Cara Mengatasi Anak 2 tahun Susah Makan


Cara Mengatasi Anak 2 tahun Susah Makan :
1. Jika anak sudah 2 tahun. Susu bukan kebutuhan utama jadi stop susunya.
2. Setelah susu berhasil di stop. Berikan nasi lembek dulu mungkin dia kebiasaan minum susu jadi sudah malas mengunyah yang keras-keras. Berikan makanan yang enak tentunya baik dari rasa dan penampilan. Anak juga tahu makanan enak dan tidak enak. Tapi tetep perhatikan gizi dari makanan ya..
3. Buat suasana makan menyenangkan. Jangan terlalu memaksa dan jangan juga kebanyakan bicara seperti : “ayo makan dulu nak”, “ayo buka mulutnya”, “tinggal dikit lagi nih makanannya (padahal masihbanyak)”, “kalo ga makan makanannya dikasih kucing ya”, “sini makannya dihabiskan dulu”. Ga perlu kata-kata itu. Kalo anak sudah senang dan lapar tentunya dia pasti mau makan. Lebih baik ikuti kemana anak pergi. Sambil bercerita tentang sekitar atau apa aja. Sambil suapi dengan telaten.
4. Biarkan anak makan sendiri. Memang berantakan. Tapi anak sedang eksplorasi, belajar menyuap sendiri. Biarkan anak yang control rasa lapar dan kenyangnya. Kalo anak sudah tidak mau makan jangan paksa disuruh habiskan.
5. Sediakan cemilan sehat disekitar anak yang bisa langsung dicomot kalo dia merasa laper tapi sedang asik main.
6. Batasi waktu makan hanya ½ jam. Jangan sampai kelamaan.
7. Sekian dulu tips dari saya.. to be continued kalo ada ide lagi…
Ditulis dan dipraktekkan oleh lutvita

About these ads

27 thoughts on “Cara Mengatasi Anak 2 tahun Susah Makan

  1. anaku makan sulit sekali. Jadi ku kompen ama susu selagi dia tidur… itulah jalan terakhir yg bisa kutempuh untuk mempertahankan status gizinya…

  2. anakku 20 bulan udah bisa makan masakan keluarga tapi yang tidak pedas, itu gunanya dia dari bayi tidak bisa minum susu dari botol jadi gampang ke proses makannya. kan repot kl harus masak nasi dua kali, satu untuk keluarga dan satu untu si kecil.

  3. sorry lah anak saya langsung tak nak makan apa-apa hanya susu .saya sudah bagi banyak jenis makanan. still tak nak juga so sa nak buat apa

  4. @theres, susunya gimana, nanti ga mau makan ternyata kebanyakan susu. anak diatas 2th ga minum susu jg gapapa. coba jgn dikasih susu seharian. jelasin arti makan kenapa harus makan dgn fun jelasinnya. dan kalo anak normal pasti ada rasa bertahan hidupnya dan ga akan membiarkan dirinya kelaparan. biarkan dulu dia merasa sangat lapar nanti dia pasti minta makan. kuncinya itu jgn dikasih susu.

  5. anak saya termasuk anak yg gampang makannya, ngemil juga, minum susu juga. makanan orang dewasa pun dia mau tetapi kita harus hati2 juga jgn sembarangan terkadang makanan kita ky mie instant tp dia sangat suka.

  6. anak aku yang parah banget kayany dy kay gk punya nafsu makan,,dy gk maw apapun jnis makanan,,gk suka nasi seprti “jijik” gitu sama nasi,,padahal sbelum 1 1/2 tahun makan nya banyak cuma hrus di tim,, sama susu aja skrang jga biasa aj klu di suapin ya diminum klu gk ya gk minta,,gk pernah laper kyanya aku jdi STRESSS,,berat,,tpi berat badan normal n anaknya aktif cuma aku takut aj klu akan berdampak buruk di kemudian hari,,cuma aku klu bikin susu aku slalu campur dngan air tajin,,maksudnya biar dy dapet karbohidrat,,soalnya dy gk pernah nyemil apa2,,paling cuma nyicip2 padahal aku uda coba kasih dy apa aj,, tapi tetep aj nihil!??

  7. my boy sdh makan bubur nasi sejak berumur 4 bulan, makan nasi lembut ketika berumur 8 bulan dan sejak dia sudah tahu berjalan ( lebih kurang 1 tahun 1bulan) saya dah berikan nasi keras(yang sama untuk keluarga tetapi diperbanyakkan sup@ kuah).hingga kini dia suka makan begitu, mahu ada mangkuk sendiri, sudu sendiri n gelas sendiri. Dia tahu menyuap sendiri dalam umur 1 tahun setengah..tapi memang berantakan la…heheheheeh..kini tak susah beri dia makan, ada mangkuk,sudu, gelas sendiri dah ok.

  8. anakku berumur 2,5 tahun ga bisa makan nasi. Sampe sekarang msh dkasih promina nasi tim dgn rasa yg berbeda. 1 hari bisa makan 4x. Sudah dcoba makan nasi lembek, bubur buatan sendiri tp ga mau. Malah dia muntah2. Tp dia suka makan roti, cemilan yg keras kyk kerupuk gt. Gmn crny biar dia suka makan nasi?

  9. aulia putriku umur 22 bulan susah makan klo drumah, bisa minta resep masakan anak yang enak bergizi, dan gampang buatnya donk.tks

  10. anak saya sudah 19 bulan,makannya kadang2 susah dan kadang2 gampang tp masih saya kasi susu juga sih..kadang saya bingung harus buatin lauk pauk apa soalnya saya tidak terlalu pintar memasak.

  11. anakku 2 tahun 3 bulan…ga mau minum susu pake botol..masih asi sehingga belum bisa lepas dari mama…jadi repot kalo ditinggal tinggal atau diajak pergi jauh….kalau soal makan harus bervariasi…kalo dah 2 kali makanan yang sama suka bosan…

  12. Kl anak ku.. Mw makan tapi paling cuma 2atau 3 sendok. Selanjutnya geleng2 kepala.. Jd pusing.. Smpe saya tetep memberilannya. Tajin di campuran susu nya…

  13. anaku fattan umur 2thn susah bnget makan nasi tp mkan cemilan ky tempe,tahu roti selain nasi dia mau.Dia doyan banget minum susu, akhirnya susunya kucampur aja sama promina biar dpt karbohidratnya krn aq kdg stress bikin lauk apa ja dia ga mau, anaknya she aktf bnget tp aq tkt smpe dewasa ga suka nasi gmana nih dok?

  14. aku punya ponakan umur 2 tahun dia susah makan sayur bagaimana caranya kalo ponakan ku untuk makan sayur yah paling saya kasih buah2an
    tolong bantu yah biar ponakanku suka makan sayur

  15. anakku susah makannya hanya beberapa hari saja.tapi kl sdah ssah mkan bisa 3 hri g makan,gak mau susu,kue juga g mau dan brat bdnnya lngsung trun bnyak.gimana cranya spya mau mkan,dan gizinya ttap trpenuhi???

  16. anak ku umurnya 2thn 7bln,dia susah baget disuruh makan,tp kl cemilan dia mau ky roti tawar dia mau sie?kl di bilang nasi gak doyan.tp anak aq gak suka sama sayur,daging,ikan.dll.gimana ya solusinya?
    ini anak ke dua saya juga sama dia baru umur 11bln dia jaga gak mau makan jaga tp dia mau makan yg org dewasa apa bisa dia makan punya kita dok?
    thx

  17. anaku sekarang dah berusia 1,9 tahun, dari dulu dia susah banget makan,, susupun dia ngk minum
    dia minumnya soya bean kotak.. asalkan soya kotak.. aduhh sterss ak…
    gimana yaa biar ia mo makan??

  18. anaku umur 19 bln,berat bdanya 18,6kg itu bln kmrin,anaku doyan bgt mkan plus mnum susu aplg ama yg namanya air mineral 500ml pun lngsung di hbisin ama anaku,aq sampe kasian liat purutnya…
    gmn caranya ngatasi ini smua…

  19. Anakku 19 bulan, susah makan bgt, nyusu juga musti di rayu2.Kalo makan musti jalan2 trus ga bisa mangap.jd posisi nyuapin harus sebelah kanan, jepit kpala pake tgn kiri,tgn kanan nyuapin.kalo ga kpalanya kesana ksni.bikin stresssss

  20. Kemaren waktu anakku ga mau makan, solusinya susu dikurangi 50% takarannya, dan hanya diberikan 2 jam sebelum waktu makan. Semua cemilan spt biskuit, buah berkarbohidrat tinggi kaya pisang stop dl. Kalo dia terlihat lapar diantara waktu makan, dikasih sepotong buah saja. Hasilnya dia mau makan nasi dg lauk pauk plus sayur lagi. Harus tega dan konsisten untuk memotong jatah susunya…

  21. Anakku dua, cewek 3th dan cowok mau 2 th.Dulu yg cewek wktu 2 th juga susah makan ampe aku bingung trs nangis cz segala cara da ditempuh tp nihil.Akhirnya kubiarkan aj selama dia masih minum susu dan sedikit ngemil, eh lama2 dia br mau mkn nasi lagi& skrg makannya lbh lahap dari sebelumnya.Moga2 seperti itu trs.Skrkg anak cowokku yg hampir 2 th kok sama kayak kakaknya,susah makan nasi.Akhirnya kutambah susu formula aja ditambah cari snack yg ada kandungan karbohidratnya.Kalo yg ini aq g ampe stess mikirnya.Krn pengalaman, mungkin dia lagi sariawan atau apalah..cz sebelumnya mau mkn nasi kok..so artinya bukan gangguan pencernaan..ntar juga kembali biasa.Yg penting qt cari tau dulu penyebabnya br cr solusi.Moga2 seterusnya anak2 mau makan nasi& lauk2nya sehingga selalu sehat riang dan cerdas.AMIN.

  22. ANAK SUSAH SEKALI MAKAN,DAN MINUM SUSU MAUNYA MINUM SUSU IBU TERUS, KLO MAKAN HANYA DI CICIPIN TERUS GAK MAU. DIA PUN G PERNAK MINTA MAKAN AKU SEDIAKAN MAKAN CAMILAN DIRUMAH HINGGA LEBIH GAK DIMAKAN MAU NYA BELI TAPI DIA HANYA BELI DONG TAPI SETELAH BELI GAK DIMAKAN, GIMN YA MENGATASI MASALAH TERSEBUT, ANAKKU AKTIF SEKALI WALAUPUN G SUKA MAKAN

  23. anakku agustus ini 2 thn kalo makan nasi putih sama lauk pauknya susah banget….tapi kalo dibikin nasi goreng makannya lahap sekali cuma masa saya kasi nasi goreng tiap hari,sewaktu umur 1 sd 1 1/2 makannya bagus nasi+sup+ikan/daging dimakan smua gak tau kenapa sekarang bgtu, udah pilih-pilih makanan mana yang dia suka bikin stress….makanya karena takut kurang nutrisi saya kasih susu aja. saran dari ibu lutvita diatas saya mau coba terapkan semoga berhasil ya bu :-) thanks

  24. anakku dh 1,9th beratnya cm10kg aja gk pernah nambah2 sjak umur 1th.dia cm mau ASI dan gk mau Sufor..dan jg gk mau mkn..jd bingung gmn nanti mau stop ASI nya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s