Makanan Ibu Menyusui


Makanan Bagi Ibu Menyusui :
Kebutuhan makanan bagi ibu menyusui lebih banyak daripada makanan Ibu hamil.
Kegunaan makanan tersebut adalah :

  1. Memulihkan kondisi fisik setelah melahirkan.
  2. Meningkatkan Produksi ASI (Air Susu Ibu) yang cukup dan sehat untuk bayi.

Pengaturan Makanan

  1. Susunan hidangan sehari-hari harus seimbang, yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah serta susu.
  2. Makanan pokok tidak hanya nasi, gunakanlah beraneka bahan makanan pengganti seperti mie, jagung, kentang, ubi, roti dan sebagainya.
  3. Lauk-pauk gunakanlah dari jenis hewani dan jenis nabati, seperti telur, daging, ayam, ikan segar, hati, ikan asin, tempe, tahu, kacang-kacangan dan sebagainya.
  4. Sayuran lebih baik yang berwarna seperti bayam, kangkung, sawi, daun katuk, wortel, buncis dan sebagainya, karena sayuran tersebut dapat membantu merangsang pengeluaran/produksi ASI.
  5. Pilihlah buah-buahan yang berwarna seperti pepaya, jeruk, apel, tomat dan sebagainya yang banyak mengandung vitamin dan mineral.
  6. Perlu minum dalam jumlah lebih banyak + 6 gelas dalam satu hari, akan lebih bermanfaat bila ibu menyusui minum cairan “bergizi” seperti : susu, air kacang-kacangan, sari buah-buahan, air sayuran daun hijau dan sebagainya.
  7. Tidak disarankan minum jamu setelah melahirkan.
  8. Yang terpenting tidak ada pantangan makanan untukm ibu menyusui.

Nilai Gizi

-

Kalori

:

3000

-

Protein

:

100

-

Lemak

:

87,45

-

H.A

:

433

Pembagian Makanan Sehari

Waktu

Jenis Makanan

Jumlah (gr)

URT

Pagi

-

Nasi

200

gls

-

Daging

50

1

ptg

-

Telur

50

1

btr

-

Tempe

50

1

ptg

-

Sayuran

100

1

gls

-

Minyak

10

1

sdm

-

Gula

10

1

sdm

10.00

-

Susu

200

1

gls

-

Gula

15

sdm

Siang

-

Nasi

250

gls

-

Daging

50

1

ptg

-

Telur

50

1

btr

-

Tempe

50

1

ptg

-

Sayuran

100

1

gls

-

Minyak

15

sdm

-

Buah

100

1

bh

16.00

-

Kacang Hijau

25

2

sdm

-

Gula

15

sdm

Sore

-

Nasi

250

gls

-

Daging

50

1

ptg

-

Telur

50

1

btr

-

Tempe

50

1

ptg

-

Sayuran

100

1

gls

-

Minyak

10

1

sdm

-

Buah

100

1

bh

About these ads

12 thoughts on “Makanan Ibu Menyusui

  1. Terima kasih atas infonya.sangat bermanfaat.
    banyak beredar rumor di masyarakat mengenai pantangan-pantangan jenis makanan..tetapi masih banyak yang belum mengupasnya secara ilmiah di situs-situs seperti ini..kami tunggu infonya.

  2. thanx untuk info pengaturan makanannya sangat membantu saya mengatur pola makan saya apalagi saya ibu yang sedang menyusui saya tunggu info lainnya lagi

  3. makasih bwt infony ya.skrg jd bs mengatur ulang pola mkn saya.mgkn pola mkn saya yg salah,mkny bdn msh kkurusan g ideal slama mnysui..

  4. Terima kasih ya atas informasinya dengan begitu saya bisa memberikan gizi terbaik untuk anak saya dengan mengatur pola makanan yang sehat untuk ibu menyusui…

  5. thanks.. ternyata ibu menyusui makannya hrs beragam dan tentu saja jgn dibatasi alias diet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s