Cara Memerah ASI dengan Tangan Dikantor


Cara Memerah ASI dengan Tangan Dikantor:
1. Cuci tangan yang bersih.
2. Siapkan 2 botol yang kecil (60ml) dan besar (120ml), 1 untuk tempat ASI yang sedang diperah, satu lagi untuk menampung ASI di PD sebelah yang netes.
3. Buka baju bagian depan atau buka semua boleh. Dan gantung baju ditempat yang aman dan bersih.
4. Masukkan botol ukuran 60ml ke dalam bra PD sebelah kiri. Jadi botol ditahan sama bra.
5. Mulai stimulasi Let Down Reflek (LDR) supaya keluar. Dengan cara putting tetep dalam bra trus ujung jempol diluar bra. Diusap-usap dengan lembut si putting dalam bra tsb. Sampai terasa geli-geli gitu. Dan teruskan saja. Ga lama kemudian akan terasa nyuuuttt pada PD. Itulah saat LDR keluar. Perah dengan cepat.
6. Setelah LDR terasa. ASI pasti akan netes-netes dari kedua PD. Nah yang sebelah kiri kan sudah ditadahi dengan botol kecil jadi ga takut terbuang. Yang kanan kita perah.
7. Cara Memerahnya bentuk ke lima jari seperti bikin huruf C terbalik. Jempol diatas PD dan keempat jari lain dibelakang bawah PD. Jaraknya kurang lebih 2cm dari aerola (lingkaran hitam/coklat deket putting).
8. Pencet-pencet PD dengan lembut tapi cepat seiring irama hisapan bayi. Jangan digesekkan jari2nya saat pencet karena akan membuat PD memar. Tapi cukup di pencet-pencet saja.
9. ASI akan keluar dengan deras dan akan terdengar bunyi srot.. srot…
10. Setelah agak berkurang alirannya. Pijat-pijat PD, perah lagi. Kalo sudah kosong pindah ke PD kiri.
11. Kalo pegel dengan posisi C terbalik, bisa pake posisi huruf U. jadi jempol disebelah kanan PD dan keempat jari di sebela kiri PD.
12. Setelah kedua PD kosong. Masih bisa distimulasi lagi si LDR. Tapi kalo ga bisa sebaiknya sudahi sesi memerah.
13. SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERHASIL.

ditulis dan dipraktekkan oleh lutvita

32 gagasan untuk “Cara Memerah ASI dengan Tangan Dikantor

  1. aduh….repot juga ya kalo kita masih kerja kantoran, aku mao tanya kalo saat kita memerah boleh nga sih merahnya itu di dalam kamar mandi / wc, abis di kantor ku nga ada ruangan kosong?…bingung deh gimana yah…? trus ga ada kulkas juga kalo di simpen di termos es boleh…?

  2. @devih, saya memerah 2th jg di toilet kantor. dan ga repot. kalo untuk anak ga ada yang repot. semua dijalankan dengan bahagia. apalagi memerah sambil membayangkan wajah anak yang lucu dan membayangkan senyumnya saat meminum asi yang sudah kita perah.. jd kangen lagi saat2 memerah

  3. Moms,kalo merah pake tangan ASInya bs sampe tuntas ga si keluarnya? Atau menurut moms,baik dg tangan atau pompa?Tolg ya,anak pertama nih:)

  4. Salam kenal terima kasih infonya sangat menarik, oh iya di dalam ASI itu ada molekul ajaib / pintar pengalaman sistem imun ibu yang dapat di transfer dan merupakan karunia Tuhan yang dapat di buktikan oleh sains tahun 1949 oleh dr. Sherwood Lawrence di beri nama ” Transfer Factor” – solusi bagi masalah kesehatan anak anda di masa depan.

    info lanjut http://4lifes.wordpress.com/

    thanks
    ryankenny

  5. kalo dikantor ga ada kulkas ga papa mba. aku jg dulu ga pake kulkas kantor. tp pake cooler bag beli di ace hardware. pake blue ice jg beli di ace hardware jg. blue ice yang banyak.. tetap dingin kok ampe sore.

  6. maf mba ace hardware itu dmn? trus blue icenya udh di bekukan dr rumah n dtaru di cooler bag wlo blum perah susu? biasanya pesah jam berapa aja mba? maf ya mba banyak tanya….

  7. ace hardaware kalo di bekasi ada di metropolitan mall, kalo di jakarta ada di banyak tempat di blok A ada. kalo susah nyari ace hardware di carefour or hypermart jjuga ada. kalo saya perah susunya 2 jam sekali di kantor

  8. iya mba2.. memerahnya sambil membayangkan wajah imut baby qta pasti LDR segera terasa n klo di kantor ga ada kulkas saya jg pake cooler n blue ice beli di ace hardware awet ko dinginnya sampai sore

  9. aq jg pengen ksh asi saja walau skrg dah bekerja..awalnya aq dah kasih asi pake sendok tapi ga mau dedeknya malah trs nangis padahal dah aq coba beberapa hari akhirnya aq ksh susu formula dan asi perahan …padahal berat bngt rasanya klo kasih dedek ma susu formula tapi klo mengandalkan asi perahan ..hasil perahannya sedikit…mohon sarannya n bagaimana caranya agar asi bisa lancar dan deras makasih

  10. @mia, pertama mba rileks. anak nangis terus bukan brarti lapar mungkin pengen digendong dsb. susui dan susui terus. yakin asinya ada, jgn menyalahkan asi kalo anak nangis terus susui saja mau 10 menit sekali mau tiap saat susui saja. stop susu formula. kalo asi mau lancar dan deras. sering disusui/sering diperah dan massage 30×3 gerakan n kompres anget 2 menit trs dingin 1 menit trs anget 2 menit

  11. Mba, aku agak ksulitan ngasih asip pake sendok, slama ini mba ngasih ddny pake apa? Trus porsi skali ngasih asip bwt bayi 3 bln itu brp ml? Mba skali perah dpt brp ml? wktuny brp lama? Makasih bnyk infonya ya..

  12. @shendi, kalo susah pake sendok coba pake cup kecil kayak cup medela. atau coba ke aimi-asi.org. mereka menjual cup khusus untuk memberi asi ke bayi. kalo bayiku porsinya waktu 3 bulan 2 jam sekali 100ml. aku sekali memerah 100ml tiap 2 jam sekali jd sama dgn kebutuhan bayi. kurang2nya aku memerah lg dirumah. memerah 2 jam sekali tiap memerah menghabiskan waktu 10 menit kalo dgn cara di atas. kalo ga 2 jam sekali bisa lbh dr 10 menit krn asi udah keburu penuh. coba gabung ke milis asiforbaby@yahoogroups.com aku suka sharing disana

  13. mba kok bisa ya dalam 10 menit dah dpt 100 ml..saya aja dah hampir 1 jam cuma dapet paling banyak 30 ml. Saat ini saya dah balik kerja mba, tapi semenjak cuti saya tidak mempersiapkan stock asi perahan, akhirnya sekarang anak minumnya mixed antara asi perahan dengan susu formula. Gimana caranya mba supaya saya bisa mulai mempunyai stock asi di rumah, apa harus setiap 2 jam diperas asinya di kantor, karena selama ini di kantor hanya memeras 2x saja dan itupun habis dalam waktu sekali minum. Ada solusi untuk saya mba?

  14. iya mba, saya pompa sampe setengah jam jg cm 30 cc, pake pompa manual, ada solusi ga ya? saya ingin stop sufor utk anak saya, makasih

  15. iya mbak, makasih banyak infonya. kalo memerah asi di kantor, ngasihnya ke bayinya kapan? Kan kalo pulang langsung disusuin dari payudara kita. kalo dikasi besoknya waktu kita tinggal kerja, kuat berapa lama.?Belum punya kulkas ni. kalo selain pake cooler bag, ada alternatif lain gak? Di cooler bag kuat berapa lama? Makasih banyak ……

  16. @intan, iya abis diperah dikantor taruh cooler bag kasih blue ice yg banyak biar tetap dingin ampe rumah. dikantor saya jg ga ada kulkas hanya ngandelin dinginnnya blue ice. ampe kantor jam 7 malam jg tetep dingin lsg masukin kulkas bawah kalo saya buat dikasih besoknya krn anak saya ga mau asip dr freezer. memerah 2 jam sekali ngikuti jadwal bayi nyusu tambah dirumah memerah 4x, dikantor 5x total 9x cukup deh buat manajemen asi sekarang untuk besok. asal tetap tenang n rileks ga perlu khawatir2…

  17. Hi mba, mau nanya kalo merah asi pake tangan itu pake wadah apa ya bagusnya? Td aku coba perah asi pake tangan & woow tnyata dptnya byk jg ya.. Alhamdulillah dpt 100 ml dlm waktu lbh krg 10 mnt ^___^
    Tp wadahku itu cup kecil yg punya avent, jd masih ke ekspos ama ‘udara luar’ sih sebnrnya asip nya (kan kl pake pompa ga tuh- dr payudara lgs masuk ke botol). Ga papa2 ga tuh mba? Mudah2n bener ya caranya soale tnyata asik jg merah pake tangan, asi ku jd lbh byk keluarnya..
    Tx before mba :-)

  18. mbak lutvita yg baik,… aku pake pompa medela mini elektrik & skrg hsl pompaanku makin berkurang
    kalau merah pake tangan asinya suka netes kemana2 d basah semua… adakah trik khusus biar merah asi pake tangan ga belepotan?

  19. kalo uda disimpen di kulkas sekitar 18 jam trus kemudian mati lampu 1 jam, apakah boleh asi perahan dikasihkan bayi 2 jam kemudian?dan butuh waktu berapa lama untuk bisa mendapat asi perahan maksimal?
    makasih..

  20. mbak, saat ini saya masih cuti jadi masih punya waktu untuk stok asi, tapi saya agak binggung bagaimana pembagian waktu antara memeras asi dengan kebutuhan bayi yang saat itu juga asi langsung dengan ibunya. saya takut ketika asi saya peras maka kebutuhan asi yang seharusnya dia dapat saat itu tidak tercukupi. makasih ya mbak untuk infonya.

  21. ibu2 mau tanya nih, anak saya meninggal saat lahir, jadinya gak bisa nyusuin. Dan ini anak pertama.
    Awalnya PD lbh ringan dr pada wkt hamil, tp setelah 2hr jadi terasa penuh n berat sampai bengkak gitu. Sudah di kompres air anget tapi masih tetap n asi gak kluar. Kalau ditekan2 rasanya sakit bgt. Semalem stlh diperah pake pemerah manual asi kluar sedikit hanya bbrp tetes, yg sebelah kanan malah cm 2tetes itupun lama n skt.
    Bagaimana ya mengatasinya?
    Apakah berbahaya jika asi tidak dikeluarkan?
    Makasih ats tanggapanya.

  22. @dinny,
    Ikut berduka cita utk babynya ya mbak. Maaf kalo saran saya terlambat. Supaya payudara nggak bengkak, mbak bisa memerah asinya keluar, soalnya kalau dibiarkan bisa abses/bengkak bahkan bernanah. Selain merah, mbak juga bisa menyusui bayi saudara. Apalagi yg ibunya sakit atau bekerja. Tapi harus dicatat siapa saja yang anda susui karena akan menjadi mahrom anda.

  23. minggu depan saya mulai masuk kerja lagi, rencananya mau memerah susu buat persediaan tapi agak waswas juga krn tiap memerah dengan brespumt dapatnya cuma 20ml itu juga hrus dengan perjuangan extra..bgmn caranya agar dapat banyak? makanan apa saja yg bisa memperbanyak asi? trus boleh ga asi perahan hasil beberapa kali memerah dicampur dalam 1 botol?

  24. mba kalau beberapa kali merah di kantor, apa brestpumpnya juga dicuci rebus berkali2 setiap akan pakai? atau boleh dipakai lagi tanpa dicuci rebus lg? kalau ada asi yg menetes di bagian corong boleh ndak sih kita masukkan sekalian dan corong dilap pakai washlap handuk?

  25. Terima kasih info cara memerahnya, detail sekali mbak.
    ASI boleh disimpan di freezer antara 3-6 bulan ^_^ jangan lupa di dalam frezzer penyimpan ASI jangan simpan makanan yang lain ^_^
    Saya juga merah di toilet, sebab di kantor saya semua ruangannya berbilik kaca hehehe..
    Untuk saya memerah dengan tangan lebih nyaman, sedangkan dengan pompa justru membuat PD saya nyeri. Tapi ini cocok cocok-an ya, sebab sepupu saya lebih cocok dengan memerah dengan pompa :)
    Untuk menjaga produksi ASI saya rajin minum air putih, sehari 12-15 gelas air. Lalu seminggu minimal 5 kali makan kacang kedelai rebus, 1 kali makan sup kacang merah, 1 kli makan sup kacang hijau ^_^.
    Tapi yang paling penting positif thinking dan happy life itu yang bikin air susu kita bisa keluar terus.
    Selamat menikmati menjadi ibu ^_^

  26. Awesome blog! Do you have any tips and hints for aspiring writers?
    I’m planning to start my own website soon but I’m a little lost on everything.
    Would you advise starting with a free platform like WordPress
    or go for a paid option? There are so many choices out
    there that I’m totally confused .. Any recommendations? Many thanks!

Tinggalkan Balasan

