Sejauh mana bahaya madu


sumber : http://www.sehatgroup.web.id

Question : Dear all,
Saya punya banyak keponakan, dan hampir semua keponakan (lebih dari 30orang) semuanya justru sejak bayi 0 bulan sudh diberi madu namun porsimemang perlu diperhatikan, artinya mcukup sedikit saja, madunya tidakdari toko yang bebas diperjual belikan, akan tetapi madu yang di bawadari Arab, atau hasil home industri yang sudah diketahui kualitasnya.Artinya asli dan tidak mengandung gula. Saat ini hampir semua keponakansudah berumur lebih dari 5-10 tahun. Syukurlah semua sehat- sehat saja.Jadi saya jadi bingung, sejauh mana madu itu berbahaya………?
Tx.imma

Answer 1 : dear mbak imma….saya paham sama kebingungan mbak :)
saya dari bayi juga sering diberikan madu, dan sampai skg ini alhamdulillahtidak ada masalah dengan penyakit2 yang diakibatkan oleh bakteri clostridiumbotulinum tsb.tapi, sejak saya tau bahwa madu adalah media yang sangat baik bagi bakteritersebut, saya mulai say NO ngasi madu ke bayi saya…. paling tidak sampaiumur 3 tahun…. khasiat madu sebenarnya sudah banyak terkandung padamakanan sehat yang kita berikan pada bayi….
saya pernah baca, bahwa perut anak2 indoensia memang sudah lebih tolerandengan bakteri. mungkin karena pengaruh yang mulai ada sejak saat janin(ibunya makan macem macem, dari makanan bersih di restoran sampe warteg kakilima) hingga gaya hidup anak yang terbiasa dengan makanan yang relatifkurang bersih… istilahnya, perut anak indonesia lebih sakti dibandingperut anak2 jepang atau swiss…. ehhehehe
namun begitu, saya lebih baik menjaga jangan sampai hal2 yang tidakdiinginkan terjadi pada anak saya….
demikian masukan dari saya, mohon maaf jika kurang berkenan
intan dimma

Answer 2 : Dear Mbak Imma,
Saya coba bantu sharing ya.Mungkin kita harus memandang semua hal secara proporsional.Utk madu pada bayi ini misalkan, memang sudah banyak riset medis ygmembuktikan adanya bahaya botulism jika diberikan pada anak < 1 th. Spt ygtercantum dari artikel mayoclinic yg kemaren di posting oleh Mbak EfiAndra :————————————————–Never give honey to infants younger than 1 year. Honey is a known sourceof bacterial spores that produce the bacterium Clostridium botulinum. Thisbacterium makes a toxin that can cause infant botulism. This RARE butSERIOUS FORM of food poisoning affects a baby’s nervous system and canresult in death. Unlike adults, infants haven’t developed beneficialbacteria in their digestive tracts that can control botulism spores andprevent growth of the bacterium and production of its toxin.—————————————————
Dikatakan bahwa memang kasus botulisme ini jarang terjadi.Bisa jadi ini yg dialami keponakan mbak atau ponakan saya yg diberi madujuga sejak bayi.Tapi bagaimana jika kasus yg jarang terjadi itu kebetulan dialami oleh,misalkan (naudzubillah min dzalik…jangan sampe ya),di orang yg kita sayangi ? Pasti resikonya sangat fatal.Karena alasan spt itu karenanya disarankan utk memberikan madu ke anakdibawah umur 1 th. Seinget saya dr wati malah bilang < 2th ya.
Sebetulnya ilustrasinya sama spt bahasan kita belakangan ini, spt memakanjerohan, atau memberikan MPASI utk bayi < 6bl, dsb.Jika kita mengkonsumsi sesuatu yg kita tahu ada resikonya dan resiko tsbfatal, maka langkah terbijakyg seharusnya kita ambil adalah menunda/ menghindari/ meminimalisirnya.Tapi sekrg keputusan apa yg diambil?Semuanya kembali ke masing2 ortu. Lagi-lagi it is very personal decision.
Di sini, di milis ini kita sama2 belajar & diajarkan utk menjadi orang tuayg kritis, konsumen medis yg kritis,yg melakukan semua hal dg baik & penuh ilmu. Sehingga apapun keputusan ygkita ambil adalahkeputusan yg bisa kita pertanggungjawabkan dan memberikan solusi ygterbaik utk buah hati kita & keluarga kita.
Semoga terjawab. Maaf kalo gak berkenan.
Luluk

2 thoughts on “Sejauh mana bahaya madu

Tinggalkan Balasan

