Q & A Bercak Putih Dan Kulit Kering


sumber : http://www.sehatgroup.web.id

Bercak putih dan kulit kering

25/07/2005
Q : Dear Ibu Purnamawati,
Saya kirim email lagi untuk memperjelas pertanyaan saya yang pertama mengenai kulit anak saya, mudah mudahan Ibu tidak bosan membaca email saya. Anak saya sekarang berumur 5 bulan dengan BB 8 kg. diemail Ibu yang terdahulu menanyakan bagaimana kondisi bercak putih di kulit anak saya : Bercak itu ada yang besar dan ada yang kecil tapi menyatu dengan kulit jadi kalo di pegang tidak ada perbedaan sama sekali antar yang ada bercak putih dan yang tidak, untuk memperjelas lagi waktu lahir anak saya mempunyai penyakit kuning dan harus di jemur setiap pagi sampai usia anak saya 2,5 bulan.
Suami saya mempunyai alergi pada kulit apabila memakan sea food dan udara dingin, kulitnya mengalami gatal-gatal. Apakah hal ini yang menyebabkan kulit anak saya bercak putih ? sampai saat ini bercak tersebut masih ada, saya mohon agar Ibu dapat menjelaskannya lebih lanjut dan bagaimana solusinya ? Atas perhatian Ibu saya ucapkan terima kasih.
Diana

A : Dear Dianaterimakasih atas email dan pertanyaanmuSebetulnya … kelainan kulit itu harus dilihat dengan mata kepala sendiri … sulit mendiagnosis tanpa melihat tetapi saya coba yakalau tidak menonjol … kalau tepinya tidak lebih merah (seprti ada cincin kemerahan yang menonjol) maka, mungkin hanya karena paparan sinar matahari saja … yang secara medis masih tergolong dalam reaksi alergi kulit.
Tidak perlu obat apa-apa .. observasi saja apakah bertambah luas atau bertambah banyak. Kadang … boleh diberi moisturizeer alias pelembab
Di lain pihak .. agak membingungkan bahwa bayi kuning harus dijemur .. itu misconception kok Diana. Jemur bukan untuk mengatasi kuningjemur untuk memperoleh sinar matahari sebagai sumber vitamin D untuk tulangnya. Tapi cara menjemur bayi juga harus hati-hati ..nanti sunburnt atau bisa juga bikin dehidrasi.
Ok semoga jawaban saya membantuwati

Bercak putih dan kulit kering

20/05/2005
Q : “Dear Ibu Purnamawati,Saya Ibu dari seorang putra berusia 3 bulan dg BB 7 Kg dan TB 75 cm, dari usia 2 bulan di kening dan rahang ada bercak putih kecil-kecil, pada usia 2,5 bulan bercak di rahang hilang sendiri tapi bercak di kening belum hilang dan malah bertambah di perut, punggung,kaki dan kulit kaki jadi kering, saya bawa ke dokter anak dan kata dokter bercak putih itu panu terus di kasih salep Daktarin, setelah dipakai bercak putihnya tetap belum hilang malah kulit jadi kering dan bercak di kaki bertambah banyak, sekarang pemberian salep dihentikan saya ganti dengan Johnson’s Baby Cream dan kulit yang kering menjadi halus kembali tapi bercak putih belum hilang juga.
Yang ingin saya tanyakan adalah : Apakah bercak putih itu memang panu, apakah bisa hilang sendiri atau ada obatnya kalo ada apa obat tersebut?, apakah berat badan anak saya berlebih atau tidak? dan obat apa yang dapat menghilangkan bercak hitam di kulit bekas gigitan nyamuk? atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih.
Diana – Jakarta”

A : “Dear Diana,
Terima kasih banyak atas emailnya, Diana. Apa kabar jagoan kecilmu? Semoga bercak putihnya tidak semakin banyak dan membuat kamu makin cemas, ya Berat badan anakmu OK sekali, kok. Bahkan sedikit di atas rata-rata. Dapat ASI eksklusifkah ia? Semoga Diana masih memberi ASI eksklusif sampai usia 6 bulan, ya. Diana tidak perlu khawatir tentang berat badannya. Tetap berikan ASI on demand, tidak perlu mengurangi jumlah minum atau makan sebelum ia berusia 1 tahun.
Wah, saya jadi penasaran.. Seperti apa sih, bercak-bercak putih anakmu (Agak sulit membuat analisis kelaina kulit tanpa melihat langsung kondisinya … tapi saya coba ya)? Seperti apa bentuknya? Titik-titik kecil sebesar ujung jarum atau berbentuk pulau-pulau yang makin lama makin luas? Apakah tepinya aktif (lebih kemerahan dibandingkan dengan bagian tengahnya)? Apakah bercak-bercaknya rata dengan kulit atau bercaknya tidak rata dan seperti ada isinya? Apakah di atas bercak ada sisik-sisik halus? Gatalkah bercak itu?
Saya curiga bercak putih di kulit anakmu adalah salah satu petanda alergi pada anak yang manifestasinya di kulit. Bercak ini timbul terutama bila anakmu banyak terpajan sinar matahari. Apakah ada riwayat alergi di keluargamu? Tidak perlu khawatir, berikan saja pelembab khusus untuk alergi untuk si kecil untuk mengatasi kulit keringnya. Bercak-bercak putihnya mungkin tidak akan hilang segera tapi Diana tidak perlu khawatir. Juga jangan sampai anaknya dikurung di rumah tidak boleh kena matahari, ya.. Bercak hitam bekas gigitan serangga pada kulit bayi dan anak tidak usah diberi obat apa-apa. Penyembuhan luka dan regenerasi kulit pada bayi dan anak-anak baik sekali sehingga bekas luka akan lebih cepat hilang. Mungkin lebih baik bila Diana menghindari gigitan nyamuk pada anak, misalnya dengan menggunakan kelambu atau repellent untuk anak-anak. Semoga bisa membantu ya, Diana
Salam sayang saya untuk jagoan kecilmu.
wati”

22 thoughts on “Q & A Bercak Putih Dan Kulit Kering

  1. Dear Ibu Purnamawati,

    Anak saya berumur 1 tahun 8 bulan. Di pergelangan tangan kiri, lipatan paha kanan dan dekat mata kanannya timbul bercak-bercak putih. Bila dilihat secara seksama ada bintil-bintil putih. Apakah sebenarnya bercak putih ini, apakah berbahaya dan adakah obatnya? Suami saya bilang kalau ini akibat air yang tidak bersih, karena kami terkadang membawa anak kami untuk berenang. Apakah demikian? Mohon jawabannya.

  2. dear arny, aku bukan dr.purnamawati. aku cuma suka dengan artikel2 dr.wati dan aku taruh di sini untuk referensi pribadiku. mungkin jg akibat renang kali ya. soale kemarin deven jg berenang aku lupa bilas.. kok aku liat ada brintil2 putil di mukanya langsung aku buru2 bilas dan sabunin dengan sabun sebamed dan sembuh. tapi untuk pastinya periksakan ke dokter aja ya…

  3. mau nanyak ni dok.
    usiaq 18 thn. di kulit tubuh+tangan q ad putih2 kayak pulau2 gitu. tp menyatu dngn kulit yg lain.cuman warnax aj yg beda. dulu pas q kcil ktar usia 1thunan dfoto telanjang g ad putih2nya. in knapa ya dok? n bsa disembuhkan g? nama penyakit kulitq ap y?

  4. Bu, bagaimana cara menghilangkan bercak putih pada kulit bayi akibat terkena asi ibu nya. Umur bayi 2 bulan
    terimakasih

  5. bayi saya juga ada bercak putih di wajahnya da 2 bulan blm hilang juga padhal da di oles salep motaderm dari dokter dn pake sabun lactacyd liquid for baby agak hilang setalh 1 bulan trus muncul lagi di pipi sebelah kanan dan pipi kiri yang sudh hilang muncul lagi,.sebenarnya apa ya obatnya saya da bingung nich

  6. q bayu usi 20 tahun,di lengan kedua tangan dan di leher ada banyak bercak putih,waktu q masih 17 tahun tidak ada.dan q obati dengan obat obatan toko(daktarin,kalpanak,rizoral,dan masih banyak lagi)tapi gak ada perkemangan dan q pergi ke pemandian belerang juga gak ada perkembangan,bagaimana dokter solusinya?

  7. baby saya sejak usia 1 bulan juga ada bercak putihnya. persis seperti panu.
    tidak kasar. sama dengan kulit biasa, hanya warnanya putih. kulitnya tidak kering.
    saya ada riwayat alergi seafood.
    bagaimana cara menghilangkannya ya?
    mohon jawabannya ya dok, saya sangat mengharapkan putih2 ini bisa hilang :(

    Seperti apa bentuknya? seperti pulau2
    Titik-titik kecil sebesar ujung jarum atau berbentuk pulau-pulau yang makin lama makin luas? pulau2 dan menyebar di lengan kiri, kanan, dada, punggung
    Apakah tepinya aktif (lebih kemerahan dibandingkan dengan bagian tengahnya)? tidak, warna putihnya rata
    Apakah bercak-bercaknya rata dengan kulit atau bercaknya tidak rata dan seperti ada isinya? bercaknya rata dengan kulit, hanya beda warnanya saja
    Apakah di atas bercak ada sisik-sisik halus? tidak ada
    Gatalkah bercak itu? tidak gatal

  8. ass…sblmnya sya memperkenl diri,,sy alya berumur krng lebih 22 thn saya merasakan pada mata saya bercak-bercak kuning,,nah dr bercak tu tumbuh sperti putih bergumpal dan itu lama kelamaan mata saya perih dan sakit. kira kira apa ya obatnya agar mata saya tdk mengalami yg tdk d inginkan???

  9. hallo nmaku rina, ak mau tnya nih!bercak putih d’sekitar mata baby’ku kenapa y?baby‘ku bru 7bln. awal‘y sih cm kcil tpi skrg sdah mnyebar d’skitar mta’ny dan pindah k’sbelah’ny. bntuk’ny gak rata ma kulit lain, jdi gak nimbul gitu, kdang merah d’skitar’ putih’ny itu.klo dah merah kyak’ny gatal bgt buat c kcil. apa y obat yg cocok tuk baby’ku? ngliat mata’ny jdi kliatan jlek dg ptih skitar mata’ny itu!makasih buat jwaban’ny

  10. anak saya umur 2 tahun 9 bulan punya bercak putih pada pipi dan ada juga di paha dan betisnya, kira-kira dia kena penyakit kulit (panu) ya ? dan bagaimana solusi mengatasinya.
    Terima kasih atas jawabanya.

    Dilla-Makassar

  11. Sebelumnya perkenalkan dok saya novia umur 18tahun, di pipi saya sebelah kanan ada bercak hitam yg menempel sama dengan kulit, kata nenek saya itu dulu waktu bayi terkena susu ASI, segala cara sudah dilakukan nenek saya tapi gak bisa hilang bercak hitam itu sampai skrang, saya malu d0k, ,
    kira2 ad saleb atau obat atau krim untuk menghilangkan.nya gak ? ?

  12. perkenalkan dok nama saya eja’ umur saya 21 tahun sudah lebih dari 6 tahun di kaki kiri dan kanan saya ada bercak putih sudah diobati dengan salep tapi bercak putih nya belum sembuh jg,asal mula dr bercak putih itu luka setelah kering timbul bercak putih,kira-kira apa obat nya ya untuk menghilang kan bercak putih itu, terima kasih.

  13. Ass… Dok, sy zhezy umur 20 thn, punya bayi yg skrg 5bulan, brtx 9kg n pnjgx 67cm. Sy mw tanya knp di badanx tmbul kulit puith sprt panu, n kulit kering dr perut, punggung, betis paha n tangnx, bentukx sprt bundaran yg diperutx sprt panu n timbul bintik2 yg mengumpul. Itu panu ya dok. Mksh wss

  14. aku mo nanya, bercak putih yang ada di pipi ku itu penyakit PTRIALIS ALBA bkan yah ?
    bentuknya sebesar koin 100 an…agak kasar juga..susah banget diilangin nya terakhir aku pake salep ampe abis tapi gg ilang jga..yang tahu cara nyembuhin nya..tolong bales yaaah…

  15. saya mau nanya, anak saya baru 2 bln BB : 6,8 kg. ada bintik putih di pipi dan dagu nya,tp bagian yg putih nya lebih halus dan rata dgn kulit di sekitarnya. apa berbahaya atau meluas ? awal nya dari bintik2 merah terus kasar nah skrng bekas nya jd putih. gmn ya cara menghilangkan nya ?

  16. saya mau tanya anak saya usianya 4 bulan , mulai 1 bulan timbul bercak putih di ujung matanya bercaknya seperti bersisik trus ujungnya seperti bergaris pink , kaya panu sih ,… tapi koo ga hilang2 trus bertambah lebar ,.. gimana cara mengobatinya dok trus obat apa yg harus saya pake ke anak saya ,..

Tinggalkan Balasan

