Cara Mengatasi Bingung Puting


Cara Mengatasi Bingung Puting di Usia 3-4 Bulan :
1. Menyusui sambil digendong, diayun-ayun disenandungkan. Terus tawari nenen.
2. Suasana ruangan harus sunyi sepi dan lampu juga jangan terang-terang banget.
3. Tawari nyusu langsung terus menerus setiap 15 menit sekali.
4. Pulang kerja secepat mungkin untuk langsung nyusui. Jangan makan atau ngapa-ngapain dulu. Mandi terus langsung susui bayi dulu. Biar dia ingat kembali akan menyusu langsung.
5. Jika tidak kerja atau libur bawa bayi kemana ibu pergi jangan ditinggal dan dikasih dot lagi
6. Kalau bisa stop pemakaian dot botol.
7. Jika tidak bisa distop, coba komunikasikan terus bahwa “kalo sama ibu, dede nenen langsung kalo ibu kerja dede nyusu botol”. Terus menerus kasih pengertian. Bayi itu sangat pintar.
8. Kalau bayi sudah menginjak usia 6-7 bulan dan dah kenal ibunya, ga mau sama yang ga dikenal. Biasanya bingung putting ini berakhir. Tapi tetap konsep pulang cepet dan libur bawa bayi kemana-mana jangan lupa. Kalo ngga si bayi mungkin bisa lupa lagi.
9. Mungkin bisa dicoba pake dot ortodentik atau search di internet sudah ada banyak dot yang ga bikin bingung putting. Mudah-mudahan benar dan ga hanya sekedar iklan. Dengan dot begini diharapkan hisapannya itu sama dengan waktu menyusu dari ibunya. Jadi ga terlalu mudah menghisap susunya.
Ditulis dan dipraktekkan oleh : lutvita

About these ads

8 thoughts on “Cara Mengatasi Bingung Puting

  1. aq juga punya masalah yang sama, tadinya bayiku baik-baik saja dengan menyusu botol, tapi lama kelamaan dia jadi terbiasa dengan ASI dan ga mau minum susu botol, repotnya aq bekerja dan baru bisa menyusui lagi di jam istirahat kantor, minta solusinya dong…(bunda eyza)

  2. ak ad mslh ni mba,,babyku dulux ak sambung pke susu formula (dot) tp asi jg msh tetep jalan,pertamax dia lebih suka menyusu langsung,tp lama2 selang beberapa bulan dia babyku malah ga mau menyusu langsung dg aku,pngnx lwt dot trus,,ud ak coba lepas dotx pelan2 tapi tetap g mau mnyusu lngsng,ud ak cb jg dot yg mirip payudara ibu tp babyku ga mau,,malah mau dot yang dulu..ak jd bingung mba,,ad saran?
    trims

  3. hallo…
    dot ortodentik itu belinya dimana ya? babyku usianya baru 2 minggu, dia nggak mau nenen jadinya sama ak asinya dipompa dan dimasukkan ke dot,,soalnya ak kan caesar jd dr pertama lahir dia nggak IMD……skrg dia maunya dot terus…gimana ya?? terus katanya kalo asi dipompa melulu bisa cepet kering ya asinya??bingung nih hiks….

  4. Assalamu’alaikum wr.wb
    bayiku usianya jg br 2 minggu, dr hari pertama mnm ASI trs, ….tp trs ta cb pake ASIP dgn dot, setelah itu ko g mau menyusu ASI???
    . klo kususui dia meronta-ronta dan nangis, skrg ini ak memompa ASI trs dg tujuan tetep memberikn ASI eksklusif walopun dg dot, apakah ada efeknya klo payudara dpompa trs?…kemudian, apa solusinya menghadapi bayi bingung puting?? mohon solusiny…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s