Makanan bayi 0 -24 bulan


PEMBERIAN MAKANAN ANAK UMUR 0-24 BULAN YANG BAIK DAN BENAR

Sesuai dengan bertambahnya umur bayi/anak, perkembangan dan kemampuan bayi/anak menerima makanan, makanan bayi/anak umur 0-24 bulan dibagi menjadi 4 tahap :

  • a. Makanan bayi umur 0 – 6 bulan
  • b. Makanan bayi umur 6 – 9 bulan
  • c. Makanan anak umur 9 – 12 bulan
  • d. Makanan anak umur 12 – 24 bulan

Pada situasi khusus seperti anak sakit atau ibu bekerja, pemberian makanan bayi/anak perlu penanganan secara khusus.

A. MAKANAN BAYI UMUR 0 – 6 BULAN

1. Hanya ASI saja ( ASI Eksklusif )

Kontak fisik dan hisapan bayi akan merangsang produksi ASI terutama pada 30 menit pertama setelah lahir. Pada periode ini ASI saja sudah dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi. Perlu diingat bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Menyusui sangat baik untuk bayi dan ibu. Dengan menyusui akan terbina hubungan kasih sayang antara ibu dan anak.

2. Berikan kolostrum

Kolostrum adalah ASI yang keluar pada hari-hari pertama, kental dan berwarna kekuning-kuningan. Kolostrum mengandung zat-zat gizi dan zat kekebalan yang tinggi.

3. Berikan ASI dari kedua payudara

Berikan ASI dari satu payudara sampai kosong, kemudian pindah ke payudara lainnya, ASI diberikan 8 – 10 kali setiap hari.

INGAT !

• Beri ASI saja sampai umur 6 bulan

• Berikan kolostrum


B. MAKANAN BAYI UMUR 6 BULAN

1. Pemberian ASI diteruskan, diberikan dari kedua payudara secara bergantian

2. Bayi mulai diperkenalkan dengan MP-ASI berbentuk lumat halus karena bayi sudah memiliki reflek mengunyah. Contoh MP-ASI berbentuk halus antara lain : bubur susu, biskuit yang ditambah air atau susu, pisang dan pepaya yang dilumatkan. Berikan untuk pertama kali salah satu jenis MP-ASI, misalnya pisang lumat. Berikan sedikit demi sedikit mulai dengan jumlah 1-2 sendok makan, 1-2 kali sehari. Berikan untuk beberapa hari secara tetap, kemudian baru dapat diberikan jenis MP-ASI yang lainnya.

3. Perlu diingat tiap kali berikan ASI lebih dulu baru MP-ASI, agar ASI dimanfaatkan seoptimal mungkin. MP-ASI berbentuk cairan diberikan dengan sendok, jangan sekali-kali menggunakan botol dan dot. Penggunaan botol dan dot berisiko selain dapat pula menyebabkan bayi/anak mencret itu dapat mengakibatkan infeksi telinga.

4. Memberikan MP-ASI dengan botol dan dot untuk anak baduta sambil tiduran dapat menyebabkan infeksi telinga tengah, apabila MP-ASI masuk keruang tengah.

5. Memperkenalkan makanan baru pada bayi, jangan dipaksa. Kalau bayi sulit menerima, ulangi pemberiannya pada waktu bayi lapar, sedikit demi sedikit dengan sabar, sampai bayi terbiasa dengan rasa makanan tersebut.

INGAT !

  • Teruskan pemberian ASI
  • Berikan ASI lebih dulu, baru MP-ASI
  • Berikan makanan lumat halus 1-2 x sehari

C. MAKANAN BAYI UMUR 6 – 9 BULAN

1. Pemberian ASI diteruskan

2. Pada umur 6 bulan keadaan alat cerna sudah semakin kuat oleh karena itu, bayi mulai diperkenalkan dengan MP-ASI lumat 2 x sehari. (cara membuat terlampir).

3. Untuk mempertinggi nilai gizi makanan, nasi tim bayi ditambah sedikit demi sedikit dengan sumber zat lemak, yaitu santan atau minyak kelapa/margarin. Bahan makanan ini dapat menambah kalori makanan bayi, disamping memberikan rasa enak juga mempertinggi penyerapan vit A dan zat gizi lain yang larut dalam lemak.

4. Setiap kali makan, berikanlah MP-ASI bayi dengan takaran paling sedikit sbb :

  • Pada umur 6 bulan – beri 6 sendok makan
  • Pada umur 7 bulan – beri 7 sendok makan
  • Pada umur 8 bulan – beri 8 sendok makan
  • Pada umur 9 bulan – beri 9 sendok makan

“ Bila bayi meminta lagi, ibu dapat menambahnya”

D. MAKANAN BAYI UMUR 9 – 12 BULAN

1. Pada umur 10 bulan bayi mulai diperkenalkan dengan makanan keluarga secara bertahap. Karena merupakan makanan peralihan ke makanan keluarga, bentuk dan kepadatan nasi tim bayi harus diatur secara berangsur, lambat laun mendekati bentuk dan kepadatan makanan keluarga.

2. Berikan makanan selingan 1 kali sehari. Pilihlah makanan selingan yang bernilai gizi tinggi, seperti bubur kacang ijo, buah, dll. usahakan agar makanan selingan dibuat sendiri agar kebersihannya terjamin.

3. Bayi perlu diperkenalkan dengan beraneka ragam bahan makanan. Campurkanlah ke dalam makanan lembik berbagai lauk pauk dan sayuran secara berganti-ganti (terlampir). Pengenalan berbagai bahan makanan sejak usia dini akan berpengaruh baik terhadap kebiasaan makan yang sehat dikemudian hari.

INGAT !

  • Teruskan pemberian ASI
  • Berikan makanan lunak 3 kali sehari dengan takaran yang cukup
  • Berikan makanan selingan 1 kali sehari
  • Perkenalkan bayi dengan beraneka ragam bahan makanan

E. MAKANAN ANAK UMUR 12 – 24 BULAN

1. Pemberian ASI diteruskan. Pada periode umur ini jumlah ASI sudah berkurang, tetapi merupakan sumber zat gizi yang berkualitas tinggi.

2. Pemberian MP-ASI atau makanan keluarga sekurang-kurangnya 3 kali sehari dengan porsi separuh makanan orang dewasa setiap kali makan. Disamping itu tetap berikan makanan selingan 2 kali sehari.

3. Variasi makanan diperhatikan dengan menggunakan Padanan Bahan Makanan. Misalnya nasi diganti dengan: mie, bihun, roti, kentang, dll. Hati ayam diganti dengan: tahu, tempe, kacang ijo, telur, ikan. Bayam diganti dengan: daun kangkung, wortel, tomat. Bubur susu diganti dengan: bubur kacang ijo, bubur sumsum, biskuit, dll.

4. Menyapih anak harus bertahap, jangan dilakukan secara tiba-tiba. Kurangi frekuensi pemberian ASI sedikit demi sedikit.

INGAT !

  • Teruskan pemberian ASI
  • Berikan makanan keluarga 3 kali sehari
  • Berikan makanan selingan 2 kali sehari
  • Gunakan beraneka ragam bahan makanan setiap harinya.

Sumber: Buku Pedoman Pemberian Makanan Pendamping ASI

Meneg Pemberdayaan Perempuan, Ikatan Dokter Anaj Indonesia, BK PP-ASI dan Lintas Program di Departemen Kesehatan

104 gagasan untuk “Makanan bayi 0 -24 bulan

  1. anak saya umur 19 bln sudah susah makan, akhir2 ini masuk rumah sakit karena muntah dan mencret kata dokter dia infeksi usus. makanan apa yang cocok untuk anak saya agar tidak sakit lagi. terimakasih.

  2. anak saya berusia 11bulan dan susah sekali untuk makan. dia hanya menyukai makanan dengan tekstur yang keras.sedangkan saya khawatih dengan pertumbuhan giginya kelak.

  3. mba yenola, anak 11 bulan makan makanan kasar gapapa. ga akan merusak tekstur gigi. karena anak 12 bulan aja udah bole makan table food alias makanan orang dewasa. jd teruskan saja mba. asal anaknya mau gapapa. gusinya akan bisa mengunyah walaupun ga ada giginya… jgn khawatir lagi ya

  4. anak saya umur 8 bulan, sudah mulai makan makanan tambahan berupa nasi yang disaring dicampur dengan sayuran…selama ini kalo saya kasih makanan/minuman pabrik seperti susu ataupun bubur susah seandainya maupun gak lama kemudian muntah, apakah memang anak umur segitu demikian sikapnya, atokah cuma anak saya yang begitu, apa saya harus priksakan ke dokter ato biarkan saja..mohon saran dari milis semua…trima kasih

  5. Anak saya berumur 5 bulan dan ASi yang dihasilkan oleh payudara istri saya tidak membuat anak saya kenyang, perhari hanya mencapai +-100ml. pertanyaan saya

    1. adakah tips/cara agar ASI ini bisa bertambah (kebetulan istri bekerja, seperti saya juga)
    2. Jika dikombinasikan dengan susu formula,bagaiamanakah cara pemberian yang tepat? saya takut jika ASI diberikan dalam waktu yang berdekatan dengan susu formula, zat-zat dalam ASI tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  6. Andry, ASI itu berkerja seperti supply and demand,
    Kalo demandnya banyak supplynya juga banyak. Meaning kalo anak selalu menyedot payudara istri, badan istri anda akan memproduksi lebih banyak susu. Kurang lebih dalem 2 hari jumlah ASI akan bertambah. Tapi kalo isapannya ga konsistent apalagi istri bekerja maka jumlah ASI akan berturun.

    Kalo mau memberi susu formula tidak apa apa, tetapi tentunya kalo memberi susu formula, jumlah ASI akan menurun karena bayi sudah kenyang dan tidak mau menyusu banyak. Lebih baik pilih salah satu saja. Formula atau ASI.

    Cara menaikkan jumlah ASI tentunya harus sering menyusui, minum banyak air dan istirahat yg cukup. Kalau istri bekerja, kalau bisa memompa susu pas lagi istirahat/ break untuk keep the demand.

  7. Salam kenal .. Anak saya Najwa Nafeeza berumur 13 bulan, makanan apa saja ya yg baik untuk pertumbuhannnya, giginya tumbuh 6 biji,
    Thanks bgt, kalau di kasih advise

    Papahnya Najwa

  8. Putri sy sdh hampir 1 thn & berat badanx gak sampe 7,5kg.. dan sama skali belum punya GIGI. bbrpa waktu lalu smpt kena muntaber dan bkn berat badanx tambah menurun, apa yg hrs sy lakukan spy brat bdanx bs naik.. dan apakah pertumbuhan anak yg lahir normal dgn pertumbuhan anak yg lhr prematur berbeda? Mengingat putri sy lahir prematur dgn brt lahir1,8 Kg
    mohon dijawab,
    trima kasih

  9. keponakan saya usianya 16 bulan, susah makannya, dan sepertinya diberi makan oleh ibunya itu-itu saja, dan sudah tidak minum ASI lagi. Saya rasa artikel ini bisa menambah wawasan saya agar bisa mengolah makanan untuk keponakan saya.thanks

  10. anak saya 5 bln, BB 9,8 kg TB=70cm, waktu lahir BB 4.6 kg TB 53cm, saat ini hanya ASI eksklusif yg saya berikan, normal kan BB anak saya?

  11. dear.. anak saya 11 bulan, maemnya udah tim kasar, tapi giginya baru tumbuh dua dibawah, kira2 bahaya gak ya untuk pertumbuhan giginya nanti? saya mau donk resep makanan untuk bayi diatas 11 bualn, agar lebih variatif ke email
    emma_agung@yahoo.com. thanks

  12. @emma, ga bahaya kok sepertinya. soale 12 bulan aja udah bisa makan table food nasi biasa dan lauk pauk hanya garam dan gula minimaaalll sekali alias sedikit sekali

  13. Hi, salam kenal. Sy juliana, anak sy abel, 7 bln. Skrg msh makan tim disaring sampe halus. Mau nanya ya, umur brp br bisa makan tim blender kasar ya? Tx.

  14. ass.wr.wb. anakku sekarang mau 16 bulan tapi makannya susah banget cuma maunya makan biskuit. kalo pun makan porsinya sedikit sekali. apa karena numbuh gigi yah? saya bingung harus ngasih makan apa? tolong dong resepnya?lagi pula kayaknya anakku cepat sekali bosan dengan menu makanannya.

  15. hi,,,,salam kenal .anakku sekarang 6 bulan,makanan yg saya berikan adalah susu kaleng,bubur halus,dan buah -buahan spt:pisang,alpokat,dan pepaya,tapi makannya sedikit sekali,apakah pengaruh dari giginya yg baru tumbuh,saya bingun harus kasih makan apa??? tolong minta resepnya dong???? aku tunggu yah respond baliknya……

  16. Anak saya berumur 18 bulan….tapi makannya susah banget…mau makan nasi tapi tidak banyak tapi selain nasi dia mau seperti biskuit dsb…saya bingung, takutnya nanti ketika besar dia tidak senang nasi…apa perlu variasi makannya?tolong minta resep yang pas buat si kecilku…makasih.

  17. Anakku usia 16 bulan susah sekali makan.Makannya cuma sedikit.Cuma ASI..
    Tapi juga diberi susu formula Pediasure.Juga diberi makanan kesehatan Children IQ Meal Dari Tiens…
    Tolong diberi resep makanan untuk perkembangan my child..
    Thanks 4 help…

  18. hi, slm kenal y,. anakku skrg berusia 8 bln, aq mulai kasih nasi tim, tapi selalu dmuntahkan, tapi kklo dkasih bubur bayi instan spt beras merah it mau, kenapa y, aq takut klo terus2an aq kasih bubur bayi nanti dia tdk terbiasa dng makanan lumat,. aq jg g bs maksa anakku mkn makanan lumat krn semakin dpaksa makan malah semakin nangis.

    aq bingung hrs dikasih makn apa?
    thanks b4..

  19. hy salam kenal ya…
    aq punya masalah dengan badan anakku..anak aq umur 9 bulan,udah aq beri makan 3 kali sehari,nasi saringnya udah aq campur dengan sayur2an,tpi knp badannya anak aq koq lembek,makanya aq pusing banget nih,solusinya apa ya…?tolong minta resepnya dong…!!!

    thankz

  20. Salam kenal …
    saya Ibunya Faiz yang berumur 11 bulan, Faiz termasuk anak yg suka ngemil dan mau makan orang dewasa .. tapi kenpa ya berat badannya susah naik … ?mohon jawabannya dan resep untuk Faiz ( jamie_grage@yahoo.com)

    terima kasih

  21. anak saya susah makan,susah minum susu dan asi..
    sudah saya bawa periksa ke dokter dinyatakan TB kelenjar..
    bagaimana cara yg baik
    saya lakukan agar anak saya nafsu makannya tinggi..

  22. mba..aku mao tanya..babyku Rakha umur 3m..dia minum ASIP itu cm 300-400ml dr jam 13.00-24.00 (jam aku krja)..trs dia minum 3 or 4 jam sekali..normal nda ya?..ak takut bgt dia kurang asupan..makasih atas pencerahannya..

  23. ass.wr.wbr.
    hi lam knl, saya minta jadwal makan untuk anak 1 tahun ke atas yach bu. soalx anak saya selalu mencret dan tidak mau makan, sehingga badannya kelihatan kurus skali. terima kasih sebelumnya.

  24. anak saya umur 6 bulan,saya kasih makan dari 5,5 bulan. Sekarang makannya sudah 3x sehari. Tapi kadang tengah malam suka bangun dan lapar. Gak mungkin rasanya ngasih makan jam 12 malam keatas. Apa porsi makannya harus ditambah? Apa bayi 6 bulan boleh makan makanan selingan? Seperti apa makanan selingan untuk bayi 6 bulan? Trims (^^)>

  25. anak saya umur 4 bulan bernama “MUHAMMAD RASYA SUBHAN AL-KHALIFI”,tapi sudah dikasih biskuit farley setiap pagi dan sore hari,karna kalau tidak dikasih biskuit tersebut anak saya selalu tidak kenyang dengan ASI saja. Apakah baik untuk anak saya kalau diteruskan makanannya?Trims.

  26. anak saya umurnya 9bulan..susah banget makan..terus ga mau minum sufor..jadi smp skg cuman minum asi aja..ada ga ya cara supaya anak saya tertarik untuk makan & sufor..soalnya sya bingung kalo pergi kemana2 dia ga mau minum sufor ga mau makan n ga mau asi juga (milih2 tempat) jadi dia bela2in laper gt.. saya jg takut asi aja ga cukup krn anak saya aktif sekali.thx u

  27. Anak saya usianya 16 bulan. Makannya gak susah, tp yang susah minum susunya. Gimana nya cara mengatasinya agar susunya lancar….??? karna sekali minum cuma 60 CC dan itu hanya 2 kali sehari. Dan makanan apa yg sebaiknya d makan untuk usia 16 bulan…??? Krn saat ini msh makan nasi tim yang lembut aja.

  28. anak saya umur 17 bulan, susah sekali makan, maunya ngemil, saya sudah berusaha beri nasi dengan macam2 rasa masakan, tp begitu melihat sendok dan masuk mulut, nasi nya dikeluarkan.
    saya sdh tdk ada ide menu apa atau makanan apa yg mau diberikan. tolong diberi masukan .terima kasih

  29. salam kenal mba,aq mamanya rizqi, mau tanya dong ,umur anakku 11 bln, beratnya 12kg, giginya 6,resep makanan untuk sikecil,soalnya dia kadang2 mau makan,kadang2 ga mau makan,terus aq kasih buah pepaya dijus, dia ga mau, gmn ya mba??kasian jg liat dia klo bab keras, kirim ke email aq ya mba neila_keren@yahoo.com.trims

  30. saya mau tanya, usia anak saya baru 1 bulan tapi kayaknya minum susu formula tidak cukup karena sering sekali buka mulut dan kelihatannya sdh lapar, kebetulan tidak diberika ASI karena semoat hipertensi.

    salam,

    sari

  31. saya mamanya fakhira. fakhira sekarang umur 3 bulan . saya memberinya asi dan susu formula kalo saya kerja. neneknya sukangasih air putih kemasan (aqua). boleh tidak ya?

  32. anak saya berusia 19 bulan makanan yang bergizi sebaikna ap ?
    mauna pkai makanan berkuah aj..sebaikna d kasih ap?
    buah2an sebaikna yang bgus ap? mohon saran dan informasina..trimakasih

  33. hai salam kenal…..anak saya umur 17bln susah bgt mkn nasi nya…tp klo d kasih bubur malah mau.tolong donk ksh saran agar anak mau mkn.dan minta variasi menu si kecil donk.terimakasih

  34. anak saya berumur 6 bulan berat badannya cuma 6.5kg bagaimana cara menambah berat badan ank saya

  35. anak saya umur 12 bulan berat badannya 7k,dia her minum obat selama 6bulan tp memang setelah diobatin ada kenaikan bb,sblmdiobati susah naikknya ,berat dia lahir 2,3kg cukup umur bkn prematur…bagaimana sbnrnya dngn keadaan anak saya

  36. maaf mb… takaran MP ASI untuk 9 bln 9 sendok makan apa tidak terlalu banyak??? kalo syifa itu biasanya takaran cuma 4/5 sdm???

  37. hai…
    anak sy umur 10bln bb 8,3kg. sy ingin tahu variasi menu utk anak sy. sampai skr sih dia blm bosan, tp krn menunya itu2 saja, sy tkt lama2 dia bosan. dan utk buah apa saja yah ? dia ada alergi susu sapi. dia sering lapar, jd nasi tim sy kasih 4x shari. selingannya 1-2x biskuit/buah. mohon tipsnya yaa… thx..

  38. anak saya berumur 6 bulan tapi dia tidak mau asi lagi, dia maunya susu formula, saya mina tips dari ibu bagimana caranya agar dia mau tetap asi. trims

  39. Salam kenal semua, anak ku nio 19 bulan dulu juga tidak mau makan nasi hanya makan bubur saja tetapi sejak 18 bulan lebih akhirnya nio mau makan nasi dan BB nya 16,6 Kg, dia hiperaktif cemilannya banyak suka nari n bongkar barang, jadi saran saya ke ibu n bpk yg lain gak usah khawatir krn ini semua perkembangan anak kita saja dan ini normal. Salam

  40. ass.wr.wb. anakku sekarang mau 13 bulan tapi makannya susah banget . asi mau. cm anaku ga mau susu formula.kalo pun makan porsinya sedikit sekali. saya bingung harus ngasih makan apa? tolong dong resepnya?lagi pula kayaknya anakku cepat sekali bosan dengan menu makanannya.malahan sering panas ma mencet2..sampe di rawat. tolong solusinya harus gmn?yang bagus susu formula apa buat anaku ini?

  41. saya baru hamil pertama,ini kehamilan pertama saya…
    saya ingin anak saya ga rewel bila udah umur 24bln..
    gmn cara nya yach.
    cos saya pnya tetangga,anak rewel bgt,bentar2 nangis bentar jerit2 ga puguh gitu pdhl ama kita ga di apa-apain..trus udah gitu umur nya udah lebih dri 3 thun msih ngompol sembarangan..
    saya ga mau anak saya seperti itu,gmn cara nya yach…

  42. @martina, anak dr umur 3-4bln perlu diajari rutinitas. sperti bangun jam brp, tidur jam brp, makan jm brp. tatur pipis brp jam sekali. stelah rutinitas terbentuk. pd dasarnya manusia itu slalu milih yg enak. maka coba berikan dia pilihan2. sthl dia bisa memilih tanpa tantrum baru bisa dilanjutkan ke parenting berikutnya..

  43. saya ibunya alvina, anak saya tanggal 27 nopember ini usia17 bulan. 1 bulan yang lalu anak saya susah makannya tapi sekarang makannya lahap sampai 14 s/d 17 sendok n susu formulanya ngetop banget dalam 6 -7 hari habis 900 gram apa ga kekenyangan. berapa sih takaran sendok untuk usia 17 bulan n gmn soal minum susunya untuk usia 17 bulan.

  44. anak saya umurnya masuk 10bulan beratnya udah 10kg!anak saya termasuk anak yang super aktif smua hal dia kerjakan,badannya gak bisa dien apa yang diliat diambilnya!tapi sayang anak saya ini baru bisa ngerangkak mungkin karna berat badannya berlebih,,,,kira-kira gimana ya mengurangi napsu makannya biar gak nyemil trus

  45. aslkum,baby sy umur 3 bulan,bb 4 kilo 3 ons,krn lahirx prematur dgn bb 1 kilo 4 ons.Asiku kering jd babyku minum susu formula dgn takaran susu 2 sendok,60 cc. minumx setiap 2 jam,aku nambah 1 sendok dr kbiasaanx wkt prematur dulu 1 sendok 30 cc stiap 2 jam. Apa takaran 2 sndok 60 cc stiap 2 jam itu ckup utk memenuhi kbutuhan gizi babyku…? makasih byk infox,wssalam.

  46. Ass wr wb…???

    Aku bundanya Ganesa,,
    Ku binggung banget ma anak aku,,
    usianya sudah 10 bulan, tapi dia tidak doyan makan…
    sampai kadang2 gak makan seharian,, cuma minum susu aja,,
    dan dia bosenan sama makanan,, biskuit juga..
    sudah aku coba beberapa fitamin, tapi nggk ngefek..??
    Gimana ya.. biar dia doyan makan..
    Mohon bantuannya ya…

    Terima kasih..
    Salam,,
    Bunda Ganesa

  47. anak saya laki-laki usia nya 19 bln tp berat badan nyaa 10kg tp sebenarnya makan nyaa yaa lumayan bnyaak.yg saya tnyakan ada gag yaa makanaan yg bs bwt ank saya bs gemuk.trima ksh

  48. Anak saya perempuan, Aka umur 14 bulan, beratnya 10 kg, susah bgt makannya..terkadang makanan mau masuk trus dilepeh. padahal dulu sebelum setahun gampang bgt makannya.Jadi bingung mesti kasi menu apa tiap hari…tolong bagi-bagi resepnya dong..ma vitamin apa buat nafsu makannya..

    SALAM,

    Mama Aka

  49. anak saya aldio 9bln klo dikasih makan bubur dimuntahkannya lagi, klo susu formula mau, aku bingung kasian klo seharian cuma minum sufor aja,takutnya keterusan, mohon bantuannya apa yang harus aku lakukan?

  50. Salam,
    Saya baca2 seputar curhatan ayah-bunda,saya mau sharing aja nih.. Ada yg curhat menanyakan apakh perkembgn brt bdn anak yg lahir prematur dgn yg lahir normal sm? Stau saya ayah,qta jgn berpatokan pd standar brt bdn umum/biasanya. Emang pnting,tapi lbh baik qta melihatnya gini aja,bahwa yg pnting stiap blnnya anak mengalami kenaikn BB. Kalo sy mengambil ksimpulan,stiap blnnya bayi min naik 900gr. Jd jgn samakn dgn yg lahir normal. Syukur2 bs membalap standar yg ada.ato menyamakan BB dgn yg lahir normal. Cntoh: by A yg lahir 2,6kg dgn si B yg lahir 4,6kg..nah pas umur 5bln,BB A normal jika menjd 8kg dgn B yg normal jg jika menjd 9,5kg.
    Trimakasih, bunda jeisia

  51. anak saya 1th lebih,kalau saya kasih makan nasi atw bubur yg terbuat dari nasi kadang bisa muntah kecuali buburnya it lembut banget baru bisa makan jadi saya kasih bubur kemasan aj dan dia suka,duh gimana caranya yach biar anak saya bisa makan nasi atw bubur yg agak kasar

  52. ank sy dah 11 bulan senang nk mkn tp kurang minum susu…
    nk d’katakn sehari hanya 5 or 6 kaly minum susu…..
    berat sebelom nie 9.5kilo tp dah menurun 8.7 kerana mslh ini

  53. anak saya umur 14 bulan,
    sy binggung banget ma anak sy,dia tidak doyan makan…
    sampai kadang2 gak makan seharian,dia masih minum ASI dan susu formula sejak umur 12 bulan tapi itu pun dia tidak doyan (susu formula),,
    dan dia bosenan sama makanan, biskuit juga..
    sudah sy coba kasih vitamin, tapi nggk ngefek..??
    Gimana ya.. biar dia doyan makan..
    Mohon bantuannya ya…

    salam
    mama nicholas

  54. Slm kenal..anak sy umurnya 11 bln, makanannya bubur + sayuran yg disaring, walau mknnya bgus tp sy mau mau agar makanannya berfariasi, jgn yg itu2 trus. bagusnya sy ksh makanan apa lagi ya selain bubur…?

  55. Slm kenal..anak sy umurnya 11 bln, makanannya bubur + sayuran yg disaring, walau mknnya bgus tp sy mau agar makanannya berfariasi, jgn yg itu2 trus. bagusnya sy ksh makanan apa lagi ya selain bubur…?

  56. Selamat Pagi…….
    Saya mamah farras mau bertanya, kenapa anak saya tetap susah makan padahal saya sudah membuat berbagai macam variasi makanan?apakah karena susah makan dapat menyebabkan pertumbuhan farras jadi lambat?mohon balasannya yaach……………….

  57. hi mom.. anak aku umur 11bulan 20hari.. masih mengkonsumsi ASI (dengan 1 payu dara lebih deras asi nya di banding satunya lagi ), dn sudah mulai makan 3 x sehari.. aku kasi bubur nasi dan lauknya kadang2 ati ayam, ayam giling, telur, brokoli, bayam, wortel.. selain itu juga dari mulai umur 11 bln aku kasi susu formula juga 2 x sehari.. yg aku mo tanya apakah pemberian susu formula itu dibolehkan disaat masih mengkonsumsi asi yg cuma deras sebelah?

  58. Saya sedih anak saya (1bulan) gak mau mimik ASI, maunya lactogen terus. karna asi ibunya sulit kluar pdhl uda coba
    lancar asi, jamu sawan

  59. salam kenal mb…
    anak saya razqa 8 bulan setiap di kasih bubur tim(baru saya kenalkan bubur n sayur) selalu muntah.maunya bubur susu instan yg biasa saya kasih.gimana ya mb? pa gak pa2 ?
    terima kasih

  60. kristian (7,5 bulan)
    doyan banget makannya
    kalo kita kasih terus semangkok juga habis
    soalnya dia minta terus
    apa ada masalah kalo bayi terlalu banyak makan

  61. anak sya umur 9,5bln,udh mulai coba mkan pisang lumat di umur 5bln,krna tiap dia liat sya mkan,tngan kecilnya slalu ingin meraih mkanan,skrang beratny 9,4kg,anaknya aktif,minum susu jg bnyak,udh mkan 3x shari,dngan nasi tim lumat cmpur daging blender,pndampingnya sayur bening bayam,wortel,ato sop ceker,tiap hr diselingi buah,pepaya,pisang,anggur,ato alpukat,mo tnya apakah anak umur dibwah 1th boleh diberi keju??sbagai pnambah rasa mkanan..

  62. salam kenal mbak..
    anak saya umur 4,5 bulan, dari awal dia minum asi dan susu formula. tapi akhir – akhir ini dia jarang mau minum asi soalnya asi saya keluarnya sedikit.apa bisa asi saya banyak seperti dulu lagi? apa yang harus saya lakukan supaya asi saya bisa banyak seperti dulu lagi, padahal saya sudah minum obat pelancar asi(moloco B-12) dan minum jamu bancar asi.? trus apa boleh pengenalan MP-asi pakai buah apukat?

  63. salam kenal mbak..
    ank sya brumur 6 bln,dr umur 5 bln sdh sya kenalkn MP asibubur bayi kemasan, awal’y baik2 sja,tp skrg susah BAB. bgmna mbak?apa hrs gnti produk? dan apa mknan MP asi yg baik utk bayi umur 6 bln selain bubur bayi kemasan?

  64. Anak saya baru berumur 20 hari apa sudah bisa di berikan maknan tmbahan sperti sun..mohon jawaban’nya trimakasih.

  65. anak saya udah 13 bulan, udah bisa dikasih nasi belum ya???soale sepertinya dia masih belum pintar bener nguyah…makanannya cuma dikunyah sebentar langsung di telan….kira2 bakalan mengganggu pencernaannya ga??

  66. salam kenal….
    anak saya umur 10 bulan, laki2, sudah saya beri makanan tambahan semenjak usia 5 setengah bulan tp susu formula br saya berikan dari usia 8 bulan, pertama kali makan saya memberikan bubur beras merah di campur pisang (buatan sendiri) selama 1 bulan kemudian menu saya ganti dengan tepung beras merah di campur aneka sop (berbeda setiap harinya) sampai sekarang, pertanyaannya setelah beberapa bulan makan yg gurih terus anak saya jd kurang suka dengan makanan yg manis, kemudian sampai usia 10 bulanan ini anak saya belum mau makan bubur yg agak padat, setiap kali saya kasih bubur yg agak padat lgsg muntah, bagaimana cara mengatasinya? terimakasih sebelumnya

  67. salam, anak saya perempuan, kayla namanya, usia jalan 18 bln, udah mulai susah makan, dicoba makan makanan table food, begitu liat sendok trus masuk ke mulut makanan dimuntahin lagi, giginya sekarang 4 diatas, dua dibawah, bb 10 kg, tb 60 cm, gmn ya supaya dia gak trauma ama sendok, tolong donk resepnya untuk varian menu makan kayla, kirim ke himwara@yahoo.co.id
    makasi banyak y mb..

  68. mbak, anakku umur 11 bln .minta resep makanan untuk bayi 11 bulan ya.makanan yang aku bikin resepnya itu2 aja, jadi kurang variasi, anakku kadang bosen dan susah makan…kirim ke noraldharma@gmail.com .Thanks ya mba…

  69. Slm prshabatn… Anak sy brusia 7bln+ alhamdlh sgt aktif dn doyan bgt mkn, tiap hr sy beri bubur sharing+sayuran dgn selingan bubur instan buatan pabrik,sy coba buah jg pisang,pepaya,alpukat yg sy heran mulai baby o bln smpe skrg sll menolak tiap sy ksih susu formula jd asi exklusif. Yg sy tnyakn buah apa sj yg baik d konsumsi anak seusia anak sy…dn bgmn cra mengenalkn sie kecil susu formula buat pngganti asi.trims

  70. anak saya hampir 15 bulan, makannya susah sekali dan tidak mau sufor. saya bekerja jadi setiap hari menu yg sy buat sekitar sop, bakso, ikan goreng. pernah sy coba sayur bening ato sayur berkecap tp si kecil malah memuntahkan. apakah ada alternatif lain buat si kecil/

  71. anakku christopher 15 bln, brt 10kg, udah pinter jln. selera makannya bgs tp maunya nasi tim, sayuran jg dilcincang lembut, tolong ksh variasi menu, oh iya anakku alergi susu sapi, thanks

  72. sore. anak saya usia 16 bulan tapi belum lancar makan2 yang kasar seperti bubur tim, nasi ( makanan keluarga ) tapi selalu saya perkenalkan setiap hari, mohon pencerahan, terimakasih

  73. assalamu’aaikum wr.wb
    saya mau curhat juga minta pencerahannya, saya agus ayahnya farah azizah, 16 bln
    anakku terlahir normal dan dinantikan Alhamdulilah, mulai dari awal ada problem yang ingin aku ceritakan, mamanya awal pemberian asi sebenarnya normal dg 2 payudara akan tetapi karena yang sisi kanan tidak dbiasakan akhirnya bengkak, jadi sampai saat ini hanya sisi kiri saja memberikan asinya, masalah perkembangannya lambat mulai dari usia 3 bulan baru bisa tengkurap usia 7 bulan dan usia 9 bulan baru belajar duduk belum mau makan bubur tim walau dicoba muntah lagi, dan coba pakai pisang lumat pun tetap tidak mau, jadi hanya makan bubur susu sun beras merah saja, usia 1 thn baru berangkang dan duduk sendiri, usia 13 bln baru belajar berdiri, usia 14 bln minta di titah jalan tapi sebelumnya sudah di latih, saya coba usahakan kepada istri saya buatkan nasi blender dengan sayuran seperti sop bening dg daging awalnya 1 bulan berjalan mau dengan lahap dan pada ketika anakku ini sakit kurang lebih seminggu, tapi setelah sembuh seperti biasa saya berikan nasi blender muntah terus begitu juga bubur tim, sampai usia 16 bln blm jalan sendiri dan saya hanya miris ketika anak saya hanya mau makan bubur susu saja, siang ini saya baru dengar dari istri saya farah diberikan lagi bubur tim walaupun mau muntah tetapi habis 1 bungkus untuk percobaan, dan tidak henti2nya kami memperkenalkan makanan keluarga kadang farah partisipasi utk makan walau hanya beberapa butir nasi, atau kuning telur mata sapi tertelan kadang juga mau muntah, mohon pencerahannya karena saya pusing mendengar koreksi orang dan saudara sendiri tentang asupan makan yang kami berikan, mohon opini dan sarannya tentang perkembangannya juga terimakasih banyak ya sudah membaca, wassalamu’alaikum wr wb

  74. Alhamdulillah anak sy skrg udh 10.5 bulan, dia doyan mkn & ,sehari mkn udh 3x bubur sama udh mkn nasi ma sayur klrg, dia ok2 aja. Di kasih buah jg doyan. Skrg BB 10kg , rasanya senang py anak makannya ga da masalah

  75. ini mba saya baru pertama kali punya anak dan saya pengen tanya klu umur 1 bulan di beri nasi tim atau pisang gemana . dan klu di kasih biskut juga apa boleh ga ? tlng kasih masukan ya / kasih rspon dong

  76. anak saya start makak makanan tambahan seperti bubur beras perang ketika usia 4 bulan setengah.setakat ini anak saya alhamdulillah ok tapi saya mahu tanya pada yang pakar sama ada tiada kesan sampingan apabila besar nanti atau pada usunya.

  77. anak ke-2 ku lagi GTM dah 3 hari ini … yang biasanya doyan makan tanpa pantangan, sekarang ini lagi GTM … kadang mau 1 atau 2 suap sendok, tp beberapa waktu kemudian dimuntahkan …. hari ini sih better, gak pakai acara dimuntahkan, tp masih terbilang sedikit makan nya … puseng juga kalo anak udah GTM …. spt nya tumbuh gigi no. 2 bagian bawah, tp bisa jadi sariawan atau gak enak di tenggorokannya, belon tahu nih penyebabnya. Panik? sedikit iya, mudah2an gak pake lama nih GTM …

  78. tolong dong kirimin saya resep menu yang variatif ke riyunda06@gmail.com
    anakku dah 9 bulan nie….., doyan makan tp kl di buatin yg itu2 terus saya takut dia bosan nantinya. Terima kasih…..

  79. Siang bunda….

    Sy punya baby berusia 1 thn jml gigi sdh 8 buah.. qra2 apa makanan yg cocok utk bayi saya karena bingung selama ini saya hanya memberi menu yg sama. Apakah sudah boleh diberikan keju/yoghurt..??
    Tolong qrm menu variatif utk anak saya ke imel uliepanggabean@yahoo.com
    Terimakasih bun..

  80. Hy saya arra saya mau tanya anak saya berumur 1 bln knpa dia klo nyusu formula selalu diare trus dan klo asi selalu muntah knp tolong info nya.tq

  81. Bayi saya umur 3 bulan,tapi saya tidak bisa memberi asi terus karena saya harus kerja sedangkan bayi saya di kampung bersama neneknya, apa boleh bayi usia 3 bulan di kasih makan bubur bayi/ nasi tim? gimana pendapatnya?

  82. Asslm alaikum…
    Bayi saya berumur 4 bulan msih asi tp lapar terus.
    Bolehkah diberi mp asi usia 4 bln???

Tinggalkan Balasan

