Hindari Kacang Tanah Selama Hamil



Mengonsumsi makanan bergizi pada saat hamil sangatlah penting. Karena ada dua peranan makanan selama masa kehamilan, yaitu memberikan makanan bagi ibu serta untuk janin yang dikandungnya. Apa yang dimakan oleh ibu turut dinikmati oleh janin dalam bentuk nutrisi yang penting untuk pertumbuhan.

Para ahli sepakat, bahwa perawatan gizi pra-kehamilan amat penting. Artinya, setidaknya tiga bulan sebelum berencana hamil, seorang ibu harus mempersiapkan diri melalui makanan bergizi dan kesehatan badan, serta mulai mengubah kebiasaan makan yang kurang sehat demi kesehatan bayinya nanti. Sehingga pada saat hamil, badannya sudah terkondisikan dengan sangat baik untuk pertumbuhan janin.

Minggu-minggu pertama kehamilan adalah masa di mana organ tubuh yang penting terbentuk, seperti kaki, tangan dan organ dalam. Kekurangan gizi pada saat ini dapat menimbulkan kelainan pada bayi atau bahkan kelahiran premature. Karena itu, gizi seimbang penting untuk pertumbuhan janin. Ibu hamil yang kurang gizi ada kecenderungan untuk melahirkan anak sebelum waktunya, yaitu bayi prematur. Hal ini tentu tidak diharapkan oleh ibu-ibu hamil.

Pada awal masa kehamilan sering kali dijumpai masalah-masalah makan pada ibu hamil, seperti adanya rasa mual dan muntah sehingga konsumsi makanan agak sulit terpenuhi. Yang harus diperhatikan pada saat itu adalah mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan sebaiknya mengonsumsi makanan yang kering seperti biskuit atau buah-buahan. Susunlah menu makanan secara seimbang dan bervariasi selama kehamilan.

Pastikan anda mengonsumsi makanan segar untuk memaksimalkan asupan vitamin. Kapsul vitamin dan obat suplemen bukanlah pengganti gizi makanan seimbang. Apabila anda mengikuti aturan sederhana mengenai gizi dan juga memberi variasi menu makanan, tidak usah khawatir kekurangan gizi. Gizi selama hamil tidak selalu berarti makan dua kali lipat porsi biasa, yang penting adalah kandungan gizinya seimbang.

Zat-zat gizi yang harus ada dan dikonsumsi pada masa kehamilan adalah asam folat, zat ini ada di dalam serealia, kacang-kacangan, sayuran hijau, jamur, kuning telur, jeruk, pisang, dan lain lain. Asam folat mencegah keguguran dan menghindari anak lahir cacat.

Zat gizi yang lain kalsium, sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Zat ini dapat dijumpai di dalam susu dan produk susu (keju, yoghurt), ikan yang bisa dimakan tulangnya (seperti ikan teri, sarden), biji-bijian (biji bunga matahari, wijen), produk kedelai (tempe, tahu), sayuran hijau, dan buah-buahan kering.

Zat besi juga sangat penting karena pada masa kehamilan volume darah ibu hamil meningkat 25 persen, dan juga penting untuk bayi membangun persediaan darahnya. Sumber zat besi ada pada hati, daging merah, sayuran hijau, wijen, buah-buahan kering, kuning telur, serealia, dan sarden. Penyerapan zat besi dapat terbantu dengan konsumsi vitamin C.

Salah satu makanan dengan kandungan gizi yang lengkap adalah susu. Susu mengandung kalsium bagi pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungi ibu hamil dari penyakit osteoporosis (keropos tulang).

Jika kebutuhan kalsium pada ibu hamil tidak tercukupi, maka kekurangan kalsium janin akan diambil dari tulang ibunya. Sumber kalsium yang lain adalah sayuran hijau. Selain itu, susu yang banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, D, B2, B3, dan vitamin C. Zat-zat gizi itu juga terdapat pada produk olahan susu, seperti keju, es krim, yoghurt.

Sebaiknya, ibu hamil menghindari konsumsi kacang tanah pada saat hamil karena bisa menyebabkan anak lahir mengalami alergi. Jadi konsumsi kacang tanah tidak diperbolehkan selama hamil, sedangkan konsumsi telur selama hamil tidak apa-apa. Beberapa penelitian menunjukan, ibu hamil yang mengkonsumsi telur waktu hamil tidak melahirkan anak alergi. Jadi, konsumsi telur aman bagi ibu hamil namun perlu dipikirkan kalau kandungan kolesterol darah tinggi hendaknya dihindari atau dikurangi. (yz)

http://www.perempuan.com

About these ads

7 gagasan untuk “Hindari Kacang Tanah Selama Hamil

  1. Saya senang membaca artikel ini yang menambah pengetahuan saya tentang kehamilan.
    Tapi apakah kacang tanah yang digoreng memang tidak boleh dimakan? padahal ibu saya (juga ibu-ibu yang pernah mengandung) menganjurkan saya untuk banyak makan kacang tanah karena bisa menambah produksi air susu ibu. Jadi bagaimana seharusnya ?
    Trims

  2. kan di artikel dibilang selama hamil. jadi yang ga bole selama hamil tapi setelah hamil dan saat menyusui bole makan kacang tanah. saat menyusui mengkonsumsi kacang tanah memang bisa memperbanyak asi. saya jg mengkonsumsinya selama menyusui…

  3. Ping-balik: Nutrisi selama kehamilan « Mouna & Wibisono

  4. Blh tau g yah alergi yg bagaimana yg bs d timbulkan kacang tanah terhadap janin. soalnya selama hamil yg k 3 ini sy pengennya mkn kacang tanah terus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s