Q & A Pusar menonjol


01/10/2004
Q : Bagaimana cara mengatasi pusar yang menonjol pada anak Saya yang berumur 4 bulan.
Endang

A : Endang,Sebagian besar pusar menonjol akan membaik dengan sendirinya sejalan dengan bertambahnya waktu. Menurut saya, tak perlu terlalu cemas. Kita tunggu saja Sedikit sekali yang akhirnya memerlukan koreksi kosmetis
wati

Question : Dear Dr. Wati & SP,
Dok.. pertanyaan saya yang ini kok belum dijawab ya ? hiks…dari SP juga yang kasih tanggapan cuma mbak Junice.. thanks ya.. tapi anaksaya kan udah 17 bulan,apa bisa pakai gesper yang ada koin nya itu ? pasti di tarik2 sama dia dankoin nya bisa jatuh.. ?jadi nyesel juga nih dulu tidak aku pakaikan koin waktu masih baby..karena setiap kali ke dsa katanya nanti kalau udah besar bisa masuksendiri.. tapi kok sampai sekarang tidak masuk2 ?apakah ada indikasi penyakit tertentu spt hernia ? apakah harus di operasi?Mohon pencerahan dr. Wati & SP sekalian

ThanksLidwina

Answer 1 : Mbak, saya coba bantu jawab ya….Pemakaian koin pada puser untuk mencegah bodong itu sebenarnya hanyamitos….nggak ada gunanya…..Mbak bisa baca di artikel di bawahini….saya copykan dari tabloid-nakita.comSemoga bisa membantu….
SEPUTAR PUSAR BODONGKecuali jika bodongnya kelewat besar, tak perlu dicemaskan. Itu pun,masih bisa dibenahi lewat operasi.
Orang tua zaman dulu paling suka menasehati agar di pusar bayi,ditempeli uang koin yang sudah dibungkus kain, lalu perut bayi diikatgurita. Katanya, agar pusar bayi tidak menonjol alias bodong. Tapibenarkah saran ini perlu dilakukan?
Pusar alias umbilikus, adalah salah satu bagian tubuh. “Ketika bayimasih dalam kandungan, pusar merupakan bagian dari tali pusat yangmenghubungkan bayi dengan ari-ari ibu. Fungsinya menyuplai makanan dariibu ke bayi,” terang dr. Rini Sekartini, SpA, dari RSUPNCiptomangunkusumo, Jakarta.
Setelah lahir, tali pusat harus dipotong, sehingga yang tinggal adalahbagian tangkainya. Dalam waktu sekitar 5 hari sampai 2 minggu, tangkaitali pusat ini akan mengering dan lepas atau kerap diistilahkan denganpuput pusar. Lama pengeringan tergantung dari perawatan tali pusat. Nah,saat puput pusar, yang tersisa hanyalah bagian pusar yang tidak adafungsinya.
TAK SEMPURNA
Pusar yang menonjol alias bodong dalam bahasa Latin disebut herniaumbilikalis. Biasanya akan terlihat lebih menonjol bila si anakmenangis, batuk, mengejan, atau karena ada tekanan intra abdomen yangmeningkat.
Lalu kenapa pusar menjadi bodong? Menurut Rini, karena kurangsempurnanya penutupan dari cincin pusar yang ada di bagian dalam pusar.Ini terjadi pada waktu pembentukan organ-organ tubuh. Biasanya pada usiatrimester pertama kehamilan. “Karena penutupannya kurang sempurna,terjadi lubang pada dinding perut/abdomen di sekitar pusar. Bentukpermukaan dinding perut yang normalnya rata, jadi bodong atau herniakarena penutupan cincin pusar tak sempurna.”
Ketika masih berupa tali pusat, pusar bodong belum terlalu kelihatan.Kecuali kalau bagian lubang cincin pusarnya besar, yaitu pada bagiandasar tali pusat lebih lebar. “Tapi umumnya bila tali pusatnya sudahlepas, baru terlihat lebih jelas.”
USUS TERJEPIT Kecenderungan pusar bodong bisa dialami baik anak laki-laki maupunperempuan. Ukuran lubang pun bisa kecil dan besar. Yang kecil, sekitar1-2 sentimeter dengan penonjolan permukaan pusar sekitar 2-3 sentimeter.Ini termasuk bodong ringan. Untuk bodong besar,ukuran lubang sekitar 5-6sentimeter. Yang jelas, lanjut Rini, “Tak ada masalah yang serius kalaubodongnya hanya kecil. Hanya saja orang tua seringkali khawatir karenasecara kosmetik, dirasa agak seram dan menakutkan dilihatnya. Apalagikalau anaknya perempuan.” Kalau lubangnya kecil, lanjut Rini, “Nantinyajuga bisa menutup sendiri secara spontan. Biasanya hingga bayi berusiasekitar 6 bulan.” Sedangkan jika lubangnya besar,bisa ditunggu sampaiusia sekitar 5-6 tahun. “Kalau sampai menimbulkan masalah kosmetik, bisajuga dilakukan operasi, minimal saat anak berumur setahun.” Namun bilasampai mengganggu dan ada komplikasi, harus dilakukan tindakan bedahdengan segera.
Pusar bodong baru berbahaya bila sampai terjadi inkarserata, yaituterjepitnya sebagian usus gara-gara masuk ke dalam lubang cincin pusar.Sama dengan kejadian hernia inguinal, yaitu usus terjepit masuk ke dalamlubang di daerah lipatan paha.
Kemungkinan terjadinya inkarserata akan makin besar jika lubangnyabesar. Akibatnya, bisa menimbulkan akut abdomen. “Kalauususnya terjepit,anak akan merasa nyeri dan sakit. Manifestasinya, bayi akan rewel terusdan bisa berpengaruh terhadap masukan makanan dan minuman.”
Gejala lain dari inkarserata adalah adanya benjolan yang makin besar danterlihat kebiruan di pusat pusar. Dinding perut bayi juga menjadi tegangkarena sudah terjadi proses penjepitan usus. Kalau lubangnya besar,ususyang terjepit akan terlihat. “Kalau didiamkan saja, lama- kelamaan bisaterjadi infeksi. Apalagi bila ada luka, kuman bisa masuk denganmudahnya.”
Jika tak segera ditangani, bagian usus tersebut bisa mati dan tidakberfungsi lagi. Hal ini akan mempengaruhi kerja usus lainnya. Mengingatfungsi usus adalah mencerna makanan, “Kedaaan ini dapat mempengaruhiproses pencernaan makanan.” Karena itulah, ususharus dibebaskan darilubang cincin pusar dengan jalan operasi. “Bila keadaan usus masih baikdan tidak hitam atau tidak ada tanda-tanda mati, tidak dilakukanpemotongan dan penyambungan usus.” Pada operasi ini, sekaligus dilakukanpenutupan lubang cincin pusar agar tidak terjadi hernia lagi.
MERASA MALU Bukannya tak mungkin, pusar bodong bisa berpengaruh pada kepribadiananak bila ia sudah agak besar dan mengerti. Apalagi kalau ia kerapdiejek. “Dia merasa malu.”
Yang penting, lanjut Rini, orang tua harus menjelaskan, pusar bodongbukan suatu kelainan yang menakutkan. “Hanya secara kosmetik saja,kelihatan kurang bagus. Tapi yang jelas, bukan masalah serius.” Jika iamasih merasa rendah diri dengan pusar bodongnya, jalan keluarnya adalahoperasi. Perawatan Tali PusatKetika bayi baru lahir, umumnya ibu diajarkan untuk merawat tali pusatbayi. Ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi tetanus neonatorum.Gejala jika terjadi infeksi adalahbayi tidak mau menyusu, seringmenangis, rewel terus, dan bahkan bisa kejang.Masa inkubasinya berkisarantara 2-14 hari.
Kasus tetanus neonatorum terjadi bila penolong persalinan tidakmenggunakan peralatan steril. “Ada, kan, yang menggunakan bilah bambuuntuk memotong tali pusat. Nah, ini yang kadang bisa menyebabkaninfeksi. Karena itulah, pemotongan tali pusat harus menggunakanperalatan yang steril,” papar Rini.
Jadi, perawatan tali pusat setelah bayi lahir sangat penting. Caranya,bersihkan tali pusat, terutama bagian yang dekat dengan dinding perut,dengan menggunakan kasa steril dan alkohol. Kemudian tutup kembalidengan kasa steril. Bila sudah puput, jangan lupa untuk selalumembersihkan bagian pusar. “Saat mandi, bersihkan dengan sabun.Keringkan bagian dalam pusar agar tak ada air yang tergenang didalamnya.”
Sebetulnya, pencegahan tetanus neonatorum bisa dilakukan denganpemberian imunisasi tetanus toksoid (TT) pada si ibu sebelum menikah dandua kali pada masa kehamilan trimester terakhir, yaitu sekitar usiakehamilan 7 dan 8 bulan.
Maunya Mengobati, Malah Jadi InfeksiUntuk mengatasi pusar bodong,masih banyak ibu yang menggunakan uanglogam yang dilapisi kain,kemudian ditempelkan di pusar, lalu diplesteratau diikat dengan gurita. Cara ini, menurut Rini, sebetulnya tidak adamanfaatnya. “Tidak berarti pusar bodongnya akan masuk ke dalam dan jadirata dengan permukaan perutnya.”
Pusar bodong pada dasarnya tidak bisa ditutup dari luar, tapi harus daridalam dengan cara menutup lubangnya. Pemakaian koin justru bisa sajamenimbulkan infeksi bila koinnya kotor, tidak steril, dan tak dibungkuskain. “Belum lagi kalau diplester, kulit bayi bisa alergi terhadapplester.Kulitnya juga dapat teriritasi akibat pengangkatan plester darikulitnya.”
Guritapun tidak disarankan karena akan mengganggu pernapasan.Padahal,bayi baru lahir, bernapasnya dominan masih menggunakan perut(abdomino torakal). “Belum lagi kalau ikatan guritanya terlalu kencang.Bayi akan sering muntah atau gumoh.”
Yang juga patut dihindari adalah memberi ramuan tertentu dengan tujuanmengobati pusar bodong. “Sebaiknya jangan lakukan pengobatan sendirikarena bisa menyebabkan infeksi kulit di bagian luar mengingat lapisankulit ari bayi masih tipis.” Selain itu, bisa mempengaruhi bagian dalampusar sehinggaterjadi infeksi ke dalam tubuh (infeksi sistemis).
Dedeh

Answer 2 : Dear Mbak Lidwina,
Ini saya copy paste lagi tips yang dipake seorang ibu yang anaknya jugapunya pusar bodong. Saya ambil dari Tabloid Nakita juga.

SABUK” BUAT SI UDEL BODONGB. Istitik, ibunda Gilang (3;9)
Sebetulnya dokter pernah bilang aku jangan kelewat mengkhawatirkan udelbodong yang diidap anakku. Sebab lama-lama udel bodong (hernia umbilikalis)bisa diatasi dengan operasi. Kalaupun tidak, keluhan ini juga akan hilangdengan sendirinya. Namun ada yang menyarankanku untuk meletakkan uang logamdi atas udel si kecil dan saran itu akhirnya kulaksanakan juga. Setiap harikuberi pusernya dengan uang logam yang kubungkus lalu kuplester. Tapi apadaya, kulit Gilang ternyata malah alergi terhadap plester. Akibatnya, akumenghentikan kebiasaan itu. Sejak saat itu, aku sangat sedih setiap kalimelihatnya menangis, menjerit atau mengejan karena tonjolan pusernya makinlama makin besar.
Akhirnya, aku ada akal. Aku merancang sendiri alat penekan bagi udel bodongGilang. Caranya, membungkus karet dengan bahan katun halus yang kemudiandilingkarkan ke perutnya. Sementara sebagai bahan penekan, aku tidakmenggunakan logam tapi kancing baju yang relatif tipis. Aku membuatnya lebihdari satu agar bisa diganti ketika kotor. Alhamdulillah, dalam waktu limaminggu, tonjolan udelnya hilang dan tak berbekas sama sekali. Betapasenangnya hatiku.Semoga membantuJunice

Answer 3 : Dulu sewaktu selesai puput puser, putra saya setiap habis manding pusernya suka digarang di api maksudnya jari tangan eyang putrinya dipanaskan dikompor lalu pusernya agak ditekan pelan2, juga payudaranya ditekan2, kata ibuku si biar ga bodong dan payudaranya rata. Awalnya aku cuma senyum2 aza melihat tingkah ibuku tapi setelah putraku sekarang usianya 15bln puser masuk ke dalam dan payudaranya rata banget. Ga tahu ya ini betul apa enggal yang pasti, ga ada salahnya trik orang jaman dulu diikuti selama ga menyakitkan si kecil.
Semoga membantu,Efi_Andra’s mom

About these ads

25 thoughts on “Q & A Pusar menonjol

  1. mohon info dong untuk saya,anak saya laki-laki,udelnya bodong bgt neh,bau kelihatan seminggu ini.umurnya 1 bulan.takutnya hernia.kalaupun iya mulai umur berapa bisa dioperasi?harus secepatnya ga ya?

  2. saya lg kebingguan nic,walau saya blm nikah&tentunya blm pny anak.tp saat ditanyain tmn saya yg sudah pny anak.anaknya mengalami hernia perut.biasanya klo hbs maem kambuh,entar hilang sendiri.anah saya tdk tahu&pertama mendengar.jd bgg penyebabnya apa?solusinya apa?mohon bantuanya.terimakasih

  3. mbak,,

    mau nanya ne..

    tentang pemasangan umbilical yang terlalu dekat dengan kulit nya si bayi…

    apakah ada bahayanya atau tidak y,,,

    klau ada apa bahayanya itu,,,
    mhon pnjelasannya y mbak….

  4. saya tertarik dgn masalah puser anak krna kebetulan anak putriku juga begitu.saya akan coba tips dari ibu gilang,kebetulan jg banyak kesamaan kasusnya.saat anak saya nangis ,batuk,menggeliat berontak pasti pushernya jadi keluar.TERIMA KASIH

  5. Anakku usianya skrng 1 thn 2 bln, pusernya bodong..aku dah coba pake plester dari usia 7 bln tp hasilnya lambat sekali..harus berapa lama lg anakku pake plester?.Aku suka kasihan klo lihat..please..ada jalan keluar u anakku.Terima kasih

  6. anak saya lahir berat 3 kg.ada kelainan pada pernafasannya.oleh dokterb diberi obat-obatan.obatnya banyak. oleh dokter disarankan untuk pemasangan infus di tali pusar. saya mau tanya, apa ada efek samping setelah infus di tali pusarnya dilepas. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak

  7. Anak saya berumur 6,5 tahun, kemarin 18 Feb 2010 pagi2 pulang sekolah dia main sama teman2nya, setelah pulang bermain tidak menunjukan sesuatu yang berdeda baru sore hari ketika mamanya mau memandikan anak ternyata pusar anak saya sudah keluar. ternyata setelah ditanya anak saya bermain suntikan yg menyerupai vacum. pertanyaannya apakah kondisi seperti itu berbahaya dan apa yang harus kami lakukan…

  8. sy juga punya anak putri yng berusia 8 bulan. pusernya sedikit keluar. kemudian sy pakaikan koin dengan menggunakan plester baru 5 harian. semoga saja sama dengan ibunya gilang, dalam beberapa minggu bisa masuk pusernya. atau adakah cara lain?makasih

  9. rekan2 mau tanya nih
    apakah kalo ibu hamil, pusarnya selalu menonjol alias bodong?mohon pencerahannya.makasih

  10. anakq berumur 1,5 bulan ada kekhawatiran juga sih kalo pusernya bodong, soalnya sampai sekarang belum mask, apalagi kalo menangis dan mengejan pusernya jadi keluar…….
    tips dari ibu gilang mau aq coba moga2 aja bisa berhasil

  11. dok gimana kalo udel bodong terus berdarah, soalnya anak saya sekarang berumur 2 taun tapi udelnya menonjol dan berwarna merah darah.mohon jawaban secepatnya

  12. gimana kalo udel bodong terus berdarah, soalnya anak saya sekarang berumur 2 taun tapi udelnya menonjol dan berwarna merah darah.mohon jawaban secepatnya

  13. anak sy jg gt,usia 3.5 bl tp pusernya lum msuk kdalam,sy jg bngung,mw dpakein koin ktnya gk da gunanya,tp ama ibu sy dsuruh pkein koin trus,gmn nich,mhn pncrhannya

  14. Anakku berusia 18hr, Tali pusar anakku jg bodong ‎​†я̲̅u§ kukasik koin berdasar saran mertu, bener чϑåђ mulai masuk, †αƥii Ќºќ pusernya keluairin darah ¥ªª?‎​†я̲̅u§ gimana cara penanganannya?•..τнänκ (∩_∩) чoü..•

  15. dok anak saya pusarnya berdarah awalnya berair pada umur 5 bln, tapi tibah tiba mulai mengeluarkan darah,skrg ,masi sprti itu saya dsdh konsultasi ke semua dktr anak dan spesialis bedah tapi,sampai skrg perubahan ygterjadi tidak sampai 50%,trus di dalam pusarnya seperti ada daging yang menonjol,dan ada sela kecil antara daging dan bagian luar pusarnya,tolong di bantu jawab ya dok. trimakasih

  16. anak saya berumur 6 bulan wktu bru berumur 2 mnggu pusar nya menonjol ketika umur 3 bulan semakin lama tonjolan nya semakin mengecil.. apa kah itu penyakit hernia ? dan sekarang pusar’a agak bau…

  17. anakqu, 5bln baru keluar dr rs 30juni2012 krn pusarnya mengeluarkan darah gak berhenti-henti selama 2hari padahal sebelumny hanya basah ketika dy mengejan. kata dokter bedah, untung hanya luka luar masih bisa diatasi. jd diangkatlah segumpalan daging lebih yg menyebabkan pusar itu lembab n’ berdarah. .untunglah blm msk kedalam tubuhnya…soaly dokter bedah langsung menyarankan operasi kecil pada pusarnya.

  18. ponakan saya pusar nya bodong awalnya sih kerna batuk dan terjadinya usia 2 bulan dan sampai sekarang usianya 13 bulan bodong nya belum sembuh dam mangkin besar….apa lagi sewaktu nangis, tapi kalau tidur pusar bodong nya gak nampak (masuk kedalam).gimana ya cara mengatasi nya apakah berbahaya ?

  19. Dari kepustakaan yg saya baca memang udel bodong akan menutup dng sendirinya sampai usia 5 tahun tergantung kecil/besarnya lubang. Dasar logika jika dibiarkan jaringan yg belum sempurna menutup akan terhalang organ dalam yg menonjol keluar dan akan memperlama penutupan jaringan. Karena itu dng diberikan koin /kancing/batu..dan diplester, dng sebelumnya tonjolan didorong kedalam dng hati2 pada waktu bayi tidur dan diberikan koin diplester atau di tahan dng balutan kain. Dng catatan hati2 tdk ada tanda jepitan. Jaringan yg belum sempurna menutup akan terbantu/dipermudah menutup krn tdk terhalang organ dalam yg menonjol. Pengalaman thd bayi saya : usia 3 minggu benjolan puser (udel) 6 cm…saya berikan batu ceper saya bersihkan saya balut dng kasa steril kemudian saya letakkan dipusat tonjolan keluar, yg sebelumnya tonjolan saya dorong masuk dng hati2…saya amati setiap hari adakah tanda2 jepitan (membiru, bayi kesakitan, bab susah) dan setiap minggu saya ganti kasa steril dan plester, pada waktu bayi tidur. Usia 8 minggu tonjolan 4 cm…usia 12 minggu tonjolan 3 cm, dan sekarang usia 15 minggu tonjolan 1,5 cm…semoga membaik. Jadi yg bilang tdk ada gunanya saya rasa kurang benar. Dan mungkin perlu penelitian lbh lanjut..dr Edhi Yogyakarta semoga membantu

  20. ass.alaikum bagi siapa yang tau cara pengobatan pusar anak berusia 2 tahun yang luka kelihatan basah di puasar,terima kasih bila ada yang memberi informasinya dalam pengobatan ini,mappadeceng

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s