Q & A Bahayakah pemakaian diapers yang sering


Bahayakah pemakaian diapers yang sering

23/11/2004
Q : Dear dr.Purnamawati,Bayi saya usianya 6 bulan,karena saya titipkan Ibu mertua, dan bayi saya sangat sering pipis (sebentar2 pipis, sementara saya bekerja terpaksa saya beri dia diapers supaya tidak merepotkan mertua.Yang ingin saya tanyakan :1.Bahayakah bila bayi terlalu sering pake diapers.2. Apakah ada efek samping, akibat seringnya pake diapers.
Terima kasih
Atas jawabanny
Atie

A : Dear AtiThanks ya buat emailnyaAduuh pasti bayi mu lagi lucu2 nya yaa…Banyak sih artikel sudah ditulis mengenai pemakaian diapers ini… kamu bisa browse di tabloid2…Saya pribadi kalau boleh memilih… akan mengurangi pemakaiannya sesedikit mungkin misalnya, ketika akan tidur, ketika akan bepergian … kalau baru pipis, ya pakai celana katun saja biar “ke-angin2″ …. Pemakaian diapers apalagi di negara tro[pis seperti Indonesia kan selain panas juga lembab ya .. kalau lembab… jamur mudah tumbuh nah coba deh kurangi pemakaiannya … kan kalian perlahan2 bisa lihat pola pipisnya berapa jam sekali .. lagi pula.. kalau sedang main dia ngom[pol ya gak papa kan … pipis bayi kan tidak pesing ya hehehe Hugs buat anakmu
wati

Pakai diapers terus bermasalah atau tidak

Question : dear dr wati and all,
Anak saya sejak umur 2 bulan, saya pakaikan diaper/pampers siang malamsampai sekarang. Apakah ada efek negatifnya? anak saya laki-laki, adayg bilang bisa mempengaruhi perkembangan alat kelaminnya (maaf). Apabetul? Yg kedua, apa pemakaian diaper ini menyebabkan perkembanganpinggul terhambat?Mohon penjelasannya. Terima kasih sebelumnya.
Salam,mama nio

Answer 1 : bayi swiss selalu menggunakan pampers, baru akanberhenti kalau sudah bisa ke toilet sendirimudah mudahan ada jawaban yang mencerahkan nantinyaKrisna diantha

Answer 2 : mamanya nio, anak saya yang pertama saya pakaikan popok pada bulan pertama karena katanya tidak baik pakai pampers dgn berbagai pertimbangan, tapi akhirnya toch saya pakaikan juga karena believe it or not mereka tidurnya lebih lelap, (juga karena tidak sanggup untuk mencuci terus menerus), alhasil anak2 saya yang seterusnya saya pakaikan pampers dari mulai lahir sampai 3.5 tahun dan alhamdulilaah tidak ada kelainan dan tidak mempunyai efek negatif apapun sampai kini.
Hanya memang sih, kita harus selalu menjaga kebersihan, biarpun memakai pampers sekalipun, jangan mentang2 pakai pampers tidak dilihat lagi seharian, yang ada pasti bintik2 merah atau diapers rashes akan timbul, umur 0-3 bulan sih tiap 1/2 jam aku check just in case, karena kulit mereka peka terhadap air kencing dan juga pupinya. Kalau sudah 3 bulan keatas sudah bisa hampir 1 jam sekali.
Semoga pengalamanku membantu. Salam mamanya anak2 dian ruslan

Answer 3 :Mama Nio,saya mau sharing aja nih… Kebetulan aku tinggal di Melb, dimana hampir seluruh ruangan di rumah karpet semua (cuma kamar mandi/wc, laundry and dapur aja yang ubin).Mamatku (sekarang 3 thn) sejak bayi bisa dibilang pake pampers terus siang malam, kecuali kalau weekend pas dirumah (waktu masih bayi banget, belum bisa ngerangkak apalagi jalan)itu juga pagi siang aja, kalau malam pas tidur yah ke pampers lagi.Kalau hari biasa karena dia dititipin di TPA sejak 3.5 bulan so otomatis pake pampers. Gak kebayang banyaknya popok kain yang harus dicuci apalagi kita berdua kerja fulltime and gak ada pembantu. Belum lagi kalau musim dingin yang mataharinya banyakan ngumpet dibelakang awan yang mendung. Belum lagi kalau dia ngompol di karpet tiap hari.. ualahhh gak kebayang kudu cuci karpet tiap hari.. mati dahhh ;o))Mamat sekarang pun masih pake diapers yang bentuk celana biar dia gampang naik turuninnya sama kayak pake celana dalam, itupun dia akan berusaha keras untuk bisa jaga “gambar” di pullupsnya yang bakalan ilang kalo dia ngompol(pullups hanya untuk pergi jauh yang banyakan lewat freeway alias gak bisa stop or malam hari pake drynite terutama kalau dia siangnya gak bobok, biasanya suka kebablasan ngompol), tapi sehari-harinya sih dia udah pake celana dalam, udah mulai nolak kalau dipakein pullups or drynite.
Kalau soal mempengaruhi perkembangan alat kelaminnya..hehee…mama sama tante di Jkt juga pernah ribut tuh soal itu.. saya mah senyum2 aja… kalau memang hal itu bener.. ualahhh hampir semua laki2 di Oz pada punya “problem” semua dong..hehehehe… ta ledekin aja si mama.. “wah ma… bapae si mamat oke2 aja tuh.. gak punya problem..”hihihhi….soalnya gak janji deeehhh ambil resiko nyuci karpet tiap hari, masa sih si Mamat disuruh main di dapur/kamar makan or kamar mandi/laundry.. ngak kan???
Efek negatif dari penggunaan pampers tuh lebih kearah anak jadi males untuk toilet training. Ini disebabkan karena anak merasa nyaman/kering, atau kalau kualitas diapersnya kurang baik bisa mengakibatkan rash. Disini anak2 biasanya mulai toilet training diusia 2 thn, saat anak sudah bisa bilang mau pipis, sudah mulai aware dengan sense mau pipis atau bab, sudah bisa turunin/naikin celananya sendiri atau anak itu sendiri yang minta lepas diaper mau duduk di potty or toilet seperti mama/papa or anak gede. Soo.mabk gak usah takut deh.. toh mbak gak bakalan pakein dia diapers sampe usia sekolah kan???? (ngomong2 anak mbak umur berapa?)Sorry yah gak bisa bantu banyak…
regards,Shereen-bundanyasimamat

Answer 4 : Kalau untuk masalah perkembangan alat kelamin atau pinggul terhambat sayarasa tidak. Saya hanya lebih concern terhadap masalah kebersihan, karenapertama Indonesia itu lembab jadi anak cenderung berkeringat, kecuali thewhole day ada dalam ruangan ber-AC, karena berkeringat karena pampers baikyang materiallnya ada plastiknya atau tidak akan menghambat keringatkeringat keluar, kalau tidak sering-sering ganti atau dilap pake waslapbasah yach jadinya ruam popok. Kedua kalau sama mbaknya, kadang mbaknya sukamalas mengganti kalau dia pupu…. yang ada khan kuman dari pupu bisa kealat kelaminnya, apalagi kalo anaknya anak perempuan. Ketiga masalah toilettraining… anak yang pake pampers cenderung malas pergi ke wc klu mau pupuatau pipi, nah sekalinya nggak dipakein pampers pupu dan pipi di celana deh.
Satu hal lagi deh Mama Nio, klu kita sendiri (maaf) datang bulan klu pakaipembalut kelamaan khan juga nggak enak, dan lembab makanya mesti sering2ganti.
Kalau saya boleh menganjurkan kalau tidak serepot Mamanya Mamat yach kalausiang pakai popok kain aja, atau celana saja, dengan begitu bisa membangunsensitivitas anak, anak merasa koq basah tidak enak, memang sihkonsekwensinya cucian jadi segambreng, malam kalau tidak mau repot kebangun2ganti popok, boleh pake pampers, sama kalau lagi bepergian yg memakan waktulama.
Maaf yach kalo kepanjangan.Patricia soetjipto
sumber : http://www.sehatgroup.web.id

18 thoughts on “Q & A Bahayakah pemakaian diapers yang sering

  1. aduh llega banget dech setelah baca pengalaman mama semua. awalnya sy jg berpikiran sama, tuh om2 bule jg tetep ‘gede’ n kuat walau seharian pakai pampers. tp krn anak pertama jd saya sempet ragu juga. tapi sejauh kt tetep perhatikan kbersihannya mdh2an aman. kasihan tdr kenichi jd ga nyaman. thanx mam

  2. mo ikutan sharing mom….
    memang dilema kalo mau pakein diaper seharian ke bebi kita. kalo ga dipakein ompolnya kemana-mana, repot, belom lagi cucian jadi seabrek-abrek. kalo dipakein seharian kasian pantat dan (maaf) alat kelaminnya jadi lembab dan panas, dan yang pasti biaya bulanan membengkak karena urusan diaper ini. untungnya aku nemuin solusinya yang lebih praktis dan ekonomis. kalo siang bebiku ta’ pakein washable diaper, itu loh….semacam pampers terbuat dari kain tapi bisa dicuci. nah..malemnya baru pake diaper sekali pakai. tentunya dalam sehari ada beberapa saat bebiku cuma dipakein celana kain biasa supaya pantat dan kelaminnya bisa “napas” sejenak. dan yang ga boleh ketinggalan diolesin baby cream terutama di daerah selangkangan untuk mencegah lecet. untuk jelasnya gimana si washable diaper itu moms bisa mampir ke http://butikwarnawarni.multiply.com.
    thanks moms…

  3. frekuensi pemakaian diaper saat anak umur 1 – 3 yang dapat menyebabkan ngompol? atau pemakaian diaper yg bgmn dpt menyebabkan anak usia 3 samapi 5 tahaun masih ngompol!!!terimakasih

  4. thx for d info… ini skrg jd masalah d kel q… istriku ngotot bahwa pampers bs bikin penyakit… biar q suruh baca sndr dia..hehe

  5. anak sy jg sy pakein diapers setiap hr, siang mlm krn sy kerja, kasian jg neneknya yg jagain kl mesti srg2 ganti celana. sbnrnya sih cemas jg, katanya diapers bs bikin jalan anak ntar ngangkang… hmmm.. tp mo gmn lg… tp mnrt sy lbh aman pake diapers deh, ketimbang kl pake celana dan kita srg telat buat gantiin mlh bs bikin baby gk nyaman dan ruam kan? kl pake diapers kan bayi mrs kering..

  6. mksh. sy jd tau gmn harusnya pakai pampers. tp ngomong2,kalo gantiny tiap 3jam sekali,boros jg nih. kalo lebih gimana? misalnya dr mandi pagi(jm6)-mandi sore(jm3),dan dr jm 3 sore-jm6 pagi. bahayakah?soalnya biar hemat.

  7. Dari umur 1bln aq dah mulai cari produk pembalut anak yg cocok. Dr berbagai merek dah aku coba.
    Ada yg bkn pantat dan sekitar vaginanya jadi merah, ad yg cocok tp gampang tembus. . .
    Huh bingung. . .
    Ternyata Kian anak ku cocok pake pempers, hurf lega bgt. .
    Ya.,,,, jadi aku seneng bgt,cucian ku jadi g banyak dan anak ceria dan aktif terus,
    pokoknya membantu ibu muda spt aku,hehehehe

  8. ada rasa takut karna takut kaki nya berbentuk O tp aku ilangin rasa takut itu.anakku baru berumur 40 hari biasa nya aku memakaikan pampres saat malam.setelah mandi pagi tp klo siang gak pake tp krg klo siang suka pake jg soalnya hujan trus c.abis kalo gak peke pampres ganti celana nya ampun dah apa lg aku d bogor daerah pegunungan cuacanya dingin terus mertua ku bilang jangan suka pake pampres nanti pipis nya sakit lah akui jadi takut lg ini aku lg cari info bener gak c klo pake pampres kakinya O trs pipis nya sakit..????aku masi bingung dan takut .maklum anak pertama blm daa pengalaman..moon d bantu iiiaaaaa …..

  9. Aduhhh kalo menurut aq sih kasian jg ya klo siang n malam pake pampers terus krn d indonesia iklim tropisnya mungkin beda dg di luar negeri krn qt aja pake pembalut terasa sangat gerah, so klo anak saya malam aja pake diapers, klo siang n ga ke mana2 sy minta pengasuh hny memakaikan celana katun aja cape dikit ga apalah.

  10. pengalaman saya,wkt punya anak 1 hmpr tiap hr pakai pampers,tp stlh dia bnr2 bs jln,disiang hr sy sdh ga pakein pampers,memang bwt 1 bln prtama g pake diapers kl pipis dimana2,tp tiap dia pipis slalu sy ajak bicara,ini namanya pipis(sambil sy tunjuk ke alat kelaminnya(maaf)dn air pipis dilantai)kl mw pipis jgn disini,tp dikmr mandi,kl pipisnya keinjak ntar adk jatuh,jd kl sdh terasa mw pipis cpt2 blg ya.Alhamdulillah stlh 3 minggu anak sy mulai tau cr menahan dn pipis di wc,begitu jg dgn pupnya sjk 1 th sdh sy biasakn diwc.Dn bwt mlm hanya sampai umur 2,5th memakai pmpers,dn sampai skrg(4 th) sdh tdk ngompol lg,krn sjk lepas hmpir tiap mlm sy slalu menyuruh dia pipis sblm tdr,dn awal2nya tiap 3 jam sekali sy bangunkan bwt pipis,tp g brselang 1 bln dia sdh trbiasa bngun sndiri tiap mw pipis.Kshn tiap 4 jam bngun2,aplg anak 1 sya smpe skrg hnya minum susu,tp mw gmn lg,toh qt jg hrs mengajarkan disiplin sjk kcl.Kl mslh tntng mitos memakai diapers nanti kakinya berbntuk o,alhamdulillah tdk trjd pd anak2 sy.

  11. Makasih buat tante tante semua..saya jadi lega jujur sering berantem sama istri masslah pam;pers.saya cma kawatir ajah kalo perkembangan kaki anak terhadapa hanya karene pemakaian pampers tiap hari soalnya kiyta sma sama kerja anak sama neneknya………….Thank’s.mom…..

  12. hai para mommy, memang pemakaian diapers bikin dilema tetapi intinya kalau kita bisa menjaga supaya tetap bersih setelah BAB ataupun pipis sebelum dipakein diapers baru ya pasti akan aman aman saja. Anak saya pakai diapers dari umur 2,5 bulan karena selain membuat dia tenang saat bobok setelah minum susu juga bisa menghindari dia muntah karena sering diangkat-angkat ganti celana. Pengalaman saya bayi saya lahir 4,7 kg dan kebetulan asupan ASI saya kurang sekali dari umur bayi 1 bulan jadi sambung dengan sufor,karena lambung belum kuat daya tampung susu padahal dia harus minum sesuai dengan kebutuhan berdasarkan BB jelas harus ekstra hati-hati . Karena setelah minum susu terkadang batuk saja bisa berlanjut muntah,apalagi guncangan sering ganti celana saat pipis,,makanya saya putuskan pakai diapers dan memakai celana saat siang hari dan weekend jika dirumah. So Puji Tuhan sekarang anak saya jarang sekali muntah dan sufor bisa terserap tubuh dengan baik…….

  13. bertambah lagi pengetahuan saya setelah membaca artikel ini?makasih yaa,cos aku juga punya balita yang masih pake diapers,salam bwt ibu2 seindonesia

  14. infonya sangat membantu,saya juga punya baby usia 7 bulan…awalnya hampir setiap hari pakai pampers.pagi siang malam..sekarang hanya malam saja kalau mau tidur takutnya pup.

Berikan Balasan

