LEHER JANIN TERLILIT TALI PUSAT


sumbser : NAKITA
Saya (26) ibu seorang putri umur 26 bulan. Saat ini saya sedang hamil anak kedua dengan usia kehamilan 37 minggu. Di minggu ke 36 saya diopname karena demam berdarah dan febris. Febris ini sudah saya alami sejak kehamilan berusia 28 minggu tanpa mengeluarkan vlek atau cairan (keputihan maupun cairan ketuban). Selama diopname saya mendapat 2x suntikan untuk mematangkan paru-paru dan jantung janin. Menurut dokter dikhawatirkan saya melahirkan sebelum waktunya dan BB bayi saya relatif kecil, hanya 2.450 gram. Hanya saja dari pemeriksaan USG terakhir tali pusat berada di leher janin (1 lilitan)
Yang ingin saya tanyakan, berbahayakah bagi janin jika menunggu kelahiran di usia kehamilan 40 minggu dengan kondisi lilitan tali pusat di leher? Apakah tali pusat ini bisa lepas atau justru sebaliknya semakin kencang dan banyak lilitan jika gerakan janin aktif? Apakah yang harus saya lakukan untuk mengatasi bahaya ini? Kata dokter selama denyut jantung bayi tidak lemah, saya bisa melahirkan spontan. Jujur saja Dok, saya takut menjalani operasi sesar. Lagi pula katanya dengan sesar jumlah anak jadi terbatas, padahal saya ingin punya banyak anak. Terima kasih atas jawabannya.
Syarifah – Cipinang Lontar, Jaktim
Demam pada wanita hamil akan mempengaruhi kondisi janin, apalagi bila terjadi infeksi atau masuknya kuman ke dalam cairan ketuban dan tubuh janin. Pemberian antibiotika dan penurun panas harus segera dilakukan bila dicurigai Ibu mengalami infeksi. Saat persalinan, perlu dilakukan pemeriksaan biakan kuman dari cairan ketuban dan darah janin (darah tali pusat). Hal ini penting untuk penanganan selanjutnya dari bayi Ibu.
Adanya lilitan tali pusat pada janin sulit dipastikan. Dengan teknologi yang ada saat ini, misalnya USG doppler berwarna dan 3D ditambah pemeriksaan rekam jantung janin (kardiotokografi) hanya mampu menyatakan kemungkinan besar janin Ibu terlilit tali pusat di lehernya. Bila jumlah lilitan tersebut hanya satu dan kepala bayi normal serta imbang janin panggul baik, dapat saja Ibu melahirkan normal. Yang penting adalah pemantauan denyut jantung janin dan gerak janin. Bila Ibu merasakan gerakan janin berkurang (kurang dari 10 kali dalam 24 jam) atau gerakannya sangat berlebihan, segeralah ke rumah sakit.
Lama kehamilan normal adalah 38¬42 minggu. Selama kondisi janin Ibu normal, jumlah air ketuban normal, dan aktivitas denyut jantung janin normal, Ibu dapat menunggu persalinan hingga usia 41 minggu. Bila pada usia 41 minggu belum lahir, dokter akan melakukan evaluasi ulang secara menyeluruh untuk menentukan apakah akan dilakukan induksi persalinan, menunggu satu minggu lagi, atau melakukan operasi seksio sesarea. Di Jakarta Ibu dapat melakukan konsultasi dengan dokter di Subbagian Fetomaternal RSPAD Gatot Soebroto atau RSUPN Cipto Mangunkusumo. Terima kasih atas pertanyaannya.

sumber : IDAI
Leher Terlilit Tali Pusat

Anak saya, sekarang berumur dua minggu. Ketika lahir (proses persalinan normal), lehernya terlilit tali pusat. Berat badan ketika lahir adalah 3,2 kg dengan panjang badan 49 cm. Selama dua minggu ini ia minum dengan baik, sering buang air kecil dan kalau malam sering terbangun.

Hal yang saya khawatirkan adalah gangguan yang mungkin terjadi di otaknya. Mungkinkah lilitan di leher ketika masih di dalam rahim itu dapat mengganggu perkembangan otaknya di kemudian hari?

Seberapa banyak bayi dalam rahim mengalami lilitan tali pusat? Bagaimana kami bisa mengetahui jika perkembangan otaknya terganggu? Tindakan apa yang harus kami lakukan untuk mencegah gangguan yang mungkin terjadi?

Ny. Triwarti, Yogyakarta

Dua puluh sampai tiga puluh persen janin dalam kandungan dapat terlilit tali pusat. Tergantung tingkat jeratan tali pusat pada keadaan yang ekstrem dapat terjerat kuat di banyak tempat, sehingga dapat terjadi :

* Gangguan proses persalinan normal ( bayi tidak turun ke rongga panggul menuju jalan lahir). Persalinan diakhiri dengan operasi caesar.
* Jeratan pada leher janin yang kuat dapat menyebabkan hipoksia (kekurangan oksigen), sehingga bayi dapat mengalami sindrom gangguan nafas berupa sesak nafas.
* Bayi Anda lahir normal, tidak ada komplikasi. Yang perlu dilakukan adalah pemantauan tumbuh kembangnya oleh dokter anak. Bila tumbuh kembangnya normal, berarti bayi itu sehat.

dr. Rinawati Rohsiswatmo. Sp.A
IDAI Jaya
Staf Divisi Neonatologi IKA, RSCM-FKUI

13 thoughts on “LEHER JANIN TERLILIT TALI PUSAT

  1. dok saya baru periksa kehamilan dan di usg, alu dokter usg mengatakan tampak tali pusat di sekitar leher, lalu dokter memberikan keterangan bersalin dirumah sakit, soalnya saya periksa di puskesmas. saya jadi lemes dan strees karena saya takut dioperasi,yang ingin saya tanyakan
    1. apakah terlihat tali pusat disekitar leher itu berarti bayi saya terlilit tali pusat?
    2. apakah saya bisa melahirkan secara normal?
    terimakasih ya dok GBU

  2. dokter, setelah saya melakukan pemeriksaan USG dalam usia kandungan 35 minggu ternyata dokter mengatakan janin bayi saya ada lilitan tali pusar sebanyak 2 ikatan di lehernya. apakah itu berbahaya ? apakah bisa saya melahirkan normal ?? terus berat bayi saya sekarang hanya 2.030kg, apakah masih batas normal dalam usia kandungan 35minggu ? trm ksh

  3. waktu kehamilan 37 minggu janin saya juga terlilit tali pusar 1 lilitan, satu minggu kemudian nambah jadi 2 lilitan, 1 minggu kemudian berkurang jadi 1 lilitan lagi. yang saya khawatirkan adalah sampai sekarang (39 minggu) kepalanya belum juga masuk panggul, saya takut itu pengaruh lilitannya, ngeri kalo harus melahirkan dengan cesar…. :(

  4. dok, apakah ada cara supaya janin terlepas dr lilitan tali pusat, saya takut kalau lilitannya keterusan dan harus operasi caesar.saat ini posisi janin masih melintang dgn kepala di perut sebelah kanan.usia janin kurang lebih 24- 26 minggu. Saya khawatir dok.sampe kepikiran terus.apa ada solusi spy kondisinya normal kembali?…trims dok.

  5. dok, saya melakukan USG saat kehamilan saya memasuki usia 34 bulan, kata dokter yang menangani saya bayi didalam perut sungsang, asaya dianjurkan melakukan terapi seperti sujut ketika shalat,2 mnggu kemudian saya melakukan USG lagi katanya bayinya masih sungsang malah terlilit tali pusar sehingga bayi kesulitan untuk memutar dirinya keposisi normal, dok apakah ada cara supaya bayinya terlepas dari lilitan tersebut sehimgga bayinya bisa memutar ke posi2 normal kembali, dan saya bisa melahirkan normal tanpa operasi (ini kehamilan saya yang pertama). makasih dok

  6. saya pun mengalami yang sama, pada usia kehamilan 6 bulan dinyatakan oleh dr bayi saya terlilit tali pusat. sampai saat ini usia kehamlan saya 33 minngu ternyata belum ada perubahan, saya jadi khawatir , semoga ada keajaiban dan pertolongan Allah disaat memasuki 9 bln dan persalinan nanti, kita harus banyak berdoa selain berikhtiar. berikanlah jalan kemudahan bagi kami para ibu yang akan melahirkan amanahMu ini ya robb…. aamiin

  7. dok, apa bs melahirkan normal dengan keadaan posisi baby saya terlilit tali pusar n pinggul saya pas ( tidak besar maupun kecil )? usia kandungan saya skrg 38 minggu dan posisi baby sdh turun ke jalan lahir!! apa ada kemungkinan saya dapat melahirkan normal tanpa harus operasi cesar dengan keadaan baby terlilit talipusar dan pinggul saya yang pas-pasan?? makasi sblmnya dok..

  8. dok,, saya melahirkan bayi anak saya dgn usia 34 minggu dan anak saya meninggal karna terlilit tali pusat…….
    tp saya tdk melakukan USG jd saya tdk ada adanya lilitan pusat pada leher bayi saya….
    ketika sebelum melahirkan pada usia kandungan 33 minggu saya mengalami demam dgn panas yg tinggi dan mulai dari saat itu gerakan bayi dalam perut saya mulai berkurang tetapidenyut jantungnya terdengar keras…..

    seharusnya apa yang saya lakukan jika saya mengetahui adanya lilitan pusat pada keher bayi….

  9. Selamat Sore Dokter,

    Mohon informasinya : istri saya sekarang sedang mengandung dengan umur bayi 22 minggu. Kemarin istri saya baru diUSG, dari USG tsb dokter tempat saya periksa menyampaikan bahwa di leher bayi istri saya ini terlilih 2 tali pusar di lehernya.

    Saran dari dokter saya diminta periksa kembali ke RSCM karena alatnya lebih bagus dan sekaligus meminta saran dan masukan dari dokternya nanti.

    Mohon info dan sarannya dokter, kira-kira kondisi bayi istri saya bagaimana? sekedar info

    Sebelumnya terima kasih

    Salam,

    Kuntarto

  10. Dok , saya ibu (20th) usia kehamilan saya memasuki usia 8 bulan ,dan dokter menyatakan ada 2 lilitan tali pusar dilehernya. Saya meminta saran dokter bagaimana seharusnya yg saya lakukan supaya lilitan tali pusarnya terlepas . karena saya ingin melahirkan secaranormal dok. Tapi kata dokter yg menangani saya posisi bayi sudah bagus dan air ketuban jernih,
    Mohon aolusi nya.
    trims dok

  11. saya baru saja melahirkan anak pertama saya,usia kandungan 35mingg.2hari saya baru tau kalau bayi didalam kandungan sudah meninggal dokter bilang karna tersimpul tali pusarnya jadi bayi kekurangan oksigen,pada hal saya baru 2mingg habis kontrol kondisi bayi baik2 saja and sudah dalam posisi kepala bayi dibawah.tapi setelah 2mingg berlalu kenapa posisi bayi saya kepala bisa berada disamping.apakah karna bayi yang terlalu aktif ?
    atau ada yang lain

  12. Dok Hari ini saya usg uk 30w4d dan hasil nya posisi kepala bayi sudah di bawah,posisi plasenta bagus,air ketuban cukup tp leher bayi nya kelilit tali pusar 2 lilitan,apakah saya masih bisa melahirkan dengan normal tanpa membahayakan bayi.. Apa yg harus saya lakukan agar tali pusat nya bisa terlepas

Tinggalkan Balasan

