pendarahan
• Muntah diikuti dengan nyeri atau demam
• Demam atau kedinginan (102 derajat fahrenheit atau lebih)
Rasa mual di pagi hari, rasa ngantuk di siang dan sore hari, rasa panas di ulu hati dan gejala-gejala awal lain yang anda rasakan merupakan peringatan keras bahwa tubuh anda sedang mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin anda. Bila anda mendapatkan cukup istirahat dan menjaga agar diri anda sedapat mungkin tetap nyaman, maka anda dan janin anda akan berhasil melalui masa kehamilan ini dengan baik.

About these ads

4 gagasan untuk “Mual Di Awal Kehamilan

  1. saya baru hamil jalan 7 minggu predksi dr, dan ini anak ke 2, tapi saya merasa mual pusing seharian … kalo waktu makan rasa itu akan hilang, tapi kalo lagi tidak makan, akan muncul lagi, terus2 bgt, saya sampe capek….. apkah hal ini wajar ???thanks for the helps..

  2. Waktu hamil anak pertama saya selalu merasa sehat walaupun ada rasa mual sesekali. Tapi mulai saya hamil anak ke dua ini aku selalu sakit – sakitan. keluhan yang paling berat adalah rasa nyeri, panas dan kembung di ulu hati, ini berawal dari saya makan mie instan dan minum jus jeruk. selain itu aku juga selalu kedingingan walaupun teriknya mata hari.

    Saya bingung atas perubahan ini, saya sudah mencoba berkonsultasi pada dokter tapi tidak ada hasil.
    Sampai saat ini usia kehamilanku 2 bulan penuh tapi rasa sakit itu belum ada kurangnya.
    Seandainya penulis diatas dapat memberikan masukan pada saya mohon balas di email saya, aku ingin mengurangi rasa sakit yang berkepanjangan ini karena sangat mengganggu aktivitas saya sebagai karyawati.

    atas perhatian saudara saya mengucapakan terimakasih

  3. SAYA MAU TANYA APAKAH SEKARANG SAYA HAMIL,saya datang haid pada tanggal 28 juni biasanya klo dah tanggal 28 pasti dah datang haid g pernah telat.skrng dah 28 blum da tanda2 mau dtng haid.payudara mulai membesar n berisi juga terasa sakit.apakah saya hamil??saya mohon dbalas ya ke email saya.stress saya ampe tekanan darah saya naik

  4. ini adalah awal kehamilanku,10 minggu sudah berjalan. sebelum menyadari bahwa saya hamil, tubuh saya biasa saja. hingga meninjak bulan ke tiga rasapusing dan mual semakin meningkat dari biasanya. saya anggap biasa karena saya memiliki maag. namun pada intinya, untuk mengurangi itu semua saya meyakinkan diri saya bahwa ini adalah takdir. dan saya insya allah mampu menghadapinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s