Cara Buat Yoghurt


Cara Buat Yoghurt


bahan2nya :
1. biang / stater yogurt (bisa beli diswalayan, plain/tawar) 50ml
2. susu UHT atau susu bubuk 500ml

cara membuatnya :

1.susu UHT dipanaskan (tdk sampai mendidih, hanya pinggirnya saja
terlihat menggelembung), diamkan sesaat, pindahkan kedalam wadah yg
ada tutupnya.
2. masukan stater / biang kedalam susu tadi (gunakan sendok
plastik), aduk hingga rata.
3. tutup wadah calon yogurt tadi hingga rapat, bungkus wadah
tersebut dgn lap.
4. simpan ditempat yg hangat, dhn suhu kurang lebih 38-45derajat
celcius.(ayahku biasanya menggunakan magic jar utk mendapatkan suhu
yg diharapkan, jd wadah yg berisi calon yogurt ditaruh diatas magic
jar yg sedang bekerja, magic jarnya bukan dlm keadaan terbuka, tp
memang ditauh diatas tutup magic jar)
5. dalam waktu 3-4 jam, yogurt sdh jadi, trus simpan di
kulkas.semakin lama disimpan dikulkas akan semakin asam.

note : utk membuat yogurt selanjutnya, stater/biangnya bisa pakai
yogurt hasil buatan sebelumnya, jd bisa menghematkan??
kalau mau pk susu bubuk, berarti susu bubuknya tinggal dilarutkan
terlebih dahulu.

ok, selamat mencoba

25 thoughts on “Cara Buat Yoghurt

  1. aduuuuuuuuuh aku sdh jualan yoghurtnya tapi resale, nanti deh dicoba bikin sendiri, kalo enak kenapa mesti ngambil dari orang… makasih ya info nya

  2. thanks infonya, boleh tanya?
    harga starternya per botol berapa dan kalau pake susu segar bisa ga ya?kelebihan dan kekurangannya? trims

  3. aku pingin buat terus aku makan bareng keluarga…
    terus aku buat lagi..aku bagiin ke anak-anak yatim piatu di panti asuhann…

  4. kalo pake susu bubuk, susu bubuk apa yang bagus untuk membuat yogurth? saya kesulian ni mencari bahan baku susu sapi murni. saya tinggal di perumahan griya permata cisoka tangerang.klo ada info peternakan sapi perah di wilayah jabotabek khususnya tangerang mohon infonya. karena sudah setahun terakhir saya berbisnis yogurth. trimakasih…

Tinggalkan Balasan

