Bila Bayi Rewel


Tubuhnya yang rentan membuat bayi tidak pernah lepas dari berbagai gangguan. Meskipun ringan, jika dibiarkan berlarut-larut gangguan yang diderita si kecil bisa memburuk. Sebelum membawanya ke dokter, tak ada salahnya bila Anda melakukan pertolongan pertama.

Berikut cara tepat menangani berbagai gangguan yang umum menyerang.

Kolik
Kolik disebabkan oleh angin yang terperangkap dalam saluran cerna. Akibatnya, bayi Anda merasa tidak nyaman dan lebih rewel. Untuk mencegah terjadnya gangguan ini, sesaat setelah diberi minum atau makan, sebaiknya si kecil ditepuk-tepuk supaya bersendawa.

Tapi bila ia terlanjur kolik, berilah obat tetes anti kolik, sesuai petunjuk dokter. Obat tetes kolik dapat dibeli diapotek.

RUAM POPOK/NAPPY RASH

Kulit bayi umumnya sangat sensitif. Tak mengherankan jika banyak bayi yang menderita ruam popok. Biasanya ruam timbul karena si kecil alergi terhadap amoniak yang terkandung dalam urinnya, atau bisa juga karena ia alergi terhadap bahan dasar popok.

Pada kebanyakan kasus, ruam dapat disembuhkan dengan salep kulit yang diberikan oleh dokter. Akan tetapi, untuk menghindari ruam popok, tidak ada salahnya bila si kecil memakai popok berulangkali pakai yang terbuat dari kain tetra. Bukan hanya itu, Anda juga harus rajin mengganti popoknya yang basah. Seperti terlihat jelas dari namanya, kulit gatal pada bayi ini terjadi pada bayi yang menggunakan popok (diaper). Bukan keadaan yang serius tetapi hanya kelihatannya saja mengkhawatirkan. Saat ini sudah jarang terjadi dengan peningkatan mutu popok sekali pakai (disposable) sehingga pantat bayi selalu dalam keadaan kering. Gejala-gejala Bagian yang tertutup popok menjadi kemerahan atau merah jambu (mengalami iritasi sekitar alat kelamin, luar, pantat dan lipat paha).

Komplikasi Infeksi jamur,Infeksi bakteri

Penyebab Kontak yang terlalu lama antara kulit dengan kencing/kotoran bayi didalam popok yang telah kotor.

Yang dapat anda lakukan

Bersihkan segera bagian yang tertutup popok setiap kali bayi kencing/mengeluarkan kotoran dengan air sabun. Bilas dan keringkan dengan sebaik-baiknya.

Oleskan krem pelindung sebanyak-banyaknya. Jangan memakai bedak talk selama gatal belum sembuh.

Buka popok bayi sesering mungkin sampai kulit sembuh sekitar satu minggu (Paparan udara langsung akan membantu mengeringkan dan menyembuhkan kulir ang gatal).

Periksa dokter bila gatal menetap sampai lebih dari 10 hari, tambah berat atau timbul lecet-lecet.

Tindakan dokter anda Menyingkirkan komplikasi dan Mengobati komplikasi.

Pencegahan

Gantilah segera popok setiap kali kotor atau sesering mungkin.

Cuci bagian kulit yang tertutup popok setiap kali bayi habis kencing/mengeluarkan kotoran, dan keringkan dengan baik.

Taburi bedak talcum dan ratakan sampai ke lipatan kulit. Atau oleskan krem pelindung tanpa bedak.

Anak berumur 3 bulan. Hampir setiap malam menjelang tidur pernapasannya terdengar seperti ada lendir dibagian dalam hidungnya, dan hal ini telah ditanyakan kepada dokter spesialis anak, dan Beliau mengatakan tidak apa-apa. Yang ingin saya tanyakan apakah lendir yang ada ini dapat berdampak serius dikemudian hari dan apakah perlu periksakan ke Dokter Spesialis THT. : Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan adanya lendir pada saluran pernapasan diantaranya akibat alergi ataupun karena adanya infeksi. Lendir yang timbul pada malam hari mungkin saja disebabkan oleh adanya alergi pada anak anda. Saran kami sebaiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter anda dan tentunya anda akan mendapat informasi lebih lanjut.Terima kasih.

Gusi bengkak
Umumnya si kecil mulai tumbuh giginya ketika berusia 7 bulan. Pada waktu giginya menembus gusi, biasanya timbul rasa tak nyaman yang disebabkan oleh gusinya yang meradang. Akibatnya si kecil pun rewel.

Sebenarnya gangguan ini dapat diatasi dengan memberinya jel atau sirop penghilang rasa sakit. kalau pertumbuhan gigi bayi Anda juga disertai demam, jangan lupa berikan obat penurun panas. Jika panasnya terus berlanjut, segera hubungi dokter Anda.

Pilek
Bayi sangat rentan terhadap pilek. Umumnya pilek ringan akan sembuh dengan sendirinya setelah 2-3 hari, sekalipun tidak diobati. Tetapi, bayi yang terkena pilek biasanya rerwel dan sulit makan, karena ia tidak leluasa bernapas melalui hidungnya. kalau sudah begini, gunakan obat anti pilek sesuai anjuran dokter. Jika pilek disertai demam, biasanya dokter menyarankan agar ia diberi obat berbentuk sirup yang mengandung parasetamol.

Obat-obatan yang Wajib ada di Rumah

Sekedar untuk berjaga-jaga, tak ada salahnya jika Anda juga menyediakan obat-obatan ini di rumah.

Obat penurun panas. Pilihlah obat penurun panas berbentuk sirup dengan rasa buah.

Obat diare. Untuk diare atau buang air besar terus-menerus, sediakan garam oralit. Bila si kecil tidak mau minum larutan itu, buatkan campuran air tajin dengan garam dan gula merah.

Obat anti gatal. Seringkali bayi atau balita Anda digigit nyamuk atau serangga lain, sehingga timbul benjolan dan rasa gatal. Untuk menguranginya, sediakan salep anti gatal atau obat-obatan yang mengandung calamine.

Obat perangsang muntah. Obat perangsang muntah sangat dibutuhkan seandainya racun tertelan bayi. karena cara terbaik untuk mengeluarkan racun adalah memuntahkannya kembali.

About these ads

One thought on “Bila Bayi Rewel

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s